Daftar Hari Libur Agustus 2023 Ada di Weekday, Cek Tanggalnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Mungkin kamu sudah bisa menebak ada hari libur apa di bulan Agustus tiap tahunnya. Yup, hari libur Agustus 2023 adalah untuk perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-78. Kabar baiknya, perayaan HUT RI kali ini jatuh pada hari kerja alias weekday.

Berikut penjelasan lebih jelasnya.

Hari Libur Agustus 2023

Sangat mudah untuk mengetahui bahwa di Indonesia telah memasuki Bulan Agustus. Kamu cukup memperhatikan jalanan atau teras rumah penduduk. Jika banyak tiang dengan kibaran bendera merah-putih, artinya Bulan Agustus sudah datang.

Yap, betul. Hari libur Agustus 2023 akan memiliki perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tahun 2023 ini, Indonesia telah merdeka yang ke-78 tahun. Sebuah umur kemerdekaan yang cukup matang.

Kamu juga bisa melihat kedewasaan Indonesia, dilihat dari perencanaan ekonomi hingga kesiapan pemerintahannya untuk menyambut berbagai acara dunia, seperti penyelenggaraan G-20 yang tahun ini Indonesia berperan sebagai tuan rumah.

Tanggal merah untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 ini jatuh pada Hari Kamis, 17 Agustus 2023.

Baca Juga: Kalender 2023 Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Fakta Unik Hari Kemerdekaan RI Ke-78

Hari Kemerdekaan RI

Kita semua tahu bahwa sebelum akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945, Indonesia telah dijajah selama ratusan tahun. Tidak hanya oleh satu negara penjajah, tetapi beberapa negara, seperti Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Jepang.

Sejarah penjajahan dan bagaimana akhirnya Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan juga sudah kita pelajari di bangku sekolah. Maka dari itu, KitaLulus di sini akan membagikan fakta unik yang terjadi pada saat merencanakan kemerdekaan hingga upacara pertama Hari Kemerdekaan RI.

  1. Upacara pertama Hari Kemerdekaan RI terjadi pada bulan Ramadhan.
  2. Ir. Soekarno tidak berpuasa saat itu karena sedang sakit, bahkan harus disuntik untuk meredakan gejala sakit malaria sehingga beliau tidur selama satu jam, yaitu 08:00–09:00 lalu bangun untuk bersiap membacakan teks proklamasi pada pukul 10:00 WIB.
  3. Fatmawati, istri Ir. Soekarno, adalah ibu negara yang menjahit bendera merah-putih. Namun, tahukah kamu bahwa kain pertama bendera Indonesia merupakan kain putih bekas sprei Fatmawati, sedangkan kain merah dibeli oleh Lukas Kastaryo dari penjual soto.
  4. Naskah Proklamasi pertama dibuang di tong sampah rumah Laksamana Maeda setelah selesai upacara. Naskah tersebut kemudian disimpan oleh wartawan bernama BM Diah selama puluhan tahun hingga kemudian diberikan kepada pemerintah pada 29 Mei 1992. Jadi, sebelum tanggal itu, arsip yang tersimpan merupakan naskah ketikan ulang.
  5. Dokumentasi perayaan upacara kemerdekaan pertama disimpan di atas pohon yang ada di kantor Harian Asia Raja oleh Frans Mendoer. Hal itu dilakukan oleh Frans supaya dokumentasi tidak jatuh ke tangan orang Jepang yang saat itu masih belum rela Indonesia merdeka dari jajahannya.
  6. Soediro mencuri mobil untuk ditunggangi Ir. Soekarno dalam prosesi proklamasi Kemerdekaan RI pada 1945. Mobil itu adalah Buick, pemiliknya adalah seorang penjajah Jepang.
  7. Pembacaan proklamasi Ir. Soekarno yang sering kita dengar bukanlah dari saat upacara pertama, melainkan hasil perekaman ulang. Rekaman dilakukan pada 1951 di Radio Republik Indonesia yang diniatkan untuk dokumentasi suara.

Baca juga: Hari Libur September 2023 dari SKB 3 Menteri, Catat!

Tradisi Unik untuk Merayakan Hari Kemerdekaan RI

Salah satu tradisi unik perayaan HUT RI adalah dengan melaksanakan upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih. Selain itu, melaksanakan berbagai lomba di siang hingga sore harinya juga menjadi hal yang biasa dilakukan di 17 Agustus.

Berikut beberapa tradisi lain yang selalu dilaksanakan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI.

1. Estafet Obor

Melakukan pawai obor adalah hal yang biasa dilakukan dalam perayaan berbagai hal di Indonesia, bahkan dunia. Namun, masyarakat di Semarang melakukan acara estafet obor di setiap 17 Agustus, lho. Tradisi ini sudah dilakukan selama lebih dari 30 tahun.

2. Sepak Bola Durian

Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Kebumen dan Cirebon ketika merayakan 17-an adalah bermain sepak bola durian. Mereka tidak mempermasalahkan duri tajam pada durian, melainkan mereka justru menjadikannya sebagai bola dalam permainan sepak bola durian untuk meramaikan Hari Kemerdekaan RI di setiap tahunnya.

3. Karapan Kambing

Karapan sapi mungkin sudah biasa. Namun bagaimana dengan karapan kambing? Jika kamu belum pernah mendengarnya, sekali-kali kamu bisa berkunjung ke Lumajang pada 17 Agustus. Kamu akan menyaksikan pertandingan karapan kambing yang dilakukan oleh masyarakat setempat untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI.

Baca Juga: 15 Ide Lomba 17 Agustus Terpopuler 2022, Anti Mainstream!

Nah, itu dia fakta-fakta unik tentang hari libur Agustus 2023, yaitu perayaan hari Kemerdekaan RI. Akan ada banyak acara seru yang dilakukan di hari itu. 

Untuk kamu yang ingin memilih beristirahat di tanggal merah Agustus 2023 ini, tidak apa-apa kok. Kamu bisa memanfaatkannya sehingga esok hari bisa kembali bekerja dengan penuh semangat.

Merdeka negara ini, merdeka juga setiap masyarakatnya dari rasa pesimisme. Apalagi pesimis akan masa depan karena masih belum mendapatkan pekerjaan. Jangan khawatir, KitaLulus akan membantumu untuk optimis kembali dan mendapatkan pekerjaan impian.

Instal aplikasi KitaLulus dan kamu bisa mengakses 92.000+ loker dari puluhan ribu perusahaan di Indonesia. Setiap bulannya KitaLulus bahkan telah mempertemukan 3.000.000+ lamaran sesuai kualifikasi antara jobseeker dan perusahaan yang membutuhkan kandidat berkualitas.

Jadi, dibanding hanya overthinking di hari libur Agustus 2023 karena masih menjadi jobseeker, mending langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu yuk!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!