10 Ide Team Building Berbentuk Games untuk Karyawan, Dijamin Seru!

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Ide team buildingDalam sebuah perusahaan, team building adalah hal yang bisa menciptakan keharmonisan dan untuk mengembangkan kerja sama tim. Maka dari itu, sebagai atasan atau manajemen perusahaan, Anda perlu mengetahui ide team building untuk karyawan.

Biasanya ide team building bisa berupa games seru atau aktivitas outdoor yang praktis. Dalam hal ini praktis yang dimaksud adalah dari segi biaya dan manfaatnya. Sehingga perusahaan bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak terduga.

Ada banyak ide team building yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kerja sama karyawan Anda, apa saja? Simak bahasan di bawah ini untuk tahu inspirasi-inspirasi idenya.

BACA JUGA: Manfaat Menerapkan Teamwork Karyawan di Perusahaan Anda

Apa itu Team Building?

Apa itu team building

Sebelum membahas ide team building, Anda harus paham terlebih dulu apa itu kegiatan team building

Secara istilah, team building bisa diartikan sebagai upaya untuk meningkatkan kohesivitas tim kerja yang ditandai dengan adanya sikap saling percaya, mampu menemukan solusi bersama, terjalinnya komunikasi yang baik, hingga kerja untuk membangun tim terbaik.

Team building perlu dilakukan perusahaan untuk bisa meningkatkan kualitas sebuah hubungan antar karyawan agar bisa bekerja lebih efektif. Jika dalam perusahaan Anda terdapat karyawan yang dirasa tidak bisa diajak kerja sama maka Anda perlu mencari ide team building untuk menciptakan hal tersebut.

Manfaat Team Building Bagi Perusahaan

Manfaat team building bagi perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagai manajemen perusahaan, Anda harus mengetahui beberapa ide team building. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari penerapan team building ini, misalnya:

1. Menjalin Komunikasi

Dalam sebuah hubungan, komunikasi merupakan kunci utama. Hal ini juga berlaku bagi sesama rekan kerja di perusahaan. Manfaat ide team building bagi perusahaan adalah untuk menjalin komunikasi.

Hal ini bisa mempererat hubungan antar karyawan hingga membuat lingkungan kerja yang nyaman dan transparan.

2. Memberikan Motivasi untuk Mencapai Tujuan

Dari berbagai ide team building yang ada, Anda bisa memberikan motivasi untuk mencapai tujuan. Motivasi ini bisa datang dari rekan satu tim atau suasana dan iklim perusahaan yang baik dan positif.

3. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Selain bisa memberikan motivasi, meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan juga salah satu manfaat team building yang bisa perusahaan Anda dapatkan. Bahkan tujuan perusahaan bisa dicapai bersama-sama.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya

Manfaat lainnya team building adalah menumbuhkan rasa percaya antar karyawan. Hal ini tentunya akan membuat Anda lebih yakin dengan kemampuan anggota tim untuk mengerjakan setiap tugas. Karyawan pun akan memberikan yang terbaik karena didasari oleh rasa percaya yang kuat dan merasa kemampuannya diakui.

BACA JUGA: Produktivitas Kerja: Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

10 Ide Team Building Berbentuk Games untuk Karyawan

ide team building berbentuk games

Biasanya penerapan ide team building dilakukan dengan permainan yang seru antar karyawan. Hal ini bisa dilakukan di indoor atau di outdoor. Nah, berikut beberapa ide team building yang bisa Anda coba dan lakukan untuk karyawan di perusahaan.

1. Menulis dengan Benang

Ide team building yang pertama bisa dilakukan dengan mengikatkan beberapa benang pada spidol dari tutupnya hingga ke bagian ujung satunya. Setiap anggota tim diwajibkan untuk memegang ujung benang. Nantinya semua anggota akan bergerak menyebar ke segala arah.

Tujuan dari ide team building ini adalah untuk menuliskan sebuah kata pada kertas dengan membuat para anggota tim bersama-sama mengendalikan gerak benang. Dalam permainan ini, anggota tim dilarang untuk saling berbicara.

2. Menuntun Si Buta

Ide team building selanjutnya adalah Menuntun Si Buta. Dalam games ini, setiap anggota tim akan ditutup matanya secara bergantian. Sedangkan anggota lainnya akan memandu rekannya yang ditutup matanya secar verbal untuk mencapai tujuan akhir.

Tujuan akhirnya bisa berupa suatu lokasi di area kantor atau untuk mengambil objek tertentu. Manfaat dari ide team building ini adalah untuk membangun rasa percaya dan kepemimpinan.

3. Gambar Tanpa Suara

Permainan gambar tanpa suara bisa menjadi ide team building selanjutnya. Caranya adalah setiap anggota tim diminta untuk mengambil sebuah kartu dari dalam wadah secara bergantian. Kemudian ia harus menggambarkan apa yang tertera pada kartu yang dipilih.

Ide team building ini akan seru dilakukan jika yang menggambar tidak diperbolehkan mengeluarkan suara. Sehingga membuat anggota tim lainnya menerka-nerka apa yang sedang di gambarnya. Manfaat dari permainan ini menumbuhkan rasa pengertian dan kebersamaan.

4. 2 Kebohongan 1 Kejujuran

Ide team building selanjutnya adalah permainan 2 Kebohongan 1 Kejujuran. Permainan ini dimulai dengan membagi karyawan menjadi beberapa kelompok. Kemudian meminta mereka untuk menuliskan tiga hal dari diri mereka.

Dua diantaranya adalah kebohongan, dan satu hal lagi adalah kejujuran. Setelah selesai, minta mereka saling menunjukkan apa yang ditulisnya kepada anggota tim lainnya. Mereka bisa menebak mana yang benar, dan mana yang tidak. Manfaat dari ide team building ini adalah untuk memancing obrolan dan pengenalan secara personal masing-masing karyawan.

5. Temukan 10 Persamaan

Permainan temukan 10 persamaan bisa menjadi ide team building selanjutnya. Anda bisa membagi karyawan menjadi beberapa kelompok. Lebih baik lagi jika dalam setiap kelompok ada yang beda divisi.

Inti dari permainan ini adalah untuk menemukan 10 persamaan yang ada di tiap anggota tim. Manfaat dari ide team building yang satu ini adalah untuk menimbulkan rasa kebersamaan dan membangun kekompakan mereka.

Inspirasi ide team building outdoor karyawan

6. Siapa Pelakunya?

“Siapa Pelakunya?” adalah ide team building yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Setiap anggota tim diminta untuk menuliskan satu hal terkonyol yang pernah mereka lakukan. Setelah itu, masukan kertas tersebut ke dalam suatu wadah.

Kemudian secara bergantian, minta setiap anggota tim membacakan dan menebak siapa yang melakukan hal konyol tersebut. Manfaat dari ide team building ini adalah untuk menciptakan interaksi hangat antar karyawan.

7. Marshmallow

Permainan berikutnya yang bisa menjadi ide team building adalah Tantang Marshmallow. Untuk permainan ini, Anda harus menyiapkan beberapa batang spageti, satu meter pita perekat, dan sebuah marshmallow.

Minta seluruh anggota tim untuk membuat satu struktur terpanjang atau tertinggi dari bahan yang ada. Manfaat dari ide team building ini adalah menciptakan rasa kerjasama, kekompakan, dan kepemimpinan.

8. Secret Santa

Secret Santa bisa menjadi ide team building selanjutnya yang Anda lakukan. Cara permainan ini cukup mudah. Anda hanya perlu meminta seluruh anggota tim untuk menuliskan nama mereka di secarik kertas kemudian masukkan ke dalam toples.

Selanjutnya, minta setiap anggota untuk mengambil sebuah nama dan merahasiakannya. Masing-masing anggota harus bersikap baik kepada nama anggota yang diambilnya dalam jangka waktu tertentu. Manfaat dari ide team building ini bisa memberikan rasa bahagia di tempat kerja dan memberikan apresiasi.

9. Tebak Kata

Ide team building selanjutnya adalah permainan tebak kata. Anda bisa meminta setiap anggota tim untuk memperagakan sebuah kata kepada anggota lainnya. Anggota yang tidak memeragakan, bertugas untuk menebak kata tersebut.

Setiap anggota tim bisa bergantian setiap kali ada yang berhasil menjawab dengan benar atau waktu yang diberikan sudah habis. Manfaat dari ide team building ini adalah membangun kreativitas.

10. Siapa Namaku?

Satu lagi ide team building yang bisa Anda coba, yaitu permainan “Siapa Namaku?”. Anda bisa meminta semua anggota tim untuk menuliskan nama dan profesi mereka pada kertas dan memasukkannya ke dalam toples. Lebih baik jika dalam satu tim terdiri dari divisi yang berbeda.

Kemudian, minta mereka untuk mengambil kertas tersebut dan menempelkannya di punggung mereka. Biarkan para anggota saling berinteraksi dan bertanya terkait identifikasi nama profesi yang tertempel di punggung mereka. Manfaat ide team building ini adalah sebagai ice breaking dan menjalin hubungan antar tim.

Demikianlah penjelasan terkait team building dan ide team building yang bisa Anda lakukan untuk karyawan perusahaan Anda.

Melalui aktivitas team building, para karyawan akan merasa lebih akrab dan personal satu sama lain. Selain itu, team building juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan menumbuhkan jiwa pemimpin.

Butuh rekan sesama HR untuk membantu Anda mengembangkan tim perusahaan? Mari pasang lowongan kerja HR perusahaan di KitaLulus!

Bukan hanya mudah dan gratis, KitaLulus adalah salah satu platform penyedia kandidat paling berkualitas di Indonesia. Ingin tahu buktinya? Ayo, pasang loker Anda di KitaLulus sekarang juga dan penuhi talent pool karyawan terbaik perusahaan sekarang juga.

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd