Kiat-kiat Membuka Toko Frozen Food dengan Modal Kecil

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

toko frozen food
Isi Artikel

Di era pandemi seperti ini, kebutuhan akan frozen food atau makanan beku banyak diincar oleh masyarakat untuk persediaan bahan makanan di rumah. Toko frozen food pun mulai banyak bermunculan.

Mulai dari usaha rumahan hingga menyewa ruko untuk dijadikan toko frozen food. Omzet yang didapatkan dari usaha ini tentu tidak main-main jika Anda bisa mengembangkan usahanya.

Usaha toko frozen food cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha atau sebagai penghasilan kedua. Namun, bukan berarti usaha ini bisa dengan mudah untuk dijalankan, ya.

Ada tips-tips untuk membuka toko frozen food dan bagaimana prospek usaha rumahan ini kedepannya. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba Sekarang

Apa itu Frozen food?

Frozen food adalah makanan yang sudah diolah sedemikian rupa lalu diawetkan dengan cara dibekukan di dalam freezer. Frozen food juga merupakan makanan beku yang awet dan siap dimakan kapanpun.

Tujuan dari pembekuan ini adalah untuk memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air dalam makanan menjadi es dan menghambat pertumbuhan bakteri di makanan.

Ada dua proses pembekuan makanan, yaitu pembekuan cepat dan pembekuan lambat. Proses pembekuan cepat bisa membuat partikel dalam makanan membeku dan akan membentuk partikel es berukuran kecil.

Sedangkan proses pembekuan lambat akan membuat partikel es menjadi besar sehingga bisa merusak tekstur bagian dalam makanan. Beberapa orang membeli bahan makanan ini dari toko frozen food terdekat.

Tujuannya adalah sebagai stok bahan makanan. Disaat bersamaan, usaha frozen food sedang menjadi tren dengan peluang yang menjanjikan. Hal ini bisa Anda lihat dengan maraknya toko frozen food yang muncul.

Peluang Toko Frozen food

Meskipun usaha frozen food termasuk ke dalam kategori usaha rumahan, Anda bisa memulai usaha ini kapan saja. Terutama dengan kehadiran teknologi canggih, bisa membuat toko frozen food yang Anda jalankan semakin berkembang.

Di zaman serba praktis dan era pandemi ini, kehadiran makanan beku bisa menjadi penolong dan solusi untuk konsumsi harian. Terlebih frozen food diawetkan dengan cara dibekukan, bukan dengan menggunakan bahan kimia berbahaya.

Hal ini tentunya membuat peluang usaha toko frozen food semakin menjanjikan kedepannya. Beberapa hal yang membuat prospek usaha ini bagus adalah:

1. Praktis dan Tanpa Pengawet

Bagi masyarakat, kehadiran toko frozen food adalah suatu hal yang praktis karena bisa dikonsumsi kapan saja dengan cara dihangatkan. Hal ini juga menjadikan perputaran bisnis cukup menjanjikan.

Meskipun frozen food merupakan makanan beku, namun tidak diawetkan dengan bahan pengawet berbahaya. Perlu diketahui, frozen food akan mengalami kerusakan jika diberi bahan pengawet dan/atau bahan tambahan lainnya. Tentunya hal ini menjadi poin kepercayaan pelanggan dengan produk yang sehat dan higienis.

2. Bernutrisi dan Tahan Lama

Menurut penelitian, nutrisi yang ada saat makan belum dibekukan, akan sama ketika makanan sudah berubah menjadi beku. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa frozen food juga bernutrisi, sama sebelum makanan tersebut dibekukan.

Tujuan pembekuan makanan adalah agar awet tahan lama sehingga bisa disimpan. Hal ini menjadi kelebihan dari usaha toko frozen food. Sebab pelanggan cukup menghangatkannya untuk menikmati frozen food.

3. Banyak Pilihan Makanan dan Bisa Dikirim

Kini toko frozen food sudah menjual berbagai pilihan frozen food. Mulai dari gorengan, suki, mie ayam, dimsum, lumpia, nasi pedas, daging, dan pilihan lainnya. berbagai pilihan ini tentunya bisa menjadi alternatif makanan ringan.

Satu lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan di era pandemi ini, yaitu jasa kirim online. Berbagai makanan beku yang Anda jual di toko frozen food, bisa dikirim dengan menggunakan jasa kirim online atau jasa ekspedisi. Bahkan beberapa toko frozen food bisa mengirimkan makanan beku ke luar pulau.

Tips Memulai Usaha Toko Frozen food

Ada tips-tips yang bisa membantu Anda sebelum memulai usaha toko frozen food. Di antaranya adalah:

1. Buat Komitmen dan Lakukan Riset

Dalam memulai bisnis atau usaha apapun, Anda harus memiliki komitmen. Termasuk ketika Anda membuka toko frozen food. Tanamkan niat dan komitmen yang kuat, maka rencana usaha Anda bisa berjalan meskipun akan ada banyak rintangan.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset pasar. Mulai riset bahan baku, vendor frozen food, cara pengolahan, cara penyimpanan, hingga cara distribusinya. Jika Anda ingin membuat produk frozen food sendiri, pastikan rasanya sudah pas dengan selera pelanggan banyak.

2. Tentukan Jenis Produk

Tips berikutnya yang harus Anda pikirkan sebelum membuka toko frozen food adalah menentukan jenis produk yang akan dijual. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah penting selanjutnya.

Ada banyak macam frozen food yang bisa Anda jual. Namun, tetap berdasar pada kemampuan Anda dan tren di pasar.

3. Perhitungan Modal

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual di toko frozen food Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan perhitungan modal. Anda bisa mulai menghitung dari kebutuhan yang akan digunakan, seperti bahan baku dan peralatan pendukung.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan apakah ingin mengambil vendor frozen food atau membuat produk sendiri. Pastikan kedua hal ini juga masuk dalam perhitungan.

4. Siapkan Peralatan dan Cara Pengemasan

Tips selanjutnya adalah memikirkan peralatan apa yang akan digunakan untuk membuat dan/atau menyimpan frozen food. Seperti mesin pendingin atau mesin giling atau mesin-mesin lainnya.

Tidak hanya itu, pengemasan produk juga menjadi hal penting dalam membuka toko frozen food. Pastikan kemasan produk Anda ramah lingkungan, aman digunakan untuk membekukan makanan, hingga tahan suhu dingin.

BACA JUGA: Mau Buka Usaha Laundry? Cek Dulu Modal Laundry yang Harus Dikeluarkan

5. Manfaatkan Teknologi

Untuk memasarkan toko frozen food, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari melakukan promosi di media sosial, brosur, aplikasi chatting, hingga promosi dari tetangga ke tetangga lainnya.

Jangan ragu untuk masuk ke pasar online atau ecommerce. Sebab, perilaku pelanggan kini sudah berubah dan Anda harus mengikuti trennya jika ingin bertahan dan berkembang.

6. Memiliki Izin Edar Resmi

Membuka usaha toko frozen food, artinya Anda juga sudah menyiapkan izin edar resmi. Dengan memiliki izin edar resmi dari BPOM, akan menambahkan nilai usaha Anda di mata pelanggan.

Pelanggan tentunya akan semakin percaya bahwa frozen food yang Anda produksi terbukti aman dan baik untuk dikonsumsi.

Estimasi Modal Usaha dan Keuntungannya

Sebagai awal usaha membuka toko frozen food, mungkin Anda belum siap untuk mengeluarkan modal besar. Namun tenang, usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Sebagai perhitungan, Anda membeli 40 frozen food seharga Rp 500.000,00. Lalu menjualnya lagi dengan harga Rp130.000,00 untuk satu frozen food. Maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah Rp2.000.000,00.

Perhitungan ini tentunya bisa disesuaikan dengan modal dan harga jual dari toko frozen food Anda. Jika Anda berani mengeluarkan modal besar, maka keuntungan yang didapatkan pun akan lebih banyak.

Hal yang harus diperhatikan dalam menghitung modalnya adalah pastikan semua aspek yang menjadi awal pendirian toko frozen food ini ikut terhitung semua. Seperti harga frozen food di pasaran, peralatan yang dibutuhkan untuk menyimpan frozen food, hingga vendor frozen food yang Anda ajak kerja sama.

Selain itu, Anda juga harus fokus pada perputaaran modal awal dan menyiapkan strategi pemasaran yang efektif.

Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke bank sebagai Kredit Usaha Rakyat jika belum memiliki modal yang cukup. Akan tetapi lebih baik, jika Anda memulai dengan modal kecil dan fokus untuk membesarkan usaha toko frozen food.

Demikian penjelasan terkait usaha toko frozen food beserta tips-tips yang bisa Anda coba. Ingat, membangun sebuah usaha atau bisnis tidak selalu mulus. Akan ada waktunya dimana kita mengalami kerugian.

Namun jangan sampai hal tersebut membuat kita patah semangat dan menyerah di tengah jalan. Nah, jika Anda butuh pegawai untuk membantu mengembangkan usaha toko frozen food, Anda bisa menaruh lowongan di KitaLulus.

Perlu diketahui, kini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa. Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan pekerja dengan kualitas terbaik bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok