Healing Time Viral di Kalangan Milenial dan Gen Z, Ada Manfaatnya?

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Healing time-Apakah kamu sudah pernah dengar istilah healing time? Istilah baru ini menjadi tren yang banyak diperbincangkan di media sosial, baik itu IG, TikTok, dan Twitter.

Istilah healing time sendiri secara sederhana berkaitan dengan kesehatan mental, di mana istilah ini berarti menyehatkan atau menyembuhkan diri. Tapi apa manfaat dari kegiatan ini dan apa rekomendasi melakukan healing time? Mari simak di bawah ini!

Apa Itu Healing Time?

healing time adalah

Di jagat dunia maya, healing time sering disalah artikan menjadi melakukan liburan yang disuka atau makan sesuatu yang enak. Padahal healing time memiliki arti termin untuk penyembuhan atau pemulihan. 

Dari sisi psikologi sendiri, healing time adalah waktu untuk mengakui, membiarkan, menerima, dan memproses pengalaman hidup yang menyakitkan dan memiliki emosi yang kuat.

Orang yang membutuhkan time healing artinya membutuhkan waktu untuk menjernihkan pikiran, mencari ketenangan, atau juga melakukan aktivitas liburan agar semangatnya kembali.

Konsep healing time bisa dilakukan sendiri atau juga dibantu oleh profesional.

Dalam dunia psikologi, healing time dan self healing sendiri berbeda, istilah self healing lebih mengacu kepada tindakan atau upaya yang dilakukan untuk menyembuhkan atau memulihkan diri sendiri.

Pemicu Seseorang Butuh Healing Time

alasan perlu healing time

Setiap orang, mungkin juga kamu pasti membutuhkan penyembuhan pada beberapa fase dalam hidupnya. Ada beberapa pemicu stres (stresor) yang membuat kamu perlu melakukan healing time.

  • Kehilangan orang yang dicinta
  • Mengalami perceraian
  • Putus cinta
  • Masalah pekerjaan
  • Kehilangan pekerjaan
  • Menjadi korban pelecehan, baik emosional, fisik, atau seksual
  • Menderita suatu penyakit.

Atau kamu juga mungkin saja mengalami kemarahan, kesedihan, atau kecemasan yang meningkat dan berlangsung lama sampai memengaruhi kehidupan keseharian kamu. Itulah pemicu mengapa kamu perlu healing time.

BACA JUGA: Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Tengah Sibuk Kerja

Manfaat Healing Time

manfaat healing time

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari healing time, yaitu:

1. Tidak Memiliki Efek Samping

Melakukan healing time tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan atau juga operasi. Ini karena healing dilakukan sendiri dengan cara-cara yang kita sukai.

2. Tidak hanya Menyembuhkan Fisik

Dengan healing time, kamu tidak hanya akan menyembuhkan penyakit fisik, tapi juga masalah mental kamu.

3. Memberikan Sugesti Positif

Proses waktu penyembuhan akan memberikan kamu sugesti-sugesti positif. Sugesti positif ini akan membawa pengaruh besar dalam kehidupan.

4. Menjadi Lebih Bijak

Manfaat healing time juga berpengaruh kepada bagaimana kita menjalani hidup kedepannya. Terutama saat kamu tengah mengambil keputusan atau tindakan.

Orang yang melakukan healing biasanya karena memiliki beban hidup yang berat sehingga memengaruhi pola pikir mereka.

Bah, setelah kamu melakukan pemulihan, kamu bisa merasa "plong" dan bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan. 

5. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat healing dalam karir tentu saja berpengaruh kepada produktivitas. Jika kamu sudah merasa produktivitas mu menurun, mungkin itu waktunya kamu untuk mengambil jeda sejenak dan "refreshing" untuk memilihkan beban mental.

Rekomendasi Kegiatan Healing Time

kegiatan untuk healing time

Bila kamu merasa kamu butuh healing time, ada beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini:

1. Berlibur

Jika kamu sedang jenuh dengan aktivitas sehari-hari, pergi berlibur adalah kegiatan yang bisa dilakukan untuk "refreshing" melepas penat. Cobalah untuk berlibur seorang diri dan sejenak menjauhi rutinitas untuk mengembalikan kesegaran mu sebelum kembali kerutinitas.

Kamu bisa pergi ke tempat wisata alam atau berwisata kuliner.

2. Membersihkan Rumah

Kegiatan membersihkan rumah dapat menjadi rekomendasi kegiatan alternatif untuk kamu yang tinggal sendiri. Sesekali, cobalah untuk membersihkan sudut-sudut rumah yang biasanya sulit dijangkau. Ketika sudah selesai bersih-bersih, kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

3. Membaca Buku

Membaca buku juga bisa kamu lakukan saat butuh healing untuk menyelingi rutinitas sehari-hari. Coba jauhkan diri sementara waktu dari gadget dan fokus membaca buku.

4. Meditasi

Kamu bisa mencoba meditasi di rumah. Ada beberapa meditasi yang bisa kamu lakukan, baik itu mindfulness, konsentrasi, hingga penggunaan mantra. Dengan melakukan meditasi, kamu akan menghasilkan relaksasi yang mendalam dan menghasilkan perasaan lebih positif.

5. Bermain dengan Hewan Peliharaan atau Kesukaan

Bermain dengan binatang juga bisa jadi rekomendasi kegiatan healing time. Apalagi binatang seperti anjing atau kucing memiliki sisi lucu yang dapat menghibur kita dari penatnya bekerja. Jika di sekitarmu tidak ada hewan peliharaan, tenang saja kamu bisa menonton tingkah lucu kucing atau anjing di video dari media sosial.

6. Minum Teh atau Kopi di Tempat Nyaman

Kegiatan healing tidak harus mahal, sekadar minum kopi dan teh di tempat nyaman saja sudah bisa kok. Cobalah kamu lakukan saat jam istirahat kerja, pergi ke coffee shop  yang tak jauh dari kantor dan nikmati waktu menyeruput secangkir teh atau kopi ditemani makanan ringan.

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui seputar healing time. Setelah membaca ini, apakah kamu jadi merasa butuh untuk healing? Kalau iya, ayo lakukan agar kamu kembali ceria!

Jika kamu sedang mencari pekerjaan dengan gaji tinggi atau ingin kerja di perusahaan ternama. Aplikasi KitaLulus bisa wujudkan impian kamu! Di KitaLulus ada banyak pilihan lowongan pekerjaan dengan gaji tinggi dan juga dari perusahaan ternama. Yuk, download aplikasinya sekarang dan cari kerja dengan #LebihMudah!

Close Pop up