15 Menu Takjil Buka Puasa yang Enak dan Mudah Dibuat

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
Rekomendasi menu takjil buka puasa
15 Menu Takjil Buka Puasa yang Enak dan Mudah Dibuat

Es teh dan gorengan menjadi menu takjil buka puasa yang sederhana dan nikmat. Tapi, jika terus-terusan pasti kita merasa bosan juga.

Apa kamu sedang mencari ide menu takjil lainnya untuk disantap saat berbuka atau dibagikan kepada banyak orang? Jika iya, KitaLulus sudah siapkan beberapa rekomendasi yang mungkin akan cocok untukmu. Yuk lihat di bawah ini!

Rekomendasi  Menu Takjil Buka Puasa Lezat

Biasanya ketika puasa telah mendekati akhirnya, kita sudah kehabisan ide ingin berbuka dengan apa. Aneka gorengan, bihun goreng dengan sambal kacang yang sebelumnya menggugah selera menjadi membosankan.

Kalau kamu sudah merasa bosan dengan menu takjil buka puasa yang itu-itu saja, beberapa menu buka berikut bisa jadi pilihanmu.

1. Es Kopyor

Rekomendasi menu takjil

Menu takjil buka puasa ini pastinya akan langsung menghilangkan dahagamu setelah seharian berpuasa. Es kopyor terbuat dari kelapa muda yang diserut dan disiram dengan santan dan sirup merah.

Jika tidak ingin beli, kamu bisa buat sendiri di rumah karena cara membuat es kopyor cukup mudah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan di antaranya, kolang-kaling, cendol, nangka, dan susu kental manis. Agar tambah segar, tambahkan juga es batu.

2. Es Pisang Ijo

Menu takjil untuk buka puasa

Minuman khas Makassar satu ini juga bisa jadi menu berbuka yang menyegarkan. Terbuat dari sirup, kulit dadar hijau yang dibalut ke pisang, mutiara, kuah kental, disempurnakan dengan es serut atau bongkahan es. Pasti akan sangat menyegarkan ketika disantap saat buka puasa.

3. Es Gabus

Rekomendasi menu takjil buka puasa kekinian

Apa kamu sudah pernah coba menu takjil yang satu ini? Es gabus adalah salah satu jajan jadul yang mungkin kamu pernah menemukannya saat SD. Jajanan ini terbuat dari hunkwe.  Inilah yang membuat es gabus punya tekstur yang empuk ketika dikunyah. 

4. Bolu Kukus

Contoh takjil untuk buka puasa di masjid

Bolu kukus bisa jadi menu takjil buka puasa yang mengenyangkan, selain itu bolu kukus juga cocok kamu jadikan menu takjil hemat untuk dibagikan bersama kurma dan segelas air mineral.‍

Baca juga: 30 Daftar Menu Buka Puasa untuk 1 Bulan, Sehat dan Praktis!

5. Jenang Merah

Menu takjil buka puasa sederhana

Salah satu makanan tradisional yang punya rasa manis ini bisa kamu jadikan menu berbuka. Biasanya jenang diolah bersama berbagai macam bahan lain seperti gula jawa, bubur, hingga aneka buah. Dengan tekstur yang lembut, jenang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Makanan jenang terbuat dari beras, tapi ada juga yang dibuat dengan menambahkan campuran tepung lain agar mendapatkan tekstur halus.‍

6. Es Timun Melon

Rekomendasi menu takjil untuk dibagikan

Pasti kamu setuju kalau buka puasa akan semakin nikmat jika diawali dengan minuman dingin dan segar. Es timun melon bisa jadi pilihan yang tepat, apalagi cara membuatnya juga gampang. Satu lagi, es timun melon bisa jadi  menu takjil untuk dibagikan ke masjid. ‍

7. Rolade Tahu Telor

Rekomendasi menu buka puasa takjil

Menu takjil hemat dan enak ini juga bisa jadi pilihanmu. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri. Untuk membuatnya tidak memakan banyak waktu, kamu bisa membuatnya sambil menunggu waktu berbuka.

8. Omelet Sayur

Menu takjil hemat dan lezat

Kalau kamu ingin menu takjil berbuka puasa yang sehat dan enak, omelet sayur bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membuatnya sambil menunggu waktu berbuka, caranya juga gampang. 

Bahan-bahan yang kamu butuhkan juga sederhana, kamu hanya butuh telur dan sayur sesuai selera. Bisa juga kamu tambahkan daging seperti ayam, atau bakso ikan. 

9. Sate Telur Gulung

menu dan resep takjil buka puasa

Ingin menu takjil hemat dan tetap enak? Kenapa kamu tidak coba sate telur saja? Selain enak, telur mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh.

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan telur kocok yang sudah dibumbui, minyak goreng, dan tusuk sate. Setelah itu, masukkan pelan-pelan telur kocok dan gulung dengan tusuk yang tersedia. Nikmati bersama saus kacang untuk sensasi rasa lebih lezat.

10. Smoothies

Smoothies
Source: Mashed

Berbuka dengan takjil yang berbeda dan unik pasti menyenangkan. Jika menginginkannya, kamu bisa mencoba membuat smoothies buah yang menyegarkan dan sehat.

Dengan mengombinasikan buah-buahan beku yang lembut seperti buah naga, pisang ambon, apel, pepaya, dan kiwi dengan yoghurt, oat, air kelapa, dan madu, smoothie ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan dahaga dan memberi nutrisi baik bagi tubuh.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan utama dalam blender dan menghasilkan smoothies yang lezat dan kaya nutrisi. Tambahkan topping seperti irisan buah atau granola untuk memberikan tambahan tekstur pada smoothie.

Baca juga: 30 Cara Bilang Selamat Berbuka Puasa dalam Bahasa Inggris, Jangan Salah Lagi!

11. Es Buah

Es Buah
Source: Kumparan

Bagi kamu yang mencari hidangan takjil segar dan sehat seperti smoothies tetapi tidak memiliki blender, jangan khawatir karena es  buah bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Untuk membuatnya kamu hanya memerlukan buah-buahan segar seperti semangka, melon, dan anggur yang dicampur dengan es batu dan sirup serta agar-agar. Es buah sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan memberikan energi saat berbuka puasa.

12. Otak-otak Panggang 

Otak-otak Panggang 
Source: Cookpad

Makanan yang umumnya berasal dari daerah Palembang ini memiliki cita rasa khas makanan laut. Terang saja, makanan ini terbuat dari ikan tenggiri atau jenis ikan lainnya yang diblender hingga halus, dicampur dengan bumbu seperti cabai, bawang putih, garam, gula, dan santan.

Adonan kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang hingga matang. Otak-otak panggang biasanya disajikan sebagai hidangan utama. Namun, jika disajikan dalam porsi kecil, makanan ini bisa menjadi kudapan berbuka puasa yang nikmat.

13. Lupis

Lupis
Source: Tokopedia

Lupis ialah hidangan manis yang terbuat dari ketan yang dibentuk seperti kotak kecil, kemudian direbus dan disajikan dengan saus dari gula merah dan kelapa parut. Lupis disajikan dalam keadaan dingin dan memiliki rasa manis yang lezat serta tekstur yang kenyal.

14. Risoles Mayo

Risoles Mayo
Source: Pikiran Rakyat

Makanan yang belakangan sedang viral karena cita rasanya yang enak ini bisa menjadi opsi santap berbuka.

Risoles adalah makanan dari kulit lumpia tipis yang biasanya diisi dengan campuran daging cincang, wortel, rebung, dan bumbu-bumbu rempah.

Namun, sekarang juga ada varian risoles yang diisi dengan mayones, keju, dan daging ayam atau sapi. Hidangan ini biasa disebut risoles mayo.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus sambal sebagai camilan atau makanan pembuka.

15. Kue Soes

Kue Soes
Source: Fimela

Kue Soes bisa menjadi pilihan yang baik sebagai menu takjil berbuka. Kue Soes juga dikenal dengan nama cream puff atau choux pastry yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, mentega, dan air.

Adonan ini kemudian dipanggang hingga mengembang dan berongga di dalamnya. Setelah itu, kue soes biasanya diisi dengan krim atau isian lainnya seperti selai atau cokelat.

Kue Soes bisa menjadi alternatif yang menyegarkan dan ringan untuk takjil berbuka puasa karena memiliki rasa manis dan creamy. Selain itu, ukurannya yang kecil juga membuatnya mudah untuk dikonsumsi saat berbuka tanpa membuat perut terlalu kenyang.

Baca juga: 30 Ide Jualan Bulan Puasa yang Pasti Laris dengan Modal Kecil!

‍Nah, itulah menu takjil buka puasa sederhana dan praktis yang bisa kamu pilih jika sudah bosan dengan gorengan. Semoga bisa membuat buka puasamu jadi nikmat, ya!

Selagi menunggu waktu berbuka, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan menemukan pekerjaan impian. Caranya gampang, cukup download aplikasi KitaLulus!

Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan ribuan lowongan dari perusahaan ternama. Melamar kerja di KitaLulus juga lebih mudah karena lamaranmu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD, jadi lebih mudah untuk follow up. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, instal KitaLulus sekarang dan kejar karirmu dengan #LebihMudah!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top