Apa Itu Podcast? Ini Manfaat, Jenis, dan Cara Membuatnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Podcast adalah– Saat ini, podcast adalah salah satu media yang sedang tumbuh subur. Dari content creator sampai influencer berlomba-lomba membuat konten podcast. Ada yang berformat audio saja ada juga yang sampai berformat audio dan video.

Topik yang diangkat menjadi podcast pun semakin beragam, mulai dari isu sosial, politik, kesehatan, entertainment, dan banyak lagi. Bahkan, podcast mampu melahirkan idola-idola baru bagi kalangan muda.

Nah, lalu apa sih sebenarnya podcast itu? Apakah ia punya manfaat? Coba yuk kita bahasa di bawah ini!

Apa Itu Podcast?

Apa itu podcast

Podcast adalah rekaman audio yang dapat diperdengarkan oleh orang banyak yang diunggah melalui media internet. Tidak seperti radio yang perlu disiarkan melalui frekuensi tertentu, podcast dapat didengarkan kapan pun dan dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik karena sifatnya yang on-demand.

Saat ini, podcast salah satu media hiburan yang banyak diminati. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Edison Research dan Triton Digital melalui Oberlo mengatakan pendengar podcast secara teratur mendengarkan podcast selama 5 jam per minggu.

Maka tidak heran bila sekarang banyak sekali orang yang berlomba-lomba membuat podcast.

Sejarah Podcast

Apakah kamu penasaran? Seperti apa kiranya awal mula terbentuknya podcast hingga bisa menjadi seperti sekarang.

Ternyata, istilah podcast sendiri sudah ada sejak 2004 lalu. Di mana saat itu salah seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley mengusulkan istilah "podcast" yang merupakan singkatan dari "play-on-demand" dan "broadcast". Kemudian, istilah tersebut diadopsi Apple pada produk iPod dan Apple Podcasts.

Selang satu tahun tepatnya 2005, Apple merilis fitur podcast. Saat itu, siaran audio tersebut muncul di berbagai jaringan radio seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan lainnya.

Jenis-jenis Podcast

Jenis jenis podcast

Seiiring berkembanganya, podcast melahirkan banyak jenis yang bisa kita pilih sesuai dengan minat kita. Berikut ini beberapa jenis-jenis podcast.

1. Interview Podcast

Jenis ini jadi jenis yang paling banyak saat ini. Di mana podcast ini berformat wawancara dengan narasumber berbeda-beda di setiap episodenya. Salah satu contoh jenis interview podcast bisa kamu lihat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

2. Solo Podcast

Kemudian ada juga podcast yang dilakukan oleh seorang host atau monolog. Tujuan dari podcast ini adalah menyampaikan opini, berbagi informasi, atau melalaikan sesi tanya jawab antara pendengar dan host. Salah satu contoh solo podcast bisa kamu dengarkan di Podcast Awal Minggu milik Adriano Qalbi.

3. Multi Host Podcast

Podcast ini memiliki lebih dari satu orang. Tujuannya adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda dari masing-masing host untuk mengembangkan diskusi yang menarik.

Sehingga, pendengar lebih tertarik mendengarkan pembahasan yang diangkat dan terbawa dengan hiburannya. Salah satu contoh multi host podcast adalah Podkesmas.

Manfaat Podcast

Selain menjadi salah satu media hiburan, ada beberapa manfaat mendengarkan podcast, seperti berikut ini.

1. Memberikan Stimulus Otak

Mengutip Entrepreneur, ternyata mendengarkan podcast memberikan rangsangan yang sama dengan membaca buku.

Mendengarkan podcast mampu merangsang otak untuk menerima informasi dengan cara yang sama seperti kita membaca buku. Selain itu, mendengarkan podcast merangsang otak untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas dalam pikiran, jauh lebih cepat daripada membaca buku.

2. Mendapatkan Pengetahuan Baru

Manfaat podcast lainnya adalah membantu kamu untuk menambah informasi dengan cara yang menyenangkan. Melalui rekaman audio, kamu bisa mendapatkan informasi-informasi menarik yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui.

3. Memberikan Inspirasi

Mendengarkan podcast juga bisa memberikan kamu inspirasi. Seperti yang kita tahu, saat ini rekaman audio itu banyak mengangkat topik terkini. Tentu hal ini membuatmu dapat memahami isu terbaru dari perspektif yang berbeda. 

Tentunya ini akan merangsang kamu untuk lebih kritis, kreatif, serta mendapatkan banyak inspirasi menarik.

4. Teman Asik saat Bekerja

Karena sifatnya yang on-demand, kamu bisa mendengarkan rekaman audio kesayangan kamu dimanapun dan kapanpun. Baik itu saat perjalanan atau bekerja. Mendengarkan podcast saat bekerja bisa menjadi teman yang asik agar kamu tidak kesepian atau merasa bosan.

5. Membantu Menjadi Pendengar yang Baik

Dari rekaman ini, kamu bisa fokus mendengarkan. Karena memang podcast memungkinkan kamu menjadi bagian dari apa yang kamu dengarkan, kamu bisa fokus mendengarkan dan memerhatikan.

Lalu kamu akan menggunakan imajinasi untuk membentuk gambar dari topik yang kamu dengarkan.

Mendengarkan podcast memang dapat merangsang berbagai bagian otak, memaksamu untuk secara aktif mendengarkan, sehingga kamu menjadi pendengar yang baik.

Baca Juga: Apa Manfaat Mengikuti Webinar?

Cara Membuat Podcast

Cara membuat podcast yang menarik

Apakah kamu tertarik untuk membuat podcast? Tenang saja, cara membuat podcast tidaklah sulit kok. Apalagi sekarang sudah ada berbagai aplikasi gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat podcast. Berikut ini, beberapa cara membuat podcast yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Tema

Sebelum eksekusi, tentu kamu perlu menentukan tema apa yang akan kamu angkat. Beberapa pilihan tema yang bisa kamu pilih adalah seperti komedi, olahraga, politik, musik, film, dan lainnya. Pastikan kamu memang suka dan menguasai tema tersebut.

2. Persiapkan Alat dan Bahan

Selanjutnya kamu mempersiapkan berbagai alat untuk keperluan rekaman audio. Beberapa alat yang kamu butuhkan seperti mikrofon dan laptop sebagai alat rekamnya.

3. Buatlah Konten Sesuai Tema

Dari tema yang sudah kamu tentukan tadi, cobalah tuangkan menjadi sebuah script agar pembicaraan podcast kamu terarah dan kamu tahu berapa lama durasi podcast kamu.

Saat membuat script, kamu bisa menyesuaikannya dengan target audiens, apakah menggunakan bahasa formal atau informasi.

4. Melakukan Perekaman dan Pengeditan

Setelah script siap, rekaman dimulai. Pastikan kamu melakukan proses rekaman di tempat yang tidak bising atau yang kedap suara agar suara yang dihasilkan bisa jernih dan jelas. Karena ini akan memengaruhi kualitas podcast.

Lalu, sebelum diunggah, lakukanlah pengeditan dengan software audio agar kualitas podcast-mu semakin baik dan menarik. Misalnya dengan menambahkan sound efek atau musik.

5. Unggah Podcast

Jika proses rekaman sudah selesai, selanjutnya kamu tinggal mengunggah podcast-mu ke situs streaming seperti Noise, Apple Podcast, Spotify, Joox, atau Soundcloud.

Rekomendasi Podcast Indonesia Paling Menarik

Rekomendasi podcast bahasa indonesia yang menarik

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi podcast Indonesia yang memiliki tema menarik? Kalau iya, berikut ini beberapa rekomendasi podcast yang bisa kamu dengarkan.

1. Makna Talk

Dipandu Iyas Lawrence, Makna Talk adalah salah satu podcast yang wajib kamu dengarkan dan ikuti. Setiap topik dalam podcast ini sangat menarik dan bisa menambah wawasan kamu. Narasumber yang dihadirkan sangat inspiratif dan memiliki latar belakang dan pengalaman yang beragam.

2. Endgame with Gita Wirjawan

Podcast satu ini menawarkan topik yang sangat beragam mulai dari politik, ekonomi, seni, olahraga dan pastinya akan menambah perspektif baru untuk kamu. Podcast ini sendiri dipandu oleh Gita Wirjawan yang merupakan mantan menteri perdagangan dan politikus sukses tahan air.

3. PORD

Jika biasanya Raditya Dika terkenal sebagai content creator yang lucu, menghibur, dan nyeleneh. Namun, di podcast-nya ini ia cenderung lebih serius. Di sini kamu bisa mendengar Raditya Dika memberikan tips finansial, investasi, kehidupan berkeluarga, dan berbagai tips menarik lainnya.

4. Podkesmas

Ingin mendengarkan podcast yang menghibur dan penuh canda? Podkesmas bisa menjadi jawabannya. Konten-konten yang ada di podcast ini kebanyakan berisi parodi dan pengalaman kocak dari para penyiarnya. Dijamin, kamu tidak berhenti tertawa mendengar podcast ini.

5. Do You See What I See?

Untuk kamu yang suka cerita horor, coba dengarkan podcast Do You See What I See. Cerita-cerita horor dalam podcast ini dibawakan langsung oleh narasumber yang mengalaminya. Kamu akan diajak untuk mengenal hal-hal di luar nalar yang membuat bulu kuduk merinding.

Itulah serba-serbi tentang podcast yang perlu kamu ketahui. Selain untuk sarana hiburan, podcast saat ini juga bisa dipergunakan menjadi sarana hiburan lho.

Setelah mengetahui tentang podcast, apakah kamu jadi tertarik untuk menjadi seorang content creator? Jika iya, tenang saja kamu bisa menemukan banyak lowongan content creator di aplikasi KitaLulus. Kamu bisa melamar secara gratis, cepat, dan mudah. Lamaran kamu juga akan langsung masuk ke WhatsApp HRD lho, jadi bebas ghosting.

Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan cari profesi impianmu dengan #LebihMudah!

Close Pop up