Terbukti Secara Ilmiah, Ini 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Menurut Islam & Ilmuwan

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Manfaat puasa bagi kesehatan– Puasa sambil bekerja mungkin membuat pekerjaan terasa berat. Tapi tahukah kamu kalau manfaat puasa bagi kesehatan begitu banyak. 

Manfaat puasa bagi kesehatan ini sudah terbukti dari sisi agama dan sains. Bahkan, berpuasa dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Menurut Penelitian

manfaat puasa bagi kesehatan menurut penelitian ilmiah

Walau kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang panjang, tapi kegiatan berpuasa di bulan Ramadan justru membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Yap, kamu tidak salah baca, bahkan manfaat puasa bagi kesehatan ini sudah dibuktikan melalui berbagai hasil penelitian sains. Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan kamu.

1. Meningkatkan Kondisi Kesehatan

Tahukah kamu, berpuasa dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan pada seseorang yang mengalami penyakit. 

Hal ini sudah ditinjau lebih jauh oleh  National Institute of Health dari U.S. Department of Health and Human Services. Penyakit tersebut, seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit saraf, kanker, dan diabetes.

Jadi, tidak hanya untuk mereka yang tubuhnya dalam kondisi prima, beberapa orang yang memiliki penyakit juga bisa merasakan manfaat puasa bagi kesehatannya.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa bagi otak

Manfaat puasa bagi kesehatan yang satu ini akan sangat berguna bagi para karyawan. Berdasarkan sebuah penelitian dikatakan bahwa puasa bisa meningkatkan fungsi otak serta gangguan neurodegeneratif.

Tidak cuma itu, puasa juga bermanfaat untuk meningkatkan sintesis sel saraf serta melindungi dari kondisi neurodegeneratif seperti penyakit parkinson dan alzheimer.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengutip dari Healthline, puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini karena ketika kita puasa kadar gula darah dan insulin lebih dapat terkontrol. Ketika kadar gula darah dan insulin terkontrol maka akan membantu peningkatan produksi human growth hormone (HGH) dalam tubuh.

Memang apa fungsi HGH? HGH ini nantinya bertanggung jawab dalam pertumbuhan, pembentukan metabolisme, penurunan berat badan, dan menguatkan otot-otot yang ada di tubuh.

4. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa bagi daya tahan tubuh

Puasa Ramadan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh terkait imunitas. Tentu ini sangat penting di masa seperti saat ini. Dengan puasa, tubuh kita mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan. 

Selain itu, ketika kita berpuasa, sistem pencernaan yang biasanya sibuk akan beristirahat sehingga tubuh bisa melakukan detoksifikasi secara maksimal.

Saat kamu berpuasa, regenerasi sel juga akan lebih maksimal termasuk sel sistem imun. Jika sel imun bekerja dengan baik, maka kekebalan tubuh juga akan maksimal. Untuk membantu meningkatkan sistem imun lebih maksimal, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral ketika sahur dan berbuka. 

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Dijamin Enak, Cocok untuk Menu Sahur Anak Kos

5. Membuatmu Tidak Mudah Merasa Stress

Berpuasa juga bisa membuat kamu tidak muda merasa stress. Hal ini karena saat kita berpuasa protein BDNF (brain-derived neurotrophic factor) akan dilepaskan ke otak. Selain itu, puasa juga dapat menstabilkan produksi hormon kortisol. Kedua hal ini dapat membantu kamu merasa tidak mudah stress.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Kualitas tidur yang baik dapat membuat kita semangat bekerja. Nah, ternyata kualitas tidur kita bisa meningkat lho dengan puasa.

Melansir dari Sleep Foundation, ternyata dengan berpuasa kamu bisa memperbaiki ritme sirkadian atau jam biologis yang juga berfungsi mengatur siklus bangun dan tidur.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Menurut Islam

Manfaat puasa menurut agama Islam

Selain manfaat puasa bagi kesehatan yang sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian. Dari sisi Islam, juga memandang puasa sebagai salah satu ibadah yang mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.  Manfaat ini tertuang dalam hadits-hadits yang diriwayatkan dari Nabi  Muhammad SAW.

Seperti salah satu hadist yang berbunyi "Kami (adalah umat) yang makan hanya bila kami merasa lapar, dan bila kami makan maka kami tiadalah sampai kenyang". Dari hadits tersebut kita dapat tahu bahwa puasa dapat mengatur pola makan kita, tentu ini sangat baik untuk mencegah obesitas. 

Selain itu, ada manfaat puasa bagi kesehatan menurut Islam juga tertulis dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa puasa adalah perisai tubuh.

"Puasa itu perisai. Apabila salah seorang di antara kalian berpuasa, hendaklah ia tidak berkata keji dan membodohi diri. Jika ada seseorang memerangi atau mengumpatnya, maka hendaklah ia mengatakan 'Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut yang keluar dari orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada bau kasturi. Orang berpuasa itu meninggalkan makanan dan minumannya untuk diriku (Allah). Maka puasa itu untuk diri-Ku dan Aku (Allah) sendiri yang akan memberikan pahala karenanya. Kebaikan itu dibalas dengan pahala sepuluh kali lipatnya."

Nah, dari penjelasan manfaat puasa bagi kesehatan di atas kita dapat mengerti bahwa menjalankan puasa walau memang terasa berat tapi sangat baik untuk tubuh kita. Jadi tidak ada alasan lagi karena bekerja kamu membatalkan puasa, kecuali memang keadaan mendesak.

Selagi kamu menunggu waktu berbuka, daripada hanya memandangi jam, lebih baik pandangi peluang karier baru di aplikasi KitaLulus!

Melamar pekerjaan di KitaLulus #LebihMudah karena kamu cukup instal aplikasinya dan sudah ada ribuan lowongan yang menantikan lamaranmu. Fitur-fitur di aplikasi KitaLulus juga akan memudahkanmu dalam menemukan pekerjaan impian. Yakin gak mau lamar kerja lewat KitaLulus? Yuk, download sekarang!

Close Pop up