7 Cara Agar Tidak Overthinking Demi Mental yang Sehat

Annissa Manystighosa
Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

Isi Artikel

Apakah kamu sering overthinking sebelum tidur? Tidak hanya melelahkan, overthinking juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu sebaiknya kamu mencari tahu bagaimana cara agar tidak overthinking supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga.

Overthinking sebenarnya cukup umum terjadi, dan siapa pun bisa mengalaminya. Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara menghilangkan perasaan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengapa Overthinking Harus Dihindari?

Overthinking adalah keadaan di mana seseorang terlalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi secara berlebihan.

Sebagai contoh kamu merasa cemas di malam hari sebelum presentasi di kantor. Kamu memikirkan segala hal negatif, takut lupa materi, takut dinilai presentasimu jelek, dan lainnya. Padahal, semua kekhawatiranmu tersebut belum tentu terjadi dan hanya ada dalam anganmu saja.

Nah, kecemasan dan ketakutan ini muncul karena overthinking. Sikap seperti ini mungkin baik karena kamu berpikir tentang segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum melakukan sesuatu.

Namun, di sisi lain hal tersebut juga dapat merugikan kamu. Pasalnya, overthinking akan membuat tenaga kamu terkuras. Alhasil kamu dapat merasa cemas dan tidak tenang dalam hidup sehingga muncullah stres. Apabila stres terjadi terus-menerus maka bisa berisiko pada gangguan mental.

Penyebab Overthinking

Penyebab Overthinking

Perlu kamu pahami bahwa overthinking sebenarnya bukanlah suatu gangguan mental, melainkan perilaku yang dilakukan secara berulang kali sehingga menjadi kebiasaan.

Orang yang suka overthinking biasanya memikirkan sesuatu yang akan maupun telah terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari cemas, sakit hati, rasa bersalah, malu, marah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Mental Block, Penyebab, Ciri, Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Mengalami Overthinking

Seperti yang sudah dijelaskan, overthinking adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, dan orang yang melakukannya biasanya tidak menyadarinya. Berikut tanda-tanda overthinking:

1. Memikirkan Sesuatu Berulang-ulang dan Sering

Salah satu tanda overthinking adalah kamu memikirkan segala sesuatu terlalu sering dan terus menerus. Bahkan, hal ini bisa membuatmu sulit berkonsentrasi dan memperhatikan lingkungan sekitar.

2. Banyak Memikirkan Hal-hal yang Tidak Penting

Boleh saja memikirkan masalah atau kesalahan di masa lalu, karena terkadang hal ini dapat membantu menemukan cara untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik.

Tetapi pikiran seseorang yang overthinking biasanya tidak mengarah pada pemecahan masalah. Justru, biasanya mereka cenderung berfokus pada penyebab masalah dan asumsi tentang kemungkinan-kemungkinan lain, bahkan hal memalukan yang mungkin tidak akan terjadi.

3. Mengalami Kesulitan Tidur

Ketika overthinking melanda, kamu sulit tidur setiap malam karena mengkhawatirkan segala hal. Padahal, kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental.

Selain itu, orang yang berpikir berlebihan seringkali merasa sulit atau takut untuk mengambil keputusan karena terlalu memikirkan apa yang mungkin terjadi jika mereka melakukan kesalahan atau membuat keputusan yang salah.

Baca Juga: 15 Cara Menghilangkan Gabut dengan Kegiatan Bermanfaat

Cara Mengatasi Overthinking

Cara Mengatasi Overthinking

Setelah membahas mengenai penyebab dan ciri-cirinya, sekarang saatnya kita membahas cara agar tidak overthinking di malam hari.

1. Berhenti dan Coba Cari Tahu Penyebabnya

Cara agar tidak overthinking yang pertama adalah menyadari bahwa kamu sedang mengalaminya. Setelah sadar, berhentilah sejenak dan tenangkan pikiranmu. Selanjutnya cari tahu dari mana asal masalah di kepalamu.

Apakah berhubungan dengan pekerjaan, hubungan, keluarga, atau hal lain? Jika perlu, tuliskan ide-idemu dan bacalah satu per satu. Kemudian, temukan pemikiran yang tidak penting dan coret dari daftar.

2. Mencoba Sesuatu yang Baru

Cara ini dapat membantu kamu berhenti memikirkan apapun yang ada di kepalamu. Orang yang cenderung berpikir terlalu banyak harus mencoba mengalihkan pikirannya.

Kamu dapat mencoba hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya, bergabung dengan komunitas di kotamu, berpetualang dengan teman, atau sekadar menonton film dan memasak di rumah, yang sejauh ini jarang kamu lakukan.

3. Cobalah Untuk Membuka Wawasan

Memiliki pikiran dan wawasan terbuka dapat membantumu menemukan jawaban atas berbagai masalah. Cobalah pikirkan masalah yang kamu alami dari sudut pandang yang berbeda.

Singkirkan pikiran buruk dan mulailah berpikir lebih positif. Selain membantumu menemukan jawaban, hal ini dapat membantumu berhenti memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Baca Juga: Apa Itu Insecure dan Bagaimana Pengaruhnya dalam Karier Seseorang?

4. Tantang Ketakutanmu Sendiri

Ketakutan dapat menghambatmu untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Kamu tidak dapat memikirkan hal lain jika yang kamu lakukan hanyalah memikirkan hal-hal yang membuatmu takut.

Kamu bisa menghadapi ketakutanmu dengan memberi hadiah pada diri sendiri jika bisa melewatinya. Jadi, kamu tidak akan terjebak dalam ketakutan yang berlarut-larut.

5. Jika Tidak Berhasil, Ubah Ketakutanmu Menjadi Kegembiraan

Jika kamu merasa overthinking saat harus membuat pilihan, cobalah menuliskan apa yang kamu takuti. Kemudian buatlah rencana untuk mengatasi ketakutan itu.

Hal ini juga membantumu terbiasa menghadapi hal-hal buruk. Memiliki rencana B akan membuatmu merasa lebih nyaman dan tidak terlalu takut akan hal yang tidak diinginkan.

6. Tetapkan Tenggat Waktu untuk Membuat Keputusan

Sering kali, orang merasa overthinking ketika mereka harus membuat keputusan besar. Mereka tidak mau mengambil langkah yang salah, sehingga mereka terus memikirkan apa yang harus mereka lakukan.

Menetapkan batasan saat mengambil keputusan adalah cara agar tidak overthinking di malam hari. Sehingga kamu punya waktu untuk memutuskan kapan harus memikirkannya dan kapan harus berhenti.

7. Perbanyak Bersyukur

Kebiasaan berpikir berlebihan tidak akan berhenti begitu saja. Namun, hal ini dapat kamu kendalikan. Salah satu cara agar tidak overthinking adalah memperbanyak bersyukur. Dengan begitu, ini membuat pikiran kamu menjadi positif.

Itulah beberapa cara agar tidak overthinking sebelum tidur yang bisa kamu coba.

Dewasa ini, banyak orang mengalami overthinking karena belum mendapat pekerjaan. Ketika ini terjadi, janganlah berputus asa.

Gunakan aplikasi KitaLulus untuk melamar pekerjaan yang terpercaya. Dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan puluhan ribu lowongan kerja dari berbagai industri dan perusahaan. Jadi, yuk lamar sebanyak-banyaknya agar kesempatanmu mendapat pekerjaan impian juga semakin tinggi!

Download aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up