17 Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Terbaik dan Terakurat

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, entah untuk berkomunikasi dengan orang dari negara lain ataupun melamar kerja. Nah, dengan kecanggihan teknologi, kini ada banyak aplikasi translate Inggris Indonesia gratis yang dapat kamu gunakan untuk menunjang komunikasi.

Apa saja aplikasi tersebut? Simak deretannya berikut ini.

Aplikasi Translate Inggris Indonesia Terbaik untuk Android

Bagi pengguna Android, KitaLulus akan bagikan beberapa rekomendasi aplikasi translate Inggris Indonesia terbaik yang bisa dipasang di handphone kamu. Bisa juga diakses offline jadi kamu tidak perlu selalu menyambungkan ke internet untuk menggunakannya.

1. Instant Voice Translate dari Erudite

Instant Voice Translate merupakan aplikasi translate Inggris Indonesia menggunakan suara yang sangat berguna jika kamu sedang buru-buru membutuhkan penerjemahan bahasa. Cukup menekan voice record di aplikasi, terjemahan akan langsung keluar dalam bentuk tulisan dan menjelaskan cara pengucapannya yang benar.

Aplikasi dari Erudite ini telah dipercaya oleh lebih dari 1.000.000 pengguna dengan ulasan positif dan rating hampir sempurna, yaitu 4,9.

2. Reverso Translate and Learn

Aplikasi penerjemahan Inggris ke Indonesia selanjutnya adalah Reverso Translate and Learn. Sesuai namanya, kamu tidak hanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk keperluan penerjemahan saja, tetapi kamu juga dapat belajar bahasa Inggris supaya semakin lancar.

Setiap menerjemahkan, kamu bisa menemukan arti yang lebih dalam dan bervariasi dari setiap katanya. Dengan begitu, kosa kata kamu akan terus bertambah.

3. Klays-Development

Klays-Development merupakan pengembang dengan berbagai aplikasi penerjemahan. Nah, jika kamu membutuhkan aplikasi translate Inggris Indonesia, kamu bisa memilih aplikasi yang Indonesia-Inggris Penerjemah. Cara penggunaannya yang mudah membuat aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 100.000 pengguna.

4. Speak and Translate

Sebagaimana namanya, aplikasi translate Inggris Indonesia ini bisa dioperasikan dengan berbagai cara. Jika biasanya kamu hanya mengirim tulisan untuk diterjemahkan, di aplikasi Speak and Translate kamu dapat mengirim perintah melalui suara hingga menulis secara langsung.

Speak and Translate juga dilengkapi dengan fitur suara sehingga setelah menerjemahkan kamu bisa mendengarkan cara pengucapannya. Hal ini akan sangat berguna ketika kamu butuh menerjemahkan sesuatu dan bingung bagaimana pengucapannya yang benar.

5. UDictionary

UDictionary bisa kamu unduh di Play Store. Sejak diluncurkan pada Maret 2016 lalu, UDictionary sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna, lho. Tidak heran, karena aplikasi translate ini memang memiliki banyak fitur yang oke.

Aplikasi ini bahkan bisa mendeteksi tulisan gambar dan langsung memproses terjemahannya dengan baik. Tidak hanya Inggris dan Indonesia, ada total 108 bahasa yang bisa diproses penerjemahannya melalui UDictionary.

6. Dict.cc Dictionary

Aplikasi Dict.cc Dictionary hanya berukuran 5,4MB sehingga sangat ringan untuk dioperasikan di handphone kamu. Memperoleh banyak respons positif di Google Play, aplikasi ini memang mampu menerjemahkan Inggris-Indonesia dengan baik. Kamu juga bisa belajar vocabulary di aplikasi ini, lho.

7. Microsoft Translate

Microsoft Translate bukan hanya sekadar aplikasi penerjemahan biasa. Selain dapat digunakan untuk menerjemahkan kalimat Inggris-Indonesia, kamu juga bisa langsung mengaplikasikan keperluan percakapan sederhana di sini.

Pasalnya, Microsoft Translate sudah memiliki daftar kalimat sederhana yang biasa dibutuhkan ketika traveling. Jadi, jika kamu ingin berlibur atau tugas ke luar negeri, aplikasi ini bisa sangat membantu.

8. Day Translations

Day Translations mengklaim aplikasinya memiliki sistem dengan powerful translation tool. Tidak heran, aplikasi ini memang memiliki sistem yang mendeteksi beberapa perintah, seperti penerjemahan melalui tulisan hingga kamu bisa meng-upload dokumen yang ingin kamu translate. Aplikasi translate ini memiliki rating 4,7 di Google Play Store.

9. Yandex Translate

Yandex Translate memiliki tampilan yang menarik, tetapi sama sekali tidak mengganggu fungsi utamanya yaitu sebagai aplikasi penerjemahan. Kamu bahkan bisa melakukan penerjemahan secara langsung melalui gambar yang bisa kamu ambil pada saat itu juga.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis yang Bisa Kamu Coba!

Aplikasi Translate Inggris Indonesia yang Bagus untuk iOS

Aplikasi translate Inggris Indonesia tidak hanya untuk pengguna Android, kok. Bagi pengguna iOS juga tersedia banyak aplikasi penerjemahan dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Berikut daftarnya.

1. TripLingo

Sedang melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri tetapi agak minder dengan cara pengucapan bahasa Inggris kamu? Tenang, aplikasi TripLingo bisa kamu andalkan. Aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan kosa kata keseharian sehingga ketika kamu bertemu orang lokal di jalan dan mereka berbicara dengan bahasa slang, kamu tetap bisa memahaminya.

2. iTranslate

Ketika paket internet habis dan Wi-Fi tidak bisa terhubung ke iPhone kamu padahal kamu butuh menerjemahkan dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya, kamu dapat menggunakan aplikasi iTranslate. Yup, aplikasi tersebut tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Aplikasi ini bahkan memiliki fitur kamus visual di mana kamu bisa mengambil gambar atas suatu benda dan akan langsung diterjemahkan. Keren ya!

3. Naver Papago

Naver Papago dikembangkan oleh Naver Corp, sebuah perusahaan yang juga mengembangkan Naver, mesin pencarian asal Korea. Naver Papago bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan tulisan yang ada di gambar, sehingga kamu tidak perlu mengetiknya secara manual.

4. Linguee

Linguee memiliki ulasan yang baik tentang tampilan antarmukanya. Mudah digunakan, aplikasi translate Inggris Indonesia terbaik ini punya fitur cara pengucapan sehingga pengguna bisa dengan mudah belajar pronunciation secara langsung dari kalimat yang diterjemahkan. 

5. SayHi

SayHi bisa digunakan untuk keperluan menerjemahkan kalimat formal dan informal. Selain mengetik untuk menerjemahkan di aplikasi, kamu bisa melakukan penerjemahan dengan cara merekam suara. Jadi lebih praktis, kan?

6. Dict Box

Kamu menemukan tulisan bahasa Inggris yang tidak pernah kamu baca atau dengar sebelumnya? Bisa lho langsung kamu terjemahkan dengan cara memotretnya melalui aplikasi Dict Box. Nantinya, kata-kata tersebut akan disorot oleh sistem aplikasi lalu akan muncul pengertiannya sesuai dengan kamus.

7. Babylon

Aplikasi translate Inggris Indonesia bernama Babylon ini dapat kamu gunakan untuk menerjemahkan dokumen berbahasa Inggris dengan mudah. Tidak perlu mengetik ulang di aplikasi, kamu cukup melampirkan dokumennya lalu akan dengan otomatis diterjemahkan dengan kualitas yang baik.

8. Worldictionary

Worldictionary memiliki fitur penerjemahan yang cepat dengan kualitas baik. Kamu bisa menerjemahkan melalui ketikan langsung di aplikasi hingga mengambil gambar sebuah tulisan. Selain Inggris, kamu juga dapat mengakses 13 bahasa lainnya di aplikasi penerjemahan ini.

Baca juga: Bahasa Inggris Kamu Masih Gagap? Tonton 7 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Ini

Itulah deretan aplikasi translate Inggris Indonesia terbaik untuk pengguna Android dan iOS. Dari semua aplikasi di atas, mana nih yang sudah pernah kamu coba dan paling enak digunakan versi kamu? Atau kamu belum pernah mencoba satu pun aplikasi di atas karena selama ini menggunakan Google Translate?

Selain aplikasi penerjemah yang berguna untuk dunia kerja, kamu juga bisa banget nih menginstal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Aplikasi KitaLulus bukan hanya sekadar platform pencarian kerja, tetapi memiliki berbagai fitur berguna yang bisa membuat kamu meningkatkan skill seputar kerja.

Ada fitur Komunitas KitaLulus juga di mana kamu bisa memilih bergabung ke komunitas sesuai bidang keahlian kamu. Di sana kamu dapat berbagi ilmu baru dan berdiskusi seru dengan para anggotanya. Jadi, selain memperluas wawasan, kamu juga bisa memperluas networking profesional.

Ingin mendapatkan pekerjaan sesuai impian dan meningkatkan kemampuan di ranah kerja? Gunakan aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up