6 Contoh Iklan Layanan Masyarakat, Tujuan, Ciri, dan Jenisnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Setiap harinya pasti kita melihat iklan, termasuk juga iklan layanan masyarakat atau disingkat ILM. Contoh iklan layanan masyarakat sendiri ada banyak, mulai dari mengangkat isu sosial, kesehatan, dan lain sebagainya.

ILM menjadi salah satu cara pemerintah atau NGO untuk menyampaikan suatu anjuran yang berkaitan dengan kepentingan umum.

Lantas, sudahkah kamu paham apa itu iklan layanan masyarakat? Apa pula yang membedakan iklan ini dengan iklan biasa? Mari kita bahas satu per satu dalam artikel berikut.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah sebuah iklan yang berisikan pesan-pesan sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terkait isu sosial tertentu.

Menurut Undang-undang Nomor 32 Tahun 2022 tentang Penyiaran, iklan layanan masyarakat adalah iklan non komersial yang mempromosikan gagasan, cita-cita, atau anjuran kepada masyarakat untuk memengaruhi orang banyak agar bertindak sesuai dengan pesan iklan tersebut.

Sedangkan pengertian iklan layanan masyarakat menurut ahli Rachmat Kriyantono, Ph.D adalah iklan yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan program pemerintah untuk kepentingan bersama.

Itulah mengapa contoh iklan layanan masyarakat biasanya berbentuk ajakan, perintah, imbauan, saran, larangan, sampai seruan.

Sejarah Iklan Layanan Masyarakat

Tahukah kamu, contoh iklan layanan masyarakat pertama kali dibuat di Amerika pada 1942. Saat itu untuk pertama kalinya The Advertising Council atau Dewan Iklan dibentuk.

Sejarah Iklan Layanan Masyarakat
Sumber: Adcouncilorg

Hal tersebut didorong oleh terjadinya Perang Dunia II yang melahirkan para ahli komunikasi. Kehadiran para ahli komunikasi ini dimanfaatkan oleh negara yang berperang untuk melakukan propaganda guna memenangkan peperangan.

Lalu, setelah perang selesai dan keadaan berangsur membaik, Dewan Iklan Amerika gencar membuat iklan layanan masyarakat dengan tujuan memperbaiki pendidikan dan mempromosikan vaksin polio. Hingga pada tahun 1970 iklan tentang penggunaan obat-obatan terlarang juga gencar dipromosikan.

Sampai puncaknya pada tahun 1989, Dewan Iklan Amerika setidaknya menerima hingga 400 permintaan dari pihak pemerintahan dan NGO untuk mengampanyekan masalah sosial. Hasilnya mereka menerima sumbangan senilai 1,9 juta dollar dari beberapa perusahaan internasional.

Di Indonesia sendiri ILM mulai banyak digunakan pada tahun 1969, di mana biro iklan Intervista menjadi pelopor pertamanya.

Saat itu, iklan layanan masyarakat yang dibuat berisikan pesan mengenai bahaya memasang petasan yang pada tahun 1968 sedang marak. Lalu pada tahun 1974, ILM kembali diproduksi dan disiarkan ke seluruh Indonesia dengan mengangkat pesan hubungan orang tua dan anak.

Setelahnya pada masa order baru, ILM banyak digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya KB, Aku Anak Sekolah, sampai Pemilu Visi Anak Bangsa.

contoh iklan layanan masyarakat di indonesia
Sumber: Pinimgcom

Baca juga: 10 Contoh Iklan Media Cetak dan Ciri-Cirinya - KitaLulus

Tujuan Iklan Layanan Masyarakat

Di beberapa negara maju, ILM dibuat dengan tujuan untuk memperbaiki masalah-masalah yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat atau perubahan nilai.

Iklan ini menggerakan solidaritas masyarakat terhadap suatu isu permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya ini terkait dengan kondisi yang dapat mengancam keharmonisan kehidupan bermasyarakat dan kehidupan umum.

Tujuan iklan layanan masyarakat secara umum adalah:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu isu sosial.
  • Mengubah perilaku masyarakat yang cenderung melanggar peraturan yang berlaku.
  • Mengimbau masyarakat untuk merespons positif suatu kebijakan yang dikeluarkan.
  • Mengenalkan kegiatan atau program pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat.

Isi Iklan Layanan Masyarakat

Ada beberapa hal yang membedakan ILM dengan iklan komersial pada umumnya, seperti berikut ini:

  • Isi pesan ILM tidak membujuk orang untuk membeli sesuatu, melainkan justru memberikan solusi atau ajakan kepada masyarakat.
  • Pesan dalam iklan ini mengimbau masyarakat secara umum untuk melakukan suatu tindakan untuk kepentingan bersama.
  • ILM adalah bagian dari kampanye sosial yang bertujuan menyuarakan gagasan untuk kepentingan umum.

Baca Juga: Iklan Advertorial: Pengertian, Jenis, Ciri, Cara Membuatnya

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat berfungsi untuk mempromosikan program, kegiatan, layanan pemerintah atau NGO, dan memberitahu masyarakat mengenai layanan yang dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, ILM juga punya fungsi lainnya, antara lain:

1. Agen Pengubah Masyarakat

ILM banyak dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah masyarakat yang menyangkut kebiasaan atau digunakan untuk perubahan nilai norma.

2. Pemberi Solusi

Fungsi lainnya adalah sebagai penggerak solidaritas masyarakat yang memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

3. Sebagai Pengingat

ILM juga mengingatkan kepada masyarakat tentang isu atau permasalahan sehingga masyarakat mengikuti anjuran yang diberikan.

Ciri-ciri Iklan Layanan Masyarakat

ILM memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan iklan lainnya, antara lain:

  • Iklan tidak untuk kepentingan komersil.
  • Bersifat umum.
  • Dibuat untuk seluruh lapisan masyarakat.
  • Memiliki dampak besar.
  • Diajukan oleh organisasi yang telah diterima dan diakui.

Baca Juga: 6 Unsur Iklan Terpenting dan Ciri-Cirinya

Jenis Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

  • Iklan korporat, adalah iklan yang tak selalu ada hubungannya dengan produk barang maupun jasa. Tujuan iklan ini yaitu membangun citra perusahaan dan membentuk reputasi.
  • Iklan politik, yaitu iklan yang dibuat untuk kampanye program partai politik sehingga bertujuan mencari suara rakyat. Biasanya kandidat partai politik akan menentukan isu atau topik untuk membentuk opini publik dan menyebarkan pengaruh dalam membuat keputusan politik.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Bentuk dari contoh iklan layanan masyarakat ada banyak. Biasanya ILM sering ditemukan di pamflet, banner, foto maupun iklan display. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Berhenti Merokok

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Berhenti Merokok
Sumber: Maxmanroe

2. Contoh Iklan Menjaga Kebersihan

Contoh Iklan Menjaga Kebersihan
Sumber: Gonelid

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Hemat Air

Contoh Iklan Layanan Masyarakat tentang Hemat Air
Sumber: Maxmanroe

4. Contoh Iklan untuk Membentuk Kebiasan Baru

Contoh Iklan untuk Membentuk Kebiasan Baru
Sumber: Docplayerinfo

5. Contoh Iklan Tentang Pentingnya Vaksinasi Campak

Contoh Iklan Tentang Pentingnya Vaksinasi Campak
Sumber: Katadata

6. Contoh Iklan Ajakan Makan Ikan

Contoh Iklan Ajakan Makan Ikan
Sumber: Kuliahdesain

Nah, itulah dia informasi mengenai pengertian iklan layanan masyarakat. Semoga informasi di atas menambah pengetahuan kamu. Terutama untuk kamu yang berminat bekerja sebagai desain grafis, content creator, dan sejenisnya.

Bagi kamu yang ingin menemukan banyak iklan lowongan pekerjaan yang terpercaya dan aman, aplikasi KitaLulus adalah jawabannya. Di sini ada 90.000 lebih lowongan dari berbagai perusahaan yang bisa kamu lamar.

Melamar lowongan di aplikasi KitaLulus tidak perlu takut loker penipuan atau palsu karena semua telah melalui verifikasi oleh tim ahli sehingga terjamin keamananya. Yuk, langsung download gratis di Play Store!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up