13 Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjaan di Rumah

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan dari rumah
13 Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjaan di Rumah

Siapa bilang kalau bekerja harus datang ke kantor? Di era modern seperti sekarang, sudah ada banyak pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Pekerjaan-pekerjaan tersebut bahkan memiliki penghasilan tinggi dan bisa menjadi penopang biaya hidup sehari-hari.

Pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah tentu sangat menguntungkan ketimbang harus bekerja di luar. Pasalnya, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk bekerja. Beberapa orang harus tetap berada di rumah sambil mengurus anak atau membantu orang tua yang sudah lanjut usia.

Pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah disebut sebagai work from home (WFH). Apa saja contoh pekerjaan tersebut? Simak uraiannya sebagai berikut.

1. Produksi Kotak Packaging Produk

packing produk

Pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah yang pertama adalah produksi kotak packaging produk. Di sini kamu perlu membuat kotak yang biasa digunakan untuk kemasan mulai dari makanan, box barang, box sepatu, box roti, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari produk ini ialah permintaannya cukup tinggi, terutama untuk produk UMKM. Selain itu, modal awal yang dikeluarkan juga relatif kecil. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini di rumah saat mempunyai waktu senggang.

2. Menjual E-Book

Pekerjaan berikutnya yaitu menjual E-Book. Penjualan E-Book mulai populer di kalangan pembaca buku karena saat ini mereka sudah mulai bergeser dari membaca buku fisik ke buku digital.

Keunggulan dari bisnis ini adalah tidak memerlukan modal yang besar, yaitu cukup laptop dan koneksi internet saja. Pekerjaan tersebut juga bisa dikerjakan di mana saja, termasuk di rumah. Selain itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal jika pemasaran dilakukan dengan cara yang tepat.

3. Survey Online

Contoh pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah lainnya adalah mengisi survei online. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini dengan mendaftar sebagai surveyor di sebuah aplikasi atau situs survey online.

Cara kerjanya, kamu hanya perlu memenuhi kualifikasi sebagai surveyor dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Dari semua jawaban yang kamu beri, kamu akan mendapatkan upah sesuai dengan poin yang berhasil kamu kumpulkan.

4. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Kamu juga bisa membuka jasa desain grafis. Saat ini, jasa desain grafis banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Biasanya mereka membutuhkan jasa kamu untuk membuat iklan poster, logo, hingga promosi tertentu.

Pekerjaan satu ini sangat populer dan sudah mulai banyak digeluti terutama oleh anak muda. Selain karena pekerjaannya bisa dilakukan di mana saja, membuka jasa desain grafis juga dapat mendatangkan uang dalam jumlah banyak.

Baca Juga: 20+ Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Tertarik?

5. Jasa Penulisan

Jika kamu hobi menulis, maka kamu bisa coba menawarkan jasa penulisan. Meskipun sekarang penggunaan AI sedang marak, namun penulis akan tetap dibutuhkan untuk menghasilkan tulisan yang bagus.

Di pekerjaan ini, kamu bisa bekerja dengan cara menulis di blog pribadi atau menawarkan jasa penulisan online kamu kepada website-website yang membutuhkan. Dalam konteks ini kamu akan berperan sebagai seorang freelancer.

6. Jasa Penerjemah

Bagi kamu yang jago berbahasa asing, ini adalah peluang emas buat kamu. Sekarang, banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen mereka. Kamu bisa menawarkan keahlianmu tersebut lewat berbagai media online.

7. Laundry Kiloan

Selanjutnya contoh pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah adalah membuka usaha laundry kiloan. Biasanya orang membutuhkan jasa laundry karena mereka sibuk.

Di sini kamu bisa menawarkan berbagai macam jasa seperti mencuci, mengeringkan, hingga menyetrika. Namun, sebelum membuka usaha ini, kamu perlu menyiapkan modal yang cukup banyak.

Baca juga: Perhitungan Modal Usaha Laundry Mulai Rp10 Juta, Untung Besar!

8. Make Up Artist (MUA)

Make Up Artist (MUA)

MUA termasuk salah satu pekerjaan yang sangat dicari oleh banyak orang. Terutama ketika ada acara seperti pernikahan, lamaran, hingga wisuda. MUA adalah orang yang memiliki keterampilan untuk merias dengan berbagai model riasan.

Jika kamu mempunyai minat di bidang ini, jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan uang dari pekerjaan ini. Apabila kamu merasa belum memiliki skill yang sempurna, sempatkanlah waktu untuk belajar dengan baik.

9. Jasa Konveksi

Selanjutnya, kamu juga bisa bekerja di rumah dengan membuka jasa konveksi. Jasa ini juga ramai dicari mulai dari mahasiswa hingga kalangan pekerja.

Selain itu, jasa konveksi milikmu akan lebih ramai jika kamu mempromosikannya lewat internet. Semakin banyak orang yang memanfaatkan jasa konveksimu, maka semakin besar juga peluang usahamu untuk maju.

10. Jasa Membersihkan Rumah

Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak dibutuhkan skill yang khusus untuk membersihkan rumah. Namun, perlu keuletan dan tanggung jawab yang besar.

Di kota-kota besar, banyak orang yang sibuk dan tidak sempat membersihkan rumahnya. Kamu bisa memanfaat peluang ini untuk menawarkan jasa membersihkan rumah. Jika ingin memperluas pasar, kamu bisa menggunakan internet sebagai media promosi.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Paling Dicari di 2024, Siapkan Dirimu!

11. Membuka Usaha Catering

Usaha ini sangat cocok untuk orang yang suka dan pandai memasak. Membuka usaha catering bisa kamu manfaatkan sebagai pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Hal itu karena pekerjaan ini memiliki penghasilan yang lumayan untuk menambah pemasukan rumah tangga.

Kamu bisa membuat paket catering mulai dari catering harian, catering untuk acara khusus, hingga catering spesial untuk diet.

12. Menjahit dan Merajut

Selanjutnya kamu dapat membuka jasa menjahit atau merajut. Pekerjaan ini sangat cocok dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai keterampilan menjahit.

Pekerjaan menjahit perlu kecermatan dan ketelitian yang tinggi, oleh sebab itu jasa penjahit yang ahli akan sangat dibutuhkan, baik untuk membuat pakaian atau sekadar mengecilkan pakaian yang kebesaran.

13. Data Entry

Terakhir, pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah adalah data entry. Pekerjaan ini berhubungan dengan data dan bersifat administratif. Maka dari itu, kamu perlu keahlian khusus untuk bisa bekerja di bidang tersebut.

Pastikan kamu sudah pernah bekerja di bidang administratif sehingga kamu bisa dengan pede menawarkan jasamu kepada klien yang membutuhkan.

Baca Juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba

Demikian beberapa contoh pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Jika kamu adalah orang yang sedang membutuhkan pekerjaan, maka aplikasi KitaLulus adalah solusi yang tepat buat kamu.

Di sini, kamu bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bahkan juga bisa memilih pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah alias work from home (WFH). Kamu juga bisa menyaring loker berdasarkan gaji yang kamu harapkan. Yuk unduh aplikasi KitaLulus di Play Store dan App Store sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top