40 Ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 Bisa untuk Caption Instagram

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
Ucapan Hari Lahir Pancasila 2023
40 Ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 Bisa untuk Caption Instagram

Tanggal 1 Juni 1945 adalah momen yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di tanggal tersebut lahirlah dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila, atas gagasan Ir. Soekarno. Biasanya untuk memperingati momen ini berseliweran ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 di media sosial.

Kamu jangan mau ketinggalan! Jika kamu bingung ingin membuat kalimat ucapan seperti apa, KitaLulus punya rekomendasi ucapan, nih. Pilih salah satu yang paling kena di hati kamu dan posting di caption akun media sosial kamu, ya!

Ucapan Hari Lahir Pancasila 2023

Hari Lahir Pancasila
  1. Keberagaman adalah jiwa Indonesia. Sabang hingga Merauke membentang dengan segala keindahan dan kekayaannya. Mari kita jaga selalu untuk tetap menjadi Indonesia yang utuh. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023.
  2. 78 tahun lalu, Pancasila lahir atas gagasan dari tokoh penting negeri ini. Pancasila tidak hanya tentang 5 kalimat sederhana, tetapi 5 alasan mengapa Indonesia tetap berdiri hingga sekarang. Pancasila harus selalu dijaga kemurniannya karena dari Pancasila, kita bisa menerima hak sebagai warga negara yang bebas dan berkeadilan. Selamat Harlah Pancasila 2023 yang ke-78!
  3. Ibarat manusia, umur 78 tahun akan menjadi kondisi yang terlalu tua untuk beraktivitas. Namun, Pancasila akan selalu menjadi sosok muda yang terus memberikan semangat di hari setiap rakyat Indonesia. Pancasila selalu mengingatkan untuk hidup adil dan bebas dari intimidasi.
  4. Selamat Hari Pancasila 2023 untuk seluruh rakyat Indonesia. Hari ini tidak hanya tentang perayaan, tetapi juga pengingat bahwa kita semua memiliki 5 dasar yang bisa memberikan kita perlindungan dari berbagai konflik yang dapat memecah belah bangsa.
  5. Pancasila bisa kita andalkan untuk berbagai kondisi. Dari sila pertama tentang Ketuhanan hingga sila kelima tentang hidup berkeadilan. Maka, jika ada satu oknum yang ingin membuat kita terpecah, maka dia belum mengamalkan isi dari Pancasila dengan baik. Mari kita selalu ingatkan sekitar bahwa Indonesia adalah yang adil, rukun, dan memanusiakan manusia sebagaimana yang disebut dalam Pancasila.
  6. Mari kita kenang selalu perjuangan para pahlawan pemberani hingga kita bisa merdeka seperti sekarang dan dapat berdiri untuk mendapatkan hak sebagai manusia yang bebas.
  7. Selamat Hari Pancasila 2023. Jika Soekarno membutuhkan 10 pemuda untuk mengguncang dunia, kita hanya butuh kesadaran diri untuk saling hidup rukun dan nyaman di tanah air Indonesia ini.
  8. Indonesia adalah satu dan itu adalah harga mati sebagaimana butir ketiga Pancasila. Di Hari Pancasila ini, mari terus gaungkan semangat tersebut supaya Indonesia tetap satu dan tidak akan terpecah belah oleh apa pun.
  9. Pancasila ada hasil dari diskusi politik cerdas. Maka, jika ada agenda politik yang memecah keutuhan Indonesia, maka mereka tidak pernah paham apa makna politik Pancasila yang sesungguhnya.
  10. Perbedaan bahasa tidak menyurutkan kita untuk bersatu dari Sabang dan Merauke. Bahasa Indonesia lahir untuk menyatukan kita dari perbedaan tersebut. Pun adanya Pancasila yang lebih menyatukan dan mengharmonisasikan rakyat Indonesia.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

  1. Selamat Hari Pancasila! Semangat dan semboyannya adalah kunci bagi kita untuk mengharumkan Indonesia di mana pun kita berada.
  2. Selamat Hari Pancasila 2023! Mari kita gunakan momentum berharga ini untuk semakin menghayati makna setiap butirnya supaya fondasi kita lebih kokoh dalam mencintai negeri ini.
  3. Tidak ada kekerasan dalam bentuk apa pun yang boleh tumbuh di Indonesia. Pancasila menjadi saksi bahwa para pahlawan berjuang dengan keras untuk membuat kita semua mendapatkan hak sebagai manusia merdeka.
  4. Pancasila adalah jiwa utama Indonesia untuk menyatukan berbagai perbedaan yang ada. Jadi, beda ras, suku, bahasa, ataupun agama tidak bisa kita jadikan alasan untuk melakukan perpecahan dan permusuhan kepada saudara setanah air. Salam satu jiwa, satu Pancasila!
  5. Hari ini kita memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Namun, kita bisa setiap hari mengamalkan kerukunan yang diagungkan di setiap butir Pancasila.
  6. Memperingati Hari Pancasila setiap tanggal 1 Juni bukan berarti kita hanya mengingatkan keagungan Pancasila di satu hari saja. Ketika kita berbuat baik dan menghargai orang lain tanpa pandang perbedaan, kita sudah mengamalkan isi Pancasila dengan baik.
  7. Selamat Hari Lahir Pancasila! Selamat merayakan kasih sayang, saling menghargai, dan gotong royong untuk keutuhan Indonesia Raya tercinta kita!
  8. Ayo kita terapkan setiap kebaikan yang ada di 5 butir Pancasila di kehidupan sehari-hari kita.
  9. Hari Pancasila bagaikan momentum yang pas untuk kita jadikan waktu untuk saling mengingatkan bahwa Indonesia bukan hanya milik satu agama, satu suku, ataupun satu partai politik saja. Indonesia adalah milik 240 juta jiwa lebih. Jadi, mari kita saling rukun dan menghargai sesama dengan baik.
  10. Pancasila menjadi dasar negara bukan tanpa alasan, melainkan penuh pertimbangan yang disesuaikan dengan tujuan Indonesia berdiri dan merdeka. Jadi, mari selalu wujudkan Indonesia yang damai dan rukun sebagaimana para pahlawan berjuang untuk memerdekakan negeri ini.

Baca Juga: Apakah Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 Libur? Ini Infonya

  1. Penjajahan dari negara lain memang sudah tidak ada lagi di Indonesia. Namun, kita tetap harus waspada dengan bentuk penjajahan lain, terlebih dari bangsa sendiri. Jadi, ayo kita terus lestarikan falsafah Pancasila demi Indonesia berkeadilan dan bebas-makmur untuk seluruh rakyatnya.
  2. Tidak ada kata lelah untuk berbuat baik sebagaimana tidak ada kata lelah untuk mengaplikasikan setiap makna Pancasila di dalam hidup kita.
  3. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023! Semangat selalu untuk hidup baik dan rukun dengan sesama. Mari selalu ciptakan Indonesia yang nyaman dan bahagia.
  4. Indonesia tidak pernah mengenal SARA jika setiap butir Pancasila kita amalkan dengan baik. Sebab setiap satu dari kita adalah bermakna dan berhak untuk hidup damai.
  5. Menghargai budaya asing dan terus melestarikan budaya bangsa sendiri adalah bentuk kita menghargai Pancasila sebagai dasar negara. Terus hidup berdampingan tanpa saling menyakiti.
  6. Indonesia bukan hanya sekadar negara kepulauan dengan jumlah penduduk ratusan juta jiwa, tetapi juga bangsa multikultural yang indah dan penuh makna. Jadilah terus bhineka tunggal ika dan hidup dengan berdasar Pancasila untuk Indonesia penuh kasih dan aman untuk ditinggali.
  7. Ada banyak kasus yang meributkan pendirian rumah ibadah atau tidak saling menghargai dengan agama yang dianut satu sama lain. Jika masih begitu, sepertinya butir pertama Pancasila belum kita amalkan dengan baik. Indonesia adalah negara saling menghargai apa pun agamanya. Selamat hari Lahir Pancasila 2023!
  8. Merayakan Hari Pancasila bukan hanya dengan melakukan kegiatan heroik, tetap bekerja lembur pun salah satu kegiatan nasionalis yang bisa kita lakukan. Setidaknya, kita mengurangi pengangguran dan meningkatkan kemampuan sesuai bidang karir kita. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023 untuk kita yang tetap lembur padahal tanggal merah!
  9. Apakah kamu tahu bahwa sila pertama di Pancasila sekarang adalah hasil ubahan dari Moh. Hatta untuk mengurangi konflik antarbangsa? Sila pertama begitu netral, hanya menyiratkan keimanan bangsa Indonesia terhadap Tuhan yang ia yakini untuk diimani. Maka dari itu, Indonesia adalah negara multi-agama, bukan dimiliki satu agama saja. Dan yang paling terpenting, Indonesia adalah negara damai yang dapat menerima kamu apa adanya. Selamat Hari Lahir Pancasila ya untuk kita semua!
  10. Mari terus berjuang untuk mewujudkan cita-cita para pahlawan kita guna menjadikan Indonesia negara kaya dan dihormati di kancah internasional.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Juni 2023: Libur Nasional dan Cuti Bersama

  1. Indonesia adalah negara yang penuh keragaman yang bisa saja berkonflik kapan saja. Namun, adanya Pancasila menjadikan Indonesia tetap indah dengan berbagai warnanya. Jadi, mari kita terus tetapkan Pancasila di berbagai kegiatan yang kita jalani supaya tetap rukun dengan siapa pun.
  2. Hari Lahir Pancasila dirayakan bukan hanya sekadar untuk mengingat bahwa 1 Juni adalah momen berharga akan hadirkan 5 kalimat sakti untuk Indonesia. Tetapi juga untuk mengingat bahwa Indonesia harus selalu rukun dan damai di situasi apa pun.
  3. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023. Mari terapkan setiap butir Pancasila dalam berbagai tindakan, kegiatan, dan cita-cita yang kita ingin wujudkan.
  4. Selamat Hari Lahir Pancasila! Tidak melakukan upacara bendera, bukan berarti kita tidak nasionalis. Dapat berkarir di bidang yang kita sukai adalah sebuah privilese dalam hidup. Mari kita berikan 101% dalam setiap usaha wujudkan karir impian kita untuk dapat bersaing dengan sumber daya global dan mengharumkan Indonesia.
  5. Hari ini adalah 1 Juni, hari besar untuk kita jadikan pengingat bahwa kita hidup berdampingan di tengah keberagaman. Sebab, di hari ini pada 1945, ideologi bangsa lahir dan memperkukuh semangat para pahlawan bangsa memerdekakan Indonesia.
  6. Bhinneka Tunggal Ika pada pita yang digenggam burung Garuda bukan hanya asesoris yang membuat cantik lambang negara Indonesia, tetapi juga penguat bahwa ideologi, semboyan, hingga lambang negara Indonesia adalah satu tujuan: membuat Indonesia harmonis di masa dulu, sekarang, dan masa depan.
  7. Menjadi nasionalis bukan hanya tentang kita berperang secara fisik dan verbal demi membela Indonesia, tetapi juga menggunakan akal dan pikiran untuk menciptakan inovasi khas bangsa dan bersaing secara global.
  8. Memanusiakan manusia, apa pun latar belakangnya, adalah spirit di dalam Pancasila. Di hari berharga ini, mari kita terus melekatkan semangat Pancasila di setiap tindakan yang kita lakukan.
  9. Cinta Indonesia bukan hanya tentang cinta pada geografisnya yang indah, tetapi juga budaya dan bangsanya yang beragam karakternya. Di Hari Lahir Pancasila ini, ayo terus semangat untuk wujudkan lingkungan kita damai dan nyaman untuk ditinggali.
  10. Agenda dalam Pancasila adalah mewujudkan Indonesia tetap rukun, damai, dan penuh cinta dalam keberagaman. Mari kita ingat hal tersebut di setiap kegiatan yang kita lakukan. Jangan ada perbedaan perlakukan karena beda ras, suku, agama, dan hal lainnya yang dapat menimbulkan perpecahan. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023 untuk Indonesia lebih baik!

Itulah 40 ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 yang bisa kamu gunakan untuk membuat caption di postingan Instagram atau di Twitter. Kamu juga bisa mengeditnya supaya memberikan style kamu sendiri.

Jika kamu ingin mendapatkan ucapan hari besar atau hari libur lainnya, KitaLulus memiliki banyak artikel yang demikian. Lekas cek di blog KitaLulus, ya.

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top