Quality Control Artinya Apa? Ini Job Desk, Fungsi, & Info Gajinya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Quality control artinya— Pada setiap perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, pasti ada tahapan quality control produksi. QC atau quality control artinya adalah meninjau kualitas dari semua faktor yang terlibat dalam kegiatan produksi.

Selain itu, dengan melakukan quality control artinya Anda memberikan produk atau jasa terbaik untuk pelanggan setia. Anda memastikan setiap produk atau jasa yang keluar dan dipesan oleh pelanggan sudah dengan kualitas terbaik.

Dengan menerapkan quality control artinya Anda bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin saja akan merugikan bisnis dan usaha. Lalu bagaimana tahapan quality control produksi yang harus dilakukan? Apa saja job desk quality control dan berapa rata-rata gajinya? Berikut penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Kenal Lebih Dekat dengan Job Desk Staff Gudang yang Lagi Diincar

Quality Control Artinya...

quality control adalah

Dalam dunia bisnis dan usaha, QC atau quality control artinya suatu proses yang meninjau kembali kualitas dari semua faktor yang terlibat dalam kegiatan produksi. Tahapan quality control produksi ini sangat penting dilakukan sebelum produk atau jasa masuk ke dalam tahap pendistribusian.

Quality control artinya proses pengecekan dan pengujian yang dilakukan untuk mengukur dan memastikan kualitas produk apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan atau belum.

Ada beberapa aspek pendekatan yang digunakan selama tahapan quality control produksi, di antaranya adalah:

  • Unsur utama: hal ini meliputi unsur kontrol, manajemen kerja, proses yang telah terdefinisi, identifikasi catatan, hingga integritas dari kinerja.
  • Kompetensi: hal ini meliputi ilmu pengetahuan (kognitif), pengalaman, keterampilan (psikomotorik), hingga kualifikasi kerja yang baik.
  • Elemen lunak: hal ini meliputi integritas, kepercayaan, motivasi, semangat dalam tim, hingga relasi yang berkualitas.

Dengan kata lain, quality control artinya proses pengecekan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk memastikan kualitas produk sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Sehingga Anda bisa memperbaiki kualitas produk agar lebih baik lagi sebelum dipasarkan ke publik.

Job Desk Quality Control

Job desk quality control

Dalam sebuah perusahaan, quality control artinya pengendali mutu dari suatu bahan baku hingga menjadi sebuah produksi tangan. Biasanya orang yang bertugas untuk menangani QC ini bisa dari dalam atau luar perusahaan.

Terkait dengan job desk, biasanya tugas quality control setiap perusahaan berbeda-beda. Hal ini tergantung di sektor apa perusahaan itu berada. Sebagai contoh, di sebuah perusahaan mie instan, job desk quality control kemungkinan secara garis besar adalah memastikan kualitas mie instan memenuhi standar kesehatan dan produksi yang sudah ditetapkan.

Meski demikian, jika dijabarkan job desk quality control dapat meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Memantau dan menguji perkembangan semua produk yang diproduksi
  • Melakukan verifikasi kualitas produk
  • Melakukan monitor pada setiap proses produksi produk
  • Memastikan kualitas barang yang diproduksi memiliki kualitas standar perusahaan
  • Merekomendasikan pengolahan ulang untuk produk-produk yang memiliki kualitas rendah
  • Melakukan dokumentasi inspeksi dan tes yang dilakukan pada produk perusahaan
  • Membuat analisis catatan penggunaan alat-alat dan dokumentasi produk sebelumnya sebagai referensi di masa mendatang
  • Membuat pembukuan personal QC

Setiap QC akan memiliki laporan harian. Dengan kata lain, seorang quality control artinya menggunakan laporan tersebut untuk melakukan evaluasi setiap harinya mengenai barang yang akan dikirim.

Alasan Perusahaan Merekrut Quality Control

Kenapa perusahaan perlu quality control

Sebelum Anda memutuskan untuk merekrut seorang QC, ada baiknya jika Anda bisa memastikan kebutuhan perusahaan terlebih dulu. Apakah QC akan direkrut secara tetap, sementara, atau musiman?

Quality control artinya mereka memegang kendali atas setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memperhatikan kualifikasi sebelum merekrut seorang QC.

Mulai dari kepemilikan sertifikat, jam terbang, hingga pengetahuan umum dari segi operasional. Jika Anda memutuskan untuk merekrut tetap seorang quality control artinya perusahaan Anda sudah memiliki kegiatan operasional yang terus berjalan dengan konsisten setiap harinya.

Bagi perusahaan, merekrut seorang quality control artinya:

  • Perusahaan menjaga konsistensi produk dari proses produksi hingga sampai di tangan pelanggan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan perusahaan
  • Perusahaan ingin memastikan efisiensi sekaligus meningkatkannya, baik dalam proses produksi, eksekusi, tenaga, dan waktu
  • Perusahaan sangat ketat menjaga kepuasan pelanggan sehingga mereka pun akan merasa senang
  • Perusahaan membuka kesempatan pertumbuhan bisnis lebih jauh, karena memastikan produk selalu memenuhi ekspektasi kualitas stakeholder adalah tugas quality control

3 Tahapan Quality Control Produksi

Tahapan quality control perusahaan

Setelah Anda mengetahui apa saja jobdesk quality control, sekarang Anda harus memahami bagaimana tahapan quality control produksi di sebuah perusahaan. Perlu diingat bahwa quality control artinya Anda memberikan kualitas terbaik untuk pelanggan.

