10 Kamera untuk Vlog Terbaik 2023, Cocok Buat Pemula

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
kamera untuk vlog
10 Kamera untuk Vlog Terbaik 2023, Cocok Buat Pemula

Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk melakukan vlogging kemudian diunggah di YouTube? Namun karena masih pemula, kamu bingung ingin membeli kamera untuk vlog yang seperti apa.

Jangan khawatir, berikut rekomendasi beberapa kamera untuk vlog terbaik 2023 yang bisa kamu jadikan referensi.

Rekomendasi Kamera untuk Vlog Terbaik

Jika ini pertama kalinya kamu harus mengoperasikan kamera, kamu bisa meminta teman yang sudah ekspert di bidang perkameraan untuk menemani membelinya. Dengan begitu, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu sehingga bisa membeli kamera sesuai dengan spesifikasi yang kamu butuhkan.

Nah, berikut 10 rekomendasi kamera untuk vlog dari KitaLulus!

1. Sony ZV-1

Sumber: Sony

Megapixels: 20.1MP

Image Stabilization: Optical IS

Format: 1-inch-type CMOS

Video: up to 4K 30p

Harga: Rp10 jutaan

Ketika membuat konten vlog, biasanya kamu butuh fitur zooming yang bagus dan kualitas video yang stabil. Nah, kamera dari Sony ini sangat cocok untuk aktivitas tersebut sebab fitur zoom in dan zoom out-nya terkesan smooth dengan kualitas stabiliser-nya yang oke. Kamu juga bisa memasang mic tambahan dengan mudah di kamera.

Satu keunggulan terpenting, Sony ZV-1 sangat compact sehingga kamu tidak akan pegal selama membuat vlog meskipun sudah keliling seharian.

2. Panasonic Lumix DMC-GF8

Sumber: Panasonic

Megapixels: 16 MP

Image Stabilization: Yes

Format: CMOS

Video: Full HD

Harga: Rp5 jutaan

Panasonic seri ini memiliki resolusi hingga 16 MP dengan prosesor Venus Engine. Fitur transfer data bisa menggunakan Wi-Fi sehingga kamu tidak perlu bingung lagi.

Fokus kamera juga sangat oke. Layarnya hanya berukuran 3 inci dan dapat dilipat hingga 180 derajat untuk memudahkan pengambilan gambar saat membuat konten video.

3. Nikon 1 J5

Sumber: Nikon Indonesia

Megapixels: 20.8 MP

Image Stabilization: Ada

Format: CMOS

Video: up to 4K

Harga: Rp3 jutaan

Vlogger pemula merapat! Rekomendasi kamera untuk vlog berikutnya memiliki harga hanya Rp3 jutaan saja tapi kualitas video yang dihasilkan up to 4K alias jernih! Yaitu Nikon 2 J5.

Kamera ini bahkan dapat kamu lipat ke atas hingga 180 derajat sehingga memudahkan untuk proses shooting dan preview.

Baca Juga: 12 Ide Konten Lebaran yang Menarik dan Cepat Viral, Yuk Bikin!

4. Canon EOS M100

Sumber: Canon

Megapixels: 24.2 MP

Image Stabilization: Ada

Format: CMOS

Video: Full HD 1080

Harga: Rp4 jutaan

Kapan lagi kamu akan mendapatkan kamera canggih dengan harga di bawah Rp5 juta? Seri Canon ini bahkan memiliki prosesor DIGIC 7 Image Processor, lho.

Artinya, kamu akan mendapatkan hasil bidikan yang super cepat pemrosesannya dengan kualitas full HD. Bahkan, kamera ini dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dan NFC sehingga memudahkan kamu dalam transfer file.

5. Canon EOS M50

Sumber: Canon

Megapixels: 24MP

Image Stabilization: ada

Format: APS-C CMOS Sensor

Video: up to 4K 

Harga: Rp8 jutaan

Ingin cari kamera dengan kualitas canggih tapi harga affordable? Kamera dari Canon ini cocok sekali jika kamu ingin memulai karir sebagai content creator.

Dengan harga Rp8 jutaan, kamera ini menawarkan kualitas yang sangat oke, di antaranya sudah dilengkapi konfigurasi Dual Pixel AF sehingga kamu akan mendapat continuous autofocus dan gambar kualitas jernih. Menariknya lagi, kamera ini dapat dioperasikan secara touch screen.

6. Fujifilm X-A10

Sumber: Fujifilm-x.id

Megapixels: 16.3 MP

Image Stabilization: Ada

Format: CMOS

Video: up to 4K

Harga: Rp3 jutaan

Kata siapa kamera untuk vlog harus mahal untuk mendapatkan fitur kamera yang canggih? Kamu sepertinya harus berkenalan dengan Fujifilm X-A10 karena meskipun harganya sangat affordable, tetapi kualitasnya oke banget.

Sudah dilengkapi dengan fitur stabiliser untuk hasil shoot, kamera ini juga memiliki rentang ISO hingga 25.600.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Kursi Kerja Murah dan Nyaman Terbaik

7. Fujifilm X-A7

Sumber: Fujifilm-x.id

Megapixels: 24MP

Image Stabilization: ada

Format: APS-C CMOS Sensor

Video: up to 4K

Harga: Rp8 jutaan

Satu lagi rekomendasi kamera terbaik untuk vlog dengan harga di bawah Rp10 juta dengan kualitas super oke untuk vlogging, yaitu Fujifilm X-A7. Kamera ini memiliki deteksi wajah hingga 8,5 kali. Jadi, gambar yang dihasilkan tentu akan mendapatkan bokeh yang cantik.

Kamu juga akan mendapatkan fitur layar sentuh sehingga memudahkan pengoperasian kamera. Jangan lupakan juga dengan engsel kamera yang memudahkan kamu untuk memutarnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan preview hasil shooting yang mudah.

8. Panasonic Lumix G85K

Sumber: Panasonic

Megapixels: 16MP

Image Stabilization: Dual IS 2

Format: Four Thirds CMOS Sensor

Video: up to 4K 30p

Harga: Rp7 jutaan

Diklaim memiliki ketahanan performa meskipun digunakan saat panas, berdebu, dan cuaca lainnya, kamera dari Panasonic ini tentu saja patut kamu jadikan referensi untuk aktivitas vlogging kamu.

Sudah dilengkapi dengan fitur stabil ketika shoot gambar sehingga akan membuat hasil vlog kamu jernih dan nyaman untuk ditonton.

9. Panasonic Lumix DC-GF9K

Sumber: Panasonic

Megapixels: 16 MP

Image Stabilization: Dual IS 2

Format: CMOS

Video: Full HD

Harga: Rp4 jutaan

Panasonic seri ini cocok untuk kamu jadikan referensi jika sedang mencari kamera vlog murah. Pasalnya, Panasonic Lumix DC-GF9K ini memiliki desain yang unik dan fitur-fitur yang mudah dioperasikan pemula.

Bentuknya compact sehingga tidak membuat lelah jika kamu ingin menggunakannya seharian. Fitur shutter-nya juga tipikal kamera mirrorless yang cepat sehingga kamu bisa mengambil gambar keren dalam waktu cepat.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Webcam Laptop Terbaik untuk Meeting & Aplikasinya

10. Canon EOS M10

Sumber: Canon

Megapixels: 18 MP

Image Stabilization: –

Format: CMOS

Video: Full HD

Harga: Rp4 jutaan

Canon EOS M10 memiliki fitur auto fokus yang dapat membantu vlogger pemula lebih mudah mengambil gambar dan video. Pasalnya, keakuratan ISO memiliki range yang luas, yaitu hingga 25.600.

Terlebih, layar kamera Canon ini bisa diputar hingga 180 derajat sehingga kamu bisa mengoperasikannya ketika ingin mengambil gambar diri dengan mudah.

Itulah 10 rekomendasi kamera untuk vlog terbaik yang cocok bagi pemula. Pastikan kamu memilih sesuai kebutuhan, ya.

Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi barang elektronik lainnya, baik untuk kebutuhan kerja atau untuk menunjang hobi, yuk simak terus blog KitaLulus!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top