11 Tips Mudik Aman dan Nyaman Lebaran Idul Fitri 2024

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
tips mudik aman dan nyaman
11 Tips Mudik Aman dan Nyaman Lebaran Idul Fitri 2024

Lebaran sebentar lagi tiba. Artinya, dalam waktu dekat jalanan akan ramai dengan orang-orang yang mudik. Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan mudik jarak jauh, kamu sebaiknya memperhatikan tips mudik aman sehingga perjalanan lancar.

Tips ini berlaku untuk siapa pun, baik bagi pengguna kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Apa saja tipsnya? Simak pembahasan di bawah ini, ya!

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Sumber: CNN Indonesia

Perjalanan mudik selalu memberikan pengalaman seru sekaligus cukup challenging karena ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Nah, supaya mudik kamu aman, nyaman, dan lancar tanpa kendala, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Periksa Keamanan Rumah sebelum Ditinggal

Salah satu tips meninggalkan rumah saat mudik adalah mengecek segala peralatan listrik sebelum pergi. Kompor gas, keran, lampu-lampu, dan berbagai peralatan listrik lainnya harus dipastikan sudah dalam keadaan mati. Jangan sampai kompor gas masih menyala atau bahkan keran air masih mengucur saat ditinggal.

Matikan berbagai lampu di dalam rumah untuk menghemat energi. Namun, khusus lampu halaman sebaiknya dinyalakan, ya.

Periksa juga seluruh pintu, baik di dalam rumah maupun bagian depan. Pastikan seluruhnya sudah terkunci dan kunci pintu tercabut dengan baik. Simpan kunci tersebut di tas khusus kamu, ya.

2. Pasang CCTV atau Sewa Penjaga Rumah Sementara

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memberikan keamanan ekstra untuk menjaga tempat tinggal kamu selama ditinggal mudik. Kamu dapat memasang CCTV yang bisa dipantau melalui tablet, laptop, atau handphone

Atau kamu juga bisa menyewa orang untuk menjaga tempat tinggal kamu selama mudik. Penjaga rumah ini nantinya sekaligus bertugas membersihkan rumah sehingga tetap rapi dan bersih meskipun ditinggal cukup lama.

3. Jaga Daya Tahan Tubuh

tips perjalanan mudik

Selanjutnya dalam tips mudik aman adalah menjaga kesehatan tubuh. Ramadhan tahun ini jatuh pada waktu di mana keadaan cuaca berubah-ubah. Terkadang terik dan sering juga hujan seharian. Alhasil, banyak orang terkena flu, demam, hingga batuk-pilek. 

Kamu harus memperhatikan kesehatan dengan baik untuk persiapan mudik. Pastikan rutin minum vitamin serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi selama puasa. Meskipun puasa, kamu juga harus tetap berolahraga meskipun waktunya dikurangi dibanding hari biasa.

4. Beli Tiket Mudik dari Jauh Hari

Untuk kamu yang mudik menggunakan transportasi umum, sebaiknya kamu membeli tiket jauh-jauh hari. Biasanya, tiket bus dan kereta sudah bisa dipesan dari rentang waktu sekian sebelum lebaran. Untuk tiket pesawat bisa didapatkan dari jarak jauh-jauh hari dari berbagai platform hingga website maskapai terkait.

Baca Juga: Cara Ikut Program Mudik Gratis 2024, dari BUMN hingga Swasta

5. Pahami Obat yang Kamu Butuhkan

Jika kamu memiliki masalah pada pernapasan, lambung, dan lainnya, kamu harus tahu obat apa yang harus selalu kamu bawa supaya jika sewaktu-waktu membutuhkannya kamu sudah siap sedia. Dengan begitu, perjalanan mudik kamu akan tetap lancar.

6. Bawa Snack dan Minuman yang Cukup

Pemudik sama seperti musafir yang akan mendapatkan keringanan dalam beribadah sholat dan puasa. Bawa bekal yang cukup untuk perjalanan. Jika pun kamu berpuasa selama perjalanan, cemilan dan minuman yang kamu bawa bisa digunakan untuk saat berbuka nantinya.

7. Perhatikan Daya Gadget dan Kebutuhan Internet

tips mudik lebaran
Sumber: PingPoint

Mudik jadi momen bersantai dan bertemu keluarga jauh yang selama ini tidak bertemu. Jadi, kamu tidak perlu membawa gadget seperti laptop yang biasa kamu gunakan untuk bekerja. Bawa gadget seperlunya dan sebutuhnya saja. Namun, jika memang urgent, bawa laptop dengan menaruhnya di tempat yang aman.

Perhatikan pula daya baterai handphone kamu. Pastikan dayanya full dan jangan lupa untuk membawa power bank. Sebab, alat komunikasi sangat dibutuhkan di perjalanan untuk mengabari keluarga di rumah tentang perjalanan kamu. Dengan begitu, kamu juga harus memastikan bahwa koneksi internet kamu lancar dan aman.

8. Bawa Uang Cash yang Cukup

Tips mudik aman selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu membawa uang cash. Kamu cukup membawa uang cash secukupnya saja, tidak perlu banyak-banyak. Uang cash ini berguna untuk membeli kebutuhan mendadak di perjalanan.

Jika kamu menggunakan transportasi umum, uang cash digunakan untuk membeli cemilan di jalan atau ke toilet jika bus yang kamu tumpangi berhenti di suatu rest area. Untuk pengguna kendaraan pribadi, uang cash sangat berguna jika ada kejadian urgent, seperti ban kempes, beli bensin, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Menyiapkan Dana Mudik Lebaran 2024 yang Efektif

9. Periksa Mesin Kendaraan dengan Baik

Pengguna kendaraan pribadi harus selalu memerhatikan hal satu ini, yaitu memeriksa mesin kendaraan sebelum mudik. Kamu juga harus memperhatikan kapan servis rutin dilakukan supaya kendaraan tetap dalam performa terbaiknya ketika melakukan perjalanan jauh.

10. Bawa Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen penting yang tidak boleh ketinggalan dibawa bagi pemudik dengan kendaraan pribadi meliputi STNK, BPKB, dan SIM. Dokumen tersebut harus selalu siap sedia dalam jangkauan kamu supaya tidak repot mencarinya saat dibutuhkan di jalan.

11. Jaga Barang-barang di Perjalanan

tips agar perjalanan mudik aman

Baik pemudik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum harus memperhatikan barang-barang bawaannya selama di perjalanan. Jangan sampai barang hilang atau bahkan tertukar dengan penumpang lain.

Untuk pengguna kendaraan pribadi diharapkan tidak lengah ketika berhenti di rest area. Pastikan seluruh jendela dan pintu mobil terkunci dengan aman. Bagi yang mudik dengan motor, pastikan barang dibawa ke mana-mana jika berhenti di rest area untuk ke toilet atau sholat.

Baca Juga: 15 Tips Dapat Tiket Mudik Murah dengan Kereta, Bus, dan Pesawat

Itulah 11 tips mudik aman dan nyaman untuk kamu yang menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Mudik menjadi acara yang menyenangkan karena akan bertemu kerabat tercinta. Jadi, pastikan tips di atas kamu praktikkan ya, supaya perjalananmu lancar dan sampai tujuan dengan selamat.

Dapatkan tips penting lainnya seputar mudik hanya di blog KitaLulus. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan bonafit di Indonesia di smartphone kamu. Caranya cukup dengan instal aplikasi KitaLulus di Play Store atau AppStore.

Aplikasi KitaLulus telah dipercaya oleh jutaan pengguna. Ada banyak jenis loker di aplikasi KitaLulus, mulai dari lowongan kerja jarak jauh, freelance, part time, hingga full time.

Tunggu apalagi? Segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan pengalaman melamar kerja secara mudah, aman, dan terpercaya!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top