Pemula Wajib Coba! Ini 7 Investasi yang Menguntungkan & Mudah Dilakukan

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Saat ini, banyak orang terjun ke dunia investasi karena mendambakan keuntungan besar dan berlipat. Kenyataannya, tidak semua investasi bersifat seperti itu, lho. Ada beberapa investasi yang menguntungkan, dan ada pula yang merugikan, bahkan cenderung pada penipuan.

Oleh karena itu, sebelum kamu terjun ke dunia investasi, kamu harus memahami dulu apa itu investasi, potensi untung dan rugi, serta jenis-jenis investasi yang menguntungkan dan aman untuk dicoba. Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

Apa itu Investasi?

Apa itu investasi

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sementara itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi adalah bentuk penanaman modal jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain agar memperoleh keuntungan.

Kegiatan investasi dapat dilakukan oleh individu atau melalui bantuan pihak ketiga, seperti pialang atau manajer investasi. Selain itu, ada beberapa pihak lain lagi yang terlibat, seperti lembaga pengawas (misalnya OJK) dan bursa/tempat jual-beli saham.

Jika kamu seorang pemula, ada dua hal yang perlu kamu persiapkan sebelum terjun sepenuhnya ke dunia investasi, yaitu:

  • Pemahaman kuat tentang dasar berinvestasi, cara menganalisa, serta strategi untuk melakukan investasi yang menguntungkan.
  • Bantuan dari orang lain yang pengalaman dan dapat dipercaya (jika kamu masih meragukan analisamu sebagai investor pemula)

Tujuan Investasi

Tujuan investasi bagi pemula

Setelah membahas apa itu investasi, kali ini kita akan mengulas apa saja tujuan investasi seseorang, yaitu di antaranya:

1. Untuk Mendapatkan Passive Income

Salah satu tujuan investasi adalah untuk mendapatkan penghasilan tetap berupa passive income. Saat hasil analisamu tepat dan akhirnya membuahkan kegiatan investasi yang menguntungkan, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan tanpa berbuat apapun, lho

Misalnya, kamu melakukan investasi di sebuah toko baju. Maka kamu berhak mendapatkan persentase keuntungan ditiap bulannya dari hasil penjualan toko baju tersebut, tanpa turun tangan dalam operasional toko tersebut. Menarik, kan?

2. Untuk Mengembangkan Bisnis

Poin kedua tujuan investasi adalah untuk mengembangkan usaha, baik yang baru ataupun yang sudah berdiri sebelumnya. Keuntungan yang kamu dapat dari kegiatan investasi dapat kamu putar kembali menjadi modal mewujudkan ide bisnis yang kamu miliki.

3. Untuk Jaminan dalam Bisnis

Dalam kondisi tertentu, ada perusahaan yang sengaja berinvestasi pada rekan supplier-nya dalam proses produksi. Selain untuk mempererat hubungan, tujuan investasi bentuk seperti ini adalah untuk memastikan supplier memprioritaskan kebutuhan bahan baku perusahaan. Selain itu, investor semacam ini juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang lebih baik.

Manfaat Investasi

Manfaat investasi untuk pemula

Faktanya, ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari investasi, apalagi jika kamu berhasil terlibat dalam proyek investasi yang menguntungkan. Selengkapnya tentang manfaat investasi adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Aset

Harga nilai aset pada investasi yang menguntungkan bisa terus bertambah tinggi. Misalnya, kamu membeli aset sebuah tanah kosong dengan harga Rp10 juta, maka di beberapa tahun yang akan datang harga tanah kosong itu bisa mencapai Rp1 M atau bahkan lebih tinggi.

2. Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan

Banyak orang melakukan investasi yang menguntungkan dengan manfaat agar bisa menunjang dan mendukung kehidupan di masa depan. Misalnya, kamu berinvestasi dalam bentuk emas, yang harganya cenderung naik terus dari waktu ke waktu. Akhirnya di masa depan saat dibutuhkan, kamu bisa menjual kembali emas hasil investasimu tersebut.

3. Mengubah Gaya Hidup

Manfaat investasi yang terakhir adalah mengubah gaya hidup. Jangan salah sangka, yang dimaksud di sini bukanlah investasi bisa mengubah gaya hidup dari sederhana menjadi hedon. Memang, investasi yang menguntungkan bisa mengubah kondisi finansialmu 180 derajat. Akan tetapi, manfaat investasi lebih tinggi dari sekadar profit materi.

Dengan berinvestasi, kamu bisa belajar lebih bijaksana dan cerdas dalam mengelola uang. Selain itu, peristiwa-peristiwa yang terjadi selama proses investasi juga akan membuatmu lebih tajam dan bijaksana saat membuat keputusan. 

Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya

Jenis jenis investasi dan penjelasannya

Sekarang setelah paham pengertian investasi serta manfaat dibaliknya, tugasmu tinggal memilih jenis investasi yang menguntungkan dan paling sesuai untukmu. Bingung mau pilih yang mana? Simak jenis-jenis investasi dan penjelasannya di bawah ini.

1. Investasi Properti

Investasi properti merupakan jenis investasi yang menguntungkan dari zaman dahulu. Bentuk investasinya bisa berupa tanah, rumah, ruko, apartemen, dan jenis bangunan lainnya. Harganya pun akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Hingga kini, masih banyak orang yang memilih properti sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Selain itu, investasi properti bersifat jangka panjang dan minim resiko. Namun, kamu perlu modal yang tidak sedikit untuk melakukan investasi jenis ini.

2. Investasi Emas

Sama seperti investasi properti, investasi emas juga sudah dilakukan dari zaman dahulu. Biasanya emas yang dijadikan aset adalah emas batangan atau dalam bentuk perhiasan.

Investasi emas menjadi salah satu investasi yang menguntungkan bagi pemula. Mengapa? Sebab, jika kamu membutuhkan uang dalam waktu terdesak, kamu bisa menjual aset emas. Selain itu, harga emas juga cenderung selalu naik, sehingga potensi ruginya sangat minim.

3. Investasi Reksa Dana

Jenis investasi yang menguntungkan dan cocok untuk pemula berikutnya adalah reksa dana, yaitu investasi berupa gabungan dari surat-surat berharga, seperti obligasi, sertifikat kepemilikan, cek, dan sebagainya. Pemula atau bukan, proses transaksi reksa dana wajib dilakukan dengan bantuan bank kustodian dan manajer investasi. 

4. Investasi Saham

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan paling mainstream adalah saham. Transaksi saham di Indonesia dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI), walau dalam teknisnya kamu bisa menggunakan perantara seperti situs dan aplikasi jual-beli saham.

Tidak seperti reksa dana, kamu bisa melakukan proses investasi saham seorang diri. Akan tetapi, pastikan kamu sudah memahami cara dan strateginya, ya!

5. Investasi Surat Berharga Negara (SBN)

SBN, Jenis investasi yang menguntungkan bisa sampai 100%

Kamu seorang investor pemula, dan tidak ingin menderita kerugian karena salah analisa? Ada satu jenis investasi yang menguntungkan 100%, investasi Surat Berharga Negara adalah namanya.

Surat Berharga Negara atau SBN adalah surat utang yang diterbitkan pemerintah guna menghimpun dana dari masyarakat. Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk menambah APBN atau proyek-proyek krusial lainnya (seperti penanganan pandemi). 

Terkait dengan keuntungan, pemerintah biasanya menawarkan fixed rate atau bunga tetap pada setiap pembeli kupon SBN. Begitu batas pelunasan tiba, pemerintah akan mengembalikan uang masyarakat lengkap dengan tambahan hasil investasi sesuai perjanjian.

6. Investasi Crypto (Mata Uang Digital)

Akhir-akhir ini crypto atau mata uang digital sedang hangat dibicarakan sebagai salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Crypto sendiri merupakan mata uang virtual yang dijamin oleh cryptography dan bisa digunakan untuk bertransaksi dengan yang lainnya melalui online.

Hasil keuntungan yang didapatkan dari bentuk investasi yang menguntungkan ini bisa mencapai 300 kali lipat. Meski demikian, pasar crypto sangat fluktuatif, sehingga bisa saja kamu untung hari ini, tapi rugi berkali lipat keesokan harinya.

7. Investasi Leher Keatas

Ya, kamu tidak salah baca. Jika kamu mencari investasi yang menguntungkan tapi sangat mudah dilakukan, investasi leher keatas menjadi salah satu jawabannya. Sebab tak dapat dipungkiri, penampilan yang enak dipandang akan memberikan kesan pertama yang baik di mata banyak orang.

Faktanya, untuk menjadi “enak dipandang” kamu tidak perlu terlahir rupawan, kok. Cukup lakukan perawatan dengan baik dan telaten agar wajah dan rambutmu tetap segar. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan mengatur pola makan.

Untung - Rugi Investasi dan Konsekuensi yang Harus Siap Dihadapi

Risiko investasi dan konsekuensi yang wajib dihadapi

Jika kamu ingin mendapat penghasilan lebih tanpa bekerja keras 8 jam lamanya, investasi adalah kunci yang akan mewujudkan impian tersebut. Akan tetapi, prinsip utama investasi adalah higher return, higher risks. Semakin tinggi keuntungan yang kamu mau, semakin banyak pula risiko perlu kamu hadapi.

Saat berhasil melakukan investasi yang menguntungkan, kamu memang berpeluang mendapatkan hal-hal berikut ini:

  • Dividen, yaitu pembagian keuntungan tiap periode tertentu dari perusahaan untuk para investor. Semakin besar saham yang kamu punya, maka semakin besar pula jumlah profit sharing yang kamu dapat.
  • Capital gain, yaitu tambahan keuntungan saat kamu berhasil menjual saham dengan nominal lebih tinggi dari harga belinya.
  • Insting dan analisa kuat, karena selama proses investasi kamu harus bisa memprediksi pasar berdasarkan data-data yang ada.

Namun demikian, kamu juga berisiko mengalami banyak kerugian, misalnya:

  • Kerugian emiten atau perusahaan penerima investasi karena tidak berhasil mendapat laba untuk dibagi ke investornya.
  • Capital loss, kebalikan dari capital gain, yang terjadi ketika kamu terpaksa menjual saham dibawah harga saat kamu membeli. 
  • Delisting, yaitu perusahaan keluar atau dikeluarkan dari pasar saham karena alasan tertentu, seperti bangkrut. Jika kamu terlanjur membeli saham dari perusahaan yang “gagal” tersebut, dana investasi yang kamu punya tidak akan bisa ditarik lagi.


Oleh karena itu, sebelum masuk ke dunia investasi, pikirkan dulu matang-matang apakah kamu siap dengan segala konsekuensinya. Jika kamu baru pemula, cobalah memilih investasi yang menguntungkan dengan kepastian 70% - 100%. Meskipun labanya sedikit, kamu bisa menghindarkan diri dari kerugian.

Tapi, kalau kamu belum bekerja (atau pekerjaan yang sekarang hasilnya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan), ada baiknya kamu mencari pekerjaan yang layak dulu sebelum berinvestasi! Kalau tidak tahu harus kemana, cari lowongan kerja di KitaLulus saja!

KitaLulus adalah platform lowongan kerja sekaligus sumber latihan dan upgrade diri bagi pencari kerja. Di situs ini, kamu bukan hanya bisa mengirim lamaran, lho!

Lebih dari itu, kamu juga bisa berkomunikasi langsung dengan HRD tempat kamu melamar. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapat feedback dan saran perbaikan dari HRD, agar lamaranmu cepat diterima. Jadi tunggu apalagi? Yuk, kejar karir impianmu bersama KitaLulus sekarang juga!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up