Berikut beberapa tahapan quality control produksi di sebuah perusahaan pada umumnya.

1. Menentukan Standar

Tahapan quality control produksi yang pertama adalah dengan menentukan standar. Quality control artinya menentukan standar yang harus dipenuhi sebelum produk bisa dipasarkan, hal apa saja yang harus diperiksa, hingga berapa persen yang bisa diperiksa dalam satu batch.

Melakukan tahapan ini di awal quality control artinya akan menentukan efektivitas produksi dan proses persiapan produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan setia.

2. Menyamakan Visi Misi Perusahaan

Tahapan quality control produksi selanjutnya adalah menyamakan visi misi perusahaan. Hal ini sangat penting karena quality control artinya menjaga kualitas produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Quality control artinya jika manajemen perusahaan dan karyawan memiliki pandangan yang sama, maka kualitas produk bisa terus terjaga dan sesuai dengan standar perusahaan yang sudah ditentukan.

3. Memperbaiki Produk atau Jasa

Setelah menentukan standar perusahaan, tahapan quality control produksi berikutnya adalah memperbaiki produk atau jasa. Dengan kata lain, quality control bertugas mencari tahu ada berapa produk yang lolos dan berapa produk yang gagal.

Jika sudah mengetahui hasilnya, maka langkah selanjutnya adalah memperbaiki kembali produk atau jasa sesuai dengan standar perusahaan. Quality control artinya sebuah proses berulang untuk memastikan atau meminimalisir kesalahan yang dibuat selama proses produksi berlangsung.

BACA JUGA: Apa Itu Divisi IT? Ini Tugas, Skill, Job Desk IT, & Jenjang Karirnya

5 Jenis Pekerjaan Quality Control

jenis pekerjaan quality control

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, quality control artinya pemegang kendali penuh atas kualitas produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Tugas quality control di tiap perusahaan berbeda-beda.

Hal ini tergantung pada di sektor mana perusahaan Anda bergerak. Berikut beberapa jenis pekerjaan dalam quality control yang perlu Anda ketahui:

1. Staf Quality Control

Pekerjaan pertama dalam quality control adalah staf quality control. Jobdesk quality control jenis ini adalah untuk memastikan bahwa setiap produk yang sudah diproduksi memiliki standar yang sesuai dengan spesifikasi internal dan pedoman eksternal.

Jenis pekerjaan quality control artinya mereka harus melakukan pencatatan bahan produksi yang gagal, dan memastikan bahwa semua produk yang cacat sudah diperbaiki, diuji ulang, dan/atau ditarik dari produksi. Biasanya staf quality control banyak direkrut oleh perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur.

2. Quality Analyst

Pekerjaan quality analyst memiliki job desk quality control untuk menguji semua aspek dari produk yang dihasilkan. Quality control artinya Anda merekrut orang untuk memastikan produk bisa berfungsi dengan baik dari segi teknis atau fungsional.

Pekerjaan quality analyst dalam quality control adalah untuk memastikan bahwa perusahaan dapat memproduksi produk yang berkualitas bagi pelanggannya. Biasanya seorang quality analyst akan bekerja sama dengan tim IT untuk mengidentifikasi cacat pada proses pengembangan sebuah produk software.

3. Quality Auditor

Selanjutnya adalah quality auditor yang merupakan gabungan dari staf quality control dan quality analyst. Jika Anda merekrut jenis pekerjaan ini dalam quality control artinya Anda bisa melakukan evaluasi ulang hasil analisis dan pemeriksaan yang dilakukan.

Selain itu, quality control artinya mereka dapat melakukan dan melaporkan audit mutu dalam sebuah proses pengembangan produk secara internal maupun eksternal. Biasanya seorang quality auditor berperan untuk mengawasi kinerja staf QC lainnya.

4. Quality Coordinator

Pekerjaan selanjutnya adalah quality coordinator yang merupakan salah satu jabatan tinggi di bidang quality control. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika merekrut untuk posisi ini adalah jam terbang tinggi.

Pekerjaan quality coordinator dalam quality control artinya mereka berperan untuk mengumpulkan, mengatur, memantau, dan mendistribusikan data dan informasi terkait dengan proses perbaikan sebuah produk yang dihasilkan.

5. Quality Director

Satu lagi pekerjaan dalam quality control adalah quality director. Jenis pekerjaan ini memiliki tugas untuk mengawasi semua aspek dari kualitas perusahaan dan upaya peningkatan bisnis perusahaan.

Pekerjaan quality director artinya mereka memiliki tanggung jawab untuk menetapkan rencana strategis, kebijakan, dan prosedur di semua tingkatan perusahaan. Hal ini dilakukan karena sebagai upaya peningkatan kualitas produk yang bisa melampaui harapan dari pelanggan setia.


Demikianlah penjelasan mengenai peran quality control di perusahaan, job desk quality control, hingga tahapan quality control produksi. Perlu Anda ketahui, pada umumnya gaji yang diterima oleh staf QC berkisar Rp4-5 juta. Namun untuk pekerjaan quality coordinator dan quality director bisa mencapai Rp10-30 juta.

Apakah perusahaan Anda membutuhkan seorang QC untuk memastikan kualitas produk? Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan staf QC di perusahaan dan dapatkan staf QC terbaik, berkompeten, dan berkualitas untuk perusahaan Anda bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd