10 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bank dan Banyak Dicari

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
kerja di bank jurusan apa
10 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bank dan Banyak Dicari

Kerja di bank jurusan apa? Pertanyaan itu kerap kali terlontar dari jobseeker yang menarget dunia perbankan sebagai karir impiannya. Bahkan, calon mahasiswa juga banyak yang sudah mencari jurusan apa saja yang diterima kerja di bank. Tak heran jika saingan pelamar bank memang tinggi.

Namun, jangan khawatir. Meskipun tingkat persaingannya tinggi, tetapi lowongan kerja yang dibuka di bank juga tinggi, kok. Dengan begitu, kesempatan kamu diterima juga akan aman, terlebih jika kamu berasal dari salah satu dari 10 jurusan berikut.

Pilihan Jurusan untuk Kerja di Bank

Apakah kamu pernah mendengar kalimat, “Jurusan apa pun, saat lulus pasti bisa kerja di bank”? Kalimat itu tidak salah, karena banyak sekali posisi di perbankan yang bisa dilamar oleh siapa pun, bahkan oleh lulusan SMA/SMK. Namun, jika kamu menarget posisi tertentu di bank, tentu kamu harus memenuhi kualifikasi pendidikan yang ditetapkan.

Nah, berikut jurusan-jurusan khusus yang biasanya ditentukan untuk melamar kerja di bank. Dengan begitu, jika sekarang kamu sedang mempertimbangkan pemilihan jurusan kuliah lalu saat lulus ingin kerja di bank, bisa pilih salah satu jurusan berikut.

1. Keuangan dan Perbankan

Untuk jurusan Keuangan dan Perbankan biasanya tersedia di tingkat D3 dan D4. Jenjang pendidikan ini memang lebih ditempa untuk masuk ke dunia kerja sehingga akan lebih banyak praktik dan magang.

Tidak heran, lulusan dari jurusan tersebut biasanya sebelum lulus kuliah sudah mendapatkan pekerjaan. Ini karena tempat magang sebelumnya memperpanjang masa kontrak kerja ataupun terdapat job fair khusus untuk jurusan ini.

2. Perbankan Syariah

Kamu pasti tahu kan jika ada bank khusus syariah? Nah, biasanya mereka akan memberikan kualifikasi khusus di bagian pendidikan.

Pengkhususan ini dilakukan karena terdapat aturan khusus yang hanya dipelajari oleh mahasiswa perbankan syariah, seperti akad menabung, hukum dasar secara islam, dan lainnya.

3. Akuntansi

Jurusan Akuntansi tentu saja sudah menjadi trademark di dunia perbankan. Jurusan yang mempelajari tentang ilmu hitung yang berkaitan dengan uang, mulai dari mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasi, menganalisis, hingga membuat laporan keuangan memang sangat dibutuhkan dalam dunia perbankan.

Tak heran, jika kamu adalah lulusan Akuntansi, kamu seperti mendapatkan golden ticket saat melamar kerja di bank.

Baca Juga: 7 Syarat Kerja di Bank yang Wajib Diketahui dan Cara Melamarnya

4. Ilmu Ekonomi

Tidak hanya Jurusan Perbankan yang memiliki fokus pada syariah, Ilmu Ekonomi juga terdiri dari dua jenis, yaitu Ilmu Ekonomi biasa dan Ekonomi Syariah. Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang segala hal berkaitan dengan ekonomi dan dunia perbankan.

5. Manajemen

Lulusan dari Jurusan Manajemen sangat dicari oleh perusahaan perbankan. Hal ini dikarenakan lulusan dari jurusan tersebut dianggap mampu untuk mengelola beberapa posisi di bank yang memang membutuhkan kemampuan manajemen bisnis yang baik, secara teori maupun praktik.

6. Ilmu Komunikasi

Kerja di bank jurusan apa? Apakah lulusan Ilmu Komunikasi bisa melamar kerja di bank? Tentu saja bisa! Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki berbagai kemampuan yang dibutuhkan untuk posisi hubungan publik, pengelolaan manajemen nasabah, hingga pemasaran.

7. Teknik Informatika

Bank digital apa yang kamu ketahui atau bahkan telah kamu pakai? Jenius, Seabank, Jago, Line Bank, Blu BCA, Neo Bank, Livin by Mandiri, Aladin Bank, dan masih banyak lagi. Berbagai bank digital tersebut membuktikan bahwa lulusan dari Jurusan Teknik Informatika akan sangat dibutuhkan di dunia perbankan untuk mengembangkan produk-produk mereka.

Tidak hanya bank digital, bahkan bank-bank yang tadinya hanya berkiprah di ranah konvensional juga memiliki produk digital. Nah, siapa lagi yang bisa mengerjakan proyek produk digital di bank jika bukan seorang programmer, kan?

Baca Juga: Daftar Gaji Pegawai Bank di Indonesia, Tugas, dan Jenjang Karir

8. Hukum

Semua perusahaan membutuhkan tim legal, terutama perbankan. Perusahaan yang bergerak di dunia perbankan harus jeli dan teliti dalam menyusun berbagai aturan legal yang ada, baik yang berhubungan dengan internal, klien, nasabah, bahkan para investornya. Inilah alasannya mahasiswa lulusan Hukum akan banyak dicari oleh bank.

9. Psikologi

Jurusan kuliah yang bisa kerja di bank selanjutnya adalah psikologi. Yup, lulusan psikologi biasanya akan memiliki kesempatan menempati posisi sebagai HR specialist.

10. Ilmu Komputer

Seperti halnya lulusan Teknik Informatika, lulusan dari Jurusan Ilmu Komputer juga akan banyak dicari oleh bank untuk menjadi salah satu programmer mereka. Selain menangani produk bank digital yang ada, lulusan ini juga bisa ditempatkan di bagian website perusahaan, lho.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar, Tips, & Cara Membuatnya

Demikian beberapa daftar jurusan yang banyak dibutuhkan di bank. Di luar daftar di atas, sangat memungkinkan bagi jurusan lain juga memiliki kesempatan untuk bekerja di bank. Sebab, beberapa posisi seperti customer service hingga teller tidak memerlukan jurusan khusus untuk dapat diterima.

Di aplikasi KitaLulus ada banyak lowongan kerja bank. Kamu bisa melamarnya dengan cara unduh aplikasi KitaLulus terlebih dahulu lalu lakukan registrasi. Ketik “bank” atau posisi yang kamu incar di bagian kolom pencarian paling atas lalu kamu akan mendapatkan daftar loker yang bisa kamu lamar kapan pun dan di mana pun.

Gunakan aplikasi KitaLulus untuk melamar kerja dan mewujudkan karir impianmu!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top