10 Contoh Soal Tes Psikotes dan Jawabannya Agar Lolos Kerja

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Sebelum diterima kerja di sebuah perusahaan, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan sejumlah tes, salah satunya psikotes. Nah, untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mulai membaca-baca atau latihan mengerjakan tes psikotes online.

Yup, ada banyak situs tes psikotes online yang dapat kamu akses secara gratis. Lalu, apa saja contoh soal tes psikotes kerja yang biasanya muncul? Yuk, pelajari selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Tes Psikotes?

Tes psikologi atau lebih sering disebut dengan tes psikotes adalah salah satu syarat wajib untuk melamar kerja yang sering diterapkan oleh banyak perusahaan.

Psikotes memiliki arti sebagai bentuk evaluasi atau tes tertulis, visual atau verbal yang dilakukan oleh psikolog guna menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Pada umumnya, tes tersebut dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui karakter dan kepribadian kamu. Hal ini karena perusahaan ingin mencari kandidat yang sesuai dan sejalan dengan visi misi perusahaan.

Masing-masing perusahaan tentunya memiliki jenis tes psikologi berbeda-beda dan disesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tes ini membutuhkan pemeriksa yang ahli dan terlatih serta tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Kini ada banyak tes psikotes gratis yang bisa kamu akses di internet. Perlu diketahui, tes ini akan menilai berbagai kemampuan dan atribut mental, pencapaian dan kemampuan, kepribadian, serta fungsi neurologis seseorang.

Tes psikotes online yang diakses secara gratis bisa mengobservasi tingkah laku seseorang dan hasilnya akan digambarkan melalui skala angka atau berdasarkan kategori. Bahkan hingga karakter yang bisa membantu memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Lalu bagaimana persiapan menghadapi tes psikologi ini? Adakah tips-tips yang bisa digunakan sebagai bahan persiapan? Tentu ada, dong! Simak pembahasan selanjutnya, ya!

Tips Persiapan Menghadapi Tes Psikotes

persiapan menghadapi tes psikotes

Agar kamu bisa menjawab soal psikotes dengan baik, sebaiknya persiapkan dirimu. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk persiapan menghadapinya.

1. Siapkan Mental dan Fisik

Sebelum menjawab soal psikotes, sebaiknya siapkan mental dan fisik kamu dulu. Hal ini akan berpengaruh pada fokus dan konsentrasi kamu saat menjawab soal tes psikologi.

Pastikan kamu dalam keadaan sehat dan tak lupa makan sebelumnya karena tes psikotes kerja biasanya memakan waktu cukup lama.

2. Pelajari Contoh Soal Tes Psikotes

Di internet, ada sekali banyak contoh tes psikotes yang dapat kamu jadikan bahan persiapan. Bahkan kamu bisa latihan dengan mengerjakan soal-soalnya yang bisa diakses secara online.

Nah, biasanya pada contoh soal tersebut akan ada penjelasan mengenai cara menjawab soalnya. Sebaiknya kamu juga mempelajari hal itu agar bisa dengan mudah menjawab tes psikotes kerja dari perusahaan, ya!

3. Persiapkan Gadget dan Jaringan yang Stabil serta Cari Tempat Nyaman

Jika kamu ingin mencoba tes psikologi online, ada baiknya kamu menyiapkan laptop dengan baterai penuh dan jaringan internet yang stabil. Beberapa tes psikologi atau psikotes gratis di internet membutuhkan performa gadget yang memadai.

Setelah semua persiapan sudah selesai, sekarang kamu tinggal mencari tempat nyaman dan tenang untuk mengerjakan soal. Pastikan kamu tidak terganggu atau terdistraksi selama mengerjakannya, ya!

Baca juga: 10+ Jenis Tes Kepribadian Paling Umum Digunakan Saat Seleksi Kerja

Situs Penyedia Tes Psikologi Online

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba tes psikologi atau psikotes online, kamu bisa mengakses beberapa situs di bawah ini.

1. propfros.com

Situs propfos.com menyajikan berbagai macam contoh soal tes psikotes gratis yang bisa kamu kerjakan. Situs ini juga memiliki lebih dari 40 pilihan bahasa dan beragam fitur menarik.

Caranya, kamu bisa langsung klik pada kolom ‘Quizzes’ lalu pilih bahasa, kemudian pilih ‘Latihan Tes Psikotes’. Kamu dapat langsung mulai mengerjakan soal-soalnya.

2. psikotesyuk.com

Selanjutnya ada situs psikotesyuk.com yang memberikan tes untuk psikotes gratis. Namun, kamu perlu membuat akun dulu sebelum mengerjakannya. Ada beberapa macam contoh soal psikotes yang dapat kamu kerjakan.

Tes ini terdiri dari tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar, dan tes verbal. Kamu juga bisa melihat hasil tes yang kamu kerjakan tadi. Kelebihan lainnya ialah situs ini menyediakan beberapa modul contoh soal psikotes yang bisa kamu unduh, lho!

3. latihanpsikotes.com

Situs latihanpsikotes.com lebih menyajikan contoh soal psikotes yang digunakan oleh perusahaan. Tidak hanya menyajikan tes psikotes online, kamu juga bisa mengunduh soal psikotes gratis.

Selain itu, contoh soal tersebut disertai dengan pembahasan dan jawabannya. Jadi kamu dapat berlatih mengerjakan soal psikotes di manapun dan kapan pun.

4. tipscv.com

Satu lagi situs yang menyediakan tes psikotes kepribadian online, yaitu tipscv.com. Kelebihan dari situs ini adalah kamu bisa memilih contoh soal psikotes dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga dapat mengunduh soal tes psikotes dan jawabannya beserta pembahasannya tanpa harus membuat akun terlebih dulu. Sehingga kamu bisa lebih bebas dalam menyelesaikan tes ini.

5. golife.id/psikotes/

Pada situs golife.id/psikotes/ kamu bisa menemukan simulasi tes psikotes kepribadian gratis. Contoh soal yang disajikan dapat digunakan untuk kebutuhan asesmen diri, tingkat intelegensi, kepribadian, dan kebutuhan tes penilaian kerja.

Selain itu, tes online ini dirancang untuk mengeksplorasi diri agar kamu bisa mengetahui karakter dan potensi diri. Hasil dari tes akan terlihat ketika kamu menyelesaikan contoh soal yang diberikan.

Baca juga: 7 Contoh Soal Psikotes Deret Angka, Pembahasan, dan Tips Mengerjakannya

Contoh Soal Tes Psikotes dan Jawabannya

Berikut KitaLulus berikan beberapa contoh soal psikotes yang sering muncul.

1. Tes Psikotes Verbal

Tes verbal meliputi sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata), analogi dan korelasi makna.

Contoh soal tes psikotes sinonim:

INSOMNIA =

  1. CEMAS
  2. SEDIH
  3. TIDAK BISA TIDUR
  4. REALITA

Jawabannya adalah: TIDAK BISA TIDUR

Contoh soal tes psikotes antonim:

RETRO =

  1. BARU
  2. MODERN
  3. CANGGIH
  4. LAWAS

Jawabannya adalah: MODERN

Contoh soal tes psikotes analogi kata:

… : WISUDA = PERTUNANGAN : …

  1. TOGA-CINCIN
  2. GELAR-PELAMINAN
  3. BERHASIL-CINTA
  4. KULIAH-PERNIKAHAN

Jawabannya adalah: KULIAH-PERNIKAHAN. Sebab tujuan akhir dari kuliah adalah wisuda, dan tujuan akhir dari pertunangan adalah pernikahan.

2. Tes Psikotes Wartegg

Tes Wartegg adalah penemuan dari Ehrig Wartegg, seorang psikolog asal Jerman. Tes ini berguna untuk mengetahui karakter yang ada di dalam diri kamu.

Tes Wartegg biasa dijumpai dengan persegi panjang yang dibagi menjadi delapan kotak, dan kamu diminta untuk menggambar.

Selain itu, tujuan dari tes Wartegg adalah melihat kemampuan kamu dalam menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, kemauan, dan lainnya.

tes wartegg

Untuk menyelesaikannya, jika kamu mengerjakannya secara berurutan dari kiri ke kanan, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kaku atau konservatif. Namun jika kamu mengerjakannya secara acak, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kreatif dan inovatif.

Bagi kamu yang berjenis kelamin pria, sebaiknya hindari menggambar kotak ke-5 (di bawah kotak atas pertama dari kiri). Hal ini bisa membuat para penguji menilai bahwa kamu memiliki kelainan pada orientasi seksual.

Cobalah untuk menggambar benda hidup pada garis lengkung, dan benda mati untuk garis lurus.

3. Tes Psikotes Aritmatika

Tes aritmatika akan kamu jumpai jika kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan angka dan hitung-hitungan. Seperti staf keuangan, data analyst, atau software engineer. Untuk mengerjakannya, dibutuhkan konsentrasi dan fokus penuh.

Contoh soal 1

Nilai 260% dari 1 ¾ adalah …

  1. 2,45
  2. 4,35
  3. 4,55
  4. 24,5
  5. 455

Jawabannya adalah: 4,55

Contoh soal 2

1, 6, 4, 11, 9, 16, 16, 21, …

  1. 25
  2. 26
  3. 27
  4. 29
  5. 28

Jawabannya adalah: 25

4. Tes Psikotes Menggambar Orang atau Pohon

Pada tes ini, kamu diminta untuk menggambar orang atau pohon. Kamu tidak diperbolehkan menggambar pohon kelapa atau pohon berukuran kecil. Cara mengerjakan psikotes gambar pohon adalah kamu harus menggambar pohon yang memiliki ranting.

Sama halnya jika kamu ingin menggambar orang. Kamu diharuskan menggambar manusia dengan anggota tubuh lengkap dan komposisi wajah yang seimbang. Tenang saja, pada tes ini, keindahan gambar tidak akan menjadi bahan penilaian oleh penguji.

tes psikotes menggambar pohon

Baca juga: 5 Jenis Tes Psikotes Gambar Saat Rekrutmen Kerja dan Tipsnya

5. Tes Psikotes Pengelompokan Kata

Pada tes pengelompokan kata, kamu diminta untuk memilih satu kata yang tidak sesuai dengan lainnya.

Contoh soal 1

  1. EFEKTIF
  2. EFFEKTIF
  3. EFEKTIP
  4. EPEKTIP
  5. EVEKTIF

Jawabannya adalah EFEKTIF. Sebab kata lainnya merupakan kumpulan kata yang tidak baku.

Contoh soal 2

  1. BELA SUNGKAWA
  2. HALAL BIHALAL
  3. MATAHARI
  4. BEA SISWA
  5. DITEMUKAN

Jawabannya adalah: MATAHARI. Sebab kata lainnya ditulis secara salah.

6. Tes Psikotes Kraepelin atau Pauli (Koran)

Satu lagi contoh soal psikotes yang sering kamu jumpai, yaitu kraepelin atau pauli. Tes ini berisikan soal perhitungan sederhana. Tugas kamu adalah menjumlahkan deretan angka-angka dari mulai 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Kamu harus mempersiapkan fisik untuk mengerjakan contoh soal tes pauli. Sebab, tes tersebut membutuhkan konsentrasi tinggi dan cukup melelahkan yang diakibatkan dari menghitung banyaknya jumlah angka berderet.

tes kraepelin atau pauli

Nah itulah beberapa contoh soal psikotes yang bisa kamu kerjakan. Selain itu kamu bisa mengakses tes psikotes gratis secara online di situs-situs yang sudah disebutkan di atas.

Setelah mempersiapkan diri menghadapi tes psikologi, jangan lupa untuk cek lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus, ya! Kamu dapat memilih pekerjaan yang terdekat dengan lokasimu, mulai dari Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, dan Gowa.

Banyak kota, banyak pilihan lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar. Download aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis. Dapatkan pekerjaan impianmu bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Baca juga: Tes Potensi Akademik (TPA): Jenis, Contoh Soal, dan Pembahasannya

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!