8 Prospek Kerja Tata Boga, Tak Hanya Jadi Koki

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
prospek kerja tata boga
8 Prospek Kerja Tata Boga, Tak Hanya Jadi Koki

Kata siapa jurusan tata boga hanya bisa memasak sehingga saat lulus nantinya akan otomatis menjadi chef atau koki? Prospek kerja tata boga itu sangat luas. Bahkan, tata boga adalah jurusan yang bisa dibilang persaingannya ketat karena bisa diambil oleh anak IPA maupun IPS, jadi peminatnya banyak.

Nah, untuk kamu yang suka memasak dan berniat mengambil pendidikan di bidang tata boga, simak penjelasan KitaLulus berikut tentang prospek kerja tata boga, ya. Akan dijelaskan juga kampus mana saja yang memiliki jurusan ini dan apa yang akan kamu pelajari.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Tata Boga?

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Tata Boga
Sumber: Poetry of the World

Sebagaimana jurusan pendidikan matematika akan diajari tentang ilmu matematika dan cara mendidik murid tentang matematika, jurusan tata boga juga sudah pasti akan diajari cara memasak hingga pengetahuan tentang hidangan.

Selain itu, selama berkuliah nantinya, kamu juga akan mendapatkan pengajaran tentang ilmu gizi, higienitas, hingga sanitasi.

Sebagai perluasan prospek kerja tata boga, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah Kimia Terapan, Manajemen, Komputer, hingga Kewirausahaan. Jadinya, ketika lulus, anak tata boga akan paham tentang kemajuan teknologi, pengolahan pangan agar awet digunakan dalam kurun waktu tertentu, dan pengantar untuk membuka bisnis sendiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar mata kuliah di jurusan tata boga.

  1. Ilmu Kesejahteraan Keluarga
  2. Dasar Desain
  3. Matematika Terapan
  4. Pengetahuan Bahan Makanan
  5. Dasar Boga
  6. Kimia Terapan
  7. Anatomi Fisiologi
  8. Komputer Terapan
  9. Pengelolaan Kue dan Minuman
  10. Dasar Graha
  11. Pengetahuan Dapur dan Peralatan Dapur
  12. Ilmu Gizi
  13. Pengelolaan Makanan Indonesia
  14. Makanan Oriental 
  15. Dekorasi Boga
  16. Manajemen
  17. Mikrobiologi Pangan
  18. Higiene dan Sanitasi Makanan
  19. Bakery & Pastry
  20. Pengelolaan Makanan Kontinental
  21. Teknologi Pangan 
  22. Kewirausahaan
  23. Olahan Cokelat dan Gula
  24. Pengelolaan Hidangan Khusus
  25. Tata Hidang
  26. Gizi Masyarakat
  27. Pendidikan Konsumen
  28. Pemasaran Jasa Boga
  29. Manajemen Industri
  30. Cipta Karya Boga
  31. Gastronomi
  32. Pengelolaan Hidangan
  33. Diversifikasi Pangan Lokal

Baca Juga: Ingin Menjadi Kitchen Crew? Ini Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya

Kenapa Memilih Jurusan Tata Boga?

Kenapa Memilih Jurusan Tata Boga
Sumber: Maukuliah

Kamu ingin sekali melanjutkan kuliah di bidang tata boga, tetapi kamu masih ragu karena banyak orang di sekitar kamu meremehkan jurusan ini? Eits, jangan berkecil hati, simak penjelasan kenapa kamu harus memilih jurusan tata boga berikut.

1. Mendapatkan Pengetahuan yang Luas

Sebelumnya sudah KitaLulus jabarkan tentang daftar mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan tata boga. Dari daftar tersebut, kita tahu jika kamu tidak hanya mempelajari makanan atau pengolahan makanan, tetapi juga ilmu lain.

Dengan begitu, pengetahuan kamu usai lulus nanti akan semakin luas dan membantu kamu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Menguasai Berbagai Soft Skill

Tidak hanya hard skill, kamu juga akan otomatis mendapatkan pengalaman untuk mengasah soft skill kamu. Soft skill ini tidak kalah penting dengan hard skill di ranah kerja profesional, lho.

Nah, beberapa soft skill yang akan kamu kuasai di antaranya:

  • Inovatif
  • Kreativitas
  • Kolaboratif
  • Tekun
  • Teliti
  • Detail
  • Terstruktur
  • Analisis yang baik
  • Independensi

3. Kesempatan Berkarir yang Baik

Tahukah kamu, bahwa dunia kuliner tidak akan pernah mati. Koki, chef, bahkan pemilik warung makan, tidak akan pernah sepi job. Terlebih, semakin ke sini dunia kuliner juga terus berkembang dan tidak tertinggal perkembangan zaman dan teknologi.

Ketika terjadi tren hidup sehat dan diet, bidang kuliner bisa mengimbanginya dengan banyak memunculkan tren makanan sehat.

Ketika isu tentang globalisasi hingga penghijauan kembali mendunia, bidang kuliner memiliki konsep sustainabilitas yang bisa diterapkan dan menghemat bahan makanan dengan melakukan pengembangan cara masak hingga menanam setiap bahan makanan dengan konsep hidroponik dan sejenisnya.

4. Prospek Kerja yang Luas dan Beragam

Tak perlu bingung jika ditanya lulusan tata boga kerja apa oleh banyak orang, sebab pada dasarnya prospek kerja jurusan ini sangat luas dan beragam. Ya, tidak hanya menjadi chef atau koki, lebih lengkapnya mengenai prospek kerja tata boga bisa kamu simak dalam penjelasan KitaLulus berikutnya.

Baca Juga: Waiter dan Waitress : Pengertian, Tanggung Jawab, dan Detail Gaji

Prospek Kerja Tata Boga

prospek kerja lulusan tata boga

Nah, sekarang saatnya kita membahas tentang bidang karir apa saja yang bisa dikerjakan oleh lulusan tata boga. Yuk, disimak satu per satu!

1. Chef/ Koki

Posisi ini adalah bidang kerja teratas untuk jawaban dari pertanyaan jurusan tata boga kerja apa setelah lulus. Menjadi chef atau koki bisa dibilang merupakan privilege. Hal ini karena kemampuan memasak adalah basic life skill yang harus dimiliki oleh manusia.

Namun, ketika kemampuan dasar tersebut dipelajari dengan baik dan menghasilkan kinerja di atas rata-rata, tentu saja menjadi sangat memuaskan.

Dan tahukah kamu bahwa gaji chef/koki di sebuah restoran atau hotel itu tinggi, bahkan bisa mencapai hingga puluhan juta. Belum lagi ketika sedang berada musim liburan, bonus yang kamu terima sudah pasti tidak sedikit.

Nah, kamu juga bisa menjadikan profesi ini sebagai celebrity chef yang melakukan tayangan memasak di Youtube atau televisi dengan program memasaknya. Pemasukan bertambah dan bisa menjadi lebih terkenal, deh.

2. Baker/Patissier

Jika chef atau koki adalah juru masak untuk jenis masakan umum, kamu juga bisa mengkhususkan kemampuan kamu dalam memasak, yaitu menjadi patissier atau baker.

Ada banyak patissier sebuah restoran atau hotel yang bahkan lebih terkenal dibanding hotel atau restoran itu sendiri. Jadi, dia bisa menerima pesanan pembuatan kue atau pastry di luar jam kerja yang tentu saja menambah penghasilannya.

3. Barista

Mungkin, siapa pun bisa menjadi barista. Namun, hanya seseorang yang memiliki pengetahuan tentang tata boga yang baik yang bisa menjadi barista andal. Saat ini, untuk menjadi barista di kafe tertentu sudah diharuskan memiliki sertifikasi.

Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang tinggi untuk lulusan atau mahasiswa tata boga untuk lebih unggul dibanding mereka yang ingin menjadi barista tapi tidak pernah mempelajari tentang tata boga.

4. Food Vlogger

Merekam diri saat makan, melakukan review, lalu ditayangkan di media sosial. Terdengar sepele dan bisa dilakukan siapa saja. Sebagai mahasiswa tata boga, kegiatan tersebut bisa menjadikan kamu memiliki poin plus, lho.

Kamu memiliki pengetahuan tentang gizi, penataan makanan, dan tentu saja kemampuan mengecap rasa yang baik. Jadi, ulasan tentang makanan tidak hanya sekedar enak atau tidak, tetapi juga penjelasan apa yang kurang, apa saja keunggulannya, dan kenapa makanan tersebut harus dicoba.

Ulasan yang jujur dan berpengetahuan tentu lebih unggul dibanding food vlogger yang hanya sekadar makan dan mengatakan bahwa makanan tersebut enak.

5. Lembaga Pemerintahan

Ada banyak posisi yang bisa lulusan tata boga tempati di lembaga pemerintahan, seperti BPOM, Departemen Pertanian, LIPI, hingga perusahaan-perusahaan BUMN. Dengan begitu, silakan cek dan ikuti tes seleksi CPNS atau rekrutmen bersama BUMN ketika mereka membuka pendaftaran, ya.

6. Food Stylist

Prospek kerja tata boga selanjutnya adalah menjadi food stylist. Memangnya menata makanan di piring bisa dibayar? Wah, tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa dibayar mahal, kok. Biasanya, yang membutuhkan jasa food stylist adalah agensi, perusahaan majalah, hingga program acara kuliner di televisi, lho.

7. Tenaga Pendidikan

Menjadi tenaga pendidik merupakan prospek kerja tata boga selanjutnya. Jika ingin menjadi dosen, berarti kamu harus mendaftar minimal S-2 di jurusan tersebut. Namun, tenaga pendidik tidak hanya sebagai dosen atau guru.

Dengan membuat konten lalu membagikan tips memasak, mengatur gizi dalam masakan, hingga melakukan plating yang baik, itu sudah bisa disebut sebagai pengajar. 

8. Wirausaha

Bagi seseorang yang paham akan gizi dalam masakan, membuka tempat makan atau catering tentu saja menjadi perkara yang mudah. Kamu bahkan memiliki modal untuk mengatur gizi dalam makanan yang kamu jual sehingga bisa dijadikan nilai plus sebagai tempat makan sehat dan enak.

Baca Juga: Sous Chef Adalah: Pengertian, Tugas, dan Besaran Gajinya

Kampus Mana Saja yang Memiliki Jurusan Tata Boga?

Setelah membahas apa saja prospek kerja tata boga, mari kita bahas deretan kampus pendidikan tinggi yang memiliki jurusan ini untuk tingkat pendidikan diploma maupun sarjana.

  1. Universitas Negeri Surabaya
  2. Universitas Negeri Malang
  3. Universitas Negeri Yogyakarta
  4. Universitas Negeri Padang
  5. Universitas Negeri Medan
  6. Universitas Negeri Jakarta
  7. Universitas Negeri Semarang
  8. Akademi Tata Boga Bandung
  9. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  10. Politeknik Pariwisata Makassar
  11. Politeknik Negeri Balikpapan

Itulah pembahasan tentang prospek kerja tata boga selain menjadi ched. Ada banyak bidang kerja yang menanti lulusan dari jurusan ini.

Ketika lulus, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi lowongan kerja tata boga melalui aplikasi KitaLulus. KitaLulus adalah platform pencarian kerja teraman dan terbaik yang pernah dianugerahi penghargaan sebagai Google Play Best App of 2022.

KitaLulus dilengkapi dengan sistem berteknologi canggih yang akan mencegah perusahaan bodong masuk ke ekosistem KitaLulus. Jadi, jobseeker tidak perlu khawatir ketika melamar kerja karena seluruh lokernya sudah pasti terpercaya.

Nah, tunggu apalagi? Kamu sekarang sedang mencari lowongan kerja yang sesuai jurusan dan kualifikasi kamu? Segera unduh aplikasi KitaLulus di PlayStore atau AppStore dan lakukan registrasi secara singkat untuk melamar banyak lowongan sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top