10 Contoh Kesan dan Pesan Selama Bekerja di Perusahaan

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
contoh kesan dan pesan selama bekerja di perusahaan
10 Contoh Kesan dan Pesan Selama Bekerja di Perusahaan

Perpisahan di kantor merupakan momen yang penuh dengan emosi. Saat itulah kamu bisa menyampaikan contoh kesan dan pesan selama bekerja di perusahaan. Agar hubunganmu dengan perusahaan dan rekan kerja tetap baik, sampaikan juga kata-kata perpisahan yang berkesan.

Jika kamu masih bingung menyusun kata-katanya, simak contohnya dalam artikel berikut.

Contoh Kesan dan Pesan untuk Perusahaan

Contoh Kesan dan Pesan untuk Perusahaan

Ketika seorang karyawan mengundurkan diri atau resign dari pekerjaannya, berpamitan menjadi budaya yang harus dilakukan. Dalam pamitan tersebut, biasanya karyawan akan menyampaikan pesan, kesan, dan ucapan terima kasih. 

Berikut beberapa contoh kesan dan pesan selama bekerja di perusahaan.

1. Kesan dan Pesan untuk Atasan

Atasan yang baik memiliki peran sangat besar bagi para pegawainya. Maka dari itu, sering kali pesan dan kesan dari karyawan yang resign akan banyak diberikan kepada para atasan karena mereka banyak mempelajari hal bermakna selama bekerja. Berikut contohnya.

Kesan:

“Menjadi bagian dari perusahaan ini adalah suatu hal yang membanggakan bagi saya, terutama bisa diketuai oleh Bapak Ahmad dan Ibu Jenny. Saya belajar banyak hal dari Bapak dan Ibu, baik tentang dunia kerja yang profesional maupun tentang kehidupan sehari-hari dan menjadi bermanfaat untuk sekeliling. Terima kasih banyak atas seluruh ilmunya selama ini.”

Pesan:

“Tidak ada hal lain yang bisa saya sampaikan selain terima kasih. Semoga Bapak, Ibu, teman-teman sekalian di PT Barokah Jaya Abadi ini selalu sukses.”

2. Perusahaan sebagai Pekerjaan Pertama

Harus resign dari pekerjaan pertama memang menjadi hal yang sangat berat untuk dilakukan. Namun, life must go on. Berikut contoh kesan dan pesan yang dapat kamu sampaikan selama bekerja di perusahaan yang merupakan pekerjaan pertamamu.

Kesan:

“Saya bergabung di PT Indah Makmur Jaya ini tiga tahun lalu. Berawal dari menjadi internship dan mendapat tawaran menggembirakan untuk bergabung sebagai karyawan tetap bahkan sebelum saya lulus kuliah. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Saya belajar banyak hal dari perusahaan tercinta ini.”

Pesan

“Semoga PT Indah Makmur Jaya selalu bertumbuh dan menjadi perusahaan multinasional yang semakin terkemuka. Tetap menjadi perusahaan yang selalu memberikan kesempatan baik kepada banyak orang.”

3. Sebagai Karyawan Kontrak

Kesan:

“Awalnya, saya mengira 12 bulan adalah waktu yang lama sehingga saya berpikir apakah saya bisa bertahan hingga masa kontrak saya selesai. Namun, selama saya bekerja, saya sangat berterima kasih karena kultur, perlakuan, dan sikap teman-teman semua sangat baik ke saya. Sebagai fresh graduate yang belum banyak tahu, atasan dan teman lainnya merangkul saya dengan hangat dan memberikan banyak pelajaran sehingga saya bisa lebih profesional dalam bekerja. Terima kasih sekali atas kesempatan yang diberikan untuk bergabung di perusahaan ini. Saya memperoleh banyak hal bermakna selama bekerja di sini.”

Pesan:

“Terus pertahankan kultur perusahaan yang hangat, yang tidak hanya mengutamakan bekerja, tetapi juga saling peduli seperti keluarga. Semoga perusahaan dan teman-teman semua terus bertumbuh dan sukses selalu.”

4. Pesan di Grup Tim Divisi

Tidak ada yang lebih dekat ketimbang tim satu divisi. Sebab, banyak project yang dikerjakan bersama dari waktu ke waktu. Maka, kamu bisa mengkhususkan kesan dan pesan untuk tim satu divisi. Contohnya sebagai berikut.

Kesan:

“Pak Tio, Mas Hendra, dan Mbak Yuli. Terima kasih banyak atas seluruh ilmunya selama ini. Terima kasih atas kebaikan yang selalu kalian berikan kepadaku. Kita mungkin hanya bertiga di tim ini, paling sedikit dibanding tim lainnya. Namun, bekerja dengan kalian selama ini mengajarkanku bahwa untuk sukses menjalankan project tidak hanya tentang kuantitas tim, tetapi juga kualitas kita dalam mengerjakan project tersebut.”

Pesan:

“Meskipun jumlah anggota tim yang tidak banyak ini mempererat hubungan satu sama lain karena saling bertahan saat project yang dikerjakan sangat berat, tetapi aku berdoa untuk kalian semoga permohonan meminta anggota tim dikabulkan oleh HRD ya. Hehe. Sukses selalu untuk kalian semua!”

5. Pesan di Grup General

Grup umum perusahaan tentu saja menjadi grup utama yang harus kamu kirimi kesan dan pesan saat berpamitan. Grup ini berisi banyak atasan, baik CEO, manager, hingga para tim leader.

Maka dari itu, kamu harus lebih hati-hati dan teliti ketika berpamitan di grup ini. Kamu bisa perhatikan contoh kesan dan pesan untuk perusahaan berikut.

Kesan:

“Menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk saya bisa bergabung di PT Agensi Digital Nasional ini. Saya menjadi lebih profesional dan dapat berpikir kritis serta lebih kreatif dengan belajar dari seluruh rekan. Terutama untuk Bapak Yadi, Ibu Rita, Mbak Nuri, Mbak Geral, dan Mas Tito. Terima kasih telah menjadi atasan yang baik dan tidak pelit berbagi ilmu yang Bapak, Ibu, Mbak, dan Mas punya.”

Pesan:

“Semoga PT Agensi Digital Nasional terus sukses dan memenangkan banyak tender project besar. Jika suatu hari saya menemukan suatu event di mana perusahaan ini yang meng-handle, saya tidak akan ragu memamerkan diri bahwa saya pernah menjadi bagian dari perusahaan ini. Tumbuh dan sukses selalu, rekan semua!”

Baca Juga: 8 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

6. Berpamitan dengan Baik dari Lingkungan Toxic

Ada beragam perusahaan di dunia ini dan tidak seluruhnya baik. Bukan perusahaannya, tetapi terkadang oknum karyawan bahkan atasan yang bersikap toxic. Meskipun demikian, ketika kamu resign, kamu tetap harus berpamitan dengan baik ya.

Kesan:

“Menjadi bagian dari perusahaan ini adalah pengalaman yang tak terlupakan untuk saya. Banyak pengalaman baik dan berkesan untuk saya kenang bahkan hingga saya tua nanti. Terima kasih atas kesempatan berharga yang diberikan kepada saya untuk bergabung di perusahaan ini.”

Pesan:

“Semoga perusahaan ini dan seluruh rekan semua sukses selalu. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan ya, teman-teman semua.”

7. Kesan dan Pesan dari Intern

Contoh kesan dan pesan untuk perusahaan tidak hanya bisa diberikan oleh karyawan tetap atau kontrak, tetapi juga magang. Karena ini adalah pengalaman pertama bekerja secara profesional, pengalaman yang dimiliki tentu memberikan kesan yang mendalam.

Kesan:

“Menjalani masa magang selama 6 bulan di PT Market Juara Bangsa adalah hal yang tidak akan pernah saya sesali, bahkan akan saya kenang selamanya. Banyak hal yang saya terima, tidak hanya materi, tetapi juga dukungan mental yang profesional untuk saya. Di sini, saya mendapatkan upah pertama saya padahal masih mahasiswa. Yang awalnya saya masuk ke sini untuk menggugurkan kewajiban magang saya dari tuntutan kuliah, tetapi saya justru bersyukur karena sudah memilih perusahaan ini. Berkat magang di perusahaan ini, saya paham apa itu bekerja secara profesional, dedikasi kepada klien, dan saling membantu antara karyawan. Terima kasih atas ilmu yang diberikan oleh kakak-kakak semua kepada saya.”

Pesan:

“Nanti, jika perusahaan ini membuka lowongan, saya pastikan akan melamar supaya saya bisa menjadi bagian dari perusahaan ini lagi, hehe. Sukses selalu untuk kakak-kakak semua.”

8. Kesan dan Pesan Karyawan yang Terkena PHK

Contoh-contoh di atas adalah ketika karyawan melakukan pengunduran diri secara sukarela. Namun, bukan berarti untuk karyawan yang terkena PHK tidak perlu berpamitan. Berikut contoh kesan dan pesan selama bekerja di perusahaan dari karyawan yang terkena PHK.

Kesan:

“Ketika saya diterima bekerja di perusahaan ini, saya sangat bersyukur karena berpikir akan mendapatkan banyak pengalaman dan belajar banyak hal. Perkiraan saya tidak meleset karena rekan-rekan satu divisi, para atasan, bahkan klien pun memberikan pengalaman yang berharga untuk saya. Saya tidak akan pernah menyesal telah bergabung dengan perusahaan ini. Terima kasih atas ilmu berharga dan kesempatan yang saya terima ini.”

Pesan:

“Semoga perusahaan ini segera bangkit dari keadaan yang kurang menyenangkan ini dan kembali meraih sukses besar di masa depan. Tetap semangat untuk rekan semua!”

Baca Juga: 12 Cara Resign Mendadak Tanpa Meninggalkan Kesan Buruk ke Perusahaan

9. Resign Karena Lanjut Pendidikan

Ada banyak alasan kenapa seorang karyawan mengajukan resign, salah satunya adalah untuk melanjutkan pendidikan. Nah, di bawah ini contoh kata-kata yang bisa kamu sampaikan di hari terakhir bekerja.

Kesan:

“Ada banyak kesempatan berharga yang harus kita ambil dalam hidup. Mengambil kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan untuk saya. Hingga kemudian saya paham bahwa ternyata saya harus meng-upgrade diri untuk dapat bertumbuh lebih baik lagi. Dan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman tersebut ternyata harus merelakan supaya meninggalkan perusahaan ini dahulu. Meskipun kita harus segera berpisah, tetapi saya sangat bersyukur bisa bertemu rekan semua dan belajar banyak hal dari kalian.”

Pesan:

“Semoga perusahaan ini terus berkembang dan teman-teman semua sukses selalu. Semoga kita bisa bertemu di lain kesempatan dengan kondisi yang jauh lebih baik ya.”

10. Kesan dan Pesan untuk Anggota Tim

Kesan:

“Tidak terasa hari ini datang juga. Lebih dari 5 tahun saya bergabung di perusahaan ini. Banyak suka dan duka yang saya rasakan, terutama ketika harus berpamitan dengan rekan yang resign. Namun, hari ini saya justru harus berperan menjadi sosok tersebut. Terima kasih atas pengalaman berharga yang rekan semua berikan kepada saya. Pak Widodo yang baik, ramah, dan sudah saya anggap sebagai ayah sendiri, terima kasih sekali telah baik kepada saya selama ini. Teruntuk anggota Tim Marketing, terima kasih atas ketangguhan kalian selama ini. Sangat berkesan dan kebanggaan untuk saya bisa mengetuai kalian. Kalian adalah tim terbaik yang saya miliki selama karir saya.”

Pesan:

“Semoga perusahaan ini terus sukses, meroket keuntungannya, dan mendapatkan klien sebanyak-banyaknya. Sukses selalu juga untuk rekan semua. Raih karir setinggi mungkin sesuai keahlian kalian ya.”

Baca Juga: 5+ Contoh Kata-Kata Resign Kerja Lewat WA yang Sopan

Itulah 10 contoh kesan dan pesan selama bekerja di perusahaan. Fase berpindah perusahaan memang tidak bisa dihindari. Namun jangan khawatir, berpindah ke perusahaan lain justru akan membuat kamu memiliki pengalaman yang lebih kompleks dan luas.

Jika saat ini kamu berencana akan resign dan sedang mencari pekerjaan baru, KitaLulus bisa bantu kamu untuk memberikan daftar loker dari berbagai perusahaan di Indonesia. Sebagai platform pencarian kerja teraman, KitaLulus menjamin semua loker di aplikasi valid dan terpercaya. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan loker penipuan yang kerap beredar.

Tunggu apalagi? Yuk lamar kerja melalui aplikasi KitaLulus sekarang juga! Unduh aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top