Wirausaha Adalah: Pengertian, Karakteristik, Cara Menjadi Sukses

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Banyak yang bilang bahwa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah jiwa pengusaha dan modal nekat. Jika tidak memiliki jiwa pengusaha dan modal nekat, maka belum pantas disebut sebagai wirausaha. Apa betul seperti itu?

Saat ini sudah banyak usaha-usaha kecil menengah milik masyarakat atau UMKM yang mulai terkenal dan bisa membuka cabang. Awal mula terjun menjadi wirausaha pun beragam. Ada yang terpaksa berteman dengan keadaan, ada yang memang sudah memiliki jiwa pengusaha, ada yang untuk menambah pundi-pundi dompet, dan lainnya.

Tapi sebenarnya apa itu wirausaha? Apa karakteristiknya, dan bagaimana cara menjadi wirausaha sukses? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Wirausaha?

Apa Itu Wirausaha

Sebelum membahas pengertian wirausaha, ada baiknya Anda memahami dulu istilah kewirausahaan.

Kewirausahaan adalah sebuah ilmu, seni, keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang dipakai untuk bertahan hidup. Bahkan hasil dan keuntungan dari bisnis ini pun membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Pada dasarnya, kewirausahaan merupakan jiwa dari seseorang yang diekspresikan dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif untuk melakukan suatu kegiatan.

Orang yang memiliki jiwa inilah yang dikenal sebagai wirausaha atau entrepreneur. Sementara mereka yang tidak memiliki jiwa tersebut tapi melakukan kegiatan bisnis, belum bisa dikatakan sebagai seorang wirausaha.

Wirausaha merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan untuk memajukan perekonomian, baik dari segi individu maupun negara. Mereka diklaim mampu untuk meningkatkan stabilitas ekonomi negara.

Selain itu, hadirnya profesi ini juga membantu menambahkan jumlah lowongan pekerjaan. Hal tersebut karena mereka yang menekuni kewirausahaan pasti membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk membantu bisnisnya terus beroperasi dan maju.

Seorang wirausaha bisa disebut sebagai pengusaha. Namun, belum tentu seorang pengusaha disebut sebagai wirausaha. Hal ini karena mereka harus memiliki beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Apa saja itu?

Baca juga: Entrepreneur Adalah Pengusaha, Benarkah? Ini 4 Perbedaan dan Karakteristiknya

Kemampuan yang Harus Dimiliki Wirausaha

Kemampuan yang Harus Dimiliki Wirausaha

Seorang entrepreneur harus bisa dan mampu untuk mencari peluang yang tepat untuk bisnis dan mengembangkannya dengan baik, Nah, untuk mencapai ke titik tersebut, ada beberapa kemampuan dasar yang harus Anda miliki. Kemampuan tersebut di antaranya:

1. Mau Belajar dan Rasa Ingin Tahu

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh wirausaha adalah mau belajar dan rasa ingin tahu. Sudah seharusnya Anda memiliki rasa dorongan untuk mengobservasi, meneliti, dan mencari tahu tentang tren terkini.

Melihat masalah dan mencari peluang atau solusi solutif juga merupakan kunci keberhasilan seorang entrepreneur.

2. Mampu Membangun Networking

Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis, ilmu bisa didapatkan dari mana saja. Bisa dari lingkungan sekitar, pengalaman bisnis entrepreneur lainnya, kelas online, dan sebagainya.

Maka dari itu, terkadang sebelum terjun ke dunia kewirausahaan, Anda membutuhkan seorang mentor yang bisa membimbing Anda sampai berhasil.

3. Manajemen Waktu dan Keuangan

Sebagai entrepreneur, sudah seharusnya Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam hal menentukan deadline, merancang prioritas, dan mengatur waktu dengan cermat.

Selain itu, Anda juga harus pintar dalam mengatur keuangan. Anda harus paham betul bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik sebelum terjun ke dunia ini. Hal ini dikarenakan uang terus diputar untuk kepentingan-kepentingan lain.

4. Kemampuan Komunikasi

Skill berikutnya yaitu komunikasi. Kemampuan ini bisa Anda gunakan dalam hal mempromosikan bisnis ke banyak orang, terutama kepada investor dan stakeholder jika bisnis Anda membutuhkan modal yang besar.

5. Mengatur Strategi Bisnis

Dalam dunia bisnis, strategi adalah kunci utama untuk menghidupkan dan mencari peluang. Entrepreneur harus bisa mengatur strategi bisnis di setiap prosesnya. Strategi pemasaran, promosi, target marketing, lokasi yang cocok, inovasi, dan hal-hal lainnya.

6. Mengambil Keputusan

Kemampuan penting yang harus dimiliki oleh wirausaha selanjutnya adalah mengambil keputusan. Hal ini nantinya akan sangat bermanfaat seiring dengan berkembangnya bisnis yang Anda jalani. Terutama dalam memilih investor dan hal-hal penting lainnya.

Baca juga: Apa Itu Sociopreneur, Contoh, Bedanya dengan Entrepreneur

Karakteristik Wirausaha

Ada beberapa karakteristik yang melekat pada seorang entrepreneur, seperti berikut ini:

1. Selalu Berpikir Positif

Karakteristik wirausaha yang pertama adalah selalu berpikir positif terkait apa yang ia mulai dan juga dalam mengambil keputusan bisnisnya.

2. Pemberani

Pemberani di sini punya maksud memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dan menghadapi berbagai risiko dari keputusan tersebut. Selain itu, seorang entrepreneur juga berani dalam memikul tanggung jawab atas segala yang terjadi dalam bisnisnya.

3. Punya Orientasi pada Masa Depan

Saat Anda menjadi wirausaha artinya Anda harus mampu berpikir untuk situasi mendatang. Misalnya, mencari peluang menciptakan bisnis yang relevan dan mampu sukses di masa mendatang.

Anda harus mampu menjadi visioner dan mampu menjadikan kekurangan serta kesalahan di masa lalu sebagai pembelajaran untuk dikembangkan di masa depan.

4. Percaya Diri

Menjadi entrepreneur haruslah punya sikap percaya diri. Anda harus yakin bahwa usaha Anda dapat sukses. Ini penting karena rasa percaya diri tersebut dapat menjadi motivasi untuk mewujudkan usaha menjadi sukses. Anda harus yakin terhadap diri sendiri tanpa bersikap angkuh dan keras kepala.

5. Orientasi pada Hasil

Wirausahawan harus punya orientasi pada hasil yang didapatkan. Anda harus dapat menyusun strategi yang tepat untuk mewujudkan hasil yang maksimal dari bisnis.

6. Kreatif dan Inovatif

Bukan entrepreneur namanya bila tidak punya kreativitas dan inovatif. Kedua hal ini sangat penting apalagi di saat persaingan bisnis yang semakin ketat.

Bila tidak ada kreativitas untuk merespons pasar, maka bisa jadi bisnis Anda akan jalan di tempat. Oleh karena itu, Anda harus mampu berinovasi mengikuti perkembangan pasar menghasilkan sesuatu yang baru.

Contoh Wirausaha

Contoh wirausaha ada banyak sekali di sekitar kita. Bila Anda berniat untuk menjadi wirausahawan dan sedang membutuhkan inspirasi untuk memulainya, berikut ini beberapa contohnya:

  • Dropshipper
  • Ritel
  • Katering
  • Startup
  • Handicraft
  • Percetakan
  • Laundry
  • Toko kelontong
  • Restoran atau kafe

Baca juga: Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah: Contoh & Cara Memulai

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Menjadi entrepreneur memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda tidak bisa menjadi wirausaha sukses. Asalkan ada ketekunan dan kerja keras, Anda dapat mewujudkannya.

Anda juga bisa coba mempraktikkan beberapa tips berikut.

1. Mengasah Skill Pengusaha

Ini sangat penting dan menjadi langkah awal bagi Anda untuk menjadi wirausaha yang sukses. Anda harus membentuk mental yang kuat sejak awal membangun usaha.

Skill pengusaha sendiri adalah meliputi pemahaman terhadap target pasar, kebutuhan pasar, mampu membaca kesempatan, dan mampu untuk berkomunikasi dengan baik.

2. Memiliki Modal

Ketika Anda memulai usaha, tentunya Anda membutuhkan modal. Nah, punya akses modal yang bagus akan sangat membantu kelancaran bisnis Anda serta mempercepat proses produksi.

Modal usaha ini bisa Anda dapatkan dari investor, dana pribadi, atau juga pinjaman bank.

3. Mampu Menghadirkan Solusi

Seorang entrepreneur harus mampu berpikir cepat dan memberikan solusi yang tepat atas masalah yang terjadi. Tentunya solusi yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan menghadirkan solusi yang tepat, maka produk atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih diterima oleh masyarakat.

4. Cepat dalam Mengambil Kesempatan

Di tengah persaingan yang ketat, proses pengambilan kesempatan akan sangat menentukan kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus pintar membaca peluang dan mengambil kesempatan agar tidak tertinggal dari kompetitor.

Anda harus cepat mengeksekusi ide, mengambil momentum, bahkan cepat mengambil target pasar.

5. Pandai Mengatur Usaha

Cara menjadi wirausaha sukses berikutnya yaitu harus pandai mengatur usaha. Pasalnya, Anda akan mengatur banyak hal, mulai dari produksi sampai laporan keuangan.

Tak perlu khawatir, kini Anda bisa belajar bagaimana cara mengatur bisnis yang baik dengan mengikuti kelas atau seminar usaha di internet.

Baca juga: 5 Cara Memulai Usaha Minuman Boba Modal Rp 1juta!

Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

Di dalam menjalankan bisnisnya, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan dan kegagalan. Di mana hal ini tidak hanya menyangkut dari modal secara finansial saja, melainkan juga faktor diri sendiri. Faktor tersebut di antaranya:

1. Pengembangan Karakteristik 

Kesuksesan dan kegagalan usaha yang dijalankan akan sangat tergantung pada faktor karakteristik Anda sebagai entrepreneur. Bila karakteristik Anda tidak berkembang, maka usaha Anda juga akan stagnan di satu titik.

Jika sudah seperti ini tentu akan sulit untuk berkembang dan sukses. Apalagi bila seorang wirausaha merasa dirinya sudah cukup dan tidak memiliki karakteristik yang kuat, maka ia bisa saja gagal.

2. Fokus

Tidak bisa dipungkiri terkadang entrepreneur punya fokus yang terbelah terkait dengan bisnis yang ia kembangkan. Namun, ada baiknya bila setiap perkembangan tersebut diawali dengan fokus pada masing-masing cabang. Banyak wirausaha yang gagal karena ia tidak bisa fokus yang akhirnya bisnisnya tidak terkelola dengan baik.

3. Dedikasi

Wirausaha yang sukses perlu punya dedikasi tinggi terhadap bisnisnya. Dedikasi akan membantu Anda untuk dapat fokus dalam mengembangkan usaha.

4. Konsistensi

Konsistensi akan sangat berpengaruh dalam membangun usaha dan memanfaatkan peluang yang ada untuk dapat dieksekusi dengan baik. Tidak hanya terlalu berpikir pada perencanaan dan strategi, tapi juga harus berani mengeksekusi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu wirausaha. Perlu dipahami bahwa keberhasilan dan kegagalan yang terjadi dalam tiap bisnis bukanlah penentu bahwa seseorang gagal menjadi seorang entrepreneur.

Di sisi lain, banyak orang yang beranggapan bahwa kewirausahaan memberikan jalan keluar bagi mereka untuk mendapatkan kesuksesan. Namun, hal ini juga tergantung pada diri Anda sendiri dalam mengelola bisnis.

Diperlukan kerja keras, ketekunan, dan strategi dalam mencapai kesuksesan. Tak lupa, Anda harus merekrut tim-tim yang berkompeten agar tujuan bisnis Anda bisa tercapai.

Segera pasang lowongan pekerjaan Anda di KitaLulus. Sebagai aplikasi pencarian kerja yang telah digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna, KitaLulus akan membantu menyaring kandidat berkualitas yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Jika ingin merekrut lebih banyak karyawan tanpa perlu repot screening CV satu per satu, Anda juga bisa menggunakan fitur premium rekrutmen. Coba sekarang juga!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up