40 Ucapan Hari Kartini 2023 Inspiratif untuk Para Wanita Indonesia

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
ucapan selamat hari kartini
40 Ucapan Hari Kartini 2023 Inspiratif untuk Para Wanita Indonesia

Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini untuk mengenang sosok Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-hak perempuan pada zamannya. Salah satu cara menyemarakkan momen ini adalah dengan memberikan ucapan selamat Hari Kartini.

Hari Kartini bukan hanya tentang mengenang perjuangan Kartini, tetapi juga sebagai momen untuk merayakan kemajuan yang telah dicapai dalam pemberdayaan perempuan, serta sebagai ajakan untuk terus berjuang menuju kesetaraan gender.

Jika kamu sedang membutuhkan inspirasi ucapan Hari Kartini 2023, kamu dapat menyimak artikel berikut.

Apakah Hari Kartini Libur?

Pada dasarnya, Hari Kartini tidak termasuk dalam hari libur nasional. Namun, dikarenakan pada tahun ini peringatannya jatuh bersamaan dengan cuti bersama Idul Fitri 2023, jadi kamu bisa merayakannya sambil berlibur.

Biasanya, di sekolah-sekolah atau kantor, perayaan Hari Kartini tanggal 21 April akan dimeriahkan dengan mengenakan baju kebaya untuk wanita.

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Idul Fitri 2023 Bahasa Indonesia dan Inggris

Contoh Ucapan Hari Kartini 2023

contoh ucapan hari kartini 2023
Sumber: Kompas

Meskipun tahun ini momen Kartini berada di hari libur, tapi kamu tak perlu khawatir sebab kamu masih bisa memeriahkannya dengan saling berkirim ucapan selamat hari kartini yang inspiratif. Berikut contohnya.

  1. Menjadi perempuan bukan berarti membuatmu lebih lemah dibanding laki-laki. Kesempatan kita semua untuk meraih impian besar hidup adalah setara. Perempuan bisa, perempuan berdaya! Selamat Hari Kartini 2023 untuk seluruh perempuan di Indonesia!
  2. Dari R.A. Kartini kita belajar bahwa ketika perempuan menginginkan sesuatu, dia pasti akan mendapatkannya dengan usaha yang bermartabat. Tidak masalah harus menjadi berbeda. Selama kita benar dan mengikuti norma, semuanya sah untuk dilakukan.
  3. R.A. Kartini tidak hanya menempuh pendidikan untuk mendapatkan gelar, tetapi juga sebagai pembuktian bahwa baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan untuk berilmu yang setara. Semangat untuk kita semua dalam belajar di sekolah kehidupan. Selamat menunaikan amanah Kartini supaya kita, perempuan, selalu berpikir maju dan terdidik.
  4. Perempuan berpenampilan rapi dan cantik bukan untuk mendapatkan validasi dari orang lain, tetapi untuk menegaskan bahwa dia selalu aware dengan apa yang dilakukan. Perempuan ada bukan untuk disetir karena perempuan juga dapat menjadi kemudi untuk hidupnya sendiri. Kartini telah membuktikannya dan kita harus senantiasa menjadi penerusnya.
  5. Bukan karena pendapat orang lain kita ada. Kita selalu cukup untuk diri kita. Maka, jangan sekalipun berpikir untuk merasa rendah diri dibanding laki-laki.
  6. R.A. Kartini mungkin sudah tidak ada di dunia ini. Namun, semangat dan perjuangannya akan selalu hidup, memberikan dorongan untuk setiap perempuan Indonesia untuk kuat dalam berjuang mewujudkan mimpi masing-masing.
  7. Perempuan akan selalu dituntut untuk menjadi penurut. Namun, kita juga memiliki kewajiban untuk menghormati diri sendiri sebagai sosok yang berdaya. Lakukan apa pun yang kamu inginkan selagi itu adalah kebenaran dan tidak merugikan orang lain.
  8. Dalam perjalanan hidup, kesulitan memang selalu ada. Namun, bukan berarti kita harus berhenti berjalan karena ada rintangan dalam perjalanan tersebut. Hiduplah dengan semangat Kartini yang dengan sepenuh hati dan semangat berjuang untuk mewujudkan impiannya.Selamat merayakan keberdayaan perempuan Indonesia.
  9. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat Indonesia! Berjuanglah dengan baik dan buat cerita Kartini dengan versi kamu. Ketika semua bisa, kamu kamu juga sudah pasti bisa!
  10. “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Itu tidak hanya judul buku Kartini, tetapi juga doa dan harapan untuk seluruh perempuan di Indonesia yang sedang berjuang untuk meraih segala impian besarnya. Semangat dan selamat merayakan Hari Kartini 2023!

Contoh Ucapan Hari Kartini untuk Rekan Kerja

Zaman memang sudah banyak berubah sejak perjuangan Kartini dalam mendapatkan kesetaraan hak untuk perempuan. Sekarang, banyak perempuan yang bekerja di berbagai sektor bisnis. Namun, masih banyak perempuan yang merasa kurang berdaya dibanding karyawan laki-laki, lho.

Maka dari itu, yuk berikan semangat untuk rekan-rekan kerja perempuan kita untuk merasa sama pintarnya, sama mampunya, dan memiliki kesempatan sama untuk meraih karir yang dimau.

  1. Selamat Kartini untuk kita semua. Keberhasilan berbagai project di perusahaan ini tidak lepas dari peran kita. Jadi, mari lebih semangat untuk membuktikan bahwa kita mampu untuk mengembangkan perusahaan ini bersama.
  2. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat di PT Teras Depan Rumah! Terima kasih telah memberikan 100% lebih semangat kalian di setiap pekerjaan yang kalian lakukan. 
  3. Kontribusi nyata yang kamu lakukan adalah keberuntungan yang perusahaan ini miliki. Terima kasih telah menjadi bagian dari perusahaan ini. Semoga semangat Kartini terus menginspirasi setiap pemikiran dan pendapat kita di setiap harinya.
  4. Dalam perayaan Hari Kartini ini, mari kita selalu ingat pesan Kartini bahwa kita tidak akan selamanya merasa kesusahan, tetapi juga akan ada masa di mana kita dapat bahagia dengan sempurna.

Baca Juga: Daftar Hari Libur April 2023 Terbaru Usai Libur Lebaran Maju

Ucapan Selamat Hari Kartini untuk Saudara

  1. Mbak, selamat Hari Kartini ya. Kamu mungkin nggak tahu, tapi selama ini kamu adalah role model-ku. Kamu hebat, pintar, dan keren. Aku bersyukur dilahirkan sebagai adik kamu. Kamu memberi contoh seperti apa sosok R.A. Kartini di masa sekarang secara nyata. Terima kasih sudah berjuang selama ini untuk mencapai titik kamu sekarang.
  2. Selamat Hari Kartini untuk Kakakku tersayang. Kalau digambarkan, rumah kita selama ini dikelilingi pagar besar yang berat. Terima kasih sudah berjuang dengan baik untuk membuka gerbang itu sehingga kamu bisa keluar untuk mendapatkan hal yang ada di luar rumah. Dan secara tidak langsung, kamu mempermudah aku juga untuk keluar rumah dan aku bisa meraih cita-citaku juga.
  3. Selamat Hari Kartini, Adik! Sebagai penyemangat, Kakak akan mengingatkan kamu tentang hal ini. Hei, skripsi bukan satu-satunya hal berat yang akan kamu hadapi dalam hidup. Nantinya akan ada banyak tahap di hidup kamu yang akan jauh lebih berat dibanding situasi sekarang. Bukan menakuti, tetapi memberikan petunjuk bahwa kamu harus siap menjadi berani dan kuat. Kakak yakin kamu bisa. Kakak akan selalu di sini dan mengulurkan tangan jika kamu butuh bantuan. 
  4. “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu”. Itu adalah salah satu ucapan R.A. Kartini. Aku tahu dengan baik seberjuang apa kamu selama ini. Jadi, ingatlah bahwa setiap sulit, pasti akan ditutup dengan kebahagiaan. Di Hari Kartini ini aku mengingatkan seberapa hebatnya kamu selama ini. Jadi, ayo berjuang hingga akhir dan dapatkan apa yang kita inginkan.

Contoh Ucapan Hari Kartini untuk Ibu

Ibu menjadi sosok hebat yang menjadi alasan bagaimana anak-anaknya tumbuh dengan baik. Yuk, luangkan waktu merangkai kalimat-kalimat baik untuk diucapkan kepada ibu sebagai rasa hormat dan sayang kita di Hari Kartini ini.

  1. Aku tidak akan menyamakan Mama seperti Kartini karena Mama adalah Mama. Perempuan hebat, keren, dan nomor satuku. Terima kasih sudah memberikanku banyak semangat dan pelukan sehingga aku bisa sampai di titik ini sekarang. Semuanya karena Mama dan Papa juga, tapi ini kan ucapan khusus untuk Mama, hehe.
  2. Ma, aku enggak pernah menganggap Kartini sebagai perempuan hebat. Cuman Mama sosok perempuan membanggakan di hidup aku. Tapi, kalau bukan karena Kartini, kesempatan perempuan untuk mendapatkan pendidikan dan kesempatan karir tinggi juga tidak akan aku dapat sekarang. Jadi, ayo rayakan Hari Kartini ini bersama!
  3. Banyak yang bilang kalau pendidikan awal anak adalah dari ibu. Jika ibu tidak pintar, hebat, dan tulus, anaknya tidak akan berhasil dalam hidup. Jadi, di Hari Kartini ini, aku akan mengkhususkan untuk muji, berterima kasih, dan bersyukur karena Mama sudah menjadi ibuku.
  4. Bagiku, Mama jauh lebih hebat dibanding Kartini karena berkat Mama, aku bisa sekeren sekarang. Semoga aku selalu bisa membuat Mama senang dan bangga ya.
  5. Selamat Hari Kartini, Mamaku. Perempuan hebat, pintar, dan penuh semangat seperti Mama layak untuk dipamerkan kepada seluruh dunia! Terima kasih ya karena sudah mendidikku hingga sekarang. I love you!

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari Ayah yang Menyentuh Hati & Bermakna

Ucapan Selamat Hari Kartini untuk Sahabat

Sahabat menjadi sosok yang juga berperan baik dalam perjalanan hidup kita. Maka, tidak ada salahnya kita mengapresiasi kehadirannya dengan memberikan ucapan selamat Hari Kartini untuk mereka.

  1. Hei, mungkin ini sedikit alay untuk kita yang selama ini kurang peduli dengan perayaan seperti ini. Tapi, aku mau ucapin terima kasih karena berkat kamu, beberapa situasi sulit bisa aku hadapi dengan baik. Jadi, di Hari Kartini ini aku khusus mengucapkan terima kasih ke kamu dan berdoa supaya kita selalu menjadi perempuan hebat dan keren sepanjang masa!
  2. Aku si perempuan keren tidak akan berteman dengan perempuan yang tidak keren. Jadi, secara otomatis kita semua adalah perempuan-perempuan keren. Hahaha. Semoga kita selalu menjadi perempuan mandiri, bertanggung jawab, dan berani berpendapat untuk berbagai hal yang baik.
  3. R.A. Kartini pernah berkata, “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi, satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.” Jadi, watch your step and attitude ya, Guys.
  4. Katanya, 50% dari kekuatan bangsa berasal dari perempuan. Untuk yang sudah menjadi ibu, semangat menjadi tempat mengadu pertama dan utama anak kalian. Untuk yang masih jomblo, kita tetap powerful untuk mendapatkan kebahagiaan dengan cara sendiri. Yang pasti, setiap perempuan hebat dengan caranya masing-masing.
  5. Selamat Hari Kartini, guys! Kita sekarang masih struggle di banyak hal seperti saat Kartini struggle memperjuangkan hak pendidikan untuk perempuan di masanya. Merasa tertinggal dari pencapaian orang lain, seperti Kartini merasa perempuan Indonesia tertinggal dibanding nasib perempuan di negara lain. Namun, apa arti pencapaian jika kita tidak bahagia? Hidup itu bukan lintasan sprint, tetapi lintasan maraton. Jadi, tak perlu terburu, cukup nikmati setiap momen yang kita punya dan syukuri dengan baik.

