4 Contoh Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya + Tips Belajar Agar Lebih Cepat Lancar

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Belajar bahasa Inggris percakapan- Hayo apakah kamu suka takut jika bertemu wawancara yang menggunakan bahasa Inggris? Takut jika proses wawancara tidak berjalan interaktif. Sebenarnya untuk menghindari hal tersebut kamu bisa belajar bahasa Inggris percakapan.

Belajar bahasa Inggris terutama masalah percakapan tidak hanya akan bermanfaat saat kamu interview tapi juga demi perkembangan kariermu ke depannya. Supaya bisa memenangi persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif. Untuk membantu kamu, KitaLulus sudah siapkan apa saja materi belajar bahasa Inggris percakapan.

4 Tips Belajar Bahasa Inggris Percakapan Agar Cepat Lancar

Tips belajar bahasa Inggris percakapan

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris jadi salah satu skill yang harus kamu kuasai. Jika kamu belum terlalu menguasai bahasa Inggris tidak ada salahnya untuk kembali mempelajarinya. Terutama belajar percakapan bahasa Inggris, berikut ini beberapa tips belajar bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti.

1. Coba Hafal Kata-kata Umum

Kata-kata umum maksudnya gimana tuh? Maksudnya adalah kata-kata yang sering digunakan sehari-hari. Agar lebih memudahkanmu, cobalah mengelompokkan kata-kata berdasarkan topiknya. Misalnya, topik makanan favorit, kamu bisa membuat daftar kata-kata yang membicarakan makanan favorit kemudian menghafalkannya.

Agar kamu semakin cepat dalam menghafalkannya, coba tempel kata-kata tersebut di tempat-tempat yang kamu jangkau, misalnya di pintu kulkas, meja makan, tempat tidur, dan sebagainya.

 2. Hafalkan Ungkapan-ungkapan Umum

Menghafalkan kata-kata saja tidak cukup. Kamu juga perlu menghafalkan ungkapan-ungkapan yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Pastikan juga kamu tetap memasukkan ungkapan tersebut dalam topik agar kamu mudah menghafalkannya. Dengan begini, kemampuan percakapan bahasa Inggris kamu perlahan akan meningkat.

3. Coba Belajar Bahasa Inggris Melalui Hal yang Kamu Suka

Bila membuka buku membuatmu ngantuk, coba cari cara belajar bahasa Inggris melalui hal yang kamu suka. Misalnya belajar bahasa Inggris melalui lagu atau belajar bahasa Inggris melalui film. Saat kamu mendengarkan lagu atau menonton film, coba perhatikan bagaimana artikulasi dari penyebutan kata tersebut. Kamu juga bisa menandai kata mana saja yang menurutmu masih terdengar asing.

4. Contoh Cara Pengucapan Native Speaker 

Agar kamu tahu bagaimana percakapan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, kamu dapat menirukan bagaimana cara native speaker menyebutkan suatu kata atau mengobrol. Cobalah praktikannya sendiri agar lidahmu jadi terbiasa dengan perubahan bunyi satu ke bunyi lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menirukan intonasi dari kata yang diucapkan.

BACA JUGA: Tes Seberapa Jago Bahasa Inggrismu di Situs Tes Bahasa Inggris Gratis Ini!

Contoh Percakapan dan Dialog Bahasa Inggris, Buat Bahan Praktik!

Contoh percakapan bahasa inggris

Salah satu kunci sukses dalam belajar percakapan bahasa Inggris adalah mempraktikkannya secara langsung. Apa lagi dalam percakapan ada banyak sekali konteks berbeda, jika kamu tidak sering berlatih pasti sulit untuk kamu meningkatkan skill percakapan bahasa Inggris,

Berikut contoh percakapan bahasa Inggris dan topiknya untuk memperlancar speaking dengan lebih cepat.

1. Belajar Percakapan Bahasa Inggris dengan Topik Menanyakan Kabar

Contoh percakapan bahasa Inggris dan artinya

Topik menanyakan kabar dalam bahasa Inggris merupakan kemampuan percakapan dasar yang harus kamu kuasai. Menanyakan kabar ini bisa menjadi pembuka pembicaraan dengan lawan bicara.

Cobalah berlatih dengan contoh percakapan bahasa Inggris berikut:

Rian: Hello, I am Rian, how are you? (Halo saya Rian, apa kabar?)

Dika: Hello, good. How about you? (Halo, baik. Bagaimana denganmu?)

Rian: Great. May I know your name? (Sangat baik. Boleh saya tahu namamu?)

Dika: Of course, i'm Dika nice to meet you (Tentu, saya Dika, senang bertemu denganmu)

Rian: Nice to meet you too, Dika! (Senang bertemu denganmu juga, Dika)

2. Berdialog Bahasa Inggris di Tempat Kerja

Contoh percakapan dialog bahasa inggris di tempat kerja

Momen berdiskusi dalam bahasa Inggris di tempat kerja mungkin saja akan kamu alami. Oleh sebab itu, kamu perlu melatihnya dari sekarang.

Contoh percakapan bahasa Inggris:

Tia: Good morning, Sasya. How are you? (Selamat pagi, Sasya. Apa kabarmu?)

Sasya: I am fine. (Kabarku baik)

Tia: I’m happy to hear that. (Saya senang mendengarnya.)

Sasya : Anyway, has our boss arrived? (Ngomong-ngomong, apakah bos kita sudah datang?)

Tia : Not yet. But, he asked me to prepare everything needed for the meeting today before he arrived. I will be very busy this early morning. (Belum. Tapi, dia memintaku untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk rapat hari ini sebelum dia datang. Aku akan sangat sibuk pagi ini.)

Sasya : Don’t worry. I will help you if you want. (Jangan khawatir. Aku akan membantumu jika kamu mau.)

Tia : Really? Thank you very much! (Benarkah? Terima kasih banyak!)

3. Belajar Bahasa Inggris Percakapan untuk Meeting

Contoh percakapan bahasa inggris saat meeting

Meeting adalah salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan pekerja profesional. Tidak jarang kita juga akan melakukan meeting dengan klien menggunakan bahasa Inggris. 

Cobalah latihan dengan contoh percakapan bahasa Inggris untuk meeting berikut:

Manager: Good morning, guys! Today we will discuss marketing campaign for the 1st quarter in 2021. (Selamat pagi semuanya! Hari ini kita akan membahas kampanye pemasaran untuk kuartal pertama tahun 2021.)

Officer: Good morning, Mam. So, I have researched marketing strategy from our competitor. I’ll share what I’ve searched in my presentation. (Selamat pagi Bu. Jadi, saya telah meneliti strategi pemasaran dari pesaing kami. Saya akan membagikan apa yang telah saya telusuri dalam presentasi saya.)

Manager: Before the presentation starts, is everybody here yet? (Sebelum presentasi dimulai, apa semuanya sudah di sini?)

Officer: Not yet, Irvan is in another meeting. ( Belum, Irvan masih di meeting yang lain)

Manager: Ok, we start this meeting without Irvan.( Ok, kita mulai meeting ini tanpa Irvan )

4. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Interview

Contoh percakapan bahasa Inggris saat interview

Menghadapi interview dengan bahasa Inggris suka membuat kita tegang 2x lipat. Supaya kita bisa menghilangkan tegang saat interview bahasa Inggris, kita bisa lho berlatih dengan percakapan bahasa Inggris dalam interview seperti berikut ini.

Contoh dialog percakapan bahasa Inggris saat interview:

HR: Thank you for attending this interview. Shall we start? (Terima kasih sudah hadir di interview ini. Bisa langsung kita mulai?)

Candidate: Thank you for this opportunity. Sure, we can. (Terima kasih atas kesempatan ini. Iya, bisa)

HR: Ok. Can you tell me about yourself? (Ok. Boleh perkenalan diri kamu?)

Candidate: Good morning. My name is Cahya Gumilar. You can call me Cahya. I am now 25 years old. I completed my Bachelor of Civil Engineering from Bahamas University. In university, I was the assistant lecturer in my department for 2 years and the chief of the Student Executive Board for a year. (Nama saya Cahya Gumilar. Anda bisa memanggil saya Cahya. Saya berumur 25 tahun. Saya adalah Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Bahamas. Di Universitas, saya adalah asisten dosen di jurusan saya selama dua tahun dan menjadi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa untuk satu tahun.)

Kira-kira seperti itulah tips belajar bahasa Inggris percakapan dan contohnya dalam topik seputar dunia kerja. Belajar bahasa Inggris melalui percakapan termasuk cara yang efektif karena kamu secara langsung melatih kosakata dan pemahaman. Dengan begitu, kamu bisa semakin fasih berbahasa Inggris.

Ketika skill bahasa Inggris sudah di tangan, kamu bisa semakin dekat dengan pekerjaan impian. Apalagi sekarang ada aplikasi KitaLulus yang semakin memudahkan kamu menemukan lowongan yang sesuai.

Di KitaLulus, proses melamarnya juga cepat karena lamaran akan langsung masuk ke WhatsApp HRD. Jadi tidak perlu takut di ghosting karena kamu bisa tanyakan langsung kabar lamaranmu. Yuk, download aplikasinya sekarang dan rasakan sensasi cari kerja dengan #LebihMudah!

Close Pop up