6 Contoh Media Pembelajaran Kreatif dan Menarik Untuk Guru

Isi Artikel

Dalam dunia pendidikan, contoh media pembelajaran kreatif dan menarik menjadi salah satu hal paling penting dalam kegiatan belajar mengajar. Terutama di era pandemi seperti ini.

Meskipun kegiatan belajar mengajar sudah 40% memulai tatap muka, sebagian besar sekolah masih melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring atau online.

Akan tetapi, faktanya terkadang para pengajar lupa bahwa contoh media pembelajaran kreatif dan menarik bisa memudahkan proses belajar menjadi efisien.

Lalu apa yang dimaksud dengan media pembelajaran kreatif? Bagaimana contoh media pembelajaran yang kreatif dan menarik? Simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Pilihan Peluang Kerja Online Dari Rumah Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga

Media Pembelajaran Kreatif

Media merupakan suatu alat atau sarana yang memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi. Sedangkan media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembelajaran.

Sedangkan kreatif artinya menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain atau menghubungkan hal-hal yang tadinya tidak berhubungan. Kreatif artinya adalah sebuah gagasan terhadap konsep dan rencana untuk kemajuan dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.

Sementara dalam proses belajar, media pembelajaran kreatif merupakan hal penting agar murid atau pelajar bisa lebih mudah memahami materi yang dijelaskan. Ada banyak contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang bisa dicoba dan digunakan.

Umumnya, pada proses belajar mengajar melibatkan psikologi belajar yang merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hingga menganalisis perilaku manusia dalam proses belajar dan pembelajaran.

Psikologi belajar juga bermanfaat sebagai alat bantu kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Psikologi belajar bisa dijadikan dasar berpikir dan bertindak sebagai guru, konselor, dan juga tenaga profesional pendidikan lainnya dalam proses belajar.

Singkatnya, psikologi belajar bisa membantu pengajar untuk memahami bagaimana seorang individu belajar. Sehingga dapat dipilih cara dan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang sesuai.

Lalu, bagaimana contoh media pembelajaran kreatif dan menarik?

Contoh Media Pembelajaran Kreatif dan Menarik

Umumnya, masalah yang dihadapi para pengajar adalah contoh media pembelajaran kreatif dan menarik. Pasalnya dengan hal ini akan membantu murid atau pelajar untuk dapat belajar dengan baik.

Berikut beberapa contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang bisa dicoba. Di antaranya adalah:

1. Media Manipulatif

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang pertama adalah dengan menggunakan media manipulatif. Media ini bisa digunakan untuk berbagai macam bentuk pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Misalnya seperti menggunakan barang untuk belajar menghitung atau mengenal huruf hingga pembelajaran sains. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini bisa membuat murid atau pelajar terlibat dengan proses belajar.

2. Media Video

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik berikutnya adalah dengan menggunakan media video. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan melihat secara visual dan mendengarkan sesuatu, murid atau pelajar akan lebih mudah memahami bahan yang diajarkan.

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik seperti video bisa dijadikan salah satu cara agar proses pembelajaran tidak membosankan. Kamu bisa mencari atau membuat bahan videonya sendiri.

3. Media Gambar

Bisa dikatakan bahwa media gambar merupakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang murah dan mudah. Sebagai pengajar, agar proses belajar tidak membosankan, kamu bisa mencari gambar-gambar yang sesuai dengan pelajaran yang diajarkan.

Misalnya, ingin mengajarkan seni lukis. Maka kamu bisa menggunakan gambar pelukis dan hasil karyanya. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini bertujuan untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada murid atau pelajar.

4. Media Grafik

Media grafik bisa digunakan sebagai contoh media pembelajaran kreatif dan menarik untuk pelajaran hitung-hitungan. Pembelajaran kreatif dengan menggunakan media grafik bertujuan sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan pelajaran.

Sebagai pengajar, kamu bisa membuat media grafik sekreatif mungkin. Namun jangan lupa untuk mencantumkan keterangan yang lengkap pada contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini agar para murid atau pelajar dapat memahaminya dengan mudah.

5. Media Papan Tulis

Meskipun media papan tulis selalu terlibat dalam setiap proses pembelajaran, kamu bisa bereksplorasi, lho. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik dari media papan tulis adalah mengubahnya menjadi papan flanel.

Sesuai namanya, papan tulis terbuat dari kain flanel yang dapat dilipat dan tentunya akan lebih praktis. Sebagai pengajar, kamu juga bisa mengajak murid atau pelajar untuk memasang dan melepas gambar-gambar yang ditempel dengan mudah.

6. Media Relia

Media relia merupakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang diambil dari benda nyata. Media ini tidak selalu harus dihadirkan di dalam kelas, tetapi kamu bisa mengajak langsung murid atau pelajar untuk mengamatinya.

Misalnya seperti belajar mengenai fotosintesis atau praktikum laboratorium. Dengan menggunakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini, kegiatan belajar mengajar jadi lebih menyenangkan.

Tips Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif

Sebagai seorang pengajar, kita dituntut untuk selalu kreatif. Artinya kita harus menyediakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang disesuaikan dengan perkembangan kegiatan belajar mengajar.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan kreatif. Di antaranya adalah:

1. Libatkan Komunikasi Dua Arah

Selain menggunakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik, sebagai pengajar kita juga harus melibatkan murid atau pelajar dalam kegiatan belajar mengajar.

Hal ini nantinya akan membuat komunikasi dua arah. Sehingga tidak hanya pengajar saja yang dominan, tetapi murid atau pelajar juga ikut aktif. Agar tidak membosankan, kemampuan pengajar dalam mengembangkan metode pembelajaran juga diuji, lho.

2. Mengemas Materi Pelajaran dengan Menarik

Mengemas materi pelajaran dengan menarik tidak hanya berlaku untuk kegiatan belajar mengajar secara daring atau online, tetapi juga di dalam kelas. Salah satu contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang bisa digunakan adalah media video.

Kamu juga bisa menambahkan musik atau animasi untuk mendukung penyampaian materi. Hal ini juga bertujuan agar murid atau pelajar tidak cepat merasa bosan pada materi yang disampaikan.

3. Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Jika murid atau pelajar sudah mulai merasa bosan dengan metode yang kamu gunakan, sebaiknya lakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk memilih contoh media pembelajaran kreatif dan menarik lainnya.

Selain itu, kamu jadi bisa mengetahui contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang mana yang bisa membuat murid atau pelajar menjadi semangat dan antusias. Dalam hal ini, kamu memerlukan ilmu psikologi belajar untuk menganalisis hasil evaluasi.

4. Gunakan Strategi dan Metode Pembelajaran yang Sesuai

Sebagai pengajar, tidak dapat dipungkiri jika terkadang murid atau pelajar ada yang tidak merasa antusias dan merasa bosan pada bahan materi. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai.

Gunakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang bisa diterima oleh murid atau pelajar. Sehingga nantinya kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

5. Buat Suasana Belajar Menjadi Nyaman dan Menyenangkan

Membuat suasana belajar menjadi nyaman dan menyenangkan harus dilakukan agar kegiatan belajar mengajar bisa efektif. Kamu bisa menggunakan berbagai contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang paling sesuai dengan kondisi murid atau pelajar.

Agar tidak membosankan, kamu bisa melakukan proses belajar di luar ruang kelas, sambil mendengarkan musik, membacakan cerpen pendidikan atau menggunakan salah satu contoh media pembelajaran kreatif dan menarik.

BACA JUGA: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba!

Ciri-ciri Pembelajaran yang Menyenangkan

Perlu diketahui bahwa, pembelajaran yang menyenangkan merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam suasana menyenangkan dan mengesankan.

Gunakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik agar murid atau pelajar bisa terlibat secara aktif dan juga tujuan dari proses pembelajaran bisa dicapai dengan maksimal.

Berikut ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan:

  1. Terciptanya lingkungan belajar yang rileks dan tanpa stres
  2. Materi pembelajaran yang diberikan sesuai dan relevan dengan tingkat perkembangan anak
  3. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara emosional dan empati dengan menyelipkan humor dan/atau dukungan semangat ke para murid atau pelajar
  4. Melibatkan semua indera serta otak kiri (analitis) dan otak kanan (sosial)
  5. Murid atau pelajar dapat mengekspresikan apa yang sedang dipelajari

Demikian penjelasan terkait contoh media pembelajaran kreatif dan menarik, tips untuk mendapatkan pembelajaran kreatif dan efektif, hingga ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan.

Jangan lupa, sebagai pengajar kita memang harus dituntut untuk selalu kreatif dan tentunya akan ada tantangan di depan. Nah, jika kamu ingin mencari pekerjaan paruh waktu atau full time sebagai pengajar, bisa cek di aplikasi KitaLulus.

Ada banyak kesempatan kerja yang bisa kamu dapatkan karena kini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa, lho!

Kamu cukup lamar aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis, bikin akun, profile singkat kamu, dan unggah CV terbaik kamu. Selamat mencoba!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.