Apa Itu Monetisasi? Cek Keuntungan dan Cara Melakukannya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Di zaman serba digital seperti sekarang, monetisasi adalah hal lumrah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apa itu monetisasi? Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah tersebut, namun belum terlalu memahami artinya.

Untuk itu, yuk simak artikel berikut. Akan dijelaskan mengenai pengertian monetisasi, jenis, keuntungan, hingga cara melakukannya.

Apa Itu Monetisasi?

Monetisasi adalah proses mengubah sesuatu menjadi uang. Di era digital saat ini, monetisasi adalah hal yang bisa dilakukan di website atau jaringan media sosial.

Orang yang melakukannya dapat menghasilkan uang melalui akun media sosial pribadi atau bahkan blog mereka. Itulah mengapa orang-orang sering menggunakan istilah monetisasi yang berarti menghasilkan uang melalui situs web atau platform media sosial.

Yup, Anda bisa menghasilkan uang hanya dengan bermain blog pribadi atau bahkan Facebook, YouTube, Instagram, dan lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa cara melakukan monetisasi pada akun juga tidaklah mudah.

Anda perlu melakukan berbagai strategi, seperti menjadi influencer terkenal, membuat konten yang orisinil, mengajukan izin pemasangan iklan pada Google Adsense, dan lain sebagainya.

Apa yang Bisa Dimonetisasi?

Apa yang Bisa Dimonetisasi?

Seperti telah dijelaskan di atas, monetisasi adalah kegiatan mengubah sesuatu menjadi uang. Nah, salah satu yang dapat diubah menjadi uang yaitu situs web.

Caranya, Anda harus mendaftarkan situs web Anda ke Google Adsense. Apabila diterima, Anda akan dapat menghasilkan uang dari blog pribadi Anda.

Prospek menghasilkan uang dari iklan lebih tinggi jika materi yang Anda tawarkan menarik dan banyak orang mengunjungi situs web Anda. Pendapatan akan didapatkan oleh pemilik blog apabila pengunjung mengklik iklan tersebut.

Selain menggunakan teknik ini, Anda juga dapat memanfaatkan situs web sebaik-baiknya untuk mempromosikan barang jualan Anda.

Tak hanya website, YouTube, Instagram, TikTok, dan platform media sosial lain juga bisa dimonetisasi.

Sebagai contoh saat membuka YouTube, Anda akan sering melihat iklan di tengah video. Nah, itulah salah satu metode monetisasi yang digunakan oleh para produsen konten untuk mendapatkan uang dari YouTube. Pemilik video mendapatkan komisi dari iklan yang dilihat oleh penonton.

Baca juga: Pengertian Afiliator, Tugas, Keuntungan, dan Cara Daftarnya

Cara Membuat Konten Agar Bisa Dimonetisasi

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari monetisasi YouTube maupun media sosial lainnya, maka Anda harus bisa membuat konten yang menarik perhatian penonton.

Bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa Anda ikuti agar memiliki konten berkualitas sebagai cara melakukan monetisasi.

1. Tampilkan Bakat Anda

Cara membuat konten yang bagus agar bisa monetisasi adalah Anda harus menyadari kemampuan dan minat dalam diri terlebih dulu. Jika ada minat khusus yang Anda miliki, seperti musik atau travelling, tentu akan sangat mudah untuk mengembangkan konten yang menarik.

2. Jaga Orisinalitas Konten

Orisinalitas atau ciri khas dapat membantu membedakan konten Anda dari konten atau situs lain. Jangan sampai Anda menjiplak saat menulis artikel pada situs web ataupun membuat video di YouTube, ya.

Ingatlah untuk menjaga kekhasan Anda agar mendapatkan perhatian dari brand atau agensi. Seseorang yang memiliki orisinalitas akan memiliki kepribadian khas sehingga mudah diingat.

3. Pilih Platform yang Cocok

Perlu ditekankan sekali lagi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui keahlian Anda, apakah menulis atau membuat konten video. Jika menulis adalah kekuatan Anda, Anda dapat melakukan monetisasi dengan menggunakan media seperti blog.

Namun, jika Anda berbakat dalam menulis skrip dan membuat video, maka sebaiknya lakukan monetisasi pada situs seperti YouTube dan TikTok. Progres Anda akan jauh lebih cepat jika Anda menyadari potensi diri dan platform terbaik untuk melakukan monetisasi.

4. Konsisten dalam Memproduksi Konten

Setelah menentukan media yang tepat, segeralah mulai memproduksi konten. Konsistensi sangat penting untuk memonetisasi platform Anda dengan cepat. Selain itu, ingatlah bahwa materi Anda harus tetap unik agar menonjol dari kompetitor lain.

5. Mengikuti Syarat Monetisasi

Setelah Anda yakin konten Anda cukup baik dan pantas untuk dimonetisasi, mulailah mempelajari syarat monetisasi di platform yang Anda pilih. Setelah memenuhi syaratnya, Anda dapat mendaftar ke Google Adsense atau mempromosikan produk dari merek tertentu.

Baca juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba - KitaLulus

Keuntungan Monetisasi

Keuntungan Monetisasi

Anda sudah paham bahwa keuntungan monetisasi adalah mendapatkan penghasilan. Namun, lebih dari itu, keuntungan monetisasi yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan Penghasilan Anda

Keuntungan utama monetisasi adalah mendapat kesempatan untuk meningkatkan pendapatan. Jika Anda seorang pekerja kantoran yang menerima upah bulanan, maka monetisasi konten bisa Anda gunakan sebagai pemasukan sampingan.

Oleh karena itu, monetisasi bisa menjadi jawaban terbaik untuk semua kekhawatiran Anda tentang masalah uang.

2. Membagikan Informasi

Sebelum dapat melakukan monetisasi, Anda harus membuat konten terlebih dahulu di situs pribadi, baik itu YouTube, blog, TikTok, Snapchat, atau Instagram.

Lalu untuk membuat materi yang akan menarik perhatian audiens, Anda harus melakukan penelitian. Secara tidak langsung, Anda dapat memberitahu seluruh pembaca tentang informasi yang telah Anda pelajari.

Oleh karena itu, monetisasi lebih dari sekedar mendapatkan uang, hal ini juga termasuk berbagi pengetahuan. Anda juga dapat membuat e-book, kursus online, dan hal-hal lain untuk bisa dibeli audiens.

3. Menambah Wawasan Dunia Digital

Di era digital sekarang, mencari uang bisa dilakukan secara online atau melalui internet. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus belajar dan menghasilkan uang dengan cara yang lebih mudah, karena pengetahuan tentang dunia ini akan bermanfaat dalam jangka panjang.

Demikian penjelasan mengenai monetisasi secara lengkap. Kesimpulannya, monetisasi adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari internet. Bila Anda sedang mencari tim untuk membuat konten berkualitas, Anda dapat merekrut kandidat terbaik melalui KitaLulus.

Sebagai platform pencarian kerja paling aman di Indonesia, KitaLulus telah dipercayai oleh lebih dari 50ribu perusahaan dan lebih dari 1 juta pencari kerja.

Cukup mengisi formulir untuk bisa posting iklan lowongan kerja secara gratis. Yuk pasang iklan lowongan Anda sekarang juga!

Baca juga: Main TikTok Bisa Dapat Uang? Begini 4 Cara Ceknya di Kalkulator TikTok

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd