Apa Betul UMR Cikarang 2021 Mengalami Kenaikan?

Isi Artikel

Pemerintah pusat memutuskan untuk tidak menaikkan UMP (Upah Minimum Provinsi), UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota), dan UMR (Upah Minimum Regional) di tahun 2021. Hal ini diinfokan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan. Akan tetapi karena banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dari segi ekonomi, beberapa Kabupaten/Kota tetap menaikkan UMR.

Salah satunya adalah kota Cikarang. Sebagai salah satu kota dengan pusat perdagangan, UMR Cikarang 2021 memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di sekitarnya. Hal ini juga bertujuan agar setiap pekerja di kota tersebut dapat memperoleh upah penghasilan yang layak sesuai dengan keadaan wilayahnya.

Lalu, berapa kenaikan UMR Cikarang 2021?

UMR Cikarang 2021

Dilampir dari laman Kumparan, terhitung dari tahun 2019, upah minimum regional Cikarang menyentuh angka Rp4.146.126,00. Lalu angka ini naik pada tahun 2020 naik menjadi Rp4.498.961,00. Hingga kini UMR Cikarang 2021 menyentuh angka Rp4.791.843,00 sama dengan UMR Bekasi 2021.

Angka ini terbilang sangat fantastis mengingat kota-kota disekitarnya hanya menyentuh paling tinggi mencapai Rp4.782.935, yaitu kota Bekasi. Banyak faktor yang menjadi alasan kenaikan UMR Cikarang 2021. Keputusan ini diambil karena pemerintah daerah ingin membuat hidup para pekerja di kota Cikarang merasa terjamin dan sejahtera.

Alasan Dibalik Naiknya UMR Cikarang 2021

Cikarang dikenal sebagai kota industri. Banyak perusahaan dan pabrik berdiri di kota ini, menjadikan Cikarang sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara. Anda bisa menemukan berbagai macam industri di kota ini. Mulai dari elektronik, manfaktur, tekstil, makanan, obat, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi salah satu alasan naiknya UMR Cikarang 2021.

Selain itu, meningkatnya jumlah pekerja juga menjadi bahan pertimbangan untuk menaikkan UMR Cikarang 2021. Sebab para pekerja tidak hanya berasal dari Cikarang saja, tapi juga dari daerah lain. Peningkatan jumlah pekerja ini terjadi setiap tahunnya, dikarenakan semakin banyak perusahaan yang ada.

Lalu, biaya hidup di Cikarang juga mengalami kenaikan. Hal ini sebagai imbas dengan bertambahnya jumlah industri dan jumlah pekerja. Harga kebutuhan pokok yang juga ikut mengalami kenaikan, menambah satu alasan dalam daftar alasan dibalik naiknya UMR Cikarang 2021.

Selain Cikarang, Kota Mana Lagi yang Mengalami Kenaikan UMR 2021?

Dilansir dari laman liputan6.com, Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, menjelaskan bahwa ada sebanyak 17 kabupaten dan kota yang mengalami kenaikan UMK. Hal ini berdasarkan pada inflasi dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) baik secara nasional, provinsi, atau pun kabupaten/kota.

Selain itu, penetapan keputusan naik atau tidaknya UMK Jawa Barat 2021 berdasarkan pada empat hal. Yaitu pertama, Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor/11/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Covid-19. Kedua, atas rekomendasi Bupati dan Wali Kota se-Jawa Barat terkait Penetapan UMK di Jabar tahun 2021.

Ketiga, Berita Acara Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Barat perihal Rekomendasi Penetapan UMK di Jabar tahun 2021. Dan keempat, surat Ketua Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Barat Nomor/561/56/XI/Depeprov tanggal 20 November 2020.

Setelah mengetahui kenaikan UMR Cikarang 2021, apakah kamu merasa tertarik untuk mengadu nasib di kota industri ini? KitaLulus punya banyak lowongan kerja keren yang bisa kamu lamar di kota ini, lho! Cukup siapkan CV dan portofolio terbaikmu, lalu kirimkan ke HRD perusahaan impian melalui KitaLulus!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.