30 Ucapan Hari Raya Nyepi 2024 dalam 3 Bahasa, Penuh Makna!

Shirley Candrawardhani
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
Ide ucapan hari raya Nyepi
30 Ucapan Hari Raya Nyepi 2024 dalam 3 Bahasa, Penuh Makna!

Peringatan Nyepi 2024 jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. Nyepi merupakan hari raya umat Hindu. Tahun ini, umat Hindu akan merayakan pergantian tahun baru Saka 1946. Apakah kamu sudah menyiapkan ucapan hari raya Nyepi 2024?

Selain ucapan selamat Nyepi, kamu juga harus tahu apa itu makna Nyepi bagi umat Hindu. Makna dan pelaksanaan hari raya Nyepi sangat relevan dengan tuntutan masa kini dan masa mendatang.

Ucapan hari raya Nyepi ini bisa kamu sampaikan kepada teman terdekatmu atau orang sekitarmu yang merayakannya, lho. Mau tahu apa saja ucapannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

Makna Nyepi Bagi Umat Hindu

Keunikan tradisi Nyepi bagi umat Hindu

Indonesia adalah negara dengan beragam agama, suku, ras, dan budaya. Salah satu agama yang diakui adalah Hindu. Sebentar lagi, umat Hindu akan merayakan Nyepi. 

Tapi sebelum kita membahas ucapan hari raya Nyepi 2024, ada baiknya jika kamu juga mengetahui apa makna Nyepi itu sendiri.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan pada setiap pergantian tahun Saka.

Mayoritas umat Hindu berada di pulau Dewata, Bali. Nah selain saling memberikan ucapan, umat Hindu di Bali juga melakukan perayaan Nyepi.

Seperti namanya, saat perayaan Nyepi suasana kehidupan di Bali akan sepi dan sunyi selama satu hari penuh.

Seluruh kegiatan akan dibatasi, kecuali untuk kegiatan di rumah sakit. Bahkan jika kamu ke Bali saat perayaan Nyepi, kamu tidak akan menemukan keramaian atau gemerlap lampu kota di malam hari.

Baca juga: Daftar Hari Libur Nasional & Cuti Bersama Maret 2024

 

Upacara Melasti, Tradisi Hari Raya Nyepi Wajib untuk Warga Bali

Upacara Melasti, tradisi hari raya Nyepi paling khas

Upacara perayaan Nyepi disebut dengan upacara melasti. Upacara ini dilakukan tiga sampai empat hari sebelum pergantian tahun baru Saka berlangsung. Umat Hindu di Bali merayakan Nyepi dengan penuh makna.

Jika dilihat dari sejarah lahirnya, saat pergantian tahun baru Saka, manusia akan memperoleh suatu nilai kesadaran dan toleransi yang dibutuhkan baik pada masa kini atau masa mendatang.

Brata peNyepian adalah agar umat Hindu mendekatkan diri secara rohani. Tidak hanya saling mengucapkan selamat hari raya Nyepi, pada saat perayaan upacara melasti, umat Hindu mengusung pralingga atau pratima Ida Bhatara dengan segala perlengkapannya dengan ikhlas, tertib, dan khidmat menuju samudra atau mata air yang dianggap suci.

Upacara melasti dilakukan setelah umat Hindu selesai melakukan persembahyangan bersama menghadap laut.

Tradisi ogoh-ogoh saat Nyepi di Bali

Biasanya, selain mengucapkan selamat Nyepi, ada salah satu kegiatan yang khas dari upacara tersebut, yaitu pembakaran ogoh-ogoh. Kegiatan tersebut merupakan lambang nyomia atau untuk menetralisir Bhuta Kala, yaitu unsur-unsur kekuatan jahat.

Setelah melalui serangkaian tradisi Nyepi, kita diharapkan bisa lebih mudah mengendalikan hawa nafsu dan lebih bijak menilai kebahagiaan, sehingga kualitas hidup pun meningkat.

Baca juga: Peraturan THR: Untuk Siapa, Kapan Cair, dan Perhitungannya

 

Ucapan Hari Raya Nyepi Bahasa Indonesia

inspirasi ide ucapan hari raya Nyepi

Jika tetangga atau orang di sekitarmu ada yang merayakan hari raya Nyepi, jangan lupa sampaikan ucapan hari raya Nyepi untuk menghormati keberagaman agama di Indonesia, ya!

Berikut beberapa contoh ucapan yang bisa kamu sampaikan.

  1. Dalam keheningan sepi, semoga kita semua bisa menemukan jati diri untuk melangkah lebih baik pada perjalanan hidup ke depannya. Selamat Tahun Baru Saka.
  2. Selamat tahun baru Saka. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu menjaga kita untuk saling menyayangi satu sama lainnya dan memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan.
  3. Selamat hari raya Nyepi 2024, tahun baru Saka 1946 bagi seluruh umat Hindu yang merayakannya. Semoga selalu dalam lindungan Tuhan.
  4. Dengan mengucap syukur dan saling memaafkan satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih menjadikan Nyepi penuh makna. Selamat tahun baru Saka 1946 bagi kamu yang merayakannya.
  5. Di hari Nyepi tahun ini, semoga dapat menjadi sarana menahan hawa nafsu.
  6. Dengan menjalankan Catur Brata Penyepian, semoga membawa kita ke alam dengan hening yang tenang dan damai untuk menemukan makna kehidupan di dunia. Selamat tahun baru Saka 2024 untuk hari raya Nyepi 1946.
  7. Kendalikan amarah, kendalian hawa nafsu, mari jalankan perbuatan kebaikan melalui pelaksanaan Catur Brata Penyepian dengan sepenuh hati.
  8. Bersihkan kotoran dalam diri, bersihkan kotoran di jagat raya, selamat merayakan hari raya Nyepi tahun Saka 1946.
  9. Dengan Nyepi maka akan membawa renungan mengarahkan kembali ke titik nol, jauh dari keramaian, jauh dari perasaaan amarah, dengki, dan iri, menyelami diri untuk menemukan jati diri, bertanya pada hari yang paling dalam. Dan di sanalah ada pencerahan, sinar suci yang Maha Agung. Selamat melaksanakan Catur Brata Penyepian.
  10. Mari manfaatkan hari yang sunyi ini untuk merenung, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Tuhan.
  11. Hari ini adalah momen yang tepat untuk menghargai alam sekitar dan menjaga kelestariannya, serta merenung tentang pentingnya menjaga keseimbangan hidup.
  12. Selamat hari raya bagi semua umat Hindu yang merayakan hari suci ini, semoga kebersihan hati dan jiwa selalu terjaga.
  13. Mari kita gunakan kesempatan hari ini untuk beristirahat sejenak dari rutinitas dan menjernihkan pikiran, sehingga kita bisa kembali beraktivitas dengan semangat yang baru.
  14. Selamat merayakan Catur Brata Penyepian, semoga kita dapat memasuki dunia yang penuh kedamaian dan keheningan yang dapat menenangkan serta memperdamaikan hati kita. Semoga kita bisa menemukan makna kehidupan di dunia ini. Selamat merayakan Tahun Baru Saka, Hari Raya Nyepi tahun 1946.
  15. Selamat merayakan Hari Raya Nyepi tahun 2024, serta memperingati Tahun Baru Saka 1946. Semoga Tuhan senantiasa bersama dengan mereka yang mengingat penciptaan-Nya, merenungkan serta merasakan ketenangan di tengah keramaian dunia.

Baca juga: 50 Ucapan Menyambut Ramadhan 2023 untuk Teman dan Keluarga

 

Ucapan Hari Raya Nyepi Bahasa Bali dan Artinya

Ide ucapan hari raya Nyepi bahasa Bali

Selain dalam bahasa Indonesia, kamu juga dapat memberikan ucapan selamat Nyepi menggunakan bahasa daerah Bali, berikut contohnya.

  1. Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami (artinya: selamat hari raya Nyepi untuk saudara semuanya).
  2. Rahajeng Nyanggra Rahina Nyepi Caka 1946, melarapan antuk catur brata peNyepian dumogi molihang kerahayuan lan kerahajengan (artinya: selamat menyambut hari raya Nyepi Saka 1946, dengan melakukan catur brata penyepian semoga selalu diberi kelancaran dan keselamatan).
  3. Rahajeng nyanggra rahina Nyepi Caka 1946 (artinya: selamat menyambut hari raya Nyepi tahun Saka 1946).
  4. Rahina Nyepi dumogi prasida kaanggen jalaran ngeret indria (artinya: hari raya Nyepi semoga bisa menjadi sarana menahan hawa nafsu duniawi).
  5. rahajeng Rahina Nyepi Caka 1946, dumogi sareng sami ngemanggihin kerahayuan lan labda karya (artinya: selamat hari raya Nyepi tahun Saka 1946, semoga kita semua mendapatkan kebahagian dan kelancaran dalam melaksanakan Nyepi).
  6. Rahina Nyepi pinaka sarana kaanggen mulat sarira ring sajeroning angga sarira (artinya: hari Nyepi mari kita jadikan sarana intropeksi diri).
  7. Rahajeng Rahina Nyepi, dumogi santhi semeton sami ring dija ja magenah (artinya: selamat hari raya Nyepi, semoga kedamaian selalu menyertai dimanapun kita berada).
  8. Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami, dumogi molihang kerahayuan lan kerahajengan (artinya: selamat hari raya Nyepi untuk kita semua, semoga diberikan kelancaran dan keselamatan).
  9. Rahina Nyepi pinaka rahina sane suci, dumogi iraga sareng sami pageh ngelaksanayang Catur Brata Nyepi (artinya: hari raya Nyepi adalah hari suci, semoga bisa tetap teguh melaksanakan Catur Brata Nyepi).
  10. Rahina Nyepi pinaka sarana kaanggen mulat sarira ring sajeroning angga sarira (artinya: hari Nyepi mari kita jadikan saran intropeksi diri).

 

Ucapan Hari Raya Nyepi Bahasa Inggris

  1. Happy Nyepi Day 2024, I hope this sacred year can bring a lot of happiness and peace to our lives.
  2. May we all find peace and inner reflection on this holy day of Nyepi. Let us cherish the silence and together seek a deeper meaning to life.
  3. On this Nyepi day, let us cleanse our body and soul from negativity and seek blessings from above. May we all become better individuals after celebrating this sacred day.
  4. Let us embrace the serenity of Nyepi day and use this opportunity to improve ourselves and our surroundings. May this day bring us all blessings and renewed hope for the future.
  5. On this day of Nyepi, let us reflect and deepen our faith and unity with others. May we all find serenity and happiness within ourselves.

 

Demikianlah beberapa inspirasi ucapan hari raya Nyepi 2024 yang bisa kamu sampaikan untuk teman, tetangga, atau orang di sekitarmu yang merayakan. Agar selalu diingat untuk menjaga keberagaman hidup, baik dalam kehidupan beragama dan lainnya. Mari kita hormati umat Hindu yang merayakan Nyepi. Rahajeng nyanggra rahina Nyepi Caka 1946.

Nah, kalau kamu mau melihat langsung bagaimana perayaan hari raya Nyepi di Bali tapi isi dompet tidak bersahabat, cari kerja dulu lewat KitaLulus, yuk! Kamu bisa langsung berkunjung ke website atau download aplikasi KitaLulus di Play Store dan App Store secara gratis!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top