Ketahui 6 Penyebab Sulit Menabung dan Solusi Terbaiknya

Tujuan menabung dalam pengelolaan keuangan adalah menyisihkan uang untuk masa depan. Selain itu, tabungan berperan dalam melindungi stabilitas keuangan kamu jika terjadi sesuatu yang tidak terduga di masa mendatang. Secara tidak langsung, menabung dapat membantu kamu menetapkan prioritas keuangan.

Terutama bagi kamu yang baru saja mulai bekerja dan menerima gaji pertama, membuat rencana tabungan sangat penting untuk mencapai kondisi finansial yang sehat.

Namun kenyataannya, meski memiliki banyak manfaat, menabung tidak selalu menjadi kebiasaan yang mudah bagi semua orang. Bahkan lebih sulit jika kamu tidak mengembangkan kebiasaan menabung dengan cara yang benar.

Salah satu tantangan besar dalam menabung adalah konsistensi. Tapi kamu tak perlu khawatir, sebab kini kegiatan menabung jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan menggunakan fitur Ala Impian dari Aladin Bank.

Penyebab Sulit Menabung

Penyebab Sulit Menabung

Apakah kamu pernah merasa bahwa kegiatan menabung itu sangat sulit untuk dilakukan? Meski sudah memiliki penghasilan sendiri, namun kamu belum punya tabungan. Kira-kira apa saja penyebab sulit menabung? Yuk kita bahas satu-satu.

1. Menabung Belum Menjadi Sebuah Prioritas

Salah satu penyebab sulit menabung yang sering terjadi adalah dikarenakan menabung belum menjadi prioritas. Sebagai contoh, saat menerima gaji, kamu mengalokasikan sebagian besar pendapatan kamu digunakan untuk kebutuhan saat itu juga.

Selain itu, dengan kemudahan dalam berbelanja saat ini, sebagian orang cenderung memilih mendahulukan alokasi pendapatan untuk berbelanja dibandingkan menabung.

2. Belum Mengetahui Tujuan Menabung

Kegiatan menabung harus memiliki tujuan yang jelas, seperti mempersiapkan uang untuk membeli rumah, membeli kendaraan, menikah, atau kondisi darurat. Dengan mengetahui tujuan ini, maka kegiatan menabung akan bisa kamu lakukan secara konsisten.

3. Belum Memiliki Rencana Keuangan

Berikutnya yang menjadi penyebab sulit menabung yaitu belum memiliki rencana keuangan. Banyak yang tak menyadari, ketika tidak memiliki rencana keuangan, maka penghasilan yang didapatkan akan terasa cepat habis diakibatkan oleh pengeluaran yang tidak dikontrol.

Oleh karena itu dengan memiliki rencana keuangan, maka kamu dapat mengetahui penghasilan kamu akan digunakan untuk hal apa dan bisa disisihkan untuk menabung.

4. Tidak Dapat Menahan Keinginan untuk Menghabiskan Uang

Ketika pendapatan meningkat, seharusnya pengeluaran tidak ikut bertambah. Namun, fakta kadang sebaliknya, yaitu saat pendapatan meningkat, kita cenderung juga meningkatkan jumlah pengeluaran dan memuaskan keinginan yang kurang penting.

Padahal ketika pendapatan meningkat, itu bisa menjadi kesempatan kita untuk dapat menabung lebih banyak.

5. Menanggung Kebutuhan Orang Lain

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah sandwich generation, bukan? Atau ternyata kamu sendiri juga mengalaminya? Tak bisa dipungkiri fenomena ini kerap terjadi, di mana seseorang harus menanggung kebutuhan hidup dua generasi, yaitu dirinya sendiri dan orang tuanya.

Padahal, untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri saja sudah pas-pasan, ini ditambah lagi harus menanggung kebutuhan hidup orang lain. Hal tersebut membuat generasi sandwich jadi sulit untuk menabung.

6. Mengandalkan Penghasilan dari Satu Pekerjaan

Alasan lain mengapa generasi muda sulit menabung adalah hanya mengandalkan penghasilan dari satu pekerjaan saja. Artinya, tidak ada penghasilan tambahan. Sebenarnya itu tak masalah apabila gaji dari pekerjaan tersebut memang sudah mampu mencukupi kebutuhan diri sendiri bahkan orang lain, hingga cukup untuk ditabung.

Namun, yang menjadi masalah adalah jika gaji dari satu pekerjaan pas-pasan, padahal harga kebutuhan terus meningkat. Mungkin ini saatnya kamu mempertimbangkan untuk mencari side hustle.

Baca Juga: 12 Tips Menabung Buat yang Gajinya Pas-Pasan, Tetap Bisa Senang-Senang Kok!

Tips Menabung di Fitur Ala Impian dari Aladin Bank

Menabung memang harus mulai dibiasakan sejak dini. Kamu dapat memulainya dengan menyisihkan pendapatan sedikit demi sedikit yang penting konsisten. Tujuannya agar kebiasaan menabung dapat terbentuk di dalam diri kita. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan agar keuangan kamu lebih tertata.

Saat ini sudah ada fitur menarik dari aplikasi Aladin yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan dan juga menabung. Fitur tersebut adalah Ala Impian. Di fitur ini, kamu dapat mengatur target dan tujuan menabung serta membuka hingga 20 tabungan terpisah sesuai banyaknya impianmu.

Untuk membantu mewujudkan impianmu, nilai bagi hasil yang didapatkan di Ala Impian sangat kompetitif, lebih dari deposito biasa. Jika kamu butuh uang darurat, jangan khawatir karena kamu juga bisa menarik uang dari Ala Impian kamu kapanpun kamu butuhkan!

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Aladin, kamu tidak perlu repot mencari ATM untuk tarik ataupun setor tunai, sebab kamu dapat melakukannya di Alfamart terdekat. Dan yang paling penting, ini bebas biaya administrasi, jadi sangat cocok buat para generasi muda untuk mulai membiasakan diri menabung.

Yuk rasakan kemudahan mengatur keuangan dengan Ala Impian dari Aladin Bank. Jangan lupa gunakan kode referral 3MQ529 untuk mendapatkan rezeki saldo Rp25.000. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca Juga: 6 Tips Berhemat dan Mengelola Finansial dengan Aladin Bank

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok