9 Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin, Cocok untuk Pemula

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
aplikasi belajar bahasa mandarin
9 Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin, Cocok untuk Pemula

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang saat ini digunakan oleh banyak penduduk dunia. Di Indonesia, semakin menjamurnya perusahaan asal Tiongkok membuat peluang kerja bertambah. Namun, biasanya perusahaan tersebut akan mencari karyawan yang mampu berbicara bahasa Mandarin.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan besar asal Tiongkok bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Mandarin untuk meningkatkan kemampuan. Simak beberapa aplikasinya sebagai berikut, yuk!

1. Du Chinese

Du Chinese

Aplikasi belajar bahasa Mandarin yang pertama adalah Du Chinese. Aplikasi ini fokus pada pemahaman mendengarkan dan membaca. Beberapa fitur utama dari Du Chinese adalah pelajaran berbasis cerita, audio dan teks, serta kuis dan latihan. Fitur tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan berbahasa kamu, lho!

2. HelloChinese

HelloChinese

Selanjutnya ada HelloChinese. Aplikasi ini sangat populer di kalangan orang yang ingin belajar bahasa Mandarin secara otodidak. 

Bahkan, HelloChinese menasbihkan dirinya sebagai tempat belajar bahasa Mandarin yang cocok untuk pemula. Aplikasi ini mengajari setiap orang yang ingin belajar dasar-dasar bahasa Mandarin agar mudah dipahami.

Fitur yang ditawarkan HelloChinese adalah kursus interaktif yaitu belajar melalui video, gambar, dan latihan. Selain itu, aplikasi ini juga tidak akan terasa membosankan karena menggunakan konsep game based.

3. ChineseSkill

ChineseSkill

ChineseSkill adalah aplikasi belajar bahasa Mandarin yang sangat menyenangkan karena juga menggunakan metode game based. Tersedia lebih dari 1000 frasa yang bisa digunakan untuk salam, perjalanan, belanja, dan lain sebagainya.

Selain itu, ChineseSkill memiliki fitur untuk belajar membaca dan menulis karakter Pinyin sehingga kamu bisa belajar membaca, menulis, sekaligus mendengar.

4. M Mandarin

M Mandarin

Aplikasi ini sangat populer untuk belajar bahasa karena menggunakan metode komik. M Mandarin dirancang untuk membantu pengguna memperluas kosakata bahasa Mandarin mereka. Jika kamu masih sangat pemula dalam belajar bahasa Mandarin, aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencapai satu persatu level dengan mudah.

M Mandarin tidak hanya bisa membantu kamu belajar bahasa Mandarin lewat teks. Kamu juga bisa belajar dengan menggunakan bantuan audio percakapan yang akan semakin memudahkan kamu saat proses belajar.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis yang Bisa Kamu Coba!

5. Chinese FunEasyLearn

Chinese FunEasyLearn

Aplikasi Chinese FunEasyLearn adalah aplikasi belajar bahasa Mandarin yang sangat mudah digunakan dan menyenangkan karena menggunakan metode game.

Selain itu, ada 30 game pembelajaran yang seru dan dapat memotivasi kamu untuk terus meningkatkan skill. Misalnya, smart search yang bisa digunakan untuk mencari kata atau frasa percakapan sehari-hari.

Selain itu, ada juga fitur review manager yang dapat membantu kamu me-review apa saja yang sudah kamu pelajari sehingga tidak mudah lupa. Aplikasi ini tidak hanya cocok untuk pemula, jika kamu ingin belajar lebih lanjut dengan Chinese FunEasyLearn, kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur kerennya.

6. CoffeStrap

CoffeStrap

CoffeStrap adalah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk berlatih bahasa Mandarin dengan penutur asli melalui koneksi video.

Melalui interaksi langsung dengan orang asing yang menggunakan bahasa Mandarin sehari-hari, kamu akan bisa mengetahui kosakata-kosakata baru yang lebih sering digunakan. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang dialek mereka dalam mengucapkan sebuah kata.

CoffeStrap ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang senang belajar bahasa Mandarin terutama pada level lebih lanjut. Fitur-fitur utamanya meliputi: sesi tanya jawab, pertemuan virtual, dan pelatihan keterampilan.

7. Drops

Drops

Selanjutnya, aplikasi yang wajib kamu ketahui adalah Drops. Di aplikasi ini, kamu bisa menghafal kosakata dengan grafis yang responsif sehingga memudahkan kamu untuk mengingat.

Selain itu, Drops juga memiliki 99 topik dan 1.700 kata bahasa Mandarin, serta mini game yang membuat kamu tidak merasa bosan saat belajar. Beberapa fiturnya meliputi kartu kata yaitu belajar kosakata dengan kartu kata yang menarik dan gambar yang disertakan.

Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam mengatur waktu pembelajaran harian demi bisa mencapai target konsistensi. Tak ketinggalan, ada fitur latihan untuk membantu kamu dalam memperbaiki pelafalan.

8. Learn Chinese

Learn Chinese

Learn Chinese menyediakan kursus-kursus yang komprehensif. Terdapat lebih dari 750 dialog setiap hari tentang berbagai topik.

Topik-topik tersebut mulai dari salam, perkenalan, belanja, bahkan sampai pada percakapan keluarga dan bisnis. Percakapan yang ada pada aplikasi Learn Chinese dituturkan oleh penutur asli bahasa Mandarin alias warga negara China.

Beberapa fitur unggulannya adalah belajar melalui video, audio, dan teks untuk meningkatkan pemahaman secara menyeluruh. Ada juga kuis dan ujian untuk mengukur kemajuan belajar kamu. Selain itu, ada forum diskusi buat kamu yang ingin berbagi pengalaman dengan pengguna lainnya.

9. Mango Languages

Mango Languages

Terakhir adalah Mango Languages. Mango Languages memberikan pengalaman kepada penggunanya untuk bisa belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan.

Pasalnya, aplikasi ini tidak hanya menawarkan penggunanya untuk belajar bahasa Mandarin saja, melainkan juga bahasa-bahasa yang lain. Fitur yang ditawarkan di antaranya belajar melalui situasi sehari-hari sehingga bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Selain itu, ada pengucapan oleh penutur asli berupa audio untuk memperbaiki pelafalan. Fitur yang tidak kalah penting adalah pelajaran kultural. Hal ini bertujuan agar kamu bisa belajar tentang budaya dan tradisi Mandarin.

Baca Juga: Interpreter Adalah: Tugas, Skill, Bedanya dengan Translator

Demikian 9 aplikasi belajar bahasa Mandarin yang perlu kamu ketahui. Dengan berbagai aplikasi tersebut, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan gaya belajar dan tujuan pembelajaran kamu.

Jika kamu sudah piawai dalam bicara bahasa Mandarin, maka saatnya kamu mencari pekerjaan di bidang tersebut. Kamu bisa menemukan lowongan kerja Mandarin dari berbagai perusahaan di Indonesia hanya di KitaLulus.

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top