Daftar Hari Libur Juni 2023, Banyak Tanggal Merah!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kabar gembira untuk kamu, sebab daftar tanggal merah atau hari libur Juni 2023 ada banyak. Jadi, kamu bisa mulai bersiap-siap menyusun itinerary liburan bersama teman atau keluarga. Ada hari libur apa saja ya di Juni 2023? Berikut KitaLulus jelaskan dengan detail.

Hari Libur Juni 2023

Jika April 2023 memiliki libur nasional dan cuti bersama yang panjang, maka Juni 2023 juga tidak mau kalah. Terdapat satu peringatan bersejarah dan dua hari besar keagamaan di bulan Juni 2023.

1. Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila

Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Lahir Pancasila, sehingga pemerintah melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2016 menetapkannya sebagai hari libur nasional. Tahun 2023 ini, Hari Lahir Pancasila jatuh pada Kamis, 1 Juni 2023.

Penetapan ini dimulai pada tahun 1945 di mana sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) diselenggarakan. Sidang itu dilaksanakan dari 29 Mei–1 Juni 1945. Pelaksanaan sidang ini bertujuan untuk merumuskan dasar negara Indonesia.

Pada 29 Mei, 31 Mei, dan 1 Juni terdapat pidato tentang perumusan dasar negara Indonesia. Di tanggal 29 Mei, Moh. Yamin mengusulkan dasar negara dengan judul “Asas dan Dasar Negara Indonesia Merdeka”.

Dilanjutkan oleh Dr. Soepomo pada 31 Mei dengan judul pidato “Dasar-Dasarnya Negara Indonesia Merdeka”. Dan sebagai pamungkas, Ir. Soekarno juga mengusulkan dasar negara pada pidatonya di tanggal 1 Juni 1945 dengan judul “Pancasila” karena memuat 5 pemikiran yang bisa dijadikan sebagai asas, dasar, dan pilar pemikiran negara Indonesia.

Dari sidang pertama BPUPKI itulah Pancasila terbentuk.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional Indonesia dan Internasional

2. Hari Raya Waisak 2567 BE

Hari Raya Waisak

Apakah kamu masih bingung kapan tepatnya Hari Raya Waisak 2567 BE? Beberapa pihak mengira perayaannya jatuh pada 6 Mei 2023, tetapi hal ini sudah diluruskan oleh Dirjen Bimas Buddha, Supriyadi.

Dikutip dari laman web kemenag.go.id, Supriyadi menyatakan bahwa perayaan Hari Raya Waisak 2567 BE akan dilaksanakan pada Minggu, 4 Juni 2023 dengan cuti bersama pada 2 Juni 2023.

Bagi kamu yang beragama Buddha dan ingin merayakan Hari Raya Waisak dengan lebih khusuk untuk beberapa hari lebih lama, kamu bisa lho mengambil cuti tahunan di tanggal 29–31 Mei 2023. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hari libur selama 9 hari lamanya.

Beberapa tradisi yang biasanya dilakukan pada perayaan Hari Raya Waisak adalah:

  • Melakukan Samadhi pada detik-detik puncak bulan purnama
  • Melakukan ritual Pindapatta, yaitu yaitu pemberian dana makan untuk para biksu dari masyarakat guna kebajikan

Biasanya juga terdapat festival perayaan di berbagai candi Buddha di Indonesia, salah satunya adalah Candi Muaro Jambi yang setiap tahunnya akan melepaskan 1000 lampion ke langit. Sementara itu di Candi Borobudur, Magelang, juga biasa dilakukan perayaan Trisuci Waisak.

Baca juga: Hari Libur Juli 2023 Ada Berapa? Cek Informasinya di Sini

3. Idul Adha 1444 H

Idul Adha

Idul Adha 1444 H akan dirayakan pada Kamis, 29 Juni 2023. Perayaan ini akan menjadi hari libur Juni 2023 yang terakhir. Meski tidak semeriah Hari Raya Idul Fitri, tetapi perayaan ini tetap menjadi hari besar bagi umat Islam.

Pada umumnya, Idul Adha ditandai dengan perayaan ibadah haji dan qurban. Hari Raya Idul Adha juga dianggap sebagai hari kesejahteraan bagi seluruh umat Islam karena di hari ini umat Islam dengan rezeki berlimpah akan berbondong-bondong melakukan qurban hewan, seperti kambing, sapi, kerbau, hingga unta. Nantinya, daging dari hewan-hewan tersebut akan dibagikan kepada siapa pun yang membutuhkan.

Nah, karena perayaan Idul Adha 1444 H terasa terjepit sebab dilaksanakan pada hari Kamis, kamu bisa menggunakan jatah cuti tahunanmu untuk memperpanjang hari libur. Ambil cuti di tanggal 30 Juni dan kamu akan mendapatkan libur selama 4 hari berturut-turut.

Memanfaatkan hari libur ada banyak macamnya. Sebagian ada yang berlibur dengan teman atau keluarga, sebagiannya lagi justru masuk kerja karena tuntutan perusahaan. Yang mana pun kamu, tetap ingat untuk selalu profesional jika di tempat kerja, ya.

Nah, untuk kamu yang ingin memanfaatkan momen libur untuk mencari-cari info lowongan kerja, sebaiknya hati-hati ya dalam memilih loker yang aman dan terpercaya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus untuk mendapatkan loker yang sesuai kebutuhan dan keinginan kamu. Aplikasi KitaLulus terjamin keamanannya karena memiliki tim profesional dipadu dengan sistem berteknologi canggih untuk melakukan kurasi perusahaan yang terdaftar di KitaLulus.

Jadi, saat kamu melamar loker di KitaLulus, artinya kamu melamar kerja di perusahaan bonafit yang terjamin aman, bukan perusahaan bodong yang kerap melakukan tipu-tipu kepada jobseeker.

Ingin membuktikannya? Langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone dan dapatkan fitur-fitur bermanfaat yang akan menambah skill dan networking kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!