16 Kursus Digital Marketing Bersertifikat Terbaik untuk Pemula

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
Rekomendasi kursus digital marketing untuk pemula
16 Kursus Digital Marketing Bersertifikat Terbaik untuk Pemula

Melihat dunia digital yang semakin berkembang, peran digital marketing akan semakin dibutuhkan hingga puluhan tahun ke depan. Tak jarang, banyak yang mengambil kursus digital marketing agar bisa mendalami peran ini dengan baik.

Jika kamu adalah pemula di bidang digital marketing, mengambil course memang solusi yang tepat. Sebab biasanya, kamu akan diberi rangkaian materi pembelajaran tentang digital marketing dari dasar hingga praktik penerapannya.

Nah, di sini KitaLulus akan memberikan beberapa rekomendasi tempat kursus digital marketing terbaik untukmu. Kamu bisa mempelajarinya dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan kamu sekarang.

 

Perkembangan Kursus Digital Marketing Indonesia

Digital marketing yang merupakan kegiatan pemasaran melalui seluruh platform digital memang sedang digandrungi oleh banyak perusahaan.

Meski demikian, taktik pemasaran ini tidak semudah yang dibayangkan untuk dipelajari secara otodidak, terlebih dalam waktu singkat. Peran ini memiliki tanggung jawab yang begitu kompleks. Bahkan, di perusahaan besar, pemasaran digital menjadi sebuah divisi dengan beberapa tim.

Akan tetapi, banyak perusahaan membutuhkan peran digital marketer secara utuh sehingga kamu harus bisa menguasai seluruh tanggung jawabnya. Itulah mengapa, mengambil kursus digital marketing akan menjadi jawaban yang tepat untuk bisa semakin mendalami dan bisa menerapkannya dengan baik.

Di Indonesia sudah banyak kursus digital marketing offline dan online. Biasanya kursus ini akan memiliki beberapa kali pertemuan karena banyak yang dipelajari. Fasilitasnya juga beragam dengan biaya yang beragam pula. Namun, tak jarang komunitas digital marketing memberikan kursus secara gratis.

Kursus Digital Marketing Gratis Bersertifikat Online

Meskipun suatu kursus diambil dengan tujuan untuk mengembangkan karier, tetapi untuk mengeluarkan uang tentu saja sedikit memberatkan, bukan? Terlebih jika memang keadaan keuangan belum memiliki kestabilan yang baik.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa belajar digital marketing dengan materi yang baik dan itu semua tanpa biaya bahkan mendapatkan sertifikat untuk kamu masukkan portofolio.

Berikut adalah beberapa platform kursus digital marketing online gratis dan bersertifikat yang bisa kamu ambil.

1. Google Skillshop

Kursus digital marketing bersertifikat online gratis

Sebelumnya, Google Skillshop bernama Academy for Ads. Skillshop merupakan tempat kamu bisa belajar mengenai pemasaran yang menggunakan produk Google. Dengan berbagai rangkaian materi yang komprehensif, kursus ini bisa diakses oleh siapa pun, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Beberapa produk Google yang bisa kamu perdalam tentang tips and trik-nya mulai dari Youtube, Google Analytics, Google Ads, hingga Authorized Buyers. Kursus ini bisa kamu dapatkan melalui skillshop.exceedlms.com.

2. Social Media Marketing Course dari Hubspot Academy

Kursus digital marketing online bersertifikat

Social media marketing menjadi salah satu hal paling krusial di peran online marketing. Hal ini dikarenakan platform media sosial merupakan tempat di mana bisa menjangkau target market secara langsung bahkan masif.

Hubspot Academy menyediakan kursus ini secara gratis dan memberikan sertifikat. Kamu bisa mengaksesnya melalui academy.hubspot.com.

Nantinya, kamu akan mempelajari beberapa hal, seperti cara membangun strategi untuk meningkatkan engagement yang efektif dalam pemasaran digital, khususnya menggunakan media sosial. Terdapat 8 pembelajaran yang didalamnya terdiri dari 38 video materi dan 29 kuis praktik.

Baca juga: Apa Itu Content Marketing? Ini Arti, Manfaat, Tugas, Contoh, dan Proyeksi Gajinya

3. Google Digital Garage

Rekomendasi tempat kursus digital marketing gratis

Google Digital Garage dalam lamannya, yaitu learndigital.withgoogle.com, memiliki kursus Fundamentals of Digital Marketing.

Kursus ini cocok bagi pemula yang ingin memperdalam ilmu mengenai online marketing tanpa harus mengeluarkan biaya. Kamu bahkan bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan saat melamar pekerjaan.

Dalam kursus ini, kamu nantinya akan mendapatkan materi tentang digital marketing untuk pemula yang disusun langsung oleh Google Trainer. Kamu juga akan mendapatkan 26 modul yang berisi video komprehensif lengkap dengan kuis di dalamnya.

Beberapa materi yang akan kamu dapatkan adalah tentang content marketing, business strategy, cara membangun insight dan analisis, hingga tips dan trik email marketing.

4. LinkedIn Learning

Cara dapat sertifikat digital marketing gratis

Menjadi platform yang berisi tentang dunia kerja, LinkedIn memang memiliki banyak fasilitas, salah satunya “Becoming A Digital Marketing Specialist”. Kursus ini berisi 11 materi dengan total durasi hingga 20 jam.

Beberapa hal yang dibahas seperti social media, Google Analytics, hingga email marketing. Nantinya, di akhir sesi pembelajaran kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu bagikan ke akun LinkedIn.

5. Udemy

Udemy

Udemy adalah salah satu platform yang namanya sudah terkenal di dunia. Ada banyak pilihan kursus digital marketing untuk pemula yang disediakan oleh instruktur independen di platform ini.

Beberapa contohnya antara lain social media marketing, SEO, PPC, email marketing, dan content marketing.

6. Coursera

Coursera

Jika kamu menginginkan platform pembelajaran daring yang menawarkan kursus dari universitas dan lembaga pendidikan terkemuka di dunia, maka kamu bisa memilih Coursera.

Di Coursera, kamu bisa menemukan berbagai materi digital marketing yang diberikan oleh universitas terkemuka seperti University of Illinois, University of Pennsylvania, dan Northwestern University.

7. Purwadhika

Purwadhika

Semakin berkembangnya teknologi pemasaran telah membuat pembelajaran digital marketing tak hanya bisa didapatkan dari institusi dan platform internasional.

Purwadhika adalah lembaga pendidikan digital terkemuka di Indonesia. Lembaga ini menyediakan berbagai kursus digital marketing yang dapat membantu kamu mempelajari berbagai teknik seperti SEO, SEM, SMM, dan content marketing.

8. Moz Academy

Moz Academy

Dari banyaknya materi yang dipelajari dalam digital marketing, Moz Academy terfokus pada pendidikan di bidang SEO.

Di Moz Academy, kamu bisa mempelajari teknik-teknik SEO seperti keyword research, on-page optimization, dan link building. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat dari Moz Academy setelah menyelesaikan kursus.

Baca juga: Apa Itu UX Writer? Ini Tanggung Jawab, Jenjang Karir, Skill, dan Gajinya

9. Google Analytics Academy

Google Analytics Academy

Jika Google Digital Garage memberikan pembelajaran lebih umum mengenai online marketing, Google Analytics Academy disediakan bagi kamu yang ingin mempelajari bagaimana cara menggunakan Google Analytics.

Google Analytics sendiri merupakan sebuah layanan Google yang berguna untuk memantau kinerja website dan campaign pemasaran digital. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat dari Google Analytics Academy setelah menyelesaikan kursus.

10. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint

Facebook dengan perusahaannya, yaitu Metaverse, memang menjadi media yang mengakuisisi banyak media sosial. Mulai dari WhatsApp hingga Instagram. Meskipun pengguna Facebook asli hanya tersisa pengguna dengan rentang umum dewasa, tetapi Facebook tetap menjadi media untuk beriklan yang tepat.

Facebook Blueprint memanfaatkan hal tersebut. Membuka kursus pembelajaran gratis tentang Periklanan dan Perencanaan Facebook, pengguna yang mendaftar mencapai 6 juta lebih. Setelah mengikuti dua kompetensi kursus tersebut, kamu akan otomatis mendapatkan sertifikat penghargaan.

11. SEMrush Academy

SEMrush Academy

Senada dengan Moz Academy, SEMrush Academy juga merupakan pendidikan digital yang fokus pada SEO dan PPC.

Di SEMrush Academy, kamu bisa mempelajari teknik-teknik SEO. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari teknik PPC seperti Google Ads dan Facebook Ads.

12. Skillshare

Skillshare

Untuk mempelajari pemasaran digital yang lebih umum, kamu bisa memilih Skillshare. Skillshare adalah platform pembelajaran daring yang menyediakan berbagai kursus kreatif dan digital marketing.

Di Skillshare, kamu bisa mempelajari berbagai teknik seperti email marketing, content marketing, dan social media marketing.

13. Hootsuite Academy

Kemampuan sosial media yang bisa digunakan sebagai tempat memasarkan produk tak perlu diragukan lagi. Namun perlu teknik khusus agar pemasaran di media sosial bisa berhasil.

Hootsuite Academy adalah salah satu lembaga pendidikan digital yang fokus pada social media marketing. Di Hootsuite Academy, kamu bisa mempelajari berbagai teknik seperti penggunaan Hootsuite untuk mengelola media sosial, membuat kampanye sosial media, dan mengukur hasil campaign.

14. Udacity

Udacity

Udacity merupakan platform yang menyediakan pelajaran tentang teknologi, termasuk digital marketing.

Materi pelajaran yang terdapat di Udacity didesain oleh perusahaan-perusahaan ternama dan universitas-universitas terkemuka. Dengan demikian, kamu dapat memilih pelajaran yang sesuai dengan kebutuhanmu.

15. Alison

Alison adalah platform yang menawarkan berbagai kursus digital marketing online gratis. Kursus-kursus pemasaran digital di Alison mencakup topik seperti optimasi mesin pencari (SEO), social media marketing, content marketing, email marketing, dan lain-lain.

Kursus-kursus ini dirancang agar interaktif dan menarik, dengan campuran kuliah video, kuis, dan penilaian untuk menguji pengetahuan. Selain konten inti, Alison juga menyediakan resource tambahan seperti artikel dan studi kasus untuk membantumu memahami konsep-konsep tersebut dengan lebih baik.

16. Digitademy

Kursus digital marketing gratis bahasa Indonesia

Digitademy adalah platform belajar digital marketing Indonesia yang memberikan materi SEO, email marketing, SMM, hingga SME. Nantinya, setelah kamu mempelajari seluruh materi, kamu bisa mengambil tes. Saat kamu mendapatkan nilai minimal B, kamu akan mendapatkan sertifikat.

Baca juga: Perbedaan Desainer UI dan UX, Tugas, Tanggung Jawab, Skill yang Wajib Dikuasai

Kursus Digital Marketing Offline di Indonesia

Meskipun sudah banyak platform kursus digital marketing online, tetapi terkadang kursus secara tatap muka akan lebih menyenangkan. Jika kamu mencari tempat kursus offline, berikut beberapa rekomendasi dari KitaLulus.

1. JLD Academy

JLD Academy menyediakan kursus seputar digital marketing untuk pemula maupun yang sudah ahli. Tempat kursus ini bertempat di Yogyakarta.

Alamat: Pencitrejo RT 01, Terong I, Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul

Nomor telpon: 08170751292

2. Course-Net Jakarta

Course-Net mendapatkan penilaian yang bagus dari para muridnya, terlebih praktisi yang mengajar memang sangat berpengalaman.

Alamat: Ruko, Business Park E 1 No 9 Kb. Jeruk, Jl. Meruya Ilir Raya No.9, RT.1/RW.5, North Meruya, Kembangan, Jakarta Barat

Nomor telpon: 08111811110

3. BABA Studio

BABA Studio bertempat di Grand ITC Permata Hijau. Tempat kursus ini memberikan materi tentang website, SEO, hingga internet marketing.

Alamat: ITC Permata Hijau No 14 Jl Letnan Jenderal Soepono, RT.11/RW.10, North Grogol, Kebayoran Lama. 

Nomor telpon: (021) 53664008.

4. Creative Media

Buat kamu yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, kamu bisa belajar digital marketing offline di Creative Media, berikut alamat dan nomor telponnya.

Alamat: Jalam Raya Tubanan Baru No.10, Tanjungsari, Sukomanunggal, Surabaya

Nomor telpon: 082131314040

Nah, itulah beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dengan mengikuti kursus, tentu akan meningkatkan kemampuanmu sehingga bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan tempat kamu bekerja.

Selain mengambil kursus, kamu juga bisa bergabung dalam suatu komunitas digital marketing untuk sharing ilmu dengan sesama digital marketer. Jika kamu bingung di mana bisa bergabung ke komunitas ini, kamu bisa mencarinya di KitaLulus.

Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store lalu lakukan registrasi dengan cara masuk ke akun Google. Sangat mudah dan praktis.

Kamu juga bisa menemukan banyak info loker dari berbagai perusahaan kemudian melamarnya. Yuk, tunggu apalagi, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top