Contoh Undangan Buka Bersama Kantor Resmi dan Non Resmi

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
contoh undangan buka bersama kantor
Contoh Undangan Buka Bersama Kantor Resmi dan Non Resmi

Memasuki bulan Ramadhan, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas acara buka bersama. Untuk acara buka bersama kantor bahkan akan diselenggarakan lebih serius dengan mengirimkan undangan. Ada banyak contoh undangan buka bersama kantor dengan gaya resmi dan non resmi yang bisa kamu tiru.

Nah, jika sekarang kamu ditugaskan untuk membuatnya, coba intip beberapa tips dan contoh undangan buka bersama kantor berikut ini.

Tips Membuat Undangan Buka Puasa Bersama

Tips Membuat Undangan Buka Puasa Bersama

Sebelum membahas tentang contoh undangan buka bersama, kamu perlu tahu tips membuatnya dulu. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sehingga undangan yang kamu kirimkan menarik, tetapi tetap formal dan pantas untuk diterima para atasan di kantor. Yuk, langsung simak saja!

1. Buat Tema yang Menarik

Sebelum membuat undangan suatu acara, tentu saja tim pelaksana atau panitia yang bertanggung jawab sudah harus menyiapkan konsep acaranya. Begitu pula saat buka bersama.

Memang kegiatan buka bersama biasanya hanya makan-makan, tetapi tak ada salahnya kamu mengemas acara tersebut dengan konsep baru yang lebih seru untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Maka dari itu, menetapkan tema acara juga penting sebelum membuat undangan buka bersama kantor.

2. Cantumkan Informasi dengan Lengkap

Jangan lupa cantumkan seluruh informasi buka bersama dengan lengkap. Informasi ini meliputi tanggal, jam, dan tempat buka bersama. Jika diperlukan, kamu juga bisa menginformasikan dresscode sehingga seluruh peserta terlihat kompak.

Kamu juga dapat melampirkan rundown acara sehingga tamu yang datang tahu rangkaian kegiatan apa saja yang akan dilakukan selain makan-makan.

3. Cantumkan Contact Person

Tips berikutnya dalam membuat undangan buka puasa bersama yaitu mencantumkan nomor contact person atau narahubung. Nomor ini sangat penting untuk konfirmasi kehadiran para peserta.

4. Persuasif tetapi Tidak Memaksa

Gunakan susunan kalimat yang persuasif sehingga menarik hati para penerima undangan untuk hadir. Namun, perlu diingat bahwa pada dasarnya acara buka bersama sifatnya adalah opsional. Kecuali kalau memang di saat acara buka bersama akan ada pembahasan penting tentang perusahaan.

5. Membuat Poster yang Menarik

Tips berikutnya adalah kamu bisa mengemas undangan bukber dalam bentuk poster atau visual yang menarik agar terlihat lebih meriah. Dengan begini, penerima akan tertarik untuk membacanya dengan detail dan memudahkan mereka jika ingin membagikannya ke media sosial.

Baca Juga: 30 Kata-kata Motivasi Puasa yang Bikin Semangat Meningkat

Format Undangan Buka Bersama

Format Undangan Buka Bersama

Baik formal maupun non formal, undangan buka puasa bersama sebaiknya mengikuti format berikut.

1. Judul

Judul bisa kamu cantumkan hanya sekadar tulisan “Undangan Buka Bersama PT…” atau dengan mencantumkan tema acara buka bersama. Yang pasti, semakin menarik sebuah judul undangan, akan semakin memberi kesan baik untuk penerima undangan.

2. Pembukaan

Undangan bukber bisa kamu awali dengan salam pembuka, misalnya “Assalamu’Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” atau “Salam sejahtera”. Lanjutkan dengan menyampaikan tujuan undangan.

3. Detail Informasi

Setelah menyampaikan tujuan undangan bukber, kamu bisa menuliskan informasi acara, seperti tanggal, hari, waktu, lokasi, dan agenda. Untuk lokasi, cantumkan secara detail agar mempermudah tamu yang ingin datang.

Misalnya:

Hari/ tanggal: Rabu, 5 April 2023

Waktu: Pukul 16.00 WIB – selesai

Tempat: Resto Javanine, Jalan Pahlawan Trip No.5, Malang

Agenda acara:

  • Games
  • Shalat Maghrib berjamaah
  • Buka puasa bersama
  • Doa bersama
  • Sambutan
  • Diskusi santai

4. Penutup

Bagian penutup undangan tidak perlu terlalu panjang. Kamu bisa mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu yang datang atau menambahkan kalimat persuasif seperti, “Tanpa Anda, acara tidak akan terasa lengkap”.

Terakhir, jangan lupa menuliskan salam penutup. Pada undangan yang bersifat formal, kamu bisa cantumkan tanda tangan pengirim undangan yang dalam hal ini bisa diisi dengan ketua penanggung jawab acara atau atasan perusahaan.

Baca Juga: 10 Tips Bekerja Saat Puasa Agar Tetap Semangat dan Produktif

Contoh Undangan Buka Bersama Kantor

Nah, berikut adalah beberapa contoh undangan buka bersama kantor formal dan informal yang bisa kamu jadikan inspirasi. Untuk undangan formal biasanya akan dikirim di email atau dalam bentuk hard file. Sedangkan undangan non formal biasanya dikirim melalui WA.

1. Contoh Undangan Buka Bersama Kantor Resmi via Email

Subject: Undangan Buka Bersama PT Maju Terus Digital

Body email:

Undangan Buka Bersama PT PT Maju Terus Digital

Halo, Tiara Andini

Kami ingin mengundangmu untuk menghadiri acara Buka Bersama PT Maju Terus Digital yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Jumat, 14 April 2023

Pukul: 17.00 WIB

Tempat: Dining Indonesian Resto (Link Maps: https://goo.gl/maps/xnNgNai87fd9BxNu39)

Dresscode: Bebas, Sopan

Silakan konfirmasi kehadiran kamu dengan menghubungi 0889-739-19 sebelum hari Jumat, 7 April 2023.

Buka bersama jadi waktu yang penting untuk saling berbagi keseruan selama berpuasa. Oleh karena itu, kami juga ingin mendengar cerita seru kamu dalam acara buka bersama nanti. Jadi, kami sangat mengharapkan kehadiran kamu supaya acara lebih terasa istimewa.

Terima kasih atas waktunya. Sampai jumpa di tempat acara.

Salam,

Ketua Panitia Buka Bersama 2023

Thareeq Yanuar

2. Contoh Undangan Buka Puasa Bersama Via WA

Halo KitaPeople!

Bulan puasa menjadi waktu yang sangat pas untuk mengeratkan tali silaturahmi. Maka dari itu, perusahaan ingin kita semakin dekat dengan mengadakan agenda buka bersama. Berikut detail acara buka bersama:

Hari/Tanggal: Jumat, 14 April 2023

Pukul: 17.00 WIB

Tempat: Dining Indonesian Resto (Link Maps: https://goo.gl/maps/xnNgNai87fd9BxNu39)

Dresscode: Bebas, Sopan

Kamu bisa melakukan konfirmasi kehadiran dengan menghubungi 0889-739-19 sebelum hari Jumat, 7 April 2023. Kami tunggu kehadiran kamu, ya! Sampai jumpa di tempat acara!

3. Contoh Undangan Buka Bersama Kantor Bahasa Inggris

Annual Iftar Dinner PT Maju Terus Digital

Dear Septiana Ristanti,

You are invited to the annual iftar dinner of PT Maju Terus Digital on:

Date: Friday, 14 April 2023

Time: 5 p.m.

Place: Dining Indonesian Resto

Theme: Togetherness in White

To confirm your attendance, please call 0889-739-19 or reply to this email no later than 7 April 2023.

Iftar is the perfect time to get together and celebrate all the blessings we have during this time. Thus, we would love to have you join us in celebrating our breaking of the fast with delicious food, drinks and conversation. We are looking forward to seeing you there.

Best Regards,

Annual Iftar Dinner Team Lead

Thareeq Yanuar

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Berbuka Puasa dalam Bahasa Inggris

Demikian beberapa contoh undangan buka puasa bersama kantor resmi maupun non resmi yang bisa kamu jadikan referensi.

Mau tahu tips atau informasi lain seputar bulan puasa? Ikuti terus blog KitaLulus, ya! Kamu juga bisa menemukan ribuan informasi loker dengan menginstal aplikasi KitaLulus di Play Store atau AppStore. Ada banyak jenis loker yang bisa kamu lamar, seperti pekerjaan full time, kontrak, work from home hingga freelance.

Yuk instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan jadilah salah satu dari jutaan pelamar yang mendapatkan pekerjaan impian melalui aplikasi KitaLulus!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top