Pengertian Kualitas Produk, Indikator, dan Cara Menjaganya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Kualitas produk– Hal yang harus Anda perhatikan ketika berjualan adalah kualitas produk yang ditawarkan. Faktor ini adalah salah satu yang terpenting dalam menentukan kepuasan pelanggan.

Seiring dengan inovasi yang dilakukan, kualitas produk juga harus ditingkatkan. Sebuah bisnis harus bisa beradaptasi dengan perkembangan yang ada agar bisa bertahan.

Simak selengkapnya pengertian kualitas produk, indikator penentu, dan cara menjaganya dalam bahasan KitaLulus di bawah ini.

BACA JUGA: Faktor Produksi: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Pentingnya Kualitas Produk

pengertian kualitas produk

Perlu diketahui, kualitas produk adalah segala hal yang berhubungan dengan kondisi fisik, sifat, fungsi dari sebuah produk dan/atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Hal ini dapat diukur dengan durabilitas, reliabilitas, kemudahan dalam menggunakan produk, kesesuaian, dan komponen lainnya yang bisa membuat pelanggan merasa puas.

Tidak hanya itu, kualitas produk juga bisa menjadi ciri khas atau identitas dari brand Anda. Setiap pelanggan yang membeli produk Anda, tentu menginginkan kualitas yang sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan.

Pentingnya kualitas produk adalah untuk bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan. Ketika mereka merasa puas dengan apa yang mereka beli, maka besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian ulang di masa mendatang.

Selain itu, kualitas produk juga bisa meningkatkan citra brand dan nilai produk. Faktor ini juga bisa Anda gunakan untuk mengukur baik atau buruknya produk yang Anda tawarkan.

Indikator Penentu Kualitas Produk

indikator penentu kualitas produk

Pada dasarnya, ada sembilan indikator kualitas produk yang harus Anda perhatikan. Kesembilan indikator ini juga bisa menentukan tingkat kepuasan pelanggan dengan produk dan/atau jasa Anda. Selengkapnya tentang indikator kualitas produk adalah sebagai berikut:

1. Bentuk

Indikator kualitas produk yang pertama adalah bentuk. Artinya, pelanggan bisa melakukan penilain hanya dengan melihat dari bentuk, ukuran, atau fisik dari produk.

2. Karakteristik

Karakteristik dari sebuah produk juga bisa menentukan dimensi kualitas produk di mata pelanggan. Biasanya karakteristik ini berkaitan dengan fitur yang ada di produk dan/atau jasa.

3. Kinerja

Kinerja juga bisa menentukan indikator kualitas produk. Hal ini umumnya berkaitan langsung dengan fungsional produk dan/atau jasa tersebut. Umumnya, indikator ini merupakan salah satu penilaian yang sering dilakukan oleh pelanggan.

4. Kesesuaian

Berikutnya ada indikator kualitas produk berupa kesesuaian. Artinya, Anda harus membuat produk dan/atau jasa yang sesuai dengan ekspektasi dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

5. Ketahanan

Salah satu penilaian pelanggan pada sebuah produk adalah ketahanan. Dimensi kualitas produk ini berhubungan dengan berapa lama produk tersebut dapat digunakan.

6. Kehandalan

Indikator kualitas produk yang satu ini berkaitan dengan ketahanan. Selain produk bisa awet digunakan, apakah produk masih dalam kondisi yang sama setelah digunakan dalam waktu lama?

7. Mudah untuk Diperbaiki

Tidak ada yang bisa menjamin produk akan selalu dalam kondisi bagus setelah lama digunakan. Namun, pelanggan juga lebih menyukai produk yang bisa diperbaiki sendiri tanpa harus menghubungi pusat servis.

8. Gaya

Indikator kualitas produk kedelapan adalah gaya. Umumnya pelanggan lebih memilih produk yang sesuai dengan gaya mereka. Apakah produk Anda sudah seperti itu?

9. Desain

Satu lagi dimensi kualitas produk yang harus Anda perhatikan adalah desain. Hal ini berkaitan dengan visualisasi dari produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

BACA JUGA: 9 Cara Mengoptimalkan Biaya Produksi Perusahaan Agar Makin Efisien

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Dibalik kualitas pada setiap produk yang ditawarkan, ada faktor pendukung yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah sebagai berikut:

1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Faktor yang pertama adalah sumber daya manusia. Dalam hal ini, tenaga kerja adalah hal terpenting untuk membuat sebuah produk berkualitas. Mulai dari nilai, mutu, dan hal lainnya.

2. Prosedur Kerja

Adanya prosedur kerja atau SOP memungkinkan semua anggota perusahaan bekerja sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Disiplin dalam bekerja juga bisa menentukan kualitas produk.

3. Mesin

Selain tenaga kerja, sumber daya yang dimiliki perusahaan adalah mesin. Dalam kegiatan produksi, mesin membantu Anda untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

4. Bahan Baku

Pemilihan bahan baku yang berkualitas juga termasuk pada faktor kualitas produk. Jika bahan baku yang digunakan bermutu tinggi, maka produk yang dihasilkan pun akan berkualitas tinggi. Begitu pula sebaliknya.

5. Lingkungan

Satu lagi faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah lingkungan. Dimana dalam hal ini, lingkungan atau lokasi pembuatan produk bisa mempengaruhi serangkaian proses kegiatan produksi.

Cara Menjaga Kualitas Produk

cara menjaga kualitas produk

Memang, pada prakteknya menjaga kualitas produk harus melalui banyak pertimbangan dan juga pemikiran yang panjang. Sebab hal ini akan berhubungan langsung dengan tingkat kepuasan pelanggan.

Tapi tenang, KitaLulus akan membagikan cara menjaga kualitas produk yang bisa Anda lakukan:

1. Dapatkan Feedback dari Pelanggan

Cara menjaga kualitas produk yang pertama adalah dengan mendapatkan feedback dari pelanggan. Baik itu ulasan positif maupun negatif. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan. Sehingga Anda bisa meningkatkan dan menjaga kualitas produk.

2. Jangan Lupakan QC

Quality check adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Agar bisa menjaga kualitas produk, Anda harus memberikan produk terbaik. Hindari menjual produk yang memiliki kecacatan meskipun hanya sedikit.

3. Mengamati Kompetitor

Dengan mengamati kompetitor, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Jadikan celah tersebut untuk membuat sesuatu yang berbeda sebagai cara menjaga kualitas produk.

4. Berikan Jaminan Kualitas

Satu lagi cara menjaga kualitas produk adalah dengan memberikan jaminan kualitas. Sebab, dengan adanya jaminan kualitas menandakan bahwa Anda memberikan produk terbaik untuk pelanggan. Dengan begitu, Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan lebih mudah.

Demikianlah penjelasan terkait pentingnya menjaga kualitas produk, indikator dan dimensinya, hingga beberapa faktor yang ikut mempengaruhi kualitasnya.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa kualitas produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan dapat menentukan tingkat kepuasan pelanggan dan juga mendapatkan loyalitas dari mereka. Jadi, jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas produk dan/atau jasa Anda, ya!

Perusahaan Anda sedang membutuhkan karyawan? Maka Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan terbaik dan berpotensi dengan #LebihMudah dalam hitungan hari bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd