Apa Itu Skincare? Ini Bahan, Jenis, & Aturan Pakainya yang Benar

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Bagi anak muda, produk perawatan kulit atau skincare adalah salah satu hal terpenting untuk kegiatan sehari-hari. Bukan hanya untuk memperbaiki penampilan, skincare juga dapat melindungi kita dari berbagai ancaman kesehatan, mulai dari kulit kering sampai kanker kulit.

Akan tetapi, masih banyak nih yang belum kenal apa itu skincare dan jenis-jenisnya. Padahal, buat kamu yang sudah masuk usia mencari kerja, memakai skincare adalah salah satu cara terbaik menjaga penampilan tetap fresh.

Jadi, sebenarnya apa itu skincare? Apa saja bahan-bahan yang dikandung di dalamnya? Bagaimana urutan skincare yang benar untuk pagi dan malam hari? Simak bahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Skincare?

Apa itu skincare

Sebelum kita membahas apa itu skincare, ada baiknya jika kita mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada penemu dan pencipta racikan skincare pertama kali.

Tanpa jasa mereka, mungkin sampai sekarang kita tidak mengetahui apa itu skincare. Atau mungkin bisa saja inovasi skincare belum seperti sekarang ini. Tanpa kita sadari, ada begitu banyak produk skincare yang kita gunakan sehari-hari.

Skincare merupakan produk bermanfaat yang digunakan untuk membantu merawat kulit. Hebatnya, skincare bisa bekerja sesuai dengan ragam masalah jenis kulit wajah kita.

Umumnya, saat kita memilih apa itu skincare yang akan kita gunakan, kita akan melakukan semacam tes kulit untuk mengetahui bagaimana kondisi kulit kita. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Mulai dari melembabkan, memberikan nutrisi, melindungi lapisan kulit, dan merawat kondisi kulit kita. Singkatnya, apa itu skincare adalah rangkaian kegiatan perawatan kulit untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Bahan-Bahan Aktif dalam Skincare

Bahan bahan aktif dalam skincare

Saat pembahasan apa itu skincare, kita pasti penasaran dengan bagaimana cara kerja skincare. Ternyata, skincare mengandung bahan-bahan aktif yang berfungsi untuk merawat kulit kita.

Bahan-bahan aktif inilah yang nantinya akan bekerja langsung untuk mengatasi masalah kulit yang kita alami. Bahan-bahan yang terkandung tidak luput dari fungsi apa itu skincare dan sudah terbukti secara ilmiah manfaatnya untuk kulit kita. Beberapa contoh bahan skincare tersebut diantaranya:

1. AHA, BHA, dan PHA

Kandungan bahan aktif pertama dalam apa itu skincare adalah AHA, BHA, dan PHA. Jika kamu perhatikan, ketiga kandungan bahan aktif ini biasanya ada di produk skincare untuk mengangkat sel kulit mati.

Ketiga kandungan bahan aktif ini bisa kamu temukan dalam apa itu skincare seperti toner, sabun cuci muka, eksfoliator, serum, masker, hingga body lotion. Kandungan aktif asam ini berfungsi cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering, warna kulit tidak merata, dan jerawat.

Namun, sebelum kamu memilih apa itu skincare yang memiliki kandungan ketiga bahan aktif ini, sebaiknya lakukan tes reaksi alergi dulu. Sebab, jika tidak cocok dengan kondisi kulit kamu, ketiga bahan aktif ini bisa menyebabkan iritasi.

2. Retinol

Dalam apa itu skincare, ada bahan aktif retinol yang terbuat dari vitamin A. Jika kamu sering memperhatikan komposisi bahan skincare, kamu bisa menemukan retinol dengan nama tretinoin, adapalene, tazarotene, alitretinoin, dan bexarotene.

Meskipun memiliki nama yang berbeda dalam kandungan apa itu skincare, semuanya memiliki manfaat yang sama. Bahan aktif retinol digunakan untuk menghilangkan jerawat yang memiliki tingkat keparahan ringan hingga sedang.

Tidak hanya jerawat, bahan aktif dalam skincare ini juga bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah kamu, mencegah keriput, dan juga bisa untuk mengobati kutil.

3. Niacinamide

Bahan aktif selanjutnya dalam apa itu skincare adalah niacinamide. Bahan aktif ini merupakan sejenis vitamin B3 dan biasanya ditemukan dalam produk skincare serum. Bahan aktif niacinamide bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Terutama untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Sebab, dalam kandungan apa itu skincare, niacinamide membantu pembentukan keratin yang merupakan protein untuk membuat kulit sehat dan lembut.

Selain itu, kandungan bahan aktif dalam skincare ini juga bisa membantu menjaga lapisan pelindung kulit, mengurangi kelebihan minyak, mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari, hingga menunda penuaan kulit.

4. Centella Asiatica (Daun Pegagan)

Centella asiatica atau daun pegagan, bahan skincare alami terbaik

Dalam apa itu skincare, bahan aktif centella asiatica atau daun pegagan bisa berfungsi untuk membantu mengatasi luka. Hal ini karena kandungan bioaktifnya yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, antivirus, hingga antiulcer.

Sama seperti niacinamide, kandungan centella asiatica dalam apa itu skincare juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Tahukah kamu bahwa, kolagen merupakan fondasi utama kulit agar tetap elastis?

Tanaman berbentuk kipas satu ini cocok digunakan jika kamu memiliki bekas luka, stretch mark, dan mencegah penuaan dini kulit.

5. Hyaluronic Acid

Jika kamu perhatikan, banyak produk skincare yang melakukan inovasi dan menambahkan bahan aktif ini. Tapi tahukah kamu apa manfaatnya? FYI, hyaluronic acid adalah zat bening dalam jaringan kulit yang dibentuk oleh tubuh secara alami. Fungsi utama dari bahan aktif ini adalah untuk melumasi jaringan kulit sehingga tetap lembab dan lentur.

Manfaat bahan skincare berupa hyaluronic acid adalah untuk membantu mengurangi kerutan pada kulit wajah, melembabkan kulit, dan memperbaiki kulit yang terbakar sinar matahari.

6. Alpha Arbutin

Bahan skincare bernma alpha arbutin terbuat dari berbagai jenis tanaman dan buah-buahan. Seperti bearberry, blueberry, cranberry, kulit pir, dan gandum. Kandungan bahan aktif dalam apa itu skincare ini mudah larut dalam air, sehingga bisa diserap dengan mudah di kulit kita. Manfaat dari alpha arbutin ini diklaim bisa mencerahkan wajah tanpa menyebabkan iritasi.

Selain itu, alpha arbutin dalam skincare juga bisa mengurangi flek hitam di wajah, dan memudarkan noda gelap akibat jerawat di kulit, lho!

Jenis-Jenis Produk Skincare yang Wajib Kamu Tahu

Jenis produk skincare

Setelah mengetahui apa itu skincare dan kandungan bahan aktif di dalamnya, di bawah ini ada beberapa jenis produk skincare yang bisa kamu coba, yaitu diantaranya:

1. Sabun Pembersih Wajah

Jenis skincare pertama dan paling sering dipakai adalah sabun pembersih wajah, face foam, face wash, atau yang sejenisnya. Di dunia skincare, ada dua jenis sabun pembersih wajah yang bisa kamu pakai, yaitu sabun untuk kulit kering dan berminyak.

Jika kulit wajah kamu cenderung kering, kamu bisa memilih sabun pembersih wajah yang bisa meningkatkan kadar kelembaban wajah. Sebaliknya, kalau kulit wajah kamu cenderung berminyak dan mudah berjerawat, pastikan pakai sabun yang dapat meringkas pori-pori dan mengesatkan kulit, ya!

2. Toner Wajah

Toner adalah salah satu jenis skincare yang digunakan untuk melembabkan dan menetralkan pH kulit setelah dibersihkan. Umumnya, toner dipakai setelah cleanser atau pembersih wajah, walau ada pula produk kecantikan yang menyatukan face wash dengan toner.

Saat menggunakan toner, pastikan kamu selektif dan tahu mana produk toner paling sesuai untuk pH wajah kamu. Sebab, apabila salah memilih toner, wajah akan terkena dampak, seperti mudah berminyak dan breakout.

3. Pelembab

Jenis skincare selanjutnya adalah pelembab, atau disebut juga dengan cleanser. Seperti namanya, tujuan pelembab adalah untuk melembabkan, menghaluskan kulit wajah, menjaga struktur alami kulit, menyimbangkan kulit dari paparan radikal bebas, dan membantu sel-sel kulit untuk bisa bekerja dengan maksimal.

Kalau kamu memiliki kulit wajah yang kering, normal atau kombinasi, sebaiknya pilih pelembab dalam bentuk krim. Sedangkan penggunaan pelembab dalam bentuk cair dalam apa itu skincare cocok untuk kulit wajah berminyak

4. Tabir Surya atau Sunscreen

Tahukah kamu, paparan sinar matahari dalam waktu yang lama bisa memicu kanker kulit? Agar kulitmu terlindungi, pastikan selalu memakai tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas.

Sunscreen adalah jenis skincare yang bekerja dengan cara menahan radiasi sinar UV matahari masuk ke lapisan kulit dalam, lalu memantulkannya kembali. Akan tetapi, hal ini tidak bisa bertahan terlalu lama, ya! Sebab, sunscreen dengan SPF 30 saja hanya bisa berfungsi 2 jam. Jadi, jika kamu berencana punya aktivitas di luar dalam waktu lama, pakailah sunscreen beberapa jam sekali.

Rekomendasi produk skincare terbaik 2022

5. Serum Wajah

Serum wajah adalah cairan yang memiliki tekstur ringan dan mengandung zat aktif lebih tinggi. Produk skincare ini diklaim bisa meresap ke kulit wajah lebih efektif dibandingkan pelembab atau krim wajah.

6. Essence

Sama seperti serum wajah, essence juga produk skincare berbahan dasar air dengan bahan aktif tinggi. Tujuan penggunaan essence adalah untuk melembabkan kulit dan membantu produk skincare lainnya agar bisa lebih meresap ke dalam kulit.

7. Ampoule

Dalam rangkaian skincare, kamu pasti pernah mendengar ampoule. Produk skincare yang satu ini diklaim dapat mengatasi masalah kulit lebih spesifik dengan waktu yang cepat dibandingkan serum dan essence.

8. Krim Mata

Jika kamu memiliki masalah kantung mata, mata panda, atau adanya kerutan di area mata, sebaiknya gunakan krim mata untuk mengatasinya. Rangkaian apa itu skincare yang satu ini bisa digunakan pada malam hari.

9. Face Oil

Face oil bisa digunakan sebagai bagian dari urutan skincare malam kamu. Namun penggunaan produk satu ini tidak disarankan jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, ya! Sebab penggunaan face oil bisa berpotensi membuat minyak berlebih dan rentan muncul jerawat.

Urutan Skincare yang Benar

Urutan skincare yang benar pagi dan malam

Setelah mengetahui bahan aktif, produk dalam rangkaian apa itu skincare, saat kamu mengetahui bagaimana urutan skincare yang benar. Urutan skincare ini tidak boleh acak, ya!

Baik untuk urutan skincare pagi maupun urutan skincare malam. Sebab, jika tidak dilakukan secara berurutan, kamu tidak bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. Nah, berikut urutan skincare yang benar dalam rangkaian apa itu skincare. Ingat, lakukan sesuai dengan urutannya, ya!

1. Urutan skincare pagi

  • Sabun pembersih wajah
  • Toner wajah
  • Essence
  • Serum wajah
  • Pelembab
  • Sunscreen

2. Urutan skincare malam

  • Make up remover
  • Sabun pembersih wajah
  • Scrub wajah atau eksfoliasi (lakukan 1-2 kali dalam seminggu)
  • Toner
  • Essence
  • Krim mata (optional)
  • Krim malam
  • Sleeping mask (optional)
  • Face oil (optional)

Demikian penjelasan terkait apa itu skincare, urutan skincare yang benar, urutan skincare pagi, dan urutan skincare malam yang bisa langsung kamu praktikan! Jangan lupa untuk cek kondisi kulit wajah kamu terlebih dulu sebelum membeli rangkaian produk skincare, ya!

Nah, jika kamu ingin beli skincare tapi dompet menipis, coba cari pekerjaan sampingan atau freelance di KitaLulus, yuk! Bukan hanya banyak pilihannya, KitaLulus juga punya fitur Whatsapp HRD yang membuat kamu bisa follow up HRD perusahaan impianmu langsung, lho! Bersama KitaLulus, proses melamar kerja dijamin lebih mudah dan menyenangkan!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up