5 Jenis Tes Psikotes Gambar dan Jawabannya, Pelajari Yuk!

Shirley Candrawardhani
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
Contoh psikotes gambar untuk kerja
5 Jenis Tes Psikotes Gambar dan Jawabannya, Pelajari Yuk!

Tes psikotes gambar adalah salah satu tes yang tidak terlewat ketika kita mengikuti proses rekrutmen perusahaan. Tujuan dari adanya tes psikotes adalah untuk menilai dan memahami sikap dan perilaku calon karyawannya.

Sebenarnya, tidak semua tes psikotes mementingkan jawaban yang benar atau salah. Terutama untuk tes psikotes gambar. Tes ini dilakukan untuk melihat kepribadian seseorang lebih dalam dari sisi gambar yang dibuatnya.

Ternyata tes psikotes gambar ada beberapa jenis, lho. Sudah tahu? Kalau belum, langsung simak penjelasan yang sudah dirangkum KitaLulus di bawah ini, ya!

Tujuan Tes Psikotes Gambar

Tes psikotes gambar adalah salah satu jenis tes yang tidak terlewat ketika kita menjalani proses rekrutmen. Tujuannya adalah untuk mengetahui lebih dalam kepribadian seseorang.

Hasil dari tes ini bisa membantu psikolog untuk membaca kepribadian kamu yang akan mempengaruhi kemampuan pada saat bekerja. Hal inilah yang membuat tes gambar menjadi salah satu tes wajib di setiap proses rekrutmen.

Meskipun tes psikotes gambar tidak membutuhkan jawaban yang benar atau salah, kamu harus tetap mengerjakannya dengan benar. Dari tes gambar ini diyakini bisa menilai dan mengetahui aspek kepribadian, minat, kecenderungan sikap, hingga intelegensi seseorang.

Sehingga hasilnya bisa menyatakan apakah kamu cocok bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Jenis Tes Psikotes Gambar Paling Umum Saat Rekrutmen

Pada umumnya, ada lima jenis tes psikotes gambar yang biasa kamu temui. Sekali lagi diingatkan, meskipun menggunakan media gambar untuk bahan tes, kamu harus mengerjakannya dengan benar, ya!

Berikut beberapa jenis yang sering kamu jumpai:

1. Tes Psikotes Gambar Orang

Jenis tes psikotes gambar saat proses rekrutmen

Jenis tes yang pertama adalah gambar orang. Tes ini merupakan cara mengetahui pandangan peserta atau kandidat terpilih terhadap diri sendiri secara profesional.

Biasanya instruksi yang diberikan adalah menggambar manusia dengan lengkap disertai deskripsi usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang sedang dikerjakan.

Penilaian yang dilakukan pada tes psikotes gambar orang adalah seberapa detail bagian tubuh manusia yang kamu gambarkan. Maka dari itu, jika kamu menemukan tes ini, jangan lupa untuk menggambar detail dengan lengkap, ya!

BACA JUGA: 5 Cara Menjawab Psikotes Gambar Orang dan Indikator Penilaiannya

2. Tes Psikotes Gambar Pohon

Soal psikotes gambar dan jawabannya

Selain gambar manusia, kamu juga pasti pernah diminta untuk mengerjakan tes psikotes gambar pohon. Instruksinya adalah untuk menggambarkan pohon berkambium lengkap dengan akar, badan pohon, cabang, batang, dan daun.

Tes ini akan menilai aspek terdalam dan biasanya tidak disadari oleh seseorang dari kepribadiannya. Tahukah kamu bahwa, gambar pohon ini bisa mendeskripsikan hal-hal yang biasanya kamu simpan untuk diri sendiri?

Sama dengan tes gambar orang, tes gambar pohon juga dinilai dari seberapa detail kamu menggambar pohonnya. Hal yang harus kamu hindari adalah menggambar pohon pisang, kelapa, dan bambu.

3. Tes Wartegg

Tujuan tes psikotes gambar dilakukan

Tes Wartegg bukan menguji soal menu-menu yang ada di warteg, ya! Tetapi tes gambar yang terdiri dari delapan kotak. Di setiap kotaknya sudah ada pola berbeda-beda yang harus kamu jadikan sebuah gambar.

Untuk mengerjakan tes Wartegg ini, kamu harus menggunakan imajinasi dan kreativitas kamu. Selain itu, kamu boleh mengerjakan gambar tersebut secara acak.

Tapi jangan lupa untuk memberi nomor di kotak sesuai dengan urutan kamu menggambar. Perlu diingat, tidak ada jawaban benar atau salah.

BACA JUGA: Lengkap! Ini Contoh Gambar Tes Wartegg, Teori, dan Cara Mengerjakannya

4. Tes Logika Gambar Deret

Cara mengerjakan tes psikotes gambar yang benar

Tes logika gambar deret juga termasuk pada tes psikotes gambar yang sering kamu jumpai. Konsep dari tes ini adalah sama dengan tes logika aritmatika. Kamu diminta untuk menemukan satu gambar yang cocok untuk melanjutkan soal gambar yang disediakan.

Namun kamu perlu hati-hati. Sebab terkadang tes ini bisa menjebak kamu dengan gambar yang sama tapi sebenarnya beda. Perbedaannya adalah jenis gambar yang digunakan.

Ada yang dua dimensi dan ada yang tiga dimensi. Jadi, kamu harus fokus dan teliti ya ketika mengerjakannya. Kuncinya banyak berlatih soal agar kamu menjadi terbiasa dan hafal dengan pola yang diberikan.

5. Tes Psikotes Gambar Rumah

Tes psikotes gambar rumah dan penjelasannya

Satu lagi tes yang sering ditemui adalah gambar rumah. Tujuan dari tes ini sama dengan tes gambar orang dan pohon, yaitu untuk menyelediki aspek psikologis mendalam yang mungkin tidak kamu sadari keberadaannya.

Psikolog meyakini dengan melakukan tes gambar rumah, bisa menggambarkan hubungan keluarga dan bagaimana kamu melihat dan mengartikan kehidupan keluarga.

Hasil dari tes ini juga akan menjadi penilaian terhadap perasaan kamu terkait nilai-nilai keluarga secara umum dan keluarga kecil kamu. Jadi, sebisa mungkin gambar rumah dengan layak, ya!

Nah itulah beberapa jenis tes psikotes gambar yang sering kamu jumpai. Diingatkan sekali lagi, meskipun tidak memiliki jawaban salah atau benar, kamu harus mengerjakan soal ini dengan benar, detail, lengkap, dan teliti, ya!

Ingin latihan soal psikotes lengkap dengan pembahasan sepuasnya? Ayo instal aplikasi KitaLulus sekarang! Di KitaLulus, ada 10.000+ soal psikotes dan jawaban yang bisa kamu jadikan bahan belajar, lho!

Jadi nggak usah tunggu lebih lama lagi, ayo instal KitaLulus sekarang, latihan psikotes sesering mungkin, dan gapai profesi idaman dengan #LebihMudah. Kita dukung kamu 100%!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top