50 Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-78 untuk Caption Instagram

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
ucapan hari kemerdekaan ke 78
50 Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-78 untuk Caption Instagram

Tanggal 17 Agustus akan kita jumpai sebentar lagi. Artinya, Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 akan segera kita rayakan. Tema HUT RI ke-78 kali ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Merayakan Hari Kemerdekaan, rasanya kurang afdol jika tidak menyebarkan momen menarik di media sosial. Dengan begitu, kamu tentu saja membutuhkan ucapan Hari Kemerdekaan yang menarik.

Berikut 50 contoh ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-78 yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat caption atau status di media sosial. Yuk, simak!

Inspirasi Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-78

Inspirasi Ucapan Hari Kemerdekaan RI
  1. Dirgahayu Indonesiaku. Bertambah matang usiamu, maka bertambah pula kebijaksanaan untuk bangsa ini.
  2. HUT RI ke-78 memberikan kita inspirasi bahwa kegigihan akan membawa kemenangan, seperti para pahlawan yang tak lelah berjuang untuk memerdekaan Indonesia. Selamat ulang tahun, Indonesiaku!
  3. Mungkin kita sudah diberi kemudahaan hidup sekarang karena Indonesia telah merdeka. Namun, kita tetap harus berjuang untuk mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Terus melaju untuk Indonesia maju! Dirgahayu Indonesia yang ke-78!
  4. Jika bukan kita, siapa lagi? Ayo, semangat untuk membuat Indonesia bangga terhadap prestasi kita di hari kemerdekaan ini. Dirgahayu Indonesia!
  5. Perdamaian menjadi hal yang mewah ketika kita mengingat bagaimana kerasnya perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia. Maka dari itu, mari kita bersama menjaga perdamaian bangsa ini dengan terus bertoleransi! Selamat HUT RI Ke-78!
  6. Selamat ulang tahun Indonesia ke-78! Semangat untuk kita semua, generasi muda Indonesia, dalam menggapai cita! Pupuk kemampuan untuk dapat bersaing di kancah global dan buktikan bahwa generasi muda Indonesia adalah yang terbaik! 
  7. Hari ini adalah HUT RI ke-78. Tidak terasa 78 tahun lalu Indonesia merdeka. Kini, sebagai generasi penerus bangsa, semoga kita selalu memberi kontribusi baik untuk negara tercinta ini.
  8. Merdeka adalah hak segala bangsa. Dan memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan yang kita inginkan tentu saja “merdeka” lainnya yang patut kita jaga. Semoga, Indonesia semakin jaya di umur barunya ini dan kita terus memiliki waktu untuk membanggakan negeri ini.
  9. Selamat merayakan kemerdekaan Indonesia ke-78! Mari selalu pupuk semangat dan gotong royong untuk Indonesia maju!
  10. Ada banyak “battle” yang kita lalui meskipun Indonesia telah merdeka sejak 78 tahun lalu. Inilah makna hidup bernegara sesungguhnya karena meskipun setiap bangsa memiliki struggle-nya sendiri, tetapi saling membantu ketika masing-masingnya mengalami susah. Semoga Indonesia terus dapat berpartisipasi dalam kegiatan perdamaian dunia. Dirgahayu Indonesiaku!

Baca Juga: Daftar Hari Libur Agustus 2023 Ada di Weekday, Cek Tanggalnya

  1. Indonesia tidak hanya tentang manusia di dalamnya, tetapi juga budaya dan prinsip yang mencirikan negeri. Maka, dengan semangat 78 tahun Indonesia merdeka ini, mari selalu jaga segala hal berharga yang dipunya negeri ini sebelum dicuri negara lain.
  2. Pandemi menjadi hal yang membuat struggle Indonesia selama 2 tahun lebih. Namun, dengan semangat bersama, kita berhasil melalui masa sulit itu. Ayo selalu gotong royong untuk dapat melalui masa sulit apa pun itu di masa depan. Selamat merayakan hari kemerdekaan untuk kita semua!
  3. Selamat ulang tahun Indonesia! Umur 78 bagi manusia mungkin sudah mengubah fisik menjadi sedikit renta. Namun, bagi bangsa yang terbentuk dengan keberagaman, umur ini menjadi tanda kematangan yang kuat. Semoga perbedaan membuat Indonesia semakin indah untuk ditinggali.
  4. Tidak masalah kita generasi alfa, z, millennial, ataupun generasi y. Yang penting adalah kita semua bekerja sama untuk Indonesia tetap jaga! Dirgahayu Indonesia kita semua!
  5. Mungkin, sekarang kita hidup dengan koneksi yang cepat sehingga mempermudah gerak dan aktivitas kita. Mari manfaatkan keadaan ini untuk terus memberikan hal baik untuk negeri ini supaya di tahun ke-78 merdeka ini Indonesia semakin jaya dan nyaman untuk kita semua.
  6. Membanggakan Indonesia bukan hanya tentang memberikan pencapaian hebat yang diakui pemerintah, tetapi bertahan dalam keadaan yang sulit pun kita sudah satu langkah maju untuk memberi kontribusi baik untuk negeri ini. Tetap semangat untuk kita semua, bangsa Indonesia! Dirgahayu!
  7. HUT RI ke-78 kita rayakan hari ini. Mari panjatkan harapan supaya kita tetap bisa menjaga negeri ini untuk nyaman ditinggali dan kita bisa memberi manfaat untuk negeri dengan usaha baik kita. 
  8. Dirgahayu Indonesia! Mari hidup dengan rukun untuk Indonesia semakin jaya!
  9. Dirgahayu Indonesia kita semua. Umur 78 menjadi usia matang untuk merentangkan sayap dan buktikan bahwa Indonesia adalah negara hebat yang bisa bersaing dengan negara lain di tanah global.
  10. Republik Indonesia-ku, selamat ulang tahun ke-78. Mungkin, kamu belum sehebat negara maju lain. Namun, Indonesia tetap negeri indah dan suatu hari pasti akan menjadi negara maju dan sukses.
  11. Nasionalisme bukan hanya tentang berjuang dan membela Indonesia di situasi genting. Nasionalisme adalah tentang berjuang untuk memahami bahwa kita pantas hidup nyaman dan layak di negeri ini. Mari terus perbaiki kondisi supaya Indonesia di 78 tahun ini menjadi negeri nyaman untuk seluruh lapisan masyarakat.
  12. Merdeka Indonesia terjadi karena perjuangan para pahlawan kita terdahulu. Maka, mari selalu memberi semangat dan perjuangan terbaik untuk membanggakan negeri ini. Dirgahayu Indonesia!
  13. HUT RI 78! Umur 78 tahun adalah umur matang dan membuat negeri ini layak untuk bersaing secara internasional. Semoga kita menjadi salah satu sosok yang memberi “trofi” untuk negeri ini.
  14. HUT RI ke-78, sebentar lagi kita menuju Indonesia emas! Semoga kita semua selalu diberi waktu dan sehat untuk turut berkontribusi dan mendapati Indonesia maju di ranah global.
  15. Selamat ulang tahun untuk negara tercinta kita! Semoga kita selalu independen sebagai negeri yang pernah berjuang dengan keras untuk kemerdekaan yang kita kecap sekarang.

Baca Juga: 20 Ide Hadiah Lomba Agustusan yang Bermanfaat dan Unik

  1. Ada alasan mengapa sila pertama diubah oleh Bung Hatta. Sebab Indonesia tidak dimiliki oleh golongan tertentu. Semoga keberagaman semakin mengeratkan persaudaraan kita semua. Dirgahayu Indonesia!
  2. Bhineka Tunggal Ika bukan hanya sekadar kalimat. Semboyan itu memberitahu kita bahwa Indonesia memang negeri dengan perbedaan yang indah dan bisa saling berdampingan dengan damai. Semoga di tahun 78 merdeka ini, kita semua senantiasa semakin rukun satu sama lain.
  3. Ir. Soekarno bukan meminta pemuda untuk membuat Indonesia maju tanpa alasan. Generasi muda memang harus terus bergerak untuk membuat Indonesia diperhitungkan di dunia, di bidang apa pun.
  4. Hidup di zaman sekarang, bukan di masa penjajahan, adalah sebuah privilege. Mari manfaatkan hal tersebut untuk terus menciptakan inovasi dan memajukan negeri ini. Selamat ulang tahun Indonesia!
  5. Selamat ulang tahun Republik Indonesia. Semakin banyak sosok yang berjuang di dunia internasional dan membawa nama baik Indonesia. Mari selalu kita dukung karena tidak ada overproud dalam mendukung hal baik.
  6. Dirgahayu Indonesia! Hari ini kita memperingati Hari Kemerdekaan yang pada 16 Agustus 1945 pun masih menjadi mimpi untuk bangsa ini. Kini, kita bisa menikmati kebebasan di berbagai sektor. Mari manfaatkan hal ini dengan baik dan membuat prestasi tanpa henti.
  7. Selalu ada masa sulit di berbagai zaman. Hanya tingkat kesulitan dalam memecahkannya. Hari ini, dengan semangat Kemerdekaan RI ke-78, mari selalu solusi kreatif untuk memecahkan berbagai hal sulit yang kita hadapi.
  8. Indonesiaku, selamat ulang ke-78! Kasih dan sayang selalu kami curahkan untukmu.
  9. Bekerja dengan sepenuh hari. Memberi prestasi untuk negeri. Selamat ulang tahun ke-78 untuk RI!
  10. HUT RI selalu kita jadikan sebagai waktu untuk mengenang jasa para pahlawan. Semoga kita tidak pernah lupa dengan jasa mereka. Sebab, bangsa besar adalah yang selalu ingat jasa pahlawan di masa lalu.
  11. Jenderal Soedirman menyatakan bahwa kita harus selalu menjaga kedaulatan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Mari wujudkan titah tersebut demi keutuhan Indonesia. Dirgahayu negeri bhineka tunggal ika!
  12. Jangan pernah fanatik pada suku, agama, budaya sendiri. Namun, lestarikan bersama dan saling berbangga dan bertoleran pada sesama. Selamat ulang tahun Indonesia ke-78!
  13. Hidup layak dan sejahtera akan selalu menjadi cita-cita suatu negara. Tidak masalah umurnya sudah 78, 100, ataupun 1000 tahun. Selalu ada masalah yang harus diselesaikan. Jadi, mari kita wujudkan bersama untuk hidup nyaman di umur 78 tahun Indonesia merdeka ini.
  14. Indonesia adalah negara yang kaya, dari berbagai segi. Mari semakin buat Indonesia dihormati bangsa lain dengan usaha kita di bidang kita masing-masing. Dirgahayu Indonesia!
  15. Dirgahayu Indonesia! Selamat ulang tahun ke-78. Melaju terus di berbagai sektor untuk membuat Indonesia semakin disegani oleh negara-negara global.

Baca Juga: 15 Ide Lomba 17 Agustus Terpopuler 2022, Anti Mainstream!

  1. Selamat ulang tahun Indonesia! Jangan pernah ada selisih karena perbedaan. Karena perbedaan itulah yang membuat Indonesia indah.
  2. Tidak ada hal instan untuk mencapai merdeka. Ada banyak darah yang tumpah, tangis yang tercipta, dan berbagai pengorbanan. Mari jangan buat seluruh perjuangan itu sia-sia dan ciptakan hidup damai dan rukun untuk Indonesia di ulang tahun ke-78 dan ke depannya.
  3. Indonesia tidak hanya Pulau Jawa. Indonesia adalah dari Sabang hingga Merauke dengan keberagamannya. Dirgahayu Indonesia, negeri beradab dan beretika!
  4. Kemajuan teknologi mungkin belum dirasakan sepenuhnya oleh seluruh bangsa Indonesia. Mari saling membahu menciptakan lingkungan maju untuk berbagai kalangan. Dirgahayu Indonesia!
  5. Kita pernah melalui masa pandemi yang melumpuhkan berbagai sektor. Jika setelah ini ada cobaan lain, yakinlah bahwa kita dapat melewatinya dengan baik. Selamat ulang tahun Indonesia!
  6. Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi apa saja pencapaian negeri ini yang sudah dan belum tercapai. Bedah satu per satu hal yang belum tercapai dan buat strategi untuk mewujudkannya di tahun selanjutnya.
  7. Sejahtera dalam hidup bukan hanya tugas pemerintah, tetapi kita juga harus aktif dalam mewujudkan kesejahteraan pribadi. Mari, menjadi kreatif dan solutif bersama. Dirgahayu Indonesia!
  8. Selamat ulang tahun Indonesia Raya! Tidak ada yang lebih indah jika kita bisa hidup saling berdampingan meskipun penuh perbedaan. 
  9. Yakin dan percaya bahwa Indonesia akan menjadi negara maju dan setara dengan negara-negara digdaya yang ada. Mari saling berjuang untuk mewujudkannya. Selamat ulang tahun Indonesia ke-78, menuju Indonesia emas 2045!
  10. Selamat ulang tahun ke-78, Indonesia! Mari rayakan Hari Kemerdekaan ini untuk saling mengevaluasi apa saja yang perlu diperbaiki dalam mencapai Indonesia penuh bahagia dan sejahtera.

Itulah 50 contoh ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-78 yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dengan begitu, kamu bisa ikut memeriahkan perayaan Agustusan dan bisa dilihat oleh banyak orang, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Agar banyak dijangkau, jangan lupa gunakan hastag atau tagar ya.

Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di blog KitaLulus!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top