10 Ide Kegiatan Lebaran di Rumah yang Seru dan Anti Bosan

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
ide kegiatan lebaran di rumah
10 Ide Kegiatan Lebaran di Rumah yang Seru dan Anti Bosan

Tidak kebagian tiket mudik dan harus merayakan lebaran di rumah? Sedang mencari ide kegiatan lebaran di rumah yang seru dan menyenangkan? Kamu membuka artikel yang tepat!

Di artikel ini, KitaLulus sudah siapkan beberapa referensi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi lebaran di rumah saja. Mari simak artikelnya!

Ide Kegiatan Lebaran di Rumah

Meski tidak mudik, merayakan lebaran di rumah bukanlah hal yang buruk, kamu bisa mengisinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan seru yang akan menambah suka cita perayaan hari raya.

Berikut ini beberapa ide perayaan lebaran di rumah yang bisa kamu coba.

1. Memakai Baju Lebaran

Lebaran selalu identik dengan baju baru, nah ada baiknya agar perayaan Idul Fitri di rumah semakin terasa, kenakanlah baju lebaran.

Baju baru akan meningkatkan mood kamu serta memberikan kamu penampilan yang fresh dari yang biasanya.

Jika kamu tidak punya baju baru, tidak apa kamu masih bisa mengenakan baju yang jarang kamu pakai, pasti banyak yang menyangka kalau itu baju baru.

2. Mendekorasi Rumah

ide kegiatan lebaran 1

Supaya perayaan lebaran di rumah semakin meriah, mendekorasi ruangan kecil-kecilan bisa jadi kegiatan yang menarik. Kamu bisa mendekorasi ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan.

Tidak perlu rumit, kamu bisa menambahkan dekorasi taplak meja pada meja makan atau meja ruang tamu, menggunakan peralatan makan yang cantik, menambahkan bunga segar di ruang tamu, atau juga mengganti sarung bantal sofa.

3. Mengadakan Open House

Ide kegiatan lebaran di rumah berikutnya adalah mengadakan open house.

Kamu bisa mengundang tetangga atau teman untuk bersilaturahmi. Tidak lupa, suguhkan makanan khas lebaran serta kue kering lebaran. Kesempatan ini bisa menambah keakraban dan membuat perayaan Idul Fitri di rumah terasa seru.

Baca juga: 10 Ide Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor & Outdoor

4.  Video Call Keluarga Di Kampung

ide kegiatan lebaran 2

Tidak mudik sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk tidak bermaaf-maafan dengan sanak keluarga di kampung. Yup, kamu bisa melakukan video call dengan mereka.

Ini juga menjadi salah satu cara untuk kamu mengobati rasa rindu dengan keluarga yang ada di sana.

5. Makan Bersama Keluarga

Ide kegiatan lebaran di rumah satu ini akan menambah kehangatan kamu dan keluarga. Jika biasanya kamu sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan, sampai tidak punya cukup waktu untuk duduk dan makan bersama keluarga, momen lebaran bisa menjadi waktu yang tepat.

Dengan menu-menu khas lebaran, seperti sayur ketupat dan opor, coba ajak keluargamu untuk makan bersama di meja makan.

Saat makan bersama, kamu bisa menceritakan apa saja yang telah kamu lalui selama puasa ini. Ini akan memancing anggota keluarga lain untuk bercerita, sehingga kamu tahu bagaimana kabar terkini dari mereka.

Baca juga: 40 Ucapan Selamat Idul Fitri 2023 Penuh Makna dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

6. Foto Bersama Keluarga

Perayaan lebaran adalah salah satu momen langka yang bisa membuat seluruh anggota keluarga berkumpul. Nah, tentu kamu tidak ingin menyia-nyiakan momen ini, bukan? Abadikanlah dengan mengambil foto bersama.

Agar lebih menarik, kamu bisa membuat tema khusus foto lebaran, misalnya dengan menentukan dress code warna putih atau mengatur gaya foto anggota keluarga agar lebih estetik.

7. Lakukan Kegiatan di Halaman Rumah

Agar tidak suntuk, kamu bisa lho melakukan aktivitas di halaman rumah. Melakukan piknik bisa jadi ide kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika kamu memiliki anggota keluarga yang masih kecil.

Kamu bisa ajak keluarga untuk menyiapkan barbeque atau cemilan lainnya.

8. Karaoke

Karaoke termasuk salah satu kegiatan seru untuk mengisi perayaan lebaran di rumah. Semua orang bisa menikmatinya bersama-sama. Kamu bisa menyiapkan mic portable dan setel lagu karaoke tanpa lirik yang bisa kamu temukan di Youtube.

Atau, bila ada anggota keluarga yang bisa bermain alat musik seperti gitar, tentu kegiatan ini akan lebih seru lagi.

9. Bermain Board Game

ide kegiatan lebaran 3

Untuk mengisi momen kumpul-kumpul bersama keluarga, kamu juga bisa mengisinya dengan bermain board game seperti monopoli, jenga, dan twister. Atau, kamu dapat memainkan permainan tradisional atau kartu uno.

Melakukan kegiatan ini pastinya akan seru serta penuh tantangan karena setiap orang tidak ingin kalah dari anggota keluarga lainnya.

10. Menonton Film Bersama

Biasanya, saat hari lebaran banyak stasiun TV yang menayangkan film-film menarik dan membuat nostalgia.

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan menonton film bersama keluarga. Sambil menonton, kamu juga bisa mengenang momen-momen masa lalu saat pertama kali menonton film tersebut. Agar semakin seru, siapkan beberapa cemilan dan minuman, ya!

Baca juga: 12 Ide Konten Lebaran yang Menarik dan Cepat Viral, Yuk Bikin!

Nah, itulah beberapa ide kegiatan lebaran di rumah yang menyenangkan dan anti membosankan.

Saat libur lebaran, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memperbarui CV dan mencari peluang kerja baru di KitaLulus.

Di aplikasi KitaLulus, ada banyak lowongan kerja dengan gaji menarik yang bisa kamu lamar secara gratis. Proses melamar di KitaLulus juga mudah kok, kamu cukup lengkapi profil lalu cari pekerjaan yang kamu idamkan.

Tidak perlu takut ketemu lowongan fiktif atau penipuan, karena seluruh lowongan yang ada di KitaLulus sudah terverifikasi aman. Yuk, langsung install aplikasi KitaLulus sekarang!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top