12 Ide Kado Perpisahan untuk Atasan yang Pensiun/ Pindah Kerja

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Memilih kado perpisahan untuk atasan maupun bos yang pensiun atau pindah kerja mungkin tidak mudah bagi sebagian orang. Kamu pasti ingin memberikan kado yang berkesan dan istimewa apalagi jika kamu cukup dekat dengan atasanmu.

Tapi tak usah khawatir, kamu bisa menyimak daftar referensi kado perpisahan untuk atasan yang cocok dan bermanfaat. Simak, ya!

Tips Memilih Kado Perpisahan untuk Atasan

Sebelum membeli kado, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Tentu saja tujuannya supaya kado yang kamu berikan tepat guna untuk atasanmu. Berikut tipsnya.

  1. Pilih kado berdasarkan hobi atasanmu.
  2. Usahakan memberikan hadiah yang terkesan profesional.
  3. Pilih barang yang bermanfaat sehingga bisa sering digunakan dalam keseharian.
  4. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jika ingin lebih murah, kamu bisa patungan dengan rekanmu di kantor.

Baca Juga: 30 Ucapan Perpisahan Rekan Kerja dan Atasan yang Berkesan

Inspirasi Kado Perpisahan untuk Atasan

Nah, setelah menyimak tips memilih kado perpisahan untuk si bos yang pensiun atau pindah kerja, berikutnya cek rekomendasi kadonya berikut.

1. Sepatu

Sepatu menjadi rekomendasi kado perpisahan untuk atasan yang pertama. Hal ini karena memberikan kado berupa sepatu memiliki filosofi bahwa kamu mendukung langkah si bos ke mana pun dia pergi. Dengan begitu, iringan doa akan menyertainya ketika dia memakai sepatu tersebut.

2. Buku Jurnal

Buku jurnal bisa kamu jadikan kado untuk bos wanita ataupun pria yang akan mengakhiri masa jabatannya di kantor.

Buku ini bisa dia gunakan untuk menuliskan berbagai rencana ke depan setelah keluar dari kantor. Dengan begitu, kado yang kamu berikan akan berguna untuk menyimpan berbagai gagasan yang tengah ia susun.

3. Voucher Holiday

Mungkin atasan kamu cabut dari kantor karena mendapatkan kesempatan atau tawaran yang lebih baik di kantor baru. Namun, tidak ada salahnya kan untuk beristirahat sejenak sebelum memulai kerja di kantor baru? Maka dari itu, ide memberikan kado berupa voucher holiday adalah pilihan terbaik.

4. Tanaman

Filosofi memberikan kado berupa tanaman adalah supaya atasan selalu mengingat kamu dan teman-teman ketika dia merawat tanaman tersebut. Terlebih, merawat tanaman juga bisa membuat relaks pikiran, lho.

5. Set Alat Makan

“Tetap jaga pola makan ya, Pak/Bu, meskipun sibuk di kantor baru!” Pesan itu bisa kamu sematkan di dalam kado perpisahan untuk atasan berupa set alat makan.

Set alat makan ini bisa berisi, sendok, garpu, sumpit, piring, mangkuk, atau bahkan set lunch box serbaguna yang bisa dipakai di kantor barunya.

6. Parfum

Memberikan parfum sebagai kado bisa jadi hal yang tricky jika kamu tidak tahu kepribadian dan wangi kesukaan si bos. Jadi, solusinya kamu bisa cari tahu dulu wangi apa yang disukai atasan kamu.

Baca Juga: 30 Ide Kado untuk Teman Kantor Wanita, Murah Tapi Berkesan

7. Tas Kantor

Ide kado perpisahan untuk bos laki-laki maupun perempuan yang cocok berikutnya adalah tas kantor. Barang ini dapat kamu berikan pada atasan yang pindah kerja ke tempat baru.

Bila bos kamu perempuan, maka coba sesuaikan dengan warna maupun model tas kesukaannya. Sementara jika bos kamu laki-laki, pilih tas yang standar dan warna yang sesuai dengan kepribadiannya.

8. Tumbler

Tumbler atau tempat minum juga dapat dijadikan ide kado untuk bos wanita maupun pria yang pindah tempat kerja atau pensiun. Dengan memberikan benda ini akan menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap kesehatan atasanmu.

Kini ada banyak merek tumbler berkualitas dengan aneka motif yang bisa kamu sesuaikan dengan kepribadian si bos. Atau kamu juga bisa meng-custom tumbler dengan tulisan nama atau wajah atasanmu agar terlihat lebih spesial.

9. Jam Tangan

Jam tangan mungkin sudah sering dipilih sebagai kado farewell untuk atasan. Namun jangan salah, meski begitu benda ini bisa menjadi hadiah yang sangat berkesan bagi penerimanya.

Sebaiknya kamu cari mencari tahu apakah atasan kamu adalah tipe orang yang menggemari merek tertentu. Atau justru baginya itu tidak penting, asalkan jam tangan tersebut memiliki kualitas baik.

10. Humidifier

Humidifier adalah benda yang bisa berguna untuk ditaruh di kamar atau ruang kerja supaya ruangan tetap lembab dan wangi. Nah, ini bisa jadi ide kado yang cocok kamu berikan ke atasanmu.

11. Lukisan

Bingung ingin memberikan si bos kado berkesan apa di hari terakhirnya bekerja? Bagaimana jika memilih benda yang bisa dipajang? Yup, lukisan bisa jadi ide cemerlang, lho!

12. Foto Bersama + Buket Bunga

Memberikan bunga di momen spesial mungkin sudah biasa. Tapi, tak ada salahnya kamu melakukan hal tersebut untuk memberikan kenangan indah bagi atasan kamu yang akan purna.

Kamu juga bisa menambahkan bingkai foto berisi foto bersama dari momen paling berkesan. Sederhana, tetapi bisa membuat terharu.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Kado Pernikahan Unik yang Cocok untuk Teman Kantor

Itulah 12 ide kado perpisahan untuk bos laki-laki maupun perempuan. Intinya dalam memilih kado untuk atasan, pastikan tetap profesional, bermanfaat, dan sesuaikan dengan budget, ya.

Simak artikel menarik lainnya hanya di blog KitaLulus. Ada banyak insights yang bisa kamu dapatkan sehingga kamu bisa lebih adaptif di kantor. KitaLulus juga punya beragam tips mengirim lamaran hingga wawancara kerja agar kamu lolos.

Instal aplikasi KitaLulus di smartphone sekarang juga untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terpercaya dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Gabung juga dengan komunitas KitaLulus sesuai dengan bidang kerja yang kamu minati supaya bisa sharing ilmu dan mengembangkan skill!