Close Pop up

7 Syarat Kerja di Bank yang Wajib Diketahui dan Cara Melamarnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Bekerja di bank menjadi impian bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan terdapat jenjang karir yang baik serta terbuka untuk lulusan dari berbagai jurusan. Namun, ada beberapa syarat kerja di bank yang tentunya harus kamu penuhi.

Jika kamu ingin berkarir di bidang perbankan, maka sebaiknya kamu menyimak artikel ini. Akan KitaLulus jelaskan apa saja syarat kerja di bank, tips, serta cara melamar di beberapa bank ternama di Indonesia.

Syarat Kerja di Bank

syarat menjadi pegawai bank

Sebagaimana melamar pekerjaan di perusahaan lainnya, melamar kerja di bank juga memiliki syarat-syarat khusus. Syarat yang paling sering kita temui adalah terkait penampilan fisik. Namun, benarkah untuk bisa lolos kerja di bank harus cantik dan tampan?

Menjawab pertanyaan itu, KitaLulus telah mengumpulkan informasi di bawah ini, lengkap dengan penjelasan syarat lainnya untuk meniti karir di bank. Jadi, yuk langsung cek saja!

1. Latar Belakang Pendidikan

Ada berbagai posisi yang tersedia di perusahaan perbankan, tidak hanya teller bank, customer service, atau account officer saja. Terdapat juga posisi lain seperti satpam, marketing, hingga vice president di berbagai divisi.

Maka dari itu, persyaratan menjadi pegawai bank dapat disesuaikan dengan posisi yang sedang dibuka. Secara umum, jurusan yang bisa kerja di bank di antaranya jurusan ilmu ekonomi, akuntansi, dan manajemen. Namun ada pula peluang karier bagi Anda yang berasal dari jurusan teknik atau sistem informasi.

Sementara untuk posisi tertentu seperti teller biasanya tidak ditujukan untuk jurusan khusus. Bahkan, sering ditemui syarat jenjang pendidikan adalah minimal SMA/SMK/atau sederajat.

2. Batas Usia

Syarat berikutnya yaitu berkaitan dengan usia. Yup, untuk melamar kerja di bank, kamu harus memerhatikan batas usia. Umumnya bagi lulusan sarjana, batas usia melamar adalah 25 tahun, sedangkan lulusan magister adalah 28 tahun.

Sementara itu, bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat, biasnaya batas usia melamar yang diperbolehkan yaitu minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun, atau belum berusia 21 tahun ketika mengikuti seleksi

3. Penampilan

Syarat kerja di bank selanjutnya adalah memiliki penampilan menarik. Mungkin kamu sering melihat teller hingga customer service di bank memiliki paras cantik dan tampan. Namun, syarat yang dimaksud di sini bukan demikian.

Penampilan menarik bukan berarti harus cantik atau tampan, melainkan harus rapi, berpenampilan sopan, dan tahu cara menjaga penampilan agar nyaman dipandang. Syarat ini dikhususkan oleh bank karena bank merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan sehingga harus sering bertemu dengan banyak orang.

Baca Juga: Daftar Gaji Pegawai Bank di Indonesia, Tugas, dan Jenjang Karir

4. Tinggi Badan

Masih tentang penampilan fisik, tinggi badan juga menjadi syarat khusus yang ditetapkan bank ketika membuka rekrutmen. Biasanya, untuk perempuan tinggi minimalnya adalah 155 cm dan laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm.

5. Status Pernikahan

Status pernikahan akan dilihat ketika sebuah bank membuka rekrutmen dengan sistem kontrak. Bank akan lebih mengutamakan pelamar yang belum menikah karena dapat dikirim ke berbagai kantor cabang bank dengan leluasa.

Nah, biasanya bank juga akan menjelaskan hal ini di syarat melamar. Bahkan pelamar yang belum menikah pun harus terikat kontrak dinas dalam satu atau dua tahun.

6. Transkrip Nilai

Nilai terakhir di ijazah kamu juga akan diperhatikan oleh bank dalam proses rekrutmen. Untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat biasanya harus memiliki nilai minimal 70 dari skala angka 100. Sedangkan lulusan D-3 hingga S-1 harus memiliki IPK minimal 2,75 per 4,00.

7. Skill yang Harus Dikuasai

Selain keenam syarat di atas, kamu juga harus memperhatikan skill yang harus dimiliki untuk bekerja di bank, baik hard skill dan soft skill. Untuk hard skill dapat disesuaikan dengan posisi yang dilamar, misal teller dan customer service perlu menguasai komputer. 

Nah, untuk soft skill, yang harus dikuasai di antaranya:

  • Kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Bisa berkolaborasi dalam tim
  • Memiliki kemampuan problem solving yang baik
  • Memiliki leadership yang baik
  • Memiliki manajemen emosi yang baik
  • Memiliki manajemen waktu yang baik

Baca Juga: General Banking Staff: Tugas dan Tanggung Jawab, Syarat, Gaji

Cara Melamar Kerja di Bank

Cara Melamar Kerja di Bank

Lantas, bagaimana cara melamar kerja di bank? Apakah ada pembukaan rekrutmen khusus dari bank? Atau justru harus memiliki orang dalam yang bisa memberikan kemudahan dalam melamar?

Eits, jangan khawatir. Di zaman yang serba modern ini, informasi mengenai tata cara melamar dan lowongan kerja di bank sangat mudah kamu dapatkan.

Kamu bisa memantau website di setiap bank yang ingin kamu lamar, seperti BRI, BTN, Mandiri, BCA, Maybank, dan lainnya. Mereka juga biasanya akan menggunakan website perusahaan untuk proses melamar.

Namun, bila tidak ingin repot mengecek satu per satu website bank, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. Untuk lebih jelasnya, berikut panduan cara melamar kerja di bank melalui aplikasi KitaLulus.

  1. Cari aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store dengan mengetik KitaLulus, lalu unduh dan install.
  2. Buat akun dengan masuk ke email aktif kamu dan buat password yang unik.
  3. Lengkapi data-data profil kamu, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, hingga riwayat pengalaman kerja.
  4. Klik bar pencarian di atas yang bertuliskan Cari Lowongan Kerja dengan menuliskan nama posisi atau bank yang diinginkan.
  5. Kamu juga bisa mencari dengan keyword “bank” yang nantinya akan muncul ratusan lowongan kerja bank yang siap kamu lamar.
  6. Klik posisi yang kamu inginkan.
  7. Atau kamu juga bisa melakukan filter di lowongan kerja yang muncul jika kamu bingung ingin memilih posisi yang mana. Filter berdasarkan jenjang pendidikan, jenis kelamin, lokasi kerja, hingga kisaran gaji.
  8. Baca seluruh syarat yang ditentukan oleh pihak bank.
  9. Jika syarat sudah terpenuhi semua, kamu bisa klik Lamar.
  10. Isi seluruh data dan jawab berbagai pertanyaan yang ditentukan oleh rekrutmen.
  11. Setelah itu lamaran kamu berhasil terkirim.
  12. Lamar posisi bank lainnya supaya peluang mendapatkan karir impian semakin tinggi.
  13. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi chat atau pemberitahuan lolos ke tahap selanjutnya jika profil dan kemampuan kamu sesuai kebutuhan pihak rekrutmen.

Baca Juga: Ingin Mengejar Karir Bank Indonesia (BI)? Ini Jalur Rekrutmen dan Ketentuannya

Tips Melamar Kerja di Bank

Ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan ketika melamar kerja di bank. Tips ini juga bisa kamu terapkan ketika melamar di perusahaan lain.

  • Perhatikan seluruh syarat yang ditentukan agar proses melamarmu lancar.
  • Penuhi semua berkas yang diwajibkan untuk dilampirkan ketika submit lamaran.
  • Hindari memilih posisi yang tidak sesuai dengan pengalaman dan kemampuan kamu, apalagi melamar posisi manajerial padahal kamu masih fresh graduate, sudah pasti akan ditolak.
  • Perhatikan batas waktu melamar, jangan sampai kamu melamar lowongan yang sudah ditutup.
  • Cari informasi selengkap mungkin tentang proses rekrutmen tersebut dan tidak masalah untuk bertanya kepada pihak bank di media sosial mereka jika ada syarat yang kamu rasa ambigu.
  • Susun CV untuk melamar di bank dengan baik, jangan bertele-tele karena pihak rekrutmen pasti menyeleksi banyak pelamar sehingga hanya sempat membaca CV secara sekilas.
  • Jika melamar kerja di bank melalui email, pastikan badan email kamu tidak kosong dan diberi cover letter yang sesuai.

Itulah penjelasan tentang syarat kerja di bank lengkap dengan tips dan cara melamarnya. Jangan lupa gunakan KitaLulus agar proses mencari pekerjaanmu lebih mudah dan cepat. Selain bank, ada juga puluhan ribu lowongan lain dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia, lho!

Yuk install sekarang dan dapatkan kemudahan melamar kerja dengan aman dan terpercaya, kapan pun serta di mana pun kamu berada.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!