Apa Itu Konsultan Bisnis? Ini Tugas, Manfaat, dan Cara Memilih yang Tepat Bagi Perusahaan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Konsultan bisnis– Jika Anda adalah newbie atau pebisnis muda yang baru terjun ke dunia bisnis, biasanya membutuhkan konsultan bisnis untuk memberikan masukan dan saran terkait arah bisnis di masa mendatang.

Tapi pada dasarnya, kebutuhan akan konsultan bisnis itu disesuaikan dengan perusahaan. Sampai saat ini, masih banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa konsultan bisnis. Mungkin perusahaan Anda ingin mencobanya?

Pelajari lebih lanjut terkait apa itu konsultan bisnis, tugas, tanggung jawab, hingga cara menemukan konsultan bisnis yang tepat bagi kemajuan perusahaan Anda, di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian People Management, Tujuan, dan Skill yang Wajib Dimiliki

Apa Itu Konsultan Bisnis?

Apa itu konsultan bisnis

Bisnis konsultan atau konsultan bisnis adalah profesional yang bekerja dengan kliennya untuk membantu meningkatkan, menumbuhkan, dan/atau mempertahankan perusahaan dari berbagai aspek.

Konsultan bisnis juga bisa diartikan sebagai seseorang yang memberikan bimbingan untuk perusahaan atau individu dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak hanya sekedar bimbingan semata, seorang konsultan bisnis juga harus bisa menyediakan solusi atas masalah yang ada. Biasanya konsultan bisnis dibutuhkan jika ada perusahaan yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan pengembangan.

Jika Anda berencana untuk menggunakan jasa konsultan bisnis, maka Anda harus mencari dan menemukan orang yang tepat. Sebab, profesi ini bukanlah profesi sembarangan. Selain itu, gaji konsultan bisnis biasanya juga tidaklah sedikit, sehingga Anda perlu memilih konsultan dengan cermat.

Tugas Konsultan Bisnis

Tugas konsultan bisnis

Seorang konsultan bisnis tidak hanya memberi bimbingan tetapi juga perlu menyiapkan solusi atas masalah yang ada. Berikut beberapa tugas konsultan bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Menyediakan Jasa Konsultasi

Tugas konsultan bisnis yang pertama adalah menyediakan jasa konsultasi. Profesi ini harus mampu memberikan konsultasi bisnis kepada kliennya sesuai dengan apa yang diinginkan. Cari seorang konsultan bisnis yang benar-benar memahami seluk beluk bisnis secara menyeluruh dan mendetail.

2. Melakukan Identifikasi Masalah

Tugas konsultan bisnis yang kedua adalah melakukan identifikasi masalah yang ada. Umumnya, perusahaan tertentu cenderung beralih ke konsultan bisnis untuk membantu mereka menyelesaikan masalah. Maka dari itu, Anda harus mendapatkan seseorang yang mampu mengidentifikasi masalah bisnis perusahaan.

3. Memberikan Solusi

Setelah berhasil melakukan identifikasi masalah, tugas konsultan bisnis berikutnya adalah memberikan solusi atas masalah tersebut. Solusi tersebut haruslah tepat dan bisa diimplementasikan dengan baik oleh perusahaan.

4. Membuat Rencana Bisnis

Seorang konsultan bisnis harus bisa membuat dan mengembangkan rencana bisnis. Selain itu, tugas konsultan bisnis yang tidak kalah penting adalah bisa melihat peluang pasar yang ada untuk memenuhi permintaan pelanggan.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik

Satu lagi tugas konsultan bisnis yang perlu Anda tahu adalah bisa menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencari tahu dan mendapatkan informasi yang bisa digunakan untuk kemajuan dan pengembangan perusahaan Anda.

Tanggung Jawab Konsultan Bisnis

Sebelum membuat pilihan, sebaiknya Anda tahu lebih dulu apa saja tanggung jawab seorang konsultan bisnis, yaitu diantaranya:

  • Mengatur dan melakukan proyek bisnis perusahaan berdasarkan kebutuhan
  • Bertemu dengan klien yang membutuhkan konsultasi bisnis dan memberikan pengamatan awal atas situasi atau masalah yang terjadi
  • Mengumpulkan informasi terkait bisnis klien dengan menggunakan banyak metode seperti observasi, wawancara, survei, laporan, dan lainnya
  • Melakukan analisis dan menginterpretasikan data yang didapat untuk mengatasi masalah yang ada, menggali kelemahan perusahaan, dan juga mencari tahu faktor penyebabnya
  • Memberikan rekomendasi dan mencarikan solusi dengan mempertimbangkan kondisi klien. Baik itu dari segi keinginan, kemampuan, dan limit klien
  • Menyajikan hasil dan saran yang mudah untuk diimplementasikan dan praktis
  • Mengembangkan rencana bisnis untuk mendorong perubahan perusahaan
  • Membantu klien untuk melakukan rencana bisnis tersebut
  • Memberikan saran terkait isu bisnis dan menyelesaikan masalah yang terjadi

BACA JUGA: Mengenal People Analytics, Manfaat, Peran, dan Cara Implementasinya

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Bisnis

Manfaat menggunakan jasa konsultan bisnis

Peran konsultan bisnis sangatlah penting dalam kelangsungan perusahaan. Maka dari itu, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda menggunakan jasa profesi ini, diantaranya:

1. Bisnis Bisa Berjalan Optimal

Manfaat menggunakan jasa konsultan bisnis yang pertama adalah bisnis bisa berjalan dengan optimal. Seseorang dari profesi ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan bisnis di tengah persaingan industri yang ketat.

2. Muncul Ide-ide Baru dan Segar

Seorang konsultan bisnis yang sudah memiliki pengalaman lama di bidangnya tentu bisa memberikan ide-ide baru dan segar untuk membantu kliennya. Pengalaman dan masukan dari mereka bisa Anda jadikan bekal untuk kelangsungan perusahaan.

3. Masalah Ditangani Ahlinya

Manfaat menggunakan jasa konsultan bisnis yang ketiga adalah masalah perusahaan ditangani langsung oleh ahlinya. Hal ini bisa didapatkan dari pengalaman mereka selama menjalani profesinya. Sehingga peluang untuk berhasil pun lebih besar.

4. Membantu Meluruskan Langkah Bisnis

Tidak jarang pebisnis yang melenceng dari langkah bisnisnya. Biasanya hal ini terjadi ketika hendak mengembangkan bisnis. Sebab terkadang, apa yang sudah direncanakan dengan matang, bisa menghadapi hambatan.

Di sinilah manfaat menggunakan jasa konsultasi bisnis dengan membantu Anda meluruskan langkah bisnis ke jalur awal.

5. Meminimalisir Kerugian Finansial

Meminimalisir kerugian finansial juga termasuk manfaat menggunakan jasa konsultasi bisnis yang bisa Anda rasakan. Mereka bisa membantu Anda untuk merancang strategi bisnis dengan matang. Termasuk menghindari berbagai macam potensi kesalahan yang mungkin terjadi.

6. Meningkatkan Profit Perusahaan

Satu lagi manfaat menggunakan jasa konsultan bisnis yang bisa Anda rasakan adalah dapat meningkatkan profit perusahaan. Sebab, seorang konsultan bisnis yang profesional dan handal bisa menyiapkan perencanaan usaha yang baik dengan menghitung target untuk dan potensi ruginya.

Cara Memilih Konsultan Bisnis yang Tepat

Setelah mengetahui tugas, tanggung jawab, dan manfaat menggunakan jasa konsultan bisnis, tentu Anda ingin mencari mereka untuk membantu kelangsungan perusahaan.

Berikut beberapa cara memilih konsultan bisnis yang tepat bagi perusahaan Anda:

1. Cek Portofolionya

Cara memilih konsultan bisnis yang pertama dan termudah adalah cek portofolionya. Siapa saja klien yang pernah konsultan tersebut layani, dan apa saja achievement yang pernah diraih? Anda bisa mengakses info ini melalui website mereka, salesperson, atau testimoni dari mantan klien.

2. Lakukan Wawancara

Cara menemukan konsultan bisnis yang tepat bagi kemajuan perusahaan Anda berikutnya adalah dengan melakukan wawancara. Tujuannya adalah untuk mengetahui karakteristiknya. Hal ini perlu Anda perhatikan, sebab Anda akan banyak bertukar pendapat dan berdiskusi dengan mereka.

3. Cek Legalitas

Jangan lupa untuk cek legalitas sebagai salah satu cara menemukan konsultan bisnis yang tepat bagi kemajuan perusahaan. Hal ini tentu sangat penting dan tidak boleh dilewatkan agar terbebas dari masalah hukum dan bisa mempertanggung jawabkan kemampuan yang dimilikinya.

4. Bandingkan dengan yang Lainnya

Satu lagi cara memilih konsultan bisnis yang tepat bagi kemajuan perusahaan Anda adalah membandingkan dengan konsultan bisnis lainnya. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa melakukan survei mendalam dengan membandingkan dengan beberapa konsultan sekaligus.

Contoh Konsultan Bisnis yang Banyak Dicari Saat Ini

Contoh konsultan bisnis perusahaan

Berikut beberapa contoh konsultan bisnis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha Anda:

1. Konsultan Manajemen Bisnis

Contoh konsultan bisnis yang pertama adalah konsultan manajemen bisnis. Sama dengan namanya, mereka akan membantu Anda memberikan layanan objektif terkait cara memaksimalkan keuntungan bisnis Anda.

2. Konsultan Startup

Bagi Anda yang membuka usaha di bidang startup, konsultan bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda. Nantinya mereka akan membantu Anda untuk mendefinisikan konsep dan membantu pengelolaan bisnis.

3. Konsultan Pemasaran

Contoh konsultan bisnis berikutnya adalah konsultan pemasaran. Pelayanan yang bisa diberikan adalah membantu Anda untuk mengembangkan strategi pemasaran perusahaan.

4. Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan adalah salah satu contoh konsultan bisnis yang paling umum digunakan oleh perusahaan. Mereka akan membantu Anda untuk memahami dan melakukan manajemen keuangan, membuat dan menyusun laporan keuangan, dan lainnya yang terkait keuangan perusahaan Anda.

5. Konsultan Manajemen Risiko

Selanjutnya ada contoh konsultan bisnis untuk manajemen risiko. Mereka akan membantu Anda untuk mengidentifikasi potensi ancaman atau risiko dan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah atau meminimalisirnya.

6. Konsultan IT

Konsultan IT juga termasuk contoh konsultan bisnis yang perlu Anda ketahui. Konsultan IT akan membantu Anda untuk meningkatkan software dan bentuk komunikasi yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

7. Konsultan Sumber Daya Manusia

Satu lagi contoh konsultan bisnis yang perlu Anda tahu adalah konsultan sumber daya manusia. Konsultan SDM akan membantu Anda untuk membuat strategi pengembangan perusahaan dari sisi sumber daya manusianya.

Jadi, mana konsultan bisnis yang Anda butuhkan?

Demikianlah penjelasan terkait apa itu bisnis konsultan, tugas, manfaat, hingga cara memilih konsultan bisnis yang tepat untuk memajukan perusahaan.

Butuh konsultan bisnis untuk bantu Anda dan tim scale up sekarang juga? Pasang lowongan Anda di KitaLulus! Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis! Dapatkan konsultan bisnis yang terbaik dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd