CPNS

Sudah Siap? Begini Lho Alur Seleksi CPNS 2021 dari Awal hingga Akhir

alur seleksi cpns 2021
Seleksi CPNS 2021 semakin dekat, nih. Buat kamu yang kemarin sudah bertanya-tanya, bagaimana alur seleksi CPNS 2021, yuk simak penjelasannya di sini!

Seleksi CPNS 2021 semakin dekat, pemerintah pun sudah mengeluarkan alur seleksi CPNS 2021. Buat kamu yang kemarin sudah bertanya-tanya, bagaimana tahap seleksinya. Kamu bisa menemukan jawabannya di bawah ini! Disimak ya, jangan sampai ada yang terlewat!


Alur seleksi CPNS 2021

Dalam alur seleksi CPNS 2021, ada sejumlah tahapan yang harus kamu lalui. Berikut ini 6 alur sistem seleksi CPNS 2021 yang nantinya akan kamu lalui, dilansir dari situs sscasn.bkn.go.id.

1. Daftar Akun

Pertama, jika kamu ingin mengikuti seleksi CPNS 2021, kamu harus mempunyai akun SSCASN, sebelum melakukan pendaftaran. Untuk membuat akun sendiri caranya tidak sulit kok, kamu cukup mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id lalu buatlah akun SSCASN.

Setelah proses pembuatan akun selesai, kamu bisa login ke akun SSCASN yang kamu buat tadi. Lalu, lengkapi biodata dan unggah swafoto. 

2. Daftar Formasi

Setelah kamu berhasil melakukan pendaftaran akun dan sudah pula melengkapi biodata dan mengunggah swafoto. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih daftar formasi yang kamu inginkan.

Terdapat beberapa langkah dalam tahap daftar formasi CPNS 2021, berikut ini langkahnya: 

  1. Pilih jenis seleksi
  2. Pilih formasi
  3. Unggah dokumen yang dibutuhkan
  4. Setelah itu, cek resume dan akhiri pendaftaran
  5. Terakhir kamu bisa mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.

3. Seleksi Administrasi

Untuk alur seleksi administrasi ini dilakukan oleh panitia masing-masing instansi dengan mempertimbangkan dokumen-dokumen yang sudah kamu unggah sebelumnya. 

Ada pun alur seleksi administrasi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Panitia memverifikasi data pelamar
  2. Panitia mengumumkan hasil Seleksi Administrasi 
  3. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Administrasi
  4. Panitia mengumumkan hasil sanggah 
  5. Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan cetak Kartu Ujian

4. Seleksi Kompetensi Dasar

Nah, alur seleksi CPNS 2021 keempat adalah kamu akan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar. Agar bisa lulus dalam tahap ini, pastikan kamu sebelumnya sudah belajar latihan soal SKD, ya Dik Lulus!

Panitia akan mengumumkan hasil SKD. Jika kamu dinyatakan tidak lulus, kamu bisa menyanggah hasil SKD. Dan kamu harus menunggu panitia mengumumkan hasil sanggah. Bila kamu dinyatakan lulus, kamu bisa melanjutkan ke tahap ujian seleksi kompetensi bidang.

5. Seleksi Kompetensi Bidang

Setelah kamu berhasil lulus ujian SKD, selanjutnya kamu akan melanjutkan ujian tes seleksi kompetensi bidang. Untuk SKB alurnya adalah sebagai berikut:

  1. Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang 
  2. Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Bidang 
  3. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Kompetensi Bidang

6. Pengumuman Kelulusan

Panitia akan mengumumkan hasil sanggahan dari hasil SKB. Di mana pengumuman ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

Selanjutnya, untuk kamu yang dinyatakan lulus, kamu harus melakukan pemberkasan.

Alur Seleksi PPPK Guru dan Non Guru

Selain mengumumkan alur seleksi CPNS 2021, pemerintah juga sudah mengumumkan alur seleksi PPPK guru dan nonguru. Seperti apa ya alurnya? Yuk, disimak!

A. Alur Seleksi PPPK Guru

Apakah kamu salah satu yang akan mengikuti seleksi PPPK guru di tahun ini? Jika iya, informasi satu ini penting sekali untuk kamu perhatikan sebagai salah satu bentuk persiapan. Berikut ini alur seleksi PPPK guru yang sudah dikeluarkan pemerintah.

Proses seleksi PPPK guru di tahun ini juga sedikit berbeda, jika kamu tidak lulus di uji seleksi kompetensi teknis kamu masih bisa mengikuti ujian ulang, begini lebih lengkapnya:

1. Daftar Akun

Tidak jauh berbeda dengan alur seleksi CPNS 2021, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun. Nah, di tahun ini, BKN hanya menyediakan satu portal saja, jadi kamu juga bisa langsung mendaftar di sscasn.bkn.go.id. 

Kamu harus membuat akun SSCASN, dan setelah berhasil kamu harus melakukan login ke akun SSCASN tadi. Isilah dengan lengkap biodata dan unggah swafoto.

2. Daftar Formasi

Lalu setelah berhasil mengunggah swafoto kamu melanjutkan ke alur kedua di mana kamu harus mendaftar formasi. Di sini kamu harus memilih jenis seleksi, memilih formasi jika kolom formasi masih kosong. 

Jika sudah, selanjutnya kamu harus mengisi data Dapodik, atau THK II serta data Pendidikan (jika data Pendidikan kosong maka lengkapi form pada link yang tersedia). Lalu setelah data-data lengkap, silakan kamu mengunggah dokumen. Cek kembali resume dan akhiri pendaftaran.

Kamu bisa mencetak kartu kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.

3. Seleksi Administrasi

Setelah melalui pendaftaran formasi, kamu akan masuk dalam tahap seleksi administrasi. 

Nah, di tahap ini yang perlu kamu lakukan adalah berdoa agar panitia seleksi meluluskan kamu. Di mana panitia seleksi akan memverifikasi data kamu dan mengumumkan apakah kamu lulus atau tidak. 

Bila kamu dinyatakan tidak lulus, kamu masih bisa melakukan sanggahan hasil seleksi administrasi.

Lalu panitia kembali akan mengumumkan hasil dari sanggahan. Jika kamu dinyatakan lulus, kamu bisa mengikuti seleksi kompetensi teknis kesempatan pertama. 

Jangan lupa untuk mencetak kartu ujian.

4. Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Pertama

Setelah kamu dinyatakan lulus seleksi administrasi, kamu akan melakukan ujian seleksi kompetensi teknis tahap pertama. Jika sebelumnya kamu sudah berlatih soal tes seleksi kompetensi teknis PPPK, tentu tahap ini adalah tahap yang mudah untuk kamu lalui.

Panitia akan mengumumkan hasil ujian seleksi kompetensi teknis kesempatan pertama. Jika dalam pengumuman kamu dinyatakan tidak lulus, kamu bisa menyanggah hasil tersebut. Lalu panitia akan kembali mengumumkan hasil dari sanggahan seleksi, pengumuman ini sudah bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Lalu, bila kamu dinyatakan lulus, kamu bisa melakukan pemberkasan.

5. Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Kedua

Untuk kamu yang masuk dalam seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua, atau kamu yang tidak lulus dalam seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua, kamu harus memilih kembali formasi. Setelah kamu memilih formasi, kamu bisa melakukan cetak kartu ujian. 

Lalu kamu akan menjalani seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua. Dan panitia pun akan mengumumkan hasil seleksi, bila kamu dinyatakan tidak lulus, kamu bisa menyanggah hasil seleksi kompetensi seleksi kesempatan kedua. 

Panitia pun akan mengumumkan hasil sanggah, hasil ini bersifat mutlak dan tidak bisa kamu ganggu gugat. 

Untuk kamu yang dinyatakan lulus, silakan melakukan pemberkasan.

6. Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Ketiga

Jika kamu tidak lulus seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua, kamu bisa mengikuti kembali uji kompetensi teknis kesempatan ketiga. Pertama kamu harus memilih kembali formasi yang masih kosong. 

Lalu kamu akan melakukan ujian seleksi kompetensi teknis kesempatan ketiga. Panitia akan mengumumkan hasilnya, jika kamu dinyatakan tidak lulus, kamu bisa menyanggah hasil seleksi. Hasil akhir dari sanggahan akan diumumkan kembali oleh panitia, dan ini bersifat mutlak tidak bisa kamu ganggu gugat.

Sama seperti peserta lulus di kesempatan pertama dan kedua, jika kamu dinyatakan lulus, kamu perlu melakukan pemberkasan.

7. Optimalisasi Formasi

Optimalisasi formasi ini hanya dilakukan bila jumlah formasi yang dibutuhkan belum terpenuhi.

Panitia akan merangking para peserta yang tidak lulus dalam seleksi kompetensi teknis. 

Lalu panitia akan mengumumkan hasil optimalisasi formasi. 

Kamu juga masih bisa menyanggah hasil dari pengumuman jika dinyatakan tidak lulus. Selanjutnya panitia akan mengumumkan kembali hasil sanggahan, ini bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Untuk kamu yang dinyatakan lulus, kamu bisa melakukan pemberkasan.

B. Alur Seleksi PPPK Non Guru

Seleksi PPPK nonguru juga banyak menjadi incaran, untuk kamu yang akan melamar seleksi PPPK nonguru, inilah alur seleksi yang harus kamu ikuti nantinya:

1. Daftar Akun

Seperti seleksi CPNS 2021, tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun SSCASN. Beruntungnya sekarang hanya perlu melalui satu portal website saja. Kamu perlu  membuat akun di http;//sscasn.bkn.go.id 

Jangan langsung ditinggal setelah kamu berhasil membuat akun, kamu masih perlu log in ke akun yang kamu buat tadi dan mengisi biodata dan mengunggah swafoto.

2. Daftar Formasi

Masuk ke tahap kedua, kamu bisa memilih formasi yang sudah kamu incar. Pertama pilih jenis seleksi lalu pilih formasi.

Lalu unggah dokumen yang diperlukan. Setelah berhasil mengunggah dokumen, cek resume dan akhiri pendaftaran. Kamu bisa mencetak kartu kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.

3. Seleksi Administrasi

Dokumen-dokumen yang sudah kamu unggah tadi akan melalui tahap seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia. Panitia akan memverifikasi data-data dan selanjutnya mengumumkan hasil seleksi administrasi. 

Jika kamu dinyatakan tidak lulus, kamu diberikan kesempatan untuk menyanggah hasil seleksi administrasi. Yang kemudian panitia akan mengumumkan hasil sanggahan yang bersifat final.

Bila lulus seleksi administrasi, kamu akan diminta mencetak kartu ujian untuk seleksi kompetensi teknis.

4. Seleksi Kompetensi Teknis

Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, kamu akan mengikuti ujian seleksi kompetensi teknis.

Panitia pun akan mengumumkan hasil seleksi kompetensi teknis. Bila dinyatakan tidak lulus, kamu bisa menyanggah hasilnya.

5. Pengumuman Kelulusan

Setelah proses sanggahan, panitia akan mengumumkan hasil sanggahan dan ini bersifat mutlak. 

Jika kamu dinyatakan lulus, kamu harus melakukan pemberkasan.

Nah, itulah alur seleksi CPNS 2021 dan PPPK baik guru dan nonguru yang akan kamu lalui. Jika kamu mempunyai pertanyaan atau kamu masih memiliki pertanyaan terkait pendaftaran CPNS di tahun ini, BKN menyediakan FAQ yang bisa kamu akses di portal sscasn.bkn.go.id

Pastikan juga kamu selalu memperbarui informasi terkait pendaftaran CPNS dan berlatih soal untuk seleksi. Soal latihan CPNS dan PPPK bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus. Ada ribuan soal yang lengkap dengan pembahasan yang mudah dipahami, bahkan kamu juga bisa mengikuti try out atau kelas online bersama tentor profesional. Yuk download sekarang!

Bergabung Yuk !
Daftar
Belajar bersama BangLulus dan teman seperjuangan untuk bersama lulus dalam
seleksi tes CPNS!
Undah di Google Play

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on FacebookTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play