Tidak Ada Libur Akhir Tahun 2022, Yuk Lakukan 5 Hal Ini!

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Di sisa tahun 2022 ini, kita harus menerima fakta bahwa tidak ada libur akhir tahun. Hal tersebut dikarenakan dalam perayaan Natal 2022 nanti, tanggal 25 Desember jatuh pada Hari Minggu yang mana hari itu memang hari libur.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu memiliki rencana genting atau ingin mengambil waktu istirahat di akhir tahun, KitaLulus punya tips cuti yang efektif. Kamu bisa menyimak tips tersebut di artikel berikut.

Penghapusan Cuti Bersama Natal 2022

Penghapusan Cuti Bersama Natal 2022

Tidak ada libur akhir tahun ini diperkuat dengan surat keputusan bersama 3 menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang meniadakan cuti bersama Natal 2022 yang seharusnya jatuh pada 26 Desember 2022.

Terdapat 3 surat, yaitu Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, dan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Penghapusan cuti bersama ini dikarenakan melihat kondisi terkait Pandemi Covid-19 yang memang belum mereda sepenuhnya. Jadi, sejak 2020 memang cuti bersama dihapuskan hingga 2022. Namun, untuk tahun 2023, cuti bersama kembali bisa kita rasakan.

Baca Juga: Kalender 2023 Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Tips Memanfaatkan Waktu Produktif Akhir Tahun

Tips Memanfaatkan Waktu Produktif Akhir Tahun

Meskipun tidak ada libur akhir tahun, tetapi kamu tidak perlu sedih. Tetaplah semangat meskipun harus stand by mengerjakan tugas dan laporan akhir tahun.

Nah, untuk menjaga semangat, kesehatan, dan memanfaatkan waktu secara produktif di akhir tahun, kamu bisa melakukan tips berikut.

1. Hindari Begadang, Buat Skala Prioritas

Akhir tahun memang biasanya banyak deadline. Terlebih kita pasti harus membuat report tahunan yang harus diselesaikan pada awal Januari supaya bisa dilaporkan kepada para atasan.

Namun, banyaknya kerjaan tidak dapat dijadikan excuse yang baik untuk terjaga sepanjang malam, lho. Yuk, susun kerjaan berdasarkan skala prioritas. Jika memang terdapat pekerjaan yang harus selesai di waktu bersamaan, kamu harus melihat urgensi tugasnya.

Untuk tugas yang memang harus diselesaikan segera tetapi sebenarnya bisa diulur batas waktu penyelesaiannya, kamu bisa diskusi dengan atasan atau meminta bantuan rekan kerja yang juga terlibat.

Jangan sampai kamu sakit di waktu yang tidak tepat karena terlalu memforsir diri dalam bekerja.

2. Manfaatkan Waktu Luang dan Akhir Pekan

Waktu kerja pada umumnya adalah 8 jam sehari. Jika di luar waktu kerja itu kamu masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan dan harus lembur, ambil waktu lembur secukupnya. Setelah lembur selesai, manfaatkan waktu luang untuk istirahat.

Di akhir pekan, kamu juga bisa memilih untuk istirahat atau menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Hindari membicarakan pekerjaan supaya diri kamu merasa relaks.

3. Pakai Jatah Cuti Tahunan dengan Bijak

Meskipun tidak ada libur akhir tahun, tetapi buat kamu yang masih memiliki jatah cuti tahunan tentu menjadi kabar gembira. Terlebih sekarang sudah Desember yang mana jatah cuti tahunan akan segera expired.

Kamu bisa memanfaatkan sisa jatah cuti tersebut untuk dipakai istirahat atau liburan bersama keluarga. Jika memang jatahmu masih 5 hari, kamu bisa mengambil sekaligus untuk merayakan natal dan tahun baru di tanggal 26–30 Desember 2022.

Namun, apabila jatah cuti tahunan kamu masih 2 atau 3 hari saja, ambil di tanggal 27–30 Desember 2022 supaya bisa sekaligus menikmati waktu tahun baru. Atau jika memang waktu prioritas kamu adalah saat natal untuk berkumpul keluarga, maka ambil waktu cuti di tanggal 24 dan 26 Desember 2022.

Pastikan memang pekerjaan kamu sudah selesai dengan baik ya saat mengambil cuti. Dengan begitu, tim kamu tidak akan kewalahan meskipun kamu tidak masuk kantor.

Baca juga: 7 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Berbagai Kondisi

4. Ambil Waktu Me Time

Me Time

Tidak ada libur di akhir tahun bukan berarti hidup kamu akan terasa membosankan. Bukan berarti pula kamu harus selalu hang out dengan teman atau menghabiskan waktu bersama keluarga saat waktu luang atau akhir pekan sebagai penebusan tidak adanya libur tambahan.

Kamu bisa menghabiskan waktu luang untuk diri sendiri, seperti beristirahat seharian, berjalan-jalan sendiri, atau hanya sekadar menonton film atau serial favorit di kamar.

Yang pasti, kamu harus tetap relaks untuk menambah semangat bekerja di akhir tahun. Berikan reward berupa istirahat supaya kesehatan kamu tetap terjaga, baik fisik maupun mental.

5. Nikmati Waktu Kerja dengan Baik

Meskipun tidak ada cuti bersama Natal di akhir tahun ini, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mensyukuri keadaan. Masih bekerja di akhir tahun berarti kamu juga masih sempat bertemu dengan teman sekantor.

Kamu dapat merencanakan hang out usai jam kantor atau bahkan diskusi untuk menyusun laporan akhir tahun dengan rekan kerja yang memang memiliki irisan pekerjaan bersama.

Terlebih jika kamu bekerja secara remote, kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal. Sistem kerja ini bisa kamu gunakan untuk “bekerja sambil berlibur”. Pergi ke tempat yang menenangkan sehingga bekerja di akhir tahun tetap terasa menyenangkan.

Baca Juga: 15 Ide Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga Anti Ngebosenin

Nah, itulah tips yang KitaLulus rekomendasikan untuk kamu sehingga meskipun tidak ada libur akhir tahun, tetapi waktu kamu tetap terasa menyenangkan untuk dijalani.

KitaLulus akan senantiasa memberikan berbagai tips seputar kerja dan bisnis untuk kamu. Pantau terus website KitaLulus untuk mendapatkan update-nya, ya.

Selain itu, KitaLulus juga memberikan informasi lowongan kerja secara rutin. Bahkan, kamu bisa mendapatkan akses ke berbagai loker secara gratis dari 70.000+ perusahaan rekanan KitaLulus yang sedang mencari kandidat terbaiknya. Jadi, jangan sampai terlewat informasi lokernya. Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store, ya!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up