Laris Manis, Ini Peluang Usaha Minuman Boba dan Cara Memulainya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Bisnis minuman boba
Isi Artikel

Usaha minuman boba– Es atau minuman boba menjadi salah satu minuman viral yang masih laris manis hingga sekarang. Tidak heran jika banyak pengusaha yang melihat besarnya peluang usaha minuman boba.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang melihat peluang tersebut, simak penjelasan lengkapnya terkait cara memulai usaha minuman boba, rincian modal yang dikeluarkan, hingga kekurangan dan kelebihannya di bawah ini:

Sejarah Minuman Boba

Sejarah minuman boba

Sebelum kita membahas cara memulai usaha es boba, ada baiknya jika Anda mengetahui sejarah es boba yang mendunia ini. Awal mulanya, boba berasal dari Taiwan, tepatnya di gerai teh Chun Shui Tang.

Kepopuleran boba dimulai pada tahun 1987, ketika salah satu karyawannya ada yang menguji langsung kepada pelanggan topping bola tapioka dalam minuman yang dipesan. Respon pelanggan ternyata luar biasa. Mereka menyukainya.

Setelah itu, pemilik kedai mengganti nama “fen yuan” yang berarti bola tapioka menjadi “black pearl” atau mutiara hitam yang berbentuk bola. Sejak saat itulah banyak gerai toko minuman boba bermunculan. Bahkan hingga menyebar hampir ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Kekinian, Terjangkau dan Mudah Mulainya

5 Cara Memulai Usaha Es Boba Kekinian

Cara membuka usaha minuman boba

Setelah Anda mengetahui sejarah es boba, sekarang saatnya kita membahas cara memulai usaha es boba yang sedang populer ini. Tanpa disadari, bisnis minuman ini sudah bisa ditemukan dimana-mana. Baik di mall atau kedai-kedai minuman.

Bahkan hampir semua minuman bisa diberi topping boba. Berikut beberapa tips membuka usaha minuman boba yang perlu Anda ketahui:

1. Buat Konsep Bisnis

Cara memulai usaha es boba yang pertama adalah dengan membuat konsep bisnis. Biasanya hal ini sejalan dengan konsep usaha boba yang menarik. Bagaimana cara Anda mengelola kedai minuman menjadi tempat yang bisa mendatangkan pelanggan.

Apakah dengan konsep tempat nongkrong, konsep kafe, atau takeaway? Lalu bagaimana dengan menunya. Perhatikan juga menu yang ditawarkan. Apakah Anda hanya menyajikan minuman dengan topping boba saja, atau ada kudapan lainnya.

2. Tentukan Lokasi Strategis

Jika Anda ingin membuka usaha minuman populer ini, maka Anda harus menyiapkan dan menentukan lokasi strategis. Terutama jika dari banyak pilihan konsep usaha boba yang menarik, Anda memilih konsep tempat nongkrong atau untuk hangout.

Tips membuka usaha minuman boba adalah dengan mencari lokasi yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Misalnya, dekat area kampus, perkantoran, atau di dalam mall. Tujuannya adalah agar kedai minuman Anda mudah untuk dilirik.

3. Sajikan Menu Variatif

Menyajikan menu yang variatif adalah tips membuka usaha minuman boba berikutnya. Anda bisa melakukan survey terhadap beberapa kompetitor mengenai variasi menu ini. Umumnya, menu yang paling populer adalah brown sugar, milk tea, dan taro milk.

Nah, Anda bisa menambahkan variasi rasa pada menu yang disajikan atau membuat inovasi baru yang belum dimiliki oleh kompetitor. Selain menyajikan menu minuman, Anda bisa menyajikan menu kudapan.

4. Cari Supplier Berkualitas

Cara selanjutnya adalah dengan mencari supplier berkualitas untuk memenuhi stok jualan Anda. Tips membuka usaha es boba yang perlu Anda perhatikan adalah cari supplier yang memiliki bahan dengan kualitas premium dengan harga terjangkau.

Umumnya, bahan-bahan tambahan yang perlu ada adalah boba, sirup aneka rasa, es batu, air mineral, krim, gula, teh, topping lainnya selain boba, cup plastik, sedotan, dan lainnya yang diperlukan.

5. Pertimbangkan Kompetitor

Satu lagi cara memulai usaha minuman boba adalah dengan mempertimbangkan kompetitor yang sudah ada. Hal ini harus diperhatikan karena kini tren minuman boba sudah mencapai ke penjuru Indonesia. Anda bisa menemukannya dengan mudah dimanapun.

Anda bisa melakukan survey terhadap beberapa kompetitor lalu mengembangkan ide yang didapat. Tips membuka usaha es boba adalah dengan mencari tahu kelebihan dan kekurangan kompetitor lalu kita isi kekosongan tersebut untuk mencari perhatian pelanggan.

BACA JUGA: Cara Memulai Usaha Warung Kopi Modal Kecil dan Estimasi Labanya

Rincian Modal Usaha Minuman Boba

Modal usaha minuman boba

Hal yang tidak kalah penting dari cara memulai usaha minuman populer ini adalah modal yang cukup. Tanpa modal yang cukup, tentu menjadi penghalang Anda untuk membuka bisnis ini.

Pada dasarnya, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha es boba ini beragam. Ada yang dari jutaan rupiah, puluhan juta rupiah, hingga ratusan juta rupiah. Beragam harga tersebut juga ditentukan dari mana Anda membangun usaha ini.

Apakah membangun sendiri dari 0 (nol) atau ikut dengan franchise? Umumnya, jika Anda memilih membeli paket usaha franchise, modal yang dikeluarkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Beda halnya jika Anda membangun usaha sendiri.

Nah, berikut rincian modal usaha es boba yang perlu Anda keluarkan:

  • Tepung tapioka 10 kg: Rp150 ribu
  • Gula pasir: Rp50 ribu
  • Gula aren: Rp50 ribu
  • Susu evaporasi 4 kaleng: Rp80 ribu
  • Minuman bubuk aneka rasa: Rp300 ribu
  • Black tea: Rp50 ribu
  • Cup plastik ukuran sedang 100 pcs: Rp50 ribu
  • Sedotan plastik 100 pcs: Rp20 ribu
  • Mesin sealer: Rp750 ribu
  • Plastik lid cup sealer: Rp36 ribu
  • Listrik dan lainnya: Rp200 ribu

Dari rincian modal diatas, maka biaya yang perlu Anda keluarkan adalah sebesar Rp1.736.000,00. Angka tersebut belum termasuk dengan peralatan lain yang dibutuhkan, gaji karyawan, sewa lokasi, stok kudapan, hingga biaya tak terduga lainnya.

Lalu bagaimana dengan omset yang didapat per bulannya? Umumnya, satu cup minuman boba ukuran normal dijual dengan harga mulai Rp10.000,00 untuk semua rasa dengan topping boba.

Jika dalam sehari Anda bisa mendapatkan Rp300.000,00 dari hasil penjualan minuman dan kudapan, maka keuntungan yang Anda dapatkan dalam sebulan adalah:

Rp300.000,00 x 30 hari = Rp9.000.000,00

Lalu bagaimana dengan pendapatan setahun?

Rp9.000.000,00 x 12 bulan = Rp108.000.000,00

Dalam jangka waktu satu bulan, Anda sudah bisa balik modal dan memiliki keuntungan per tahunnya sebesar Rp108.000.000,00. Angka tersebut bisa saja berubah tergantung jumlah pendapatan yang Anda terima per bulannya.

Maka dari itu, dari konsep usaha boba yang menarik, Anda bisa menyajikan banyak menu variatif dan menu pendukung lainnya seperti kudapan. Tujuannya adalah untuk menambah pemasukan.

Selain itu, agar tidak perlu membeli boba ke supplier, Anda juga bisa membuat boba sendiri, ini caranya:

  • Pertama-tama, siapkan bahan yang dibutuhkan. Seperti tepung tapioka 220 gram, gula aren 100 gram, dan air 120 ml.
  • Campurkan gula aren dan air dalam wajan atau panci. Nyalakan api dan panaskan hingga larut sambil diaduk.
  • Ketika sudah larut, masukan tepung tapioka perlahan sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk terus diaduk, ya.
  • Ketika sudah mulai seperti adonan, diamkan sesaat agar dingin dan mudah untuk dibentuk.
  • Uleni adonan boba tadi hingga rata dan bentuk bulat kecil.
  • Didihkan air dalam panci. Setelah mendidih, masukan bulatan boba yang sudah dibentuk tadi.
  • Rebus sampai bobanya terasa empuk.
  • Angkat dan simpan dalam wadah tertutup.

BACA JUGA: 15 Franchise Kopi Kekinian Populer dan Info Modal Usahanya

Kekurangan dan Kelebihan Membuka Usaha Es Boba

Kekurangan dan kelebihan bisnis es boba

Apakah Anda masih tertarik untuk membuka usaha minuman ini? Jika masih, ketahui dulu beberapa kekurangan dan kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membuka usaha.

Kekurangan Membuka Usaha Minuman Boba

1. Banyak Kompetitor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa melihat kedai minuman yang menggunakan boba sebagai toppingnya. Maka tidak heran jika kekurangan dalam membuka usaha es boba yang pertama adalah banyaknya kompetitor.

Jika Anda memilih untuk membangun bisnis ini sendiri atau mulai dari 0 (nol) kemungkinan besar akan sulit untuk mendapatkan pelanggan pada awal-awal buka. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan strategi pemasaran yang efektif.

2. Perubahan Tren

Menjalani usaha di bidang makanan dan minuman, Anda harus siap dengan perubahan tren yang ada. Pasalnya, akan selalu ada inovasi baru yang terus berkembang. Hal ini bisa membuat banyak pelanggan beralih dari satu produk ke produk lainnya.

Kekurangan ini bisa mengurang jumlah pelanggan yang datang. Sehingga bisa menyebabkan pendapatan Anda menjadi tidak stabil. Tips membuka usaha es boba yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan mengikuti tren dan kebutuhan pelanggan.

3. Pendapatan Tergantung Pada Reputasi Brand

Satu lagi kekurangan dalam membuka usaha es boba adalah pendapatan tergantung pada reputasi brand. Umumnya, pelanggan cenderung menyukai makanan dan minuman yang sudah memiliki nama jual. Hal ini akan sangat sulit bagi Anda yang membuka usaha dari 0 (nol).

Kelebihan Membuka Usaha Minuman Boba

1. Banyak Peminat

Meskipun usaha minuman ini adalah usaha yang musiman, hal ini tidak menutup kemungkinan masih memiliki banyak peminat. Terlebih rasa dan tekstur dari boba sudah menempel di lidah masyarakat Indonesia.

Kelebihan dalam membuka usaha boba lainnya adalah sifatnya yang praktis dan segar. Hal inilah yang menjadikan minuman boba cepat populer di masyarakat.

2. Harga Terjangkau

Selain karena sifatnya yang praktis, kelebihan minuman populer ini juga terletak dari harganya. Umumnya, harga minuman boba dibanderol mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00. Angka ini masih termasuk angka yang bersahabat di dompet pelanggan.

3. Bebas Pengawet dan Mudah Diproduksi

Satu lagi kelebihan dari usaha es boba yang bisa Anda pertimbangkan adalah bebas pengawet dan mudah untuk diproduksi. Anda bisa mengikuti cara membuat boba seperti yang sudah disebutkan di atas. Karena tanpa bahan pengawet, menjadikan minuman ini laris manis di pelanggan.

BACA JUGA: Es Teh Indonesia Resmi Jadi “BUMN”. Begini Cara Jadi Mitranya

Demikianlah penjelasan terkait cara memulai usaha minuman boba, rincian modal yang harus dikeluarkan, hingga kekurangan dan kelebihan jenis bisnis satu ini.

Jika Anda membutuhkan karyawan untuk membantu kegiatan operasional usaha, maka Anda bisa menaruhnya di platform KitaLulus. Saat ini KitaLulus sudah beroperasi di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus dengan gratis. Dapatkan kandidat terbaik dan pekerja keras dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok