35 Ucapan Hari Raya Waisak 2023 Penuh Doa dan Makna

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
hari raya waisak
35 Ucapan Hari Raya Waisak 2023 Penuh Doa dan Makna

Hari Raya Waisak merupakan hari besar agama Buddha. Guna merayakannya, kamu bisa menyiapkan kalimat ucapan Hari Raya Waisak untuk disampaikan ke teman atau rekan kerja yang merayakannya. Ucapan ini juga bisa kamu jadikan caption di media sosial.

Supaya kamu tidak bingung menyusun kalimat ucapan Hari Raya Waisak 2023, KitaLulus sudah membuatkannya untuk kamu, nih.

Kapan Hari Raya Waisak 2023 Dirayakan?

Kapan Hari Raya Waisak 2023
Sumber: Tirto

Hari Raya Waisak 2023 tanggal berapa? Sesuai dengan penjelasan Dirjen Bimas Buddha, Hari Raya Waisak 2023 jatuh pada hari Minggu, 4 Juni. Pedoman perhitungannya adalah Purnama-Sidhi sesuai dengan perhitungan Astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern.

Setiap tahunnya, peringatan Hari Raya Waisak memiliki selisih 10 hari karena di kalender masehi terdapat 365 hari sedangkan di kalender lunar memiliki 355 hari.

Untuk tahun ini memang terasa spesial karena kalender lunar mengalami tahun kabisat dengan jumlah 13 purnama sehingga terdapat Waisak ganda.

Keputusan peringatan Waisak di 4 Juni, bukan 6 Mei, ialah karena perhitungannya berpatokan pada kalender lunar/chandra Buddhis yang sudah menyesuaikan dengan perhitungan kalender matahari/solar-surya.

Makna Hari Raya Waisak adalah memperingati Trisuci Waisak, yaitu tiga peristiwa penting: kelahiran, penerangan agung, dan kematian Buddha Gautama. Di Indonesia, perayaannya berupa ritual dan doa bersama dengan titik kumpul di Candi Borobudur.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Juni 2023: Libur Nasional dan Cuti Bersama

Ucapan Hari Raya Waisak 2023

waisak
Sumber: Suara

Detik-detik perayaan Hari Raya Waisak 2023 atau Waisak 2567 BE pada 4 Juni besok adalah pukul 10:40 WIB. Nah, jika ingin memberikan ucapan tepat pada waktu tersebut, berarti mulai sekarang kamu harus menyiapkannya.

Berikut daftar ucapan yang bisa kamu pakai untuk berbagai tujuan, termasuk caption Hari Raya Waisak. Baca satu per satu dan edit ucapannya sesuai keinginan kamu, ya.

Ucapan Hari Raya Waisak untuk Keluarga

  1. Saling mengasihi dan mendoakan adalah ajaran Buddha. Memang tak hanya hari ini aku mendoakan keluarga tercinta supaya senantiasa hidup dalam hati riang dan damai, tetapi Hari Raya Waisak adalah momen spesial dan sakral. Selamat Waisak untuk kamu, keluargaku, yang kukasihi. Semoga Buddha senantiasa memberikan kita kebahagiaan dan kenyamanan di tiap langkah baik yang kita lakukan. Sabbe satta bhavantu sukhitatta.
  2. Selamat Hari Raya Waisak 2567 BE. Sebuah tahun yang unik dan spesial untuk kita. Aku berdoa untuk kamu selalu teriringi hal baik. Bahagia selalu untuk kita semua.
  3. Tiada hari tanpa kita paham apa itu kasih dan sayang Buddha. Kesadaran untuk memahami yang kasih dan keji. Semoga keluarga kita dapat menerapkan segala ajaran cinta Buddha dan memberikan kebahagiaan untuk sekeliling kita.
  4. Tidak perlu menyimpan dendam supaya hati kita terasa ringan. Ajaran Buddha adalah tentang mengasihi dan mendoakan sesama supaya selalu berbahagia dengan damai. Selamat Hari Raya Waisak 2023 M/2567 BE untuk kita semua.
  5. Kemenangan bukan tentang menguasai medan perang dengan pedang. Tapi kemenangan lebih kepada apakah kita mampu menekan amarah ketika kita mengalami hari tidak baik. Aku selalu mendoakan kamu supaya tetap damai, bahagia, dan senantiasa menyebarkan kebaikan untuk sekitar seperti yang Buddha ajarkan.
  6. Selamat Hari Raya Waisak 2567 BE. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga kau saudaraku selalu berbahagia dan menyebarkan kebaikan di hidupmu hingga selamanya.
  7. Jangan lelah untuk selalu meneladani ajaran Sang Buddha Siddhartha Gautama. Semangat untuk berbuat baik dan memberikan kebaikan untuk sekitar semoga selalu ada di setiap helaan napas keluarga kita semua.
  8. Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat berguna dan tidak memberikan beban kepada orang lain. Aku memohon maaf jika selama ini banyak kata dan perbuatan yang membuat hati kamu sakit. Di momen spesial ini, di mana Buddha akhirnya hadir untuk memberikan penerangan kepada kita, mari pupuk kembali persaudaraan kita. Semoga kita selalu sehat, baik, dan bahagia hingga kapan pun.
  9. Hari Raya Waisak 2567 BE tiba. Bersyukur bisa kembali merayakan momen bahagia ini bersama kalian adalah salah satu hal terbaik untuk disyukuri dalam hidup. Bahagia dan nyaman selalu untuk kita semua.
  10. Rasanya, waktu cepat sekali berjalan. Banyak momen bahagia yang terjadi dan patut untuk disyukuri. Di Hari Waisak ini, mari panjatkan doa terbaik dengan tulus. Sebab berserah kepada Buddha adalah hal bijak untuk bisa kita lakukan dalam hidup ini.

Ucapan Hari Raya Waisak untuk Teman

  1. Kita memang berbeda perayaan keagamaan, tetapi toleransi adalah alasan mengapa kita bisa berteman. Selamat Hari Raya Waisak, ya. Sabbe satta bhavantu sukhitatta.
  2. Tiada hari tanpa bersyukur. Namun, aku tahu rasa syukur kamu hari ini ada di ratusan tingkat lebih tinggi karena Waisak menjadi momen penting dan sakral. Semoga damai dan bahagia selalu menyertai kamu dan keluarga, utamanya hari ini.
  3. Selamat Waisak 2567 BE. Damai dan bahagia menyertai kamu dan keluarga tidak hanya hari ini, tetapi setiap hari.
  4. Dalam ajaran Buddha kita mengamalkan hidup baik dan penuh kasih. Bahagia selalu untuk kita semua.
  5. Kupanjatkan selalu doa terbaik untukmu. Semoga selalu sehat, damai, dan bahagia sepanjang hidup.
  6. Waisak adalah purnama yang penuh bahagia dan damai untuk kita. Semoga kasih dan cinta Buddha selalu tercurah untuk kita semua.
  7. Bahagia dan penuh kasihlah kita dalam hidup ini, bukan hanya kepada sesama pengikut Buddha, tetapi juga seluruh makhluk di dunia ini.
  8. Hai, selamat Hari Raya Waisak. Semoga hari ini kamu diliputi bahagia dan kekhusyukan dalam berdoa. Semoga kamu dan keluarga diliputi bahagia, tidak hanya hari ini, tetapi juga setiap hari.
  9. Hari ini adalah momentum hangat dan membahagiakan karena Buddha hadir untuk menyadarkan umat manusia supaya menjadi sosok penuh kasih dan sayang. Selamat Hari Raya Waisak. Sabbe satta bhavantu sukhitatta.
  10. Dalam ajaran Buddha, kita berlindung dan mengamalkan kebaikan kepada sesama.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

Ucapan Waisak untuk Rekan Kerja

  1. Selamat Waisak untuk rekan-rekan yang merayakannya. Semoga damai dan bahagia berlimpah untukmu.
  2. Selamat Hari Raya Waisak 2023! Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Bahagia dan damai selalu untuk kamu.
  3. Hari ini menjadi momentum sakral untuk rekan kita yang beragama Buddha. Semoga segala kegiatan kalian hari ini penuh makna dan damai.
  4. Selamat Hari Raya Waisak. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Bahagia adalah hak untuk seluruh anggota tim.
  5. Selamat Hari Raya Waisak untuk rekan-rekan yang merayakan. Semoga perusahaan kita sudah cukup inklusif sehingga rekan sekalian selalu nyaman bekerja di sini dan tetap tenang dalam beribadah sesuai kepercayaan masing-masing. Damai dan bahagia selalu untuk kita semua.

Ucapan Hari Raya Waisak untuk Caption Media Sosial

  1. Hari ini kita merayakan Waisak 2567 BE. Semoga damai, kasih, dan bahagia selalu berlimpah untuk kita semua. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga kebahagiaan untuk kita semua.
  2. Yang patah akan tumbuh kembali. Yang telah hilang akan diganti dengan yang lebih baik. Bahagia selalu untuk kita semua.
  3. Halo teman-teman yang merayakan Hari Raya Waisak. Selamat merayakan momen sakral dan bahagia ini ya. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga bahagia dan kasih sayang selalu mengiringi langkah kalian semua dan mampu mengamalkan ajaran Buddha dengan baik.
  4. Selamat merayakan Hari Raya Waisak untuk yang merayakan. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Bahagia adalah hal utama dalam hidup untuk siapa pun.
  5. Kita tidak pernah merasakan sepi ketika kita selalu berserah kepada Buddha. Selamat Hari Raya Waisak 2567 BE untuk teman sekalian yang merayakannya. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Sadhu… sadhu… sadhu…
  6. Purnama paling sakral dan membahagiakan adalah ketika Buddha terlahir dan menjadi penerang untuk umat-Nya. Sabbe satta bhavantu sukhitatta.
  7. Dunia menjadi tempat hidup yang penuh fana. Doa dan ritual adalah penyelamat dari gundah gulana. Dan hari ini menjadi hari bahagia yang selalu kita nantikan. Selamat Hari Raya Waisak 2567 BE untuk teman-temanku umat Buddha. Bahagia selalu untuk seluruh makhluk di dunia ini.
  8. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga kita semua selalu terlimpah kasih dan sayang Buddha setiap hari.
  9. Terkadang menjalani hidup memang berat. Namun, dengan berserah kepada Buddha, kita tahu bahwa segala cobaan adalah untuk kebaikan kita sendiri. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga bahagia selalu menyertai langkah kita dalam hidup.
  10. Buddha tidak pernah mengajarkan tentang membedakan perlakuan untuk siapa pun. Semua makhluk berhak bahagia dan dikasihi. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga semua makhluk selalu bahagia.

Itulah ucapan Hari Raya Waisak 2023 yang bisa kamu sampaikan ke teman, saudara, atau rekan kerja yang merayakannya. Cari ucapan untuk perayaan hari besar dan hari libur lainnya di blog KitaLulus, yuk!

Kamu juga dapat menemukan banyak informasi lowongan kerja di aplikasi KitaLulus, lho. Ada loker dari berbagai perusahaan bonafit di seluruh Indonesia yang bisa kamu lamar dengan mudah hanya melalui smartphone.

Tunggu apalagi? Download aplikasi KitaLulus dan dapatkan pekerjaan impianmu sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top