TOK! Prakerja Gelombang 36 Resmi Dibuka! Ini Cara Daftarnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Prakerja gelombang 36– Yes! Setelah sukses dengan program-program sebelumnya, pemerintah resmi mengumumkan kalau mereka membuka program Prakerja gelombang 36. Seperti program-program sebelumnya, program ini dimaksudkan untuk meningkatkan skill masyarakat khususnya untuk mereka yang berstatus sebagai jobseeker.

Lalu, seperti apa syarat dan cara daftar kartu prakerja? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Pengumuman Prakerja Gelombang 35

Kartu prakerja gelombang 36 buka kapan

Sebelum kita membahas tentang Prakerja gelombang gelombang 36, mari kita bahas dulu salah satu kabar bahagiannya. Akhirnya, hasil seleksi kartu pra kerja gelombang 35 sudah diumumkan, tepatnya pada Kamis, 7 Juli 2022. Pengumuman Prakerja gelombang 35 ini disampaikan melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

"Gerbangnya sudah terbuka nih, selama buat kamu penerima gelombang 35!" tulis caption pada unggahan pengumuman tersebut, pada Kamis, 7 Juli 2022.

Dalam keterangan unggahan tersebut juga diberikan imbauan bahwa masyarakat yang sudah dinyatakan lolos disarankan segera menggunakan saldo pelatihan yang diberikan.

Hal ini karena, bila saldo tidak digunakan dalam waktu yang telah ditentukan, maka akan ada sanksi berupa pembekuan akun, sehingga saldo yang ada di dalam akun tidak bisa dicairkan.

Bagaimana Cara Cek Kelulusan Prakerja?

Bagi kamu yang mendaftar di Prakerja gelombang 35 tapi belum tahu cara cek kelulusan, coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja, caranya adalah dengan mengunjungi laman prakerja.go.id.
  • Bila terdapat keterangan "pendaftaran sedang dalam evaluasi", itu artinya proses seleksi sedang berlangsung.
  • Peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja.
  • Peserta tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat video tersebut.
  • Setelah menonton video, kamu baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

Jika kamu tidak lolos, maka kamu akan menemukan notifikasi di dashboard berupa “Kamu Belum Berhasil”.

Kapan Prakerja Gelombang 36 Dibuka?

Cara daftar prakerja gelombang 36

Setelah Prakerja gelombang 35 diumumkan, maka sekarang banyak dari masyarakat yang bertanya-tanya kapan Prakerja gelombang 36 akan dibuka? 

Ternyata kamu tidak perlu menunggu lama karena pendaftaran Prakerja gelombang 36 telah resmi dibuka per Senin 11 Juli 2022.

Ini disampaikan langsung oleh unggahan akun Instagram resmi kartu Prakerja, @prakerja.go.id:

"Tepat pukul 12.00 WIB hari ini pendaftaran Gelombang 36 sudah dibuka loh... Langsung klik "Gabung Gelombang" sekarang juga!!!," tulis caption pada unggahan tersebut.

Untuk jumlah kuota kartu Prakerja gelombang 36 ini masih dinamis. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum dinyatakan lolos pada Prakerja gelombang 35, masih diizinkan untuk mengikuti gelombang 36 ini.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja William Sudhana. 

"Kuota masih bergerak dinamis layaknya gelombang sebelum-sebelumnya. Kami tetap mengajak sobat-sobat yang untuk segera mengunjungi dashboard Kartu Prakerja untuk bergabung pada gelombang ini, termasuk mereka yang belum lolos di gelombang 35”, katanya seperti yang dikutip dari kompas.com.

Bagi yang yang belum lolos gelombang 35, kamu bisa mencoba login kartu Prakerja gelombang 36. Cukup dengan login dan membuka dashboard prakerja.go.id menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Lalu klik "Gabung Gelombang Kartu Prakerja gelombang 36". Selanjutnya kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi.

Baca Juga: CPNS 2022 Tetap Dibuka, Tapi…

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 36

Syarat kartu prakerja gelombang 36

Apakah kamu tertarik untuk mencoba daftar kartu Prakerja gelombang 36 kali ini? Jika iya, berikut ini syarat dan cara daftarnya.

1. Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 36

Untuk dapat mendaftar program Prakerja gelombang 36, pertama-tama kamu harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • WNI berusia minimal 18 tahun. 
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal. 
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. 
  • Penerima Kartu Prakerja, maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK).

2. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 36

Jika kamu merasa memenuhi syarat untuk mendaftar kartu Prakerja gelombang 36, berikut ini cara daftar kartu Prakerja gelombang 36.

  • Buat Akun Prakerja di dashboard.prakerja.go.id menggunakan alamat email yang aktif, masukkan password dan lakukan konfirmasi password.
  • Jika sudah, coba lakukan verifikasi pendaftaran melalui email.
  • Masukkan NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir saat melakukan verifikasi.
  • Kemudian klik "Lanjut". 
  • Selanjutnya lengkapi data diri dan pastikan data yang diisikan sudah benar lalu klik "Lanjut". 
  • Unggah foto KTP untuk melakukan proses verifikasi e-KTP Anda. pastikan Anda mengambil foto langsung dari kamera handphone Anda. Sesuaikan ukuran dan rotasi foto lalu klik "Lanjut". 
  • Jika sudah sesuai, klik "Gunakan Foto" lalu klik "Kirim Foto E-KTP". Tunggu sebentar hingga proses verifikasi KTP selesai.  
  • Kemudian unggah swafoto atau selfie Anda untuk verifikasi foto wajah menggunakan kamera handphone. Klik "Gunakan Foto" jika foto selfie Anda sudah sesuai ketentuan dan klik "Kirim Foto". 
  • Masukkan nomor handphone Anda untuk verifikasi nomor handphone.  
  • Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang didaftarkan lalu klik "Kirim OTP". 
  • Isi semua informasi yang muncul setelah memasukkan kode OTP lalu klik "Lanjut" Selanjutnya ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. 
  • Pilih Gelombang 36 Prakerja kemudian klik "Gabung". 
  • Akan muncul Persetujuan Prakerja. Baca dengan teliti persetujuan tersebut lalu klik "Saya Menyetujui".

Ketentuan Unggahan KTP dan Foto Selfie

Saat mendaftar program kartu Prakerja gelombang 36, kamu wajib melakukan verifikasi dengan mengunggah foto KTP dan foto selfie. Nah, proses ini harus dilakukan sesuai dengan ketentuan agar kamu bisa lolos.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengunggah foto KTP dan selfie:

  • Pastikan wajahmu terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup.
  • Wajah memenuhi 80 persen dari fram foto alias close up.
  • Foto selfie yang diunggah tidak perlu disertai foto KTP.
  • Izinkan akses lokasi dengan tap tombol allow saat notifikasi muncul.

Perlu kamu ketahui, program Prakerja ini akan dilanjutkan hingga 2023 mendatang. Hal ini tentu tidak terlepas dari dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat banyak dan juga perusahaan.

Demikian pembahasan tentang syarat dan cara daftar program kartu Prakerja gelombang 36. Semoga kamu sukses dan berhasil lolos di gelombang kali ini ya! Tapi jika belum, nggak perlu bersedih. Masih banyak rezeki lain! Siapa tahu malah berjodoh langsung dapat kerja?

Buat kamu yang butuh lowongan kerja, yuk instal KitaLulus sekarang! Di KitaLulus, ada ribuan loker dari berbagai industri yang bisa dilamar siapapun, mau lulusan SMP, SMA, atau kuliah.

Selain itu, KitaLulus juga didukung fitur Whatsapp HRD, yang bisa membuatmu berdiskusi langsung dengan HRD tempatmu melamar.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, instal KitaLulus sekarang dan rasakan proses cari kerja yang #LebihMudah!

Close Pop up