Ukuran Feed Instagram 2024 untuk Foto, Video, Story, Reels

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
ukuran feed instagram
Ukuran Feed Instagram 2024 untuk Foto, Video, Story, Reels

Saat ini, Instagram sudah menjadi ujung tombak dari sebuah marketing. Maka dari itu, setiap perusahaan akan membutuhkan jasa seorang social media specialist.

Agar postingan di Instagram bisa naik dan memiliki banyak interaksi dengan pengikut, diperlukan sebuah pengetahuan tentang bagaimana cara posting, konten seperti apa yang dapat membuat orang tertarik, hingga ukuran feed Instagram yang perlu diterapkan di berbagai unggahan.

Bicara tentang ukuran feed Instagram, tahukah kamu bahwa setiap jenis konten mempunyai rasio yang berbeda-beda? Maka dari itu, penting bagi kamu mengetahui ukuran postingan yang tepat agar tampilan feed mu menjadi lebih rapi dan menarik.

Apa itu Rasio dan Resolusi?

rasio dan resolusi

Sebelum membahas tentang berapa ukuran feed Instagram untuk setiap jenis post, pahami dulu apa itu rasio dan resolusi.

Aspek rasio adalah rasio lebar dan tinggi gambar. Aspek rasio biasanya dinyatakan dengan x:y, di mana ‘x’ menggambarkan ukuran lebar gambar, sedangkan ‘y‘ menggambarkan ukuran tinggi gambar.

Misal, jika rasio gambar adalah 1:1 berarti gambar tersebut berbentuk square karena tinggi dan lebarnya memiliki ukuran yang sama.

Sedangkan resolusi merupakan jumlah piksel yang menyusun lebar dan tinggi dari sebuah gambar. Resolusi dapat mempengaruhi kualitas sebuah foto yang ditampilkan. Semakin tinggi resolusinya, maka kualitas gambar yang ditampilkan akan semakin berkualitas.

Resolusi biasanya ditulis dengan menggunakan angka. Beberapa resolusi yang sering digunakan adalah 1080×1080, 600×600, 820×200, dan lain sebagainya. Resolusi juga biasanya dapat langsung disesuaikan ketika melakukan pemotretan atau perekaman video.

Baca Juga: 11 Cara Menambah Followers Instagram secara Gratis dan Mudah

Ukuran Feed Instagram Lengkap

Jenis FeedRasioResolusi
Foto dan video (square)1:11080 x 1080 piksel
Foto dan video (portrait)4:51080 x 1350 piksel
Foto dan video (landscape)16:91080 x 608 piksel
Instagram Reels9:161080 x 1920 piksel
Instagram Story9:161080 x 1920 piksel

Setelah kamu mengetahui apa itu rasio dan resolusi, berikutnya pelajari ukuran postingan feed Instagram berikut.

1. Square Post

Ini adalah jenis konten yang paling sering diunggah. Berbentuk square atau persegi dengan aspek rasio 1:1 yang berarti antara tinggi dan lebar gambar memiliki ukuran yang sama.

Konten berukuran square biasanya menggunakan resolusi 1080×1080 pixels demi mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

2. Horizontal Post/ Landscape

Jenis konten berikutnya adalah landscape post. Bentuknya persegi panjang melebar ke samping, dengan rasio yang digunakan adalah 16:9 dengan resolusi 1080×608 pixels.

Ukuran landscape biasanya lebih cocok digunakan untuk mengunggah gambar pemandangan atau foto dengan banyak orang.

3. Vertical Post/ Portrait

Ukuran feed Instagram untuk vertical post atau portrait adalah menggunakan rasio 4:5 dengan resolusi 1080×1350 pixels.

Jenis postingan ini paling populer dan sering digunakan oleh mayoritas pengguna Instagram. Ukurannya sangat cocok untuk mengunggah foto orang karena bisa menampilkan postur tubuh dengan baik.

4. Instagram Stories

Selain mengunggah konten di feed Instagram, kamu juga bisa mengunggahnya di Instagram Stories dengan ukuran satu layar penuh. Di sini, kamu juga dapat menambahkan gif, stiker, teks, bahkan link yang menuju ke laman tertentu.

Meskipun konten Instagram stories hanya dapat ditayangkan selama 24 jam saja, tapi kamu masih bisa melihatnya di bagian stories archive atau menambahkannya ke dalam highlight.

Untuk membuat konten Instagram stories kamu bisa menggunakan rasio 9:16 dengan resolusi 1080×1920 pixels.

Baca Juga: 14 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi, Gratis!

5. Instagram Reels

Tidak hanya Instagram Stories yang bisa menampilkan konten fullscreen, Instagram Reels juga bisa melakukan hal serupa. Bedanya, Instagram Reels adalah konten berbasis video pendek yang bisa kamu tampilkan di feed.

Kamu juga dapat menambahkan filter dan musik untuk mendukung estetika videomu. Agar vidio yang kamu unggah tidak terpotong dan buram, disarankan menggunakan rasio 9:16 dengan resolusi 1080×1920 pixels.

8. Konten Video

Untuk jenis konten video, selain pada fitur Reels, kamu juga bisa mengunggahnya di feed dengan ukuran lain, seperti square, landscape, atau portrait. Adapun aspek rasio dan resolusinya sama seperti konten gambar, yaitu:

  • Video horizontal atau landscape: rasio 16:9 dan resolusi 1080 x 608 pixels
  • Video square: rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixels
  • Video vertical: rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 pixels

6. Carousel Post

Terakhir ada carousel post. Jenis postingan ini memungkinkan kamu mengunggah lebih dari satu foto dalam satu unggahan di Instagram. Maksimal foto yang bisa kamu unggah adalah 10 foto.

Ukuran gambar di carousel post biasanya menyesuaikan dengan foto pertama yang kamu pilih. Jika foto pertama yang dipilih adalah berukuran square, maka foto selanjutnya akan mengikuti. Maka dari itu, agar tidak ada foto yang terpotong, kamu perlu menyamakan aspek rasio di semua foto yang akan diunggah.

Demikian panduan lengkap ukuran feed Instagram sesuai jenis postingannya. Sebagai orang yang bergelut di dunia konten, informasi di atas sangatlah penting.

Mau dapatkan informasi menarik lainnya seputar media sosial, teknologi, seputar kerja, atau gaya hidup? Terus baca blog KitaLulus.Selain itu, jika kamu berencana untuk melamar kerja sebagai social media specialist, kamu juga bisa mencari lowongan di aplikasi KitaLulus. Ada banyak loker dari berbagai perusahaan di Indonesia yang bisa kamu lamar secara gratis! Yuk unduh aplikasinya sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top