6 Keuntungan Jasa Headhunter bagi Perusahaan, Apa Saja?

Kamila Fakhra Fahima

Kamila Fakhra Fahima adalah seorang HR lead dengan pengalaman profesional di bidang HRBP, rekrutmen, pengembangan sumber daya manusia, employer branding, yang juga memiliki passion di bidang bisnis dan kreatif.

hrd
Isi Artikel

Jasa headhunter terkadang menjadi salah satu pilihan perusahaan ketika ingin merekrut jenis peran yang rasanya sulit untuk diisi. Umumnya ini adalah posisi strategi atau jenis pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan pengalaman spesifik.

Ini lah salah satu keuntungan jasa headhunter bagi perusahaan, yang mampu menjangkau kandidat potensial untuk posisi sulit. 

Jasa headhunter juga menjadi opsi untuk menjalankan proses rekrutmen lebih cepat.

Apa itu saja keuntungan dari menggunakan jasa mereka? Tentu saja tidak, mari simak berbagai keuntungan dari menggunakan jasa headhunter dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Keuntungan Jasa Headhunter Bagi Perusahaan

Jasa headhunter telah menjadi salah satu solusi rekrutmen yang mampu menjawab tantangan menentukan kandidat untuk posisi yang 'sulit diisi'. Misalnya saja untuk posisi C-level, atau juga posisi yang tidak ingin Anda iklankan secara publik.

Ada berbagai keuntungan jasa headhunter bagi perusahaan, yaitu sebagai berikut:

1. Akses ke Kumpulan Talenta yang Lebih Luas

Bila rekrutmen konvensional hanya dapat memberikan Anda akses ke kumpulan talenta yang terbatas, yaitu orang-orang yang telah melihat iklan lowongan kerja yang kita pasang dan tertarik untuk melamar.

Metode ini tidak mampu menjangkau berbagai macam pelamar potensial lebih jauh lagi. Faktanya ada 80% kandidat yang tidak dapat diakses melalui iklan lowongan kerja.

Di sinilah headhunter dengan segala pemahamannya mengenai kandidat seperti apa yang Anda cari akan menggunakan keahliannya untuk mengakses kumpulan talenta yang lebih luas dan tidak terjangkau oleh iklan lowongan.

2. Memfokuskan Upaya pada Kandidat Berkualitas Tinggi

Proses rekrutmen tradisional sering kali terasa seperti pekerjaan panjang. Anda membuat iklan lowongan yang dirancang untuk menarik banyak kandidat, melakukan screening, dan mencoba untuk menemukan kandidat terbaik.

Keuntungan jasa headhunter bagi perusahaan adalah mereka akan memfokuskan waktu, perhatian, dan usaha pada kandidat berkualitas tinggi yang memang sudah memenuhi kebutuhan perusahaan.

Jasa headhunter dapat menemukan top talent dan meyakinkan kandidat tersebut untuk bergabung dengan perusahaan.

3. Meningkatkan Peluang Menemukan Kandidat Terbaik untuk Posisi yang Dibutuhkan

Bekerja sama dengan jasa headhunter dapat membantu Anda menemukan kandidat terbaik untuk posisi yang dibutuhkan, terutama jika yang Anda cari adalah staf senior atau keahlian yang tidak biasa.

Hal ini karena memang headhunter akan menemukan calon karyawan baru yang sudah berkinerja baik dalam peran mereka saat ini, dengan rekam jejak yang telah terbukti.

Baca Juga: Perbedaan Headhunter Vs Recruitment Agency, Mana yang Terbaik?

4. Memungkinkan Perekrutan Dilakukan dengan Tersembunyi

Terkadang, tidak selalu menguntungkan jika orang dari luar perusahaan mengetahui bahwa Anda melakukan perekrutan karyawan yang signifikan.

Jika perusahaan sedang berkembang ke arah baru, memanfaatkan peluang unik, atau melakukan restrukturisasi yang signifikan. Merahasiakan perekrutan akan menjadi pilihan yang tepat.

Jasa headhunter memungkinkan Anda untuk melakukan ini. Segala perencanaan dan keputusan perekrutan akan berjalan dengan tersembunyi. Satu hal yang tidak bisa dan sulit Anda lakukan dengan metode perekrutan tradisional.

5. Perekrutan Lebih Cepat

Keuntungan jasa headhunter bagi perusahaan adalah membantu proses rekrutmen lebih cepat. Hal ini bisa tercapai karena segala proses rekrutmen telah terencana dan terfokus sehingga lebih efisien.

Berbeda dengan perekrutan tradisional yang biasanya menjadi proses yang panjang dan tidak praktis.

Mulai dari memasang iklan lowongan selama beberapa minggu, kemudian melakukan screening CV pelamar, membuat shortlist kandidat potensial, mengatur wawancara, dan berbagai tahapan lainnya.

Nah, jasa headhunter menghindari banyak proses yang memakan waktu ini.

6. Biaya Perekrutan yang Lebih Rendah

Saat proses rekrutmen berlangsung lebih cepat, itu artinya biaya yang digunakan akan lebih rendah.

Dengan bantuan headhunting Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam screening CV untuk menemukan kandidat hebat atau mewawancarai seluruh shortlist kandidat potensial, sehingga Anda dapat menghemat biaya rekrutmen secara signifikan.

Menggunakan jasa headhunter memang bisa mendatangkan banyak keuntungan, namun Anda juga bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut secara mandiri menggunakan KitaRekrut.

Ayo daftarkan perusahaan Anda sekarang!

cari karyawancari karyawan