Langkah-langkah yang Tepat dalam Strategi Merekrut Karyawan

Shirley Candrawardhani

Hobi saat ini baca manga dan maraton anime. Senang menulis di bidang young-adult dan naratif-deskriptif

Isi Artikel

Setiap perusahaan membutuhkan banyak karyawan untuk bisa bertahan dan beroperasi. Tanpa karyawan, sangat sulit dibayangkan bagaimana sebuah perusahaan bisa bertahan dan meraih kesuksesan. Maka dari itu dibutuhkan strategi merekrut karyawan yang kompeten untuk perusahaan Anda.

Karyawan yang kompeten dan memiliki kualitas tinggi dalam bekerja, merupakan salah satu aset terpenting. Jika Anda salah dalam memilih karyawan, hal yang mungkin akan terjadi adalah mereka tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar. Dalam mencari kandidat terbaik untuk perusahaan Anda dibutuhkan strategi merekrut karyawan yang tepat.

Merekrut karyawan adalah salah satu pekerjaan dan proses yang memakan waktu dan biaya. Agar proses rekrutmen bisa efektif, Anda bisa mengikuti beberapa strategi merekrut karyawan yang sudah dirangkum tim KitaLulus di bawah ini.

Langkah Mendapat Karyawan Terbaik

Pada dasarnya, setiap perusahaan menginginkan karyawan yang berkompeten untuk perusahaannya. Mulai dari kandidat yang memiliki pengalaman selama bertahun-tahun atau kandidat yang tidak memiliki pengalaman sama sekali tetapi ada tekad untuk berkembang dan belajar. Jika Anda sedang mencari kandidat yang berkompeten, langkah mendapat karyawan terbaik berikut ini bisa dicoba.

1.  Buka Lowongan di Acara Job Fair

Anda bisa membuka lowongan pekerjaan di perusahaan Anda dengan mengikuti berbagai job fair. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tertarik dan mencoba peruntungannya di acara seperti ini.

2.  Berikan Benefit dan Fasilitas yang Menarik untuk Karyawan

Tidak dipungkiri lagi, benefit dan fasilitas yang menarik menjadi perhatian setiap para calon pelamar pekerjaan. Pada dasarnya, mereka akan mencari perusahaan yang memang benar-benar mensejahterkan karyawannya.

3.  Mempekerjakan Kembali Karyawan yang Pernah Bekerja di Perusahaan

Jika Anda merasa sudah lelah atau tidak mau mengambil jalan yang berputar-putar, Anda bisa mempekerjakan kembali karyawan yang pernah bekerja sebelumnya. Tentunya dengan benefit dan fasilitas yang lebih menarik.

4.  Bangun Reputasi Perusahaan Sebaik Mungkin

Reputasi perusahaan menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh para calon pelamar. Hal ini karena mereka sudah yakin dan merasa siap untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5.  Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Bagus dan Harmonis

Selain reputasi perusahaan, lingkungan kerja di perusahaan Anda juga perlu diperhatikan. Hal ini akan menarik perhatian para calon pelamar, karena mereka yakin perusahaan tersebut akan membantu dalam mengembangkan karir dan juga bakat mereka.

 

Proses Rekrutmen yang Efektif

Setiap perusahaan pasti ingin proses rekrutmen yang efektif untuk mendapatkan kandidat terbaik. Sama halnya dengan para calon pelamar, mereka juga membutuhkan perusahaan yang responsif dan aktif dalam memberi kabar terkait lamaran mereka.

Setelah menerima banyak lamar dari beberapa kandidat, langkah selanjutnya adalah proses rekrutmen yang panjang. Mulai dari screening CV dan surat lamaran, tes psikotes/kompetensi dasar, wawancara pertama sampai ketiga, dan selanjutnya jika diterima baru nego gaji. Lalu bagaimana proses rekrutmen yang efektif agar tidak terlalu memakan waktu?

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1.  Identifikasi Kebutuhan Posisi

Anda perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu pada posisi baru atau pergantian karyawan di perusahaan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah melihat kondisi karyawan yang memiliki beban kerja terlalu banyak sehingga memerlukan bantuan.

2.  Rencanakan Perekrutan dengan Seksama

Hal ini berkaitan dengan bagaimana tim HRD akan mempublikasikan informasi lowongannya, siapa yang akan meninjau proses perekrutan, siapa yang akan berpartisipasi dalam proses wawancara, dan lain sebagainya. Anda harus merencanakan ini secara matang dan seksama.

3.  Publikasikan Lowongan

Sudahkah Anda memutuskan dimana akan mempublikasikan lowongannya? Beberapa pilihan seperti membuka rekrutmen melalui platform/situs pencari kerja, melalui media cetak atau media elektronik, melalui job fair, atau Anda juga bisa menginformasikannya kepada karyawan di perusahaan untuk ikut membantu mencari kandidat terbaik.

4.  Lihat Latar Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Untuk memastikan Anda menerima kandidat terbaik, hal pertama yang harus diperhatikan adalah latar pendidikan dan pengalaman kerja. Hal ini sangat penting untuk beberapa posisi tertentu agar mereka bisa bekerja sesuai dengan jobdesknya. Pelamar yang dipilih adalah mereka yang dinilai berdasarkan syarat-syarat yang sudah dipenuhi.

5.  Lakukan Tes Kompetensi Bidang

Beberapa posisi di perusahaan Anda mungkin membutuhkan tes kompetensi yang harus diikuti sejumlah kandidat. Dengan melakukan tes kompetensi bidang, Anda bisa menilai seberapa kompeten kandidat tersebut dalam bekerja sesuai dengan posisi yang dilamarnya.

6.  Sebisa Mungkin Hindari Merekrut Karyawan Karena Anda Mengenalnya

Hal ini untuk menghindari penilaian bias dalam perusahaan Anda. Mungkin Anda merasa mengenal baik orang tersebut, tapi belum tentu dia berkompeten dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda memilih kandidat yang memang tidak dikenal sama sekali.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai Anda mempekerjakan karyawan hanya rasa kasihan. Belum tentu orang tersebut kompeten dalam melakukan pekerjaannya. Alih-alih berhasil dalam karir, hal ini mungkin bisa menjatuhkan citra perusahaan Anda. Oleh sebab itu Anda memerlukan strategi merekrut karyawan yang baik dan efisien.


Menjaring SDM yang Berkompeten

Membuat perencanaan SDM adalah salah satu strategi perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang tepat dan kompeten di bidangnya. Hal ini juga berkaitan dengan masa depan dan kesuksesan suatu perusahaan. Jangan sampai Anda salah dalam memilih karyawan. Maka dari itu dibutuhkan strategi merekrut karyawan.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaring SDM yang berkompeten:

1.  Analisis Informasi Pekerjaan

Pastikan Anda mendefinisikan dengan jelas pekerjan yang dipublikasikan sebelum merekrut karyawan baru. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa merumuskan tugas-tugas, tanggung jawab, keahlian yang dibutuhkan, hasil pekerjaan, hingga lingkungan pekerjaan di perusahaan.

2.  Buat Strategi Merekrut Karyawan yang Efektif

Buat perencanaan untuk merekrut karyawan baru dengan beberapa pihak penting di perusahaan. Hal ini sangat penting untuk mempersingkat waktu dan membuat proses perekrutan karyawan lebih efisien.

3.  Jalin Hubungan Baik dengan Beberapa Kandidat Potensial

Dengan menjalin hubungan baik dengan beberapa kandidat yang memiliki potensi, Anda bisa memilih kandidat terbaik untuk posisi yang ditawarkan. Semakin banyak kandidat potensional, maka Anda bisa menempatkan mereka sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4.  Screening Cv dan Surat Lamaran dengan Seksama

Lihatlah apakah CV dan surat lamaran yang dikirim sudah sesuai dengan posisi yang dilamar dan kriteria yang disebutkan. Jangan lupa untuk memisahkan kandidat yang menurut Anda tidak cocok untuk posisi tersebut. Hal ini mungkin akan memakan waktu lama, maka dari itu pastikan Anda melakukannya di waktu senggang agar tidak menggangu pekerjaan lainnya.

5.  Wawancara Kandidat Terpilih

CV dan surat lamaran yang baik belum tentu menjamin bahwa kandidat tersebut sesuai untuk posisi yang dilamar. Maka dari itu wawancara adalah salah satu langkah yang penting dalam proses menjaring SDM yang berkompeten. Hal ini bisa membuat Anda lebih mengenal kandidat dan menilainya secara langsung.

6.  Buat daftar Pertanyaan yang Tepat

Manfaatkan proses wawancara untuk mengenal lebih dekat kandidat yang Anda pilih. Coba berikan pertanyaan yang tepat seperti; menceritakan soal diri mereka, kelebihan dan kelemahan, konflik pekerjaan dan hal-hal lain berkaitan dengan posisi yang dilamar.

7.  Cek Latar Belakang dan Referensi

Langkah selanjutnya adalah mengecek latar belakang kandidat yang Anda pilih. Pastikan bahwa kandidat tersebut sudah memenuhi syarat-syarat yang Anda berikan. Bila perlu, tanyakan referensi di tempat kerja sebelumnya dan Anda bisa menghubunginya untuk menanyakan kinerja kandidat tersebut.

Menjaring SDM yang berkompeten bertujuan agar perusahaan bisa berfungsi secara optimal. Anda bisa melakukan strategi rekrutmen karyawan dengan memproyeksikan daftar untuk mencapai tujuan akhir atau goal perusahaan berdasarkan kebutuhan posisi yang tersedia.

Dalam melakukan strategi merekrut karyawan, perusahaan harus mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan proses rekrutmen yang efektif agar bisa berjalan secara efisien dan masksimal.

Selain dengan menggunakan strategi merekrut karyawan seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mendapatkan kandidat yang potensial. Jadi, sudah tentukan mau mempublikasikan lowongan pekerjaan Anda dimana?

Publikasikan Lowongan Anda di KitaLulus

Jika belum, Anda bisa membuat lowongan pekerjaan melalui platform KitaLulus yang bisa diunduh di Play Store. Proses pemasangannya tidak memakan waktu yang lama dan dalam hitungan minggu, Anda sudah mendapatkan kandidat potensial untuk perusahan. Selain mudah digunakan, aplikasi KitaLulus juga gratis! Database kami memiliki beberapa calon kandidat terbaik dan berkompeten untuk perusahaan Anda. Coba aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok