6 Rekomendasi Sepatu Kerja Pria Terbaik di Tahun 2022 dan Tips Memilihnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sepatu kerja pria- Jika kamu mengira hanya perempuan yang punya banyak pilihan sepatu kerja. Kamu salah, kenyataannya sepatu kerja pria juga banyak pilihannya. Mulai dari gaya formal sampai yang sporty.

Tentu berbagai jenis sepatu ini akan menunjang penampilan dalam bekerja. Sepatu yang tepat akan membuat kamu terlihat semakin profesional. Jika kamu sedang butuh rekomendasi sepatu yang tepat untuk bekerja, coba lihat di bawah ini!

Tips Memilih Sepatu Kerja Pria

Tips memilih sepatu pria yang benar

Saat ini, pilihan sepatu kerja pria sudah sangat banyak, baik itu merek luar negeri maupun juga dalam negeri. Salah satu poin penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih sepatu kerja pria adalah bahan dari sepatu tersebut. 

Agar kamu tidak salah pilih sepatu, coba yuk perhatikan beberapa tips memilih sepatu kerja pria berikut ini!

1. Sesuaikan dengan Lingkungan Kerja

Pertama, agar kamu tidak salah pilih, ada baiknya kamu kenali lebih dulu seperti apa lingkungan kerjamu. Jika kamu pekerja lapangan atau luar ruangan, sepatu loafer shoes atau sneakers bisa jadi pilihan. 

Namun, bila kamu bekerja di dalam ruangan, kamu bisa mengenakan sepatu pantofel. Sepatu ini juga akan cocok dikenakan untuk menghadiri acara formal, seperti rapat atau pertemuan penting.

2. Pastikan Sepatu Nyaman Digunakan

Tidak perlu menyiksa diri dengan sepatu yang kekecilan hanya agar tampak matching dengan outfit. Ketika kamu memilih sepatu, utamakanlah kenyamanan.

Cari sepatu dengan ukuran yang tepat untuk dikenakan. Agar kamu tidak salah pilih, coba beli sepatu saat siang hari, karena kaki dalam keadaan melebar maksimal sehingga kamu dapat memilih alas kaki yang paling nyaman.

3. Pilih Warna Netral

Karena kamu akan menggunakannya untuk bekerja, coba pilihlah sepatu dengan warna-warna netral. Sepatu formal pria untuk kerja yang bisa kamu pilih warna hitam atau coklat. 

Warna netral ini dapat digunakan dalam gaya formal maupun casual, serta dapat dipadupadankan dengan outfit yang kamu gunakan. Selain itu, sepatu warna netral juga dapat membuat penampilanmu lebih elegan.

4. Material Bahan Awet

Pastika material sepatu adalah yang terbaik sehingga lebih tahan lama saat digunakan. Biasanya, sepatu formal untuk kerja terbuat dari bahan kulit. Nah, agar awet pastikan kamu membeli sepatu yang menggunakan kulit asli.

5.  Perhatikan Sol Sepatu

Sepatu pria yang nyaman adalah yang permukaan solnya lentur dan tidak licin. Hindarilah sepatu yang bagian sol dan atasnya dilem. Ini karena akan membuat kamu tidak merasa nyaman saat menggunakannya dan mudah rusak.

Baca Juga: Daftar Sepatu Kerja Wanita Agar Lebih Efisien

6 Rekomendasi Sepatu Kerja Pria Terbaik di Tahun 2022

Sepatu kerja pria yang tepat akan menunjang kamu selama melakukan pekerjaan. Bahkan, untuk pekerja lapangan, sepatu kerja merupakan prosedur keamanan yang tidak boleh diabaikan. Maka dari itu, saat kamu memilih sepatu kerja pria untuk dipakai ke kantor, tidak boleh asal.

Berikut ini beberapa jenis-jenis sepatu kerja pria yang bisa kamu pilih.

1. Oxford

Rekomendasi ide merk sepatu pria terbaik

Jenis ini merupakan sepatu kerja pria casual yang punya bentuk klasik. Sepatu formal ini dapat kamu pilih karena mudah sekali dipadukan dengan berbagai model pakaian.

2. Derby

Merk sepatu pria derby

Model sepatu kerja pria ini mirip sekali dengan oxford, namun sepatu derby memiliki perbedaan pada jenis ikatan tali. Di mana pada sepatu derby jenis ikatan yang digunakan adalah open lacing.

Dengan jenis ikatan tersebut, Derby dapat memberikan kesan fleksibel dan santai. Maka tidak heran bahwa ini adalah sepatu kerja terbaik karena dapat digunakan dalam acara formal maupun casual.

3. Monk Strap

Rekomendasi merk sepatu pria untuk kerja

Sepatu ini sangat cocok untuk digunakan dalam pertemuan formal dan smart-casual. Dengan menggunakan sepatu ini kamu akan memberikan kesan mewah ala Eropa.

4. Loafers

Merk sepatu pria loafers terbaik

Ini adalah jenis sepatu kerja casual yang sangat praktis karena memiliki model slip on. Sepatu kerja loafers memiliki model polos dan simple, sehingga dapat menunjang penampilan formal maupun kasualmu. 

5. Chukka Boots

Sepatu chukka boots pria untuk kerja

Sepatu kerja pria terbaik ini bisa sekali kamu gunakan baik acara formal maupun acara casual. Bahan sepatu ini terbuat dari kulit dan memiliki tinggi soal sekitar 2-3 cm. 

Ada dua jenis Chukka Boots yang bisa kamu pilih, pertama pendek dan terbuka.

6. Sepatu Kerja Lapangan

Standar sepatu kerja lapangan untuk pria

Sepatu kerja lapangan tentu berbeda dari sepatu kerja biasa karena kamu harus memperhatikan jenis pekerjaan sebelum memilihnya. Mengapa? Tentu setiap jenis pekerjaan lapangan memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. 

Secara umum, sepatu kerja lapangan berbeda dari sepatu casual biasa, dengan komponen umum sebagai berikut:

  • Toe cap
  • karet sol sepatu (Rubber, PU)
  • Pelindung sepatu
  • Kulit sepatu

Dengan memilih sepatu kerja lapangan yang tepat kamu dapat meminimalisir kecelakaan kerja.

Berikut ini beberapa jenis sepatu kerja lapangan yang bisa kamu pilih.

a. Spesifikasi ACID Resistant

Jika kamu bekerja di pabrik yang mengandung bahan kimia, pastikan kamu memilih sepatu safety yang memiliki spesifikasi ACID Resistant atau Chemical Resistant agar kamu tetap aman ketika terkena tumpangan. 

Sepatu safety ini ada beberapa model mulai dari pendek, sedang, dan slip on.

b. Boot

Sepatu kerja lapangan ini akan sangat cocok untuk kamu yang pekerjaannya lebih sering di area berat seperti pertambangan, perminyakan, dan lainnya. Sepatu boot akan membuat kamu leluasa bergerak tanpa takut terkena bahan-bahan berbahaya.

c. Mid Cut

Model sepatu ini adalah yang paling banyak digunakan oleh pekerja lapangan karena tetap membuat mereka terkesan trendy.

Ada beberapa merek terkenal yang membuat sepatu safety mid cut, seperti Sepatu Kings, Krushers, Shoes Krushers, dan masih banyak lainnya.

Itulah hal yang perlu kamu tahu tentang sepatu kerja pria. Pastikan sepatu kamu terasa nyaman agar bisa bekerja dengan baik.

Jika kamu sudah memiliki sepatu yang pas untuk bekerja, saatnya kamu temukan pekerjaan terbaik di aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan yang menanti untuk kamu lamar secara gratis. Lamaran juga akan langsung masuk ke WhatsApp HRD sehingga kamu tidak akan mengalami ghosting. 

Ingin dapat kerja dengan #LebihMudah, cepat, dan anti penipuan? Yuk, instal KitaLulus sekarang juga!

Close Pop up