10 Pekerjaan IT dengan Gaji Tertinggi 2023

Marati Husna
Marati adalah SEO Specialist dengan background Paid Ads. Passionate membuat engaging content yang mendatangkan traffic dan leads.
pekerjaan it dengan gaji tertinggi
10 Pekerjaan IT dengan Gaji Tertinggi 2023

Bukan rahasia lagi bahwa pekerjaan di bidang IT menghasilkan gaji yang termasuk tinggi di Indonesia. Tak heran, pekerjaan IT banyak menjadi incaran para pelamar kerja maupun career switcher.

Apalagi seiring pesatnya transformasi digital, sejumlah startup dan perusaahan terus memerlukan tenaga di bidang IT.

Tingginya permintaan ini diiringi dengan gaji yang terus meningkat. Lantas, seberapa tinggi gaji tersebut dan pekerjaan IT apa saja dengan gaji yang paling besar?

Artikel berikut akan mengupas 10 pekerjaan IT dengan gaji tertinggi pada tahun 2023 di Indonesia.

Apa itu Pekerjaan IT?

Pekerjaan IT (Information Technology) adalah salah satu pekerjaan yang prospektif, paling diminati, dan punya peluang besar di dunia karir.

Hal tersebut disebabkan oleh mudahnya pekerjaan IT untuk diakses di seluruh dunia dan dapat dikerjakan secara remote working.

IT sendiri merupakan bidang yang cukup luas. Ada banyak kelompok keahlian sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh kelompok keahlian di bidang IT adalah Software Engineering, Digital Marketing, Produck Management, dan dan Data Analysis.

Sedangkan untuk contoh pekerjaan IT adalah Cloud Engineer, Data Analyst, Web Developer, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian IT Support, Tugas, Job Desk, Kemampuan, & Info Gaji IT Support Terbaru

10 Pekerjaan IT dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Dilansir dari laporan Indonesia Salary Guide 2023 yang dirilis Michael Page, berikut pekerjaan IT berdasarkan jabatannya dengan income paling tinggi pada tahun 2023.

1) VP of Data Science

Menurut Zip Recruiter, VP (Vice President) of Data Science bertanggungjawab menarget audiens melalui data online maupun offline. VP of Data Science juga mengelola para Data Analyst di seluruh departemen, mengatur kebutuhan klien, dan menerapkan solusi untuk membangun brand.

Biasanya VP of Data Science memiliki pengalaman minimal 10 tahun terkait model data science dan membangun data pipeline yang terukur.

Gaji Rata-rata: Rp 150 juta per bulan

2) VP Engineering

VP Engineering atau CTO (Chief Technology Officer) seringkali memegan peran utama dalam inti perusahaan menurut DailySocial. Tanggungjawab VP Engineering adalah teknis pengembangan produk, pengelolaan tim, mengatur alur perkembangan produk hingga menentukan kapan sebuah fitur akan rilis.

Gaji VP Engineering yang cukup tinggi yakni Rp 150 juta sebulan diyakini karena kemampuannya tak hanya teknis tapi juga memprioritaskan kenyamanan pengguna sistem. Seperti kemampuan berpikir strategis seiring pertumbuhan user atau saat banyaknya pengguna bugs mulai muncul.

Gaji Rata-rata: Rp 150 juta per bulan

3) Head of Product

Head of Product bertanggungjawab atas seluruh rangkaian produk dengan intensitas lebih rendah dalam proses pengembangan produk. Dilansir dari RevoU, tugas Head of Product adalah memastikan produk tersebut sesuai dengan perusahaan.

Selain membutuhkan pengalaman di atas 10 tahun dalam product management, peran ini mengharuskan untuk bekerja dengan tim engineering, designer, dan developer.

Gaji Rata-rata: Rp 120 juta per bulan

4) Head of Engineering

Head of Engineering bertugas mengelola tim engineering yang terdiri dari para Software Engineer. Menurut Kumparan, Head of Engineering mengerjakan visi dari perusahaan dan memberikan pemahamannya ke tim engineering.

Tak hanya itu, pekerjaan ini mengharuskan untuk terus mengembangkan persona engineering dan culture-nya, dan membuat visi perusahaan menjadi produk teknologi yang bisa dipakai.

Gaji Rata-rata: Rp 120 juta per bulan

5) Head of Data Science

Seperti kebanyakan posisi Head yang telah disebutkan di atas, Head of Data juga lebih banyak bermain di level manajemen. Selain berfokus mengerjakan data, peran ini juga mengatur agar tim data bisa serve bisnis.

Maka, menurut Leap, penting bagi seorang Head of Data untuk bisa meng-capture kebutuhan bisnis dan menerjemahkan OKR agar Data Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist di bawahnya dapat mencapai goal perusahaan.

Gaji Rata-rata: Rp 100 juta per bulan

6) Lead Product Manager

Tugas Lead Product Manager adalah mengkomunikasikan strategi produk kepada tim engineering, bisnis, dan UX. Peran ini juga membutuhkan pengetahuan yang mumpuni tentang kondisi market dari produk yang dikelola.

Selain itu, menurut RevoU, seorang Lead Product Manager bertanggungjawab menjalankan rencana go-to-market saat ada fitur atau penawaran baru, membuat trade-off dengan mempertimbangkan antara fitur dan speed-to-market.

Gaji Rata-rata: Rp 80 juta per bulan

Baca juga: Contoh CV Product Manager [Plus Template Gratis]

7) Program Manager

Tugas Program Manager berbeda dengan Project Manager. Project bersifat sementara, sedangkan program merupakan kelompok proyek untuk mendatangkan profit bagi perusahaan.

Menurut SIS Binus, Program Manager bertanggungjawab menggambarkan daftar-daftar proyek yang diperlukan dalam mencapai tujuan suatu program.

Gaji Rata-rata: Rp 80 juta per bulan

8) Engineering Manager

Engineering Manager atau Manajer Teknik bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengoordinasikan proyek, mengelola anggaran, dan mengawasi tim engineering, design, dan product.

Menurut Workable, seorang Manajer Teknik harus bisa memastikan sebuah proyek berhasil diselesaikan tepat waktu dan sesuai budget.

Gaji Rata-rata: Rp 80 juta per bulan

9) UI/UX Manager

Berdasarkan UX Planet, UI/UX Manager bertanggungjawab menjembatani antara kepentingan bisnis perusahaan dengan UI/UX.  Peran ini selain mengelola tim design, juga kerap berkonsultasi dengan tim developers, software engineers, dan marketing.

UI/UX Manager, berdasarkan Zip Recruiter, bertugas menguji apakah produk sudah sesuai kenyamanan user bersama tim Quality Assurance.

Gaji Rata-rata: Rp 70 juta per bulan

10) Head of Digital Marketing

Seorang Head of Digital Marketing bertugas menentukan channel-channel digital marketing mana saja yang akan digunakan sesuai dengan tujuan campaign: apakah awarenes, sales, leads, traffic, retention, jumlah followers dan lain sebagainya.

Selain itu, peran ini juga merencanakan dan mengawasi jalannya campaign di channel-channel yang sudah ditentukan, misalkan: CRM, SEO, Social Media Organic, atau Paid Ads.

Gaji Rata-rata: Rp 50 juta per bulan

Baca Juga: Digital Marketing: Pengertian, Kelebihan, dan Jenis Strateginya

Penutup

Pekerjaan IT merupakan bidang penting dari setiap perusahaan. Gaji yang diperoleh oleh pekerja IT bervariasi berdasarkan berbagai faktor seperti jabatan dan kelompok keahlian yang dimiliki.

Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan akan pekerja IT akan terus tumbuh. Jadi karir di bidang IT akan cukup menjajikan bagi kamu yang tertarik mengerjarnya.

Apakah kamu siap kerja remote digaji dollar ? Talentport dapat membantu menghubungkan kamu dengan perusahaan luar negeri sesuai dengan tech skills yang kamu kuasai. Yuk mulai kerja 100% remote bersama Talentport sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top