Contoh Ucapan Hari Kartini untuk Pasangan

Kata siapa laki-laki tidak boleh merayakan Hari Kartini? Kamu bisa memberikan apresiasi kepada pasanganmu. seperti contoh berikut ini.

  1. Sayang, selamat merayakan Hari Kartini 2023 ya. Aku rasanya ingin berterima kasih kepada Kartini karena sudah memberikan contoh dan jalan kepada seluruh perempuan di Indonesia untuk mendapatkan hak yang serupa dengan laki-laki. Sekarang, aku punya pasangan yang keren, hebat, dan paham dengan kemauannya. Jadi, aku selalu terlecut untuk terus berusaha menjadi lebih baik supaya selalu pantas untuk menjadi pasangan kamu.
  2. Meskipun aku pasangan kamu, tapi selalu ingat bahwa kamu berhak bahagia untuk diri kamu sendiri ya. Jangan sia-siakan perjuangan Kartini supaya perempuan Indonesia bisa setara dengan laki-laki dalam menentukan pilihannya.
  3. Kamu memang cantik. Tapi fisik kamu bukan alasan kenapa aku jatuh cinta sama kamu. Kehebatan kamu, keteguhan kamu, kepintaran kamu, menjadi salah tiga alasan kamu memang layak dicintai dan dihormati. Persis seperti penggambaran Kartini di setiap buku Sejarah Indonesia. Happy Kartini’s Day
  4. Selamat Hari Kartini untuk perempuan hebatku! Terima kasih karena telah lahir sebagai sosok cerdas, penuh kasih, dan menginspirasi. 
  5. Selamat Kartini untuk istriku tercinta. Berkat kamu, anak kita tumbuh sebagai sosok yang sama hebatnya seperti kamu.
  6. Fakta bahwa zaman sekarang akses pendidikan jauh lebih mudah untuk semua masyarakat, tetapi tidak menghilangkan fakta lain bahwa kamu juga berperan penting dalam tanggung jawab menyelesaikan pendidikan yang kamu pilih. Terima kasih ya sudah menjadi hebat selama ini. Terima kasih sudah menjadi contoh yang super baik untuk anak kita.

Contoh Ucapan Hari Kartini Berbahasa Inggris

Hari Kartini bisa lho kita rayakan juga dengan teman atau rekan kerja yang berbeda kebangsaan. Dengan begitu, kita juga turut menyebarkan semangat Kartini untuk memberdayakan perempuan untuk dapat mencapai cita-citanya. Berikut ucapan Hari Kartini 2023 dalam bahasa Inggris.

  1. In this modern era, Kartini’s spirit to make all women capable of doing all things they want still makes sense for us. We can do everything as we want because everyone is equal.
  2. Nothing can compare Kartini’s spirit to make women know that they are capable of doing everything they want. Happy Kartini’s Day to all women in Indonesia, and the world.
  3. Happy Kartini’s Day, Everyone! Just remember that you are capable of reaching your dream, how high it is.
  4. Kartini’s Day is a reflection of women empowerment. Kartini knew that women also need to validate their feelings and their neediness. Women always deserve equal opportunities to make their dreams come true.
  5. Happy Kartini’s Day, Girls! You are always enough for yourself no matter how everyone judges you.
  6. Happy Kartini’s Day, Women! Let me tell you something. A song has this lyric, “No woman, no cry.” Nope, we, women, also have the capability to feel special and happy for our own existence. So, don’t feel offended because of men’s judgement. And as in Kartini’s spirit, women also deserve all good opportunities for their life.

Itulah 40 ucapan Hari Kartini 2023 yang bisa kamu bagikan ke para perempuan Indonesia.

Ingin tahu apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan di kantor untuk merayakan Hari Kartini? Yuk temukan artikelnya di blog KitaLulus!

Baca Juga: 10 Ide Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor & Outdoor

